News
Batal
KATEGORI
link has been copied
86
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e8d72c88d94d04c106160b4/penjelasan-kemenristek-soal-pemotongan-anggaran-rp-40-t
Anggaran Kementerian Riset dan Teknologi dipangkas Rp 40 triliun, dari semula Rp 42 triliun menjadi Rp 2 triliun. Staf Khusus Menteri Ristek/Kepala BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional) Ekoputro Adijayanto menjelaskan anggaran yang Rp 40 triliun merupakan milik Dikti.
Lapor Hansip
08-04-2020 13:44

Penjelasan Kemenristek soal Pemotongan Anggaran Rp 40 T

Past Hot Thread
https://news.detik.com/berita/d-4967...ggaran-rp-40-t

Penjelasan Kemenristek soal Pemotongan Anggaran Rp 40 T


Quote:Penjelasan Kemenristek soal Pemotongan Anggaran Rp 40 T
Tim detikcom - detikNews

Selasa, 07 Apr 2020 10:14 WIB

Jakarta -
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menandatangani Perpres 54 Tahun 2020 yang mengatur tentang Perubahan Postur Rincian Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun 2020. Dalam perpres itu, sejumlah anggaran kementerian dan lembaga dipangkas untuk dialihkan dalam rangka penanganan virus Corona.

Anggaran Kementerian Riset dan Teknologi dipangkas Rp 40 triliun, dari semula Rp 42 triliun menjadi Rp 2 triliun. Staf Khusus Menteri Ristek/Kepala BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional) Ekoputro Adijayanto menjelaskan anggaran yang Rp 40 triliun merupakan milik Dikti.

Sebagaimana diketahui, Kemenristekdikti telah berubah menjadi Kemenristek/BRIN seiring dengan terbentuknya Kabinet Indonesia Maju pada 23 Oktober 2019. Sementara itu, Dikti (Dirjen Pendidikan Tinggi) bergabung lagi dengan Kemendikbud.

"Mengingat saat ini Dikti telah bergabung kembali dengan Kemendikbud dan bukan lagi di bawah Kemenristek/BRIN, anggaran Dikti sejumlah Rp 40 triliun (pagu anggaran ketika masih Kemenristekdikti adalah Rp 42,16 triliun) tersebut mengalami pemindahan alokasi dari Kemenristek/BRIN kepada Kemendikbud. Kami ingin meluruskan bahwa jumlah anggaran tersebut bukan dialihkan dalam rangka penanganan COVID-19, namun lebih karena perubahan nomenklatur Kemenristekdikti menjadi Kemenristek/BRIN," kata Ekoputro dalam keterangannya, Selasa (7/4/2020).

"Dengan adanya pemindahan alokasi anggaran sebesar kurang-lebih Rp 40 triliun kepada Kemendikbud, pagu anggaran Kemenristek/BRIN adalah Rp 2,76 triliun, yang selanjutnya disesuaikan kembali melalui Perpres 54 Tahun 2020 menjadi Rp 2,47 triliun," imbuhnya.

Dia menambahkan, Kemenristek/BRIN mendukung kebijakan Presiden Jokowi dalam menghadapi pandemi Corona. Dalam hal ini, Kemenristek telah menyalurkan hand sanitizer gel dan sepuluh mobile hand washer kepada BNPB, perampungan dua jenis kit deteksi cepat virus Corona, pengembangan ventilator, broadcast anjuran physical distancing melalui satellit, serta penyediaan Wisma Tamu Puspiptek di Serpong untuk tempat peristirahatan tenaga medis.

"Total anggaran Kemenristek/BRIN untuk penanganan COVID-19 sampai tahapan di atas yang dialokasikan adalah Rp 38,04 miliar. Adapun alokasi anggaran Kemenristek/BRIN terkait penangan COVID-19 dapat ditingkatkan lebih lanjut seiring dengan urgensi," ujarnya.
(idn/zul)

Jelas ya, "turun 90 persen" itu karena ada anggarannya Dikti yang balik ke Kemendikbud.


Tapi seperti biasa, netizen laknatulloh ngamuk duluan, dikomporin media yang ga kalah laknatullohnya.

-----
Cuma, ya tetap aja, tetap kecil banget itu anggaran Kemenristek. Semoga sesudah wabah COVID-19 ini, yang masih hidup bisa membuat salah satu bidang yang berguna selama wabah, sains, dibiayai lebih banyak daripada bidang-bidang yang tidak berdaya selama wabah seperti agama dan pertahanan. Siapa tahu kelak di APBN 2030, 2040, dll anggaran Kemenristek di atas anggaran Kemenag dan Kemenhan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sebelahblog dan 16 lainnya memberi reputasi
17
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Penjelasan Kemenristek soal Pemotongan Anggaran Rp 40 T
08-04-2020 13:48
Kalo ada klarifikasi gini kan jelas ya gan
profile-picture
Abc..Z memberi reputasi
1 0
1
Penjelasan Kemenristek soal Pemotongan Anggaran Rp 40 T
08-04-2020 13:59
ngamuk dulu...
klarifikasi kemudian...

emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 5 lainnya memberi reputasi
5 1
4
Penjelasan Kemenristek soal Pemotongan Anggaran Rp 40 T
08-04-2020 14:14
Nah emang perlu penjelasan dari dua sisi gini. Ane berharap kemenristek dapet perhatian lebih setelah corona berakhir
profile-picture
profile-picture
Abc..Z dan InRealLife memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Penjelasan Kemenristek soal Pemotongan Anggaran Rp 40 T
08-04-2020 14:26
dana riset kan bukan d kemeristek doang.. emoticon-Malu (S)

Quote:..
Dana riset yang lebih dari Rp 35 triliun itu dialokasikan untuk 45 kementerian dan lembaga. Dilihat dari sisi penggunaannya, menurut Sri Mulyani, 43,7 persen dana riset itu yang benar-benar digunakan untuk penelitian. Sisanya belanja operasional, misalnya untuk jasa iptek, belanja modal dan bahkan untuk pendidikan dan pelatihan.

Bambang menjelaskan bahwa BRIN akan mengendalikan anggaran tersebut. “Ya supaya tidak terjadi duplikasi ataupun juga tidak terjadi inefisiensi, kami ingin benar-benar dana riset yang jumlahnya belum besar ini benar-benar terpakai sesuai dengan kebutuhan,” tutur Bambang.
..

https://www.google.com/amp/s/tekno.t...-rp-30-triliun



emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Penjelasan Kemenristek soal Pemotongan Anggaran Rp 40 T
08-04-2020 14:26
"Kami ingin meluruskan bahwa jumlah anggaran tersebut bukan dialihkan dalam rangka penanganan COVID-19, namun lebih karena perubahan nomenklatur Kemenristekdikti menjadi Kemenristek/BRIN,".

Oh begitu ternyata. emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)
profile-picture
kaum.surgawi memberi reputasi
1 0
1
Penjelasan Kemenristek soal Pemotongan Anggaran Rp 40 T
08-04-2020 14:38
Baru tahu ane klo anggaran buat Kemenristek segitu...
0 0
0
Penjelasan Kemenristek soal Pemotongan Anggaran Rp 40 T
08-04-2020 14:42
kementerian riset dan teknologi itun
kementerian yang menaungi riset untuk vaksin corona bukan?
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Penjelasan Kemenristek soal Pemotongan Anggaran Rp 40 T
08-04-2020 14:50
2 trilyun doang bisa hasilin inovasi apa?
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Penjelasan Kemenristek soal Pemotongan Anggaran Rp 40 T
08-04-2020 15:06
Gila ya negara ini. Anggaran kemenag lebih banyak dari kemenristek

Padahal ya sumbangsih agama bagi pembangunan negara ini apa? Gak usah gede2in peran di masa perang kemerdekaan lah itu udah lewat. Anggap aja sejak 1945 sampai 2020 itu udah cukup gede loh anggaran negara bagi agama

buat yg modern ini?

- intoleransi. mana peran kemenag?
- khilafah. mana peran kemenag?
- radikalisme. mana peran kemenag?

fungsi agama utk menjaga moralitas modern jg gk ada. tetep aja kotor, korupsi jalan

trus mau dipertahankan uang negara habis buat yg gk penting gini?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 18 balasan
Memuat data ..
Penjelasan Kemenristek soal Pemotongan Anggaran Rp 40 T
08-04-2020 15:15
mendikbud jadi gede banget ya ?
bukannya lebih baik di potong juga ?
toh kebanyakan kan di daerah , terus buat apa ada anggaran di dikbud ?
profile-picture
Abc..Z memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Penjelasan Kemenristek soal Pemotongan Anggaran Rp 40 T
08-04-2020 15:18
Quote:Original Posted By InRealLife
https://news.detik.com/berita/d-4967...ggaran-rp-40-t

Penjelasan Kemenristek soal Pemotongan Anggaran Rp 40 T



Jelas ya, "turun 90 persen" itu karena ada anggarannya Dikti yang balik ke Kemendikbud.


Tapi seperti biasa, netizen laknatulloh ngamuk duluan, dikomporin media yang ga kalah laknatullohnya.

-----
Cuma, ya tetap aja, tetap kecil banget itu anggaran Kemenristek. Semoga sesudah wabah COVID-19 ini, yang masih hidup bisa membuat salah satu bidang yang berguna selama wabah, sains, dibiayai lebih banyak daripada bidang-bidang yang tidak berdaya selama wabah seperti agama dan pertahanan. Siapa tahu kelak di APBN 2030, 2040, dll anggaran Kemenristek di atas anggaran Kemenag dan Kemenhan.


Semoga aja
0 0
0
Penjelasan Kemenristek soal Pemotongan Anggaran Rp 40 T
08-04-2020 18:25
kalo udah diklarifikasi gini kan enak dan lebih masuk akal.. jadi bukan nguap gitu aja ya.. emoticon-Toast

tapi menurut ane anggaran soal riset dan teknologi tetep kudu ditambahin deh ke depannya emoticon-Bingung
profile-picture
si3ra memberi reputasi
1 0
1
Penjelasan Kemenristek soal Pemotongan Anggaran Rp 40 T
08-04-2020 23:43
wewwwwwww
0 0
0
Penjelasan Kemenristek soal Pemotongan Anggaran Rp 40 T
08-04-2020 23:44
Waduh
Periset dan peneliti silakan WFH emoticon-Malu
(work from hell) emoticon-Wakaka
Diubah oleh MirrorBoy
0 0
0
Penjelasan Kemenristek soal Pemotongan Anggaran Rp 40 T
08-04-2020 23:44
Pejabat pemerintah bahas 40T udah kayak biasa hitung receh
emoticon-Ngakakemoticon-cystg
0 0
0
Penjelasan Kemenristek soal Pemotongan Anggaran Rp 40 T
08-04-2020 23:46
knp gk ada klarifikasi dr awal dah.. nunggu netijen ngamuk² dulu.. kalo kaya gini kan jd jelas, cuma ya itu kalo diliat dr nominalnya dibandingkan dgn lembaga lainnya sangat jauh perbedaannya.. dan pertanyaannya emg cukup dana segitu utk menunjang kebutuhan dr kemenristek?
0 0
0
Penjelasan Kemenristek soal Pemotongan Anggaran Rp 40 T
08-04-2020 23:58
Quote:Original Posted By camarhitam
Gila ya negara ini. Anggaran kemenag lebih banyak dari kemenristek

Padahal ya sumbangsih agama bagi pembangunan negara ini apa? Gak usah gede2in peran di masa perang kemerdekaan lah itu udah lewat. Anggap aja sejak 1945 sampai 2020 itu udah cukup gede loh anggaran negara bagi agama

buat yg modern ini?

- intoleransi. mana peran kemenag?
- khilafah. mana peran kemenag?
- radikalisme. mana peran kemenag?

fungsi agama utk menjaga moralitas modern jg gk ada. tetep aja kotor, korupsi jalan

trus mau dipertahankan uang negara habis buat yg gk penting gini?


ente mau dibilang kafir utak atik anggaran kemenag emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
paling enak kerja di kemenag program kerja nya rata rata isi nya cuma sosialisasi efektif atau ga yg penting terserap anggarannyaemoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir2
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Penjelasan Kemenristek soal Pemotongan Anggaran Rp 40 T
09-04-2020 00:00
Quote:Sebagaimana diketahui, Kemenristekdikti telah berubah menjadi Kemenristek/BRIN seiring dengan terbentuknya Kabinet Indonesia Maju pada 23 Oktober 2019. Sementara itu, Dikti (Dirjen Pendidikan Tinggi) bergabung lagi dengan Kemendikbud.


ooh begitu... ok okeh

tapi yaa tuh anggaran dr taon ke taon udah ratusan triliun.. hasilnya apa yaah??? ngeriset apa???


emoticon-Bingung
0 0
0
Penjelasan Kemenristek soal Pemotongan Anggaran Rp 40 T
09-04-2020 00:02
Quote:Original Posted By camarhitam
Gila ya negara ini. Anggaran kemenag lebih banyak dari kemenristek

Padahal ya sumbangsih agama bagi pembangunan negara ini apa? Gak usah gede2in peran di masa perang kemerdekaan lah itu udah lewat. Anggap aja sejak 1945 sampai 2020 itu udah cukup gede loh anggaran negara bagi agama

buat yg modern ini?

- intoleransi. mana peran kemenag?
- khilafah. mana peran kemenag?
- radikalisme. mana peran kemenag?

fungsi agama utk menjaga moralitas modern jg gk ada. tetep aja kotor, korupsi jalan

trus mau dipertahankan uang negara habis buat yg gk penting gini?


anggaran kemenag buat ngegaji orang orang mui


emoticon-Wakaka
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Post ini telah dihapus oleh KS06
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia