Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
41
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e880477349d0f775a222f82/dancing-pallbearsers-tarian-asal-ghana-yang-mengangkat-peti-mati-berisikan-mayat
Assalamualaikum Hallo, selamat berakhir pekan, GanSist. Sayang banget, ya. Akhir pekan yang biasa disambut dengan perasaan gembira, kini menjadi hari yang biasa saja karena corona virus. Untuk beberapa waktu terakhir, dan hingga kini. Tidak ada bedanya. Kita semua masih diharuskan berada dalam rumah. Tidak bisa menikmati indahnya alam di luar sana. Tidak bisa menikmati indahnya pantai, dan tempat-
Lapor Hansip
04-04-2020 10:52

Dancing Pallbearsers! Tarian Asal Ghana yang Mengangkat Peti Mati Berisikan Mayat!

icon-verified-thread
Screnshootan Instagram


Assalamualaikum


Dancing Pallbearsers! Tarian Asal Ghana yang Mengangkat Peti Mati Berisikan Mayat!


Hallo, selamat berakhir pekan, GanSist. Sayang banget, ya. Akhir pekan yang biasa disambut dengan perasaan gembira, kini menjadi hari yang biasa saja karena corona virus.

Untuk beberapa waktu terakhir, dan hingga kini. Tidak ada bedanya. Kita semua masih diharuskan berada dalam rumah. Tidak bisa menikmati indahnya alam di luar sana. Tidak bisa menikmati indahnya pantai, dan tempat-tempat wisata lainnya.

Namun, meski begitu. Setidaknya kita semua masih diberi kesempatan untuk bisa berkumpul bersama keluarga. Masih diberi kesempatan bernapas, walau nyatanya terkadang sesak melihat keadaan dan para korban corona virus di berbagai belahan dunia.

Okey, GanSist. Kali ini ane tidak akan membahas corona virus panjang lebar. Ada berita terbaru yang bikin ane terheran-heran saat ini.

Apa, sih?

Ini perihal upacara kematian suatu daerah, GanSist. Ya, setiap daerah, kota, kampung, dan negara, sudah pasti memiliki tradisi masing-masing dalam melaksanakna upacara kematian. Terlebih, setiap agama.

Dalam agama Islam, tidak ada upacara tertentu untuk orang yang meninggal. Hanya dilantunkan ayat-ayat suci Al-Qur'an. Dimandikan, disalatkan, dan didoakan. Kecuali bagi orang-orang tertentu yang memiliki pangkat. Seperti polisi atau tentara, misalnya. Dan perasaan sedih sudah pasti dirasakan oleh keluarga, dan kerabat yang ditinggalkan.

Untuk mereka yang menganut agama kristen, juga punya cara atau tradisi tersendiri untuk upacara kematian. Seperti menyanyikan lagu, misalnya. Mohon maaf jika salah. Tidak hanya itu, sebagaimana orang yang merasa kehilangan. Umat kristen juga tentu menitikan air mata duka sebagaimana yang dilakukan umat beragama lainnya.


Nah, berbeda dengan upacara kematian yang dilakukan oleh salah satu negara di Afrika Barat ini. Yaitu, Ghana. Berikut seputar penjelasan mengenai Negara tersebut:

Quote:Republik Ghana adalah sebuah negara di Afrika Barat yang berbatasan dengan Pantai Gading di sebelah barat, Burkina Faso di utara, Togo di timur, dan Teluk Nugini di selatan. Luas wilayahnya hampir dua kali luas pulau Jawa. Wikipedia

Ibu kota: Accra

Zona waktu: Waktu Greenwich (GMT); (UTC+0)

Mata uang: Cedi Ghana

Presiden: Nana Akufo-Addo

Bahasa resmi: Inggris


sumber: google


Jika di Indonesia dan beberapa negara menangis sedih dalam upacara kematian. Nyatanya tidak dengan Ghana. Orang-orang yang mengangkat peti mati berisikan mayat, malah terlihat asyik menari-nari. Diikuti oleh puluhan orang yang melayat.

Berikut vidionya, GanSist. Selamat menyaksikan ....


Upacara kematian di Ghana


Yes, Tarian yang dilakukan oleh beberapa pria di atas, namanya adalah, Dancing Pallbearsers. Tarian asal Ghana, di mana para penari berdansa sambil angkat peti mati berisikan mayat.

Wow! Ane tidak tahu harus berkomentar apa. Mengingat dalam agama yang ane anut, di mana, seorang mayat harus diangkat secara perlahan. Jangan sampai terbentur oleh benda-benda atau terombang-ambing seperti ayunan. Boro-boro diajak berdansa bersama seperti yang terlihat dalam vidio di atas.

Akan tetapi, ane juga tidak mungkin menyalahkan atau merasa keberatan dengan kepercayaan dan tradisi orang lain. Toh, mayat yang mereka ajak berdansa itu, masih merupakan kaum mereka sendiri.

Bagaimana menurut, GanSist? upacara kematian yang unik, ya. Berusaha membuat keluarga yang ditinggalkan tetap merasa bahagia dan semangat menjalani hidup.

Baiklah, cukup sekian thread dari ane. Semoga menambah pengetahuan atau informasi buat kita semua.

Quote:Dunia ini luas. Tidak heran, jika masih banyak hal yang belum kita ketahui. Baik tentang tradisi, kebiasaan, serta budaya setiap daerah di berbagai negara. Bahkan, di Indonesia sendiri, ada banyak tradisi dan budaya yang belum kita tahu seperti apa.



Happy reading, GanSist. And see you nex time emoticon-Big Kiss


Terima kasih telah mampir dan membaca

Wassalam ...


Penulis: @darmawati040
Referensi: di sini


Bima, 04 April 2020
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kingoftki dan 17 lainnya memberi reputasi
18
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Dancing Pallbearsers! Tarian Asal Ghana yang Mengangkat Peti Mati Berisikan Mayat!
04-04-2020 10:52
pejwan
profile-picture
profile-picture
kingoftki dan dahyun98 memberi reputasi
2 0
2
Dancing Pallbearsers! Tarian Asal Ghana yang Mengangkat Peti Mati Berisikan Mayat!
04-04-2020 10:53
nari nari sambil angkat peti mati yg isinya mayat 😔
profile-picture
profile-picture
kingoftki dan dahyun98 memberi reputasi
2 0
2
Dancing Pallbearsers! Tarian Asal Ghana yang Mengangkat Peti Mati Berisikan Mayat!
04-04-2020 11:26
adat istiadat penghormatan kepada yg mati
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Dancing Pallbearsers! Tarian Asal Ghana yang Mengangkat Peti Mati Berisikan Mayat!
04-04-2020 11:47
Nyumbang ah...


{thread_title}
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anakjahanam721 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Dancing Pallbearsers! Tarian Asal Ghana yang Mengangkat Peti Mati Berisikan Mayat!
04-04-2020 11:52
Ternyata dari ghana ya kebiasaan ini. Emang itu wujud penghormatan buat yg meninggal
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
1 0
1
Dancing Pallbearsers! Tarian Asal Ghana yang Mengangkat Peti Mati Berisikan Mayat!
04-04-2020 11:55
Quote:Original Posted By 37sanchi
Nyumbang ah...


{thread_title}

haha, ada lagi gan?
Quote:Original Posted By antomulyo
Ternyata dari ghana ya kebiasaan ini. Emang itu wujud penghormatan buat yg meninggal


Iya, Gan. Tapi ane kok deg degan ya. Takut petinya jatuh
profile-picture
kingoftki memberi reputasi
1 0
1
Dancing Pallbearsers! Tarian Asal Ghana yang Mengangkat Peti Mati Berisikan Mayat!
04-04-2020 11:57
Quote:Original Posted By darmawati040

haha, ada lagi gan?





Nyoh bree....



{thread_title}

profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Dancing Pallbearsers! Tarian Asal Ghana yang Mengangkat Peti Mati Berisikan Mayat!
04-04-2020 12:09
Kasian yang matinya 😥
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Dancing Pallbearsers! Tarian Asal Ghana yang Mengangkat Peti Mati Berisikan Mayat!
04-04-2020 12:25
Njir, ini sih meme yg terbaru emoticon-Ngakak
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
1 0
1
Dancing Pallbearsers! Tarian Asal Ghana yang Mengangkat Peti Mati Berisikan Mayat!
04-04-2020 12:30
Quote:Original Posted By mamaproduktif
Kasian yang matinya 😥



Itu kan kepercayaan dan budaya masing-masing.
Ya suka2 mereka lah.

Ada juga yang percaya kalau orang mati harus langsung kubur walau hujan2an kek, badai topan kek, tengah malem kek.

Jadi wajar aja emoticon-Big Grin
Diubah oleh red.putation
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan mamaproduktif memberi reputasi
1 1
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Dancing Pallbearsers! Tarian Asal Ghana yang Mengangkat Peti Mati Berisikan Mayat!
04-04-2020 12:53
Quote:Original Posted By mamaproduktif
Kasian yang matinya 😥

Iya, diajak dansa emoticon-Mewek
Quote:Original Posted By v.a.g.s
Njir, ini sih meme yg terbaru emoticon-Ngakak

Hahaha, tau deh emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
kingoftki dan red.putation memberi reputasi
1 1
0
Dancing Pallbearsers! Tarian Asal Ghana yang Mengangkat Peti Mati Berisikan Mayat!
04-04-2020 13:06

budaya yang unik

setiap negara,setiap suku bangsa, atau setiap agama memiliki perbedaan dalam penguburan orang yang sudah meninggal. malah budaya budaya ini perlu dilestarikan... karena setiap budaya itu unik,gak semua harus sama, jangan memaksakan budaya harus mengikuti budaya lainnya.

jgn mengatakan budaya harus nya begini begitu, itu khan dari mindset kita, bukan mindset dari mereka.
contoh: budaya ghana mungkin sebagian banyak orang berpikir harusnya begini gak boleh begitu, bedasarkan dari agama yg saya anut gak boleh begitu. Nah ketika orang ghana melihat cara penguburan kita yg tenang dsb, pasti mereka juga akan berpikir yang sama.

so kesimpulannya, jgn pernah memandang budaya atau agama orang lain di bandingkan dengan budaya sendiri atau agama sendiri. karena tidak akan ada titik temu nya.

Budaya atau agama itu punya ke unikan sendiri sendiri.
profile-picture
profile-picture
grenademan24 dan darmawati040 memberi reputasi
2 0
2
Dancing Pallbearsers! Tarian Asal Ghana yang Mengangkat Peti Mati Berisikan Mayat!
04-04-2020 13:09
Biasanya backsoundnya feeling good. Suasana sedih mendadak jadi kocak emoticon-Ngakak
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
1 0
1
Dancing Pallbearsers! Tarian Asal Ghana yang Mengangkat Peti Mati Berisikan Mayat!
04-04-2020 13:11
ya itu anggapan mereka gitu sih, mau gimana lagi.
kalau di sini, bisa ngamuklah yang ditinggalkan, masa keluarga mereka ada yang meninggal malah orang joget-joget
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
1 0
1
Dancing Pallbearsers! Tarian Asal Ghana yang Mengangkat Peti Mati Berisikan Mayat!
04-04-2020 13:57
Jogetnya pada enak bgt, gerakin badannya santai bgt emoticon-Big Grin
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
1 0
1
Dancing Pallbearsers! Tarian Asal Ghana yang Mengangkat Peti Mati Berisikan Mayat!
04-04-2020 14:19
ni gan.. sayang ga bisa diplay
play
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
1 0
1
Dancing Pallbearsers! Tarian Asal Ghana yang Mengangkat Peti Mati Berisikan Mayat!
04-04-2020 14:53
Pernah lihat petinya jatoh
GIF
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
1 0
1
Dancing Pallbearsers! Tarian Asal Ghana yang Mengangkat Peti Mati Berisikan Mayat!
04-04-2020 15:04
Quote:Original Posted By gushastoko
setiap negara,setiap suku bangsa, atau setiap agama memiliki perbedaan dalam penguburan orang yang sudah meninggal. malah budaya budaya ini perlu dilestarikan... karena setiap budaya itu unik,gak semua harus sama, jangan memaksakan budaya harus mengikuti budaya lainnya.

jgn mengatakan budaya harus nya begini begitu, itu khan dari mindset kita, bukan mindset dari mereka.
contoh: budaya ghana mungkin sebagian banyak orang berpikir harusnya begini gak boleh begitu, bedasarkan dari agama yg saya anut gak boleh begitu. Nah ketika orang ghana melihat cara penguburan kita yg tenang dsb, pasti mereka juga akan berpikir yang sama.

so kesimpulannya, jgn pernah memandang budaya atau agama orang lain di bandingkan dengan budaya sendiri atau agama sendiri. karena tidak akan ada titik temu nya.

Budaya atau agama itu punya ke unikan sendiri sendiri.

di sini gak ada yg bilang begitu, Gan. Karena memang setiap daerah, suku, bangsa, dan negara itu berbeda emoticon-Matabelo

Thank's, Gan emoticon-Recommended Seller

Quote:Original Posted By ram.deuter
Biasanya backsoundnya feeling good. Suasana sedih mendadak jadi kocak emoticon-Ngakak

wkwkwk, entahlah ini. Sudah budayanya kali gan
Quote:Original Posted By evihan92
ya itu anggapan mereka gitu sih, mau gimana lagi.
kalau di sini, bisa ngamuklah yang ditinggalkan, masa keluarga mereka ada yang meninggal malah orang joget-joget

Hahaha, iya, Gan. Ini semacam menghibur keluarga yg ditinggalakan
Quote:Original Posted By mutid
Jogetnya pada enak bgt, gerakin badannya santai bgt emoticon-Big Grin

Hahaha, yg di dalem peti ingin teriakemoticon-Ngacir2
Quote:Original Posted By vallkrie
ni gan.. sayang ga bisa diplay
play

Yaa emoticon-Cape d...
Quote:Original Posted By 7900717
Pernah lihat petinya jatoh
GIF


Waduh, serius, gan? emoticon-Mewek
profile-picture
dahyun98 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Dancing Pallbearsers! Tarian Asal Ghana yang Mengangkat Peti Mati Berisikan Mayat!
04-04-2020 16:51
Oaallaahh dari sini toh..
emoticon-Leh Uga
0 0
0
Dancing Pallbearsers! Tarian Asal Ghana yang Mengangkat Peti Mati Berisikan Mayat!
04-04-2020 18:07
Banyak dijadiin video tiktok nih tarian emoticon-Ngakak
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia