Automotive
Batal
KATEGORI
link has been copied
13
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e82dd25af7e93405b691a8e/ini-fungsi-dan-cara-baca-tachometer-spidometer-dan-odometer
Kondisi idle berhubungan dengan indikator yang ada di sebelah kiri, namanya tachometer. Ketika mobil dalam kondisi idle maka akan terlihat tuh tacometer menunjukkan berapa rpm mesin mobil yang gunakan.
Lapor Hansip
31-03-2020 13:03

Ini Fungsi Dan Cara Baca Tachometer, Spidometer, Dan Odometer

Past Hot Thread
Ini Fungsi Dan Cara Baca Tachometer, Spidometer, Dan Odometer

Jagoankita.com – Bagi yang sudah biasa membawa mobil pasti sering melihat dong indikator di instrument cluster. Nah, biasanya posisi panel instrumen ada di balik setir atau bagian tengah dasbor pada beberapa mobil. Terutama untuk para perempuan nih, sudah yakin paham maksud dari indikatornya?

Pertama, kita harus tahu nih kalau mobil memiliki kondisi idle. Nah, kondisi ini di mana mobil stasioner, yaitu diam tetapi mesin dalam kondisi hidup.
Penyebutan idle juga sama nih dengan kondisi mobil saat terjebak macet, atau setelah dibawa jalan kemudian diubah ke posisi netral atau parkir tanpa mematikan mesin.
 
1. Tachometer

Kondisi idle berhubungan dengan indikator yang ada di sebelah kiri, namanya tachometer. Ketika mobil dalam kondisi idle maka akan terlihat tuh tacometer menunjukkan berapa rpm mesin mobil yang gunakan.

Karena angka yang ditunjukan adalah jarak dari 0 ke 1 kemudian 1 ke 2 dan seterusnya, maka satuannya ada angka desimal seperti 0,1 atau 0,2 dan seterusnya. Angka yang ditunjukan oleh tachometer dikalikan dengan 1000, maka akan terlihat berapa rpm mobil tersebut.

Rpm ini menunjukan kecepatan perputaran mesin, dari indikator ini saja sudah bisa mengetahui apakah mesin mobil tersebut sehat atau tidak loh. Seperti yang dijelaskan oleh Yuda Anggoro pemilik AHT Garage, “Ada pentingnya kita tahu ketika kita beli mobil baru idling-nya dimana, maksudnya di rpm berapa saat mobil dikondisi stasioner. Misalnya setahun kedepan dinyalain lagi idle-nya nggak segitu (naik), itu ada yang salah tuh sama mesinnya.”

Jangan salah, untuk kondisi ketika AC dinyalakan maupun tidak, jumlah rpm seharusnya tidak berubah. Itu menandakan mesin mobil yang sehat. Ketika AC dinyalakan, untuk mengurangi beban mesin, idle bekerja untuk menaikan putaran mesin mobil. Jadi jangan kaget jika pada saat AC menyala, jarum rpm kadang naik lalu turun.
 
2. Spidometer

Nah, berpindah di indikator sebelahnya yang terlihat hampir sama dengan tachometer, yaitu spidometer. Sadar nggak sih kalau hampir semua orang menyebut instrument cluster adalah spidometer? Padahal spidometer itu bagian dari instrument cluster loh.

Kalau spidometer sepertinya hampir semua orang tahu bagaimana cara membaca dan fungsi dari indikator ini, yaitu menunjukkan kecepatan laju kendaraan. Tetapi ada instruksi yang sering diabaikan ketika berkendara, terutama di jalan tol.

Seperti yang diketahui, di jalan tol sudah ada ada instruksi pada beberapa titik kecepatan maksimal yang harus pengendara patuhi. Jadi, jangan sampai jauh melebihi karena berkendara nyaman adalah yang aman.

“Pokoknya kalau sudah dijalan, safety yang pertama. Menurut saya adalah 60-100 kpj, kalau kita mau menyusul mobil lain bolehlah 100 kpj. Tapi kalau nggak (jalanan normal) ambil kecepatan maksimal 80 kpj aja, soalnya traffic kita kan agak padat ya. Banyak yang suka ngerem mendadak,” jelas Yuda.
 
3. Odometer

Ini Fungsi Dan Cara Baca Tachometer, Spidometer, Dan Odometer

Nah, ini juga sering disebut-sebut spidometer padahal odometer bukan menunjukkan kecepatan, melainkan jumlah kilometer yang dihasilkan mobil sejak kendaraan tersebut digunakan pertama kali.

Untuk melakukan servis berkala biasanya dilihat dari kilometer. Bisa juga dari jangka waktu, biasanya cara ini digunakan ketika mobil masih baru. Sedangkan untuk servis berikutnya diler lebih menggunakan jarak tempuh.

Pada indikator odometer inilah pengendara harus sering cek atau service mobil bahkan mengganti oli mesin, diusahakan jangan sampai terlambat karena akan mempengaruhi performa mesin bahkan merusak.

Ada juga loh fitur tambahan pada beberapa mobil yang digunakan untuk melihat jumlah jarak ditempuh pada trip meter. Misalnya buat yang ingin melihat seberapa jauh perjalanan dari rumah ke kantor atau yang lebih jauh dari Jakarta ke Surabaya. Bisa dicoba nih!


Sumber: Link
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rtrn dan 12 lainnya memberi reputasi
13
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Ini Fungsi Dan Cara Baca Tachometer, Spidometer, Dan Odometer
31-03-2020 16:05
terimakasih banget gan infonya
semoga bermanfaat kedepannya
0 0
0
Ini Fungsi Dan Cara Baca Tachometer, Spidometer, Dan Odometer
31-03-2020 16:16
bisa di stel ga odo nya emoticon-Embarrassment
0 0
0
Ini Fungsi Dan Cara Baca Tachometer, Spidometer, Dan Odometer
31-03-2020 18:25
Oh gitu toh, baru tau, makasih gan infonya, ane sejauh ini cuma tau spidometer doang wkwkwk.
0 0
0
Ini Fungsi Dan Cara Baca Tachometer, Spidometer, Dan Odometer
31-03-2020 20:00
pengetahuan baru buat ane nih wkwk makasih banyak nih jadi kalo ane beli dan punya mobil ane udah tau nih gimana cara bacanya hehe
0 0
0
Ini Fungsi Dan Cara Baca Tachometer, Spidometer, Dan Odometer
31-03-2020 20:01
jadi pengen punya mobil nih gan sis wkwk doain ane yah bisa beli mobil nanti kalo ane udah kerja aminn
0 0
0
Ini Fungsi Dan Cara Baca Tachometer, Spidometer, Dan Odometer
31-03-2020 20:01
makasih gan infonya menarik banget ane jadi tau lebih banyak nih soal mobil kaya ginii
0 0
0
Ini Fungsi Dan Cara Baca Tachometer, Spidometer, Dan Odometer
31-03-2020 21:45
wahh baru tau hal hal kecil seperti ini sih ternyataa keren juga ya nice thread gann!
0 0
0
Ini Fungsi Dan Cara Baca Tachometer, Spidometer, Dan Odometer
31-03-2020 22:57
mantap banget nih gan infonya, biasanya cuman tau spidometer buat kecepatan doang, sama kalau bensin udah merah berarti segera isi bensin daripada olahraga dijalan sampai ke pom ya kan gan sist wkwk
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh KS06
Ini Fungsi Dan Cara Baca Tachometer, Spidometer, Dan Odometer
01-04-2020 12:53
Baru faham ni gan fungsinya, selama ini cuek cuek manja aja tuh liatnya... Yg palig serig dliat y spidometer nya diang
Diubah oleh dafuga
0 0
0
Ini Fungsi Dan Cara Baca Tachometer, Spidometer, Dan Odometer
01-04-2020 13:00
jadi menambah pengetahuan,,luar biasa info nya...





info promo toyota
081287243335
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Ini Fungsi Dan Cara Baca Tachometer, Spidometer, Dan Odometer
01-04-2020 18:36
ane baru tau kalo yg di rpm tuh istilahnya tachometer.. dan jg baru tau fungsinya ternyata buat apa.. nice info gan..
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Post ini telah dihapus oleh KS06
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Post ini telah dihapus oleh KS06
Ini Fungsi Dan Cara Baca Tachometer, Spidometer, Dan Odometer
02-04-2020 13:17
mantuull gan, thanks infonya emoticon-Sundul emoticon-Sundul
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia