News
Batal
KATEGORI
link has been copied
205
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e813f8a8d9b170ad329be51/ylbhi-sebut-polisi-langgar-hukum-bubarkan-massa-kala-corona
Jakarta, CNN Indonesia -- Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) menganggap langkah polisi menindak kerumunan warga adalah perbuatan semena-mena dan melawan hukum. Hal ini diungkapkan berdasar perundang-undangan yang mengatur penanggulangan pemerintah terhadap wabah, seperti Covid-19 atau virus corona. YLBHI menekankan pihaknya mendukung upaya social distancing yang dilakukan untuk meneka
Lapor Hansip
30-03-2020 07:38

YLBHI Sebut Polisi Langgar Hukum Bubarkan Massa Kala Corona

 YLBHI Sebut Polisi Langgar Hukum Bubarkan Massa Kala Corona

Jakarta, CNN Indonesia -- Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) menganggap langkah polisi menindak kerumunan warga adalah perbuatan semena-mena dan melawan hukum. Hal ini diungkapkan berdasar perundang-undangan yang mengatur penanggulangan pemerintah terhadap wabah, seperti Covid-19 atau virus corona.

YLBHI menekankan pihaknya mendukung upaya social distancing yang dilakukan untuk menekan penyebaran corona. Namun penegasannya terhadap masyarakat perlu aturan yang konkret.

Salah satunya mengacu pada UU No. 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan. Dalam UU itu diatur bahwa penetapan status kesehatan masyarakat adalah wewenang Presiden.

Selain itu, sebelum status darurat kesehatan ditetapkan, presiden perlu mengeluarkan Peraturan Pemerintah yang mengatur tata cara penetapan dan pencabutan kedaruratan kesehatan masyarakat.

"Saat ini hanya ada Keppres tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan. Apabila Presiden melarang daerah melakukan lockdown karena wewenang ada pada dirinya, sungguh aneh Presiden membiarkan status darurat dikeluarkan SK Kepala BNPB dan tidak mengambil tanggung jawab sesuai UU untuk menetapkannya," ujar keterangan pers YLBHI yang diterima CNNIndonesia.com, Minggu (29/3).

Dalam PP yang dimaksud, bakal diatur mengenai langkah pemerintah terkait karantina, baik itu karantina rumah, karantina rumah sakit, karantina wilayah hingga pembatasan sosial. Artinya PP juga mengatur mekanisme patroli yang belakangan dilakukan aparat keamanan.

Sedangkan hingga kini belum ada aturan resmi yang mengatur mekanisme pembubaran massa untuk menekan wabah. Aksi pembubaran mulai dilakukan setelah Maklumat Kepala Kepolisian Negara RI no.Mak/2/III/2020 tentang Kepatuhan Terhadap Kebijakan Pemerintah Dalam Penanganan Penyebaran Virus Corona Covid-19 dikeluarkan 19 Maret lalu.

Selain perkara mekanisme, PP juga harus menjamin hak rakyat sehingga menghindari tindakan sewenang-wenang. Hal ini sesuai dengan UU No. 122 Tahun 2005 tentang Pengesahan Kovenan Internasional Tentang Hak-Hak Sipil dan Politik.

Pada Pasal 4 UU tersebut diatur bahwa dalam keadaan darurat yang mengancam bangsa, pemerintah tidak boleh mengambil langkah yang bertentangan dengan hukum internasional dan mengandung diskriminasi.

"Oleh karena itu mengkriminalkan rakyat hanya berdasarkan maklumat dan belum ada penetapan status Kedaruratan Kesehatan Masyarakat dari Pemerintah adalah perbuatan semena-mena dan melawan hukum," ujar keterangan tersebut.

Pada sejumlah video pembubaran massa yang diterima YLBHI, terdapat pernyataan anggota Polri memerintahkan anggotanya membawa penyelenggara acara ke kantor polisi. Hal ini menurut YLBHI tak bisa dilakukan.

"Penggunaan pidana dalam hal ini hanya akan menempatkan yang bersangkutan dalam situasi rentan. Hal ini karena dalam proses pidana yang akan dijalani sulit memberlakukan physical distancing karena fasilitas yang minim. Apalagi jika ditahan mengingat nyaris seluruh rutan dan Lapas di Indonesia mengalami over-crowding," jelasnya.

Berdasarkan hal-hal tersebut, YLBHI mendorong pemerintah memberlakukan karantina, memenuhi hak pangan dan kebutuhan lainnya selama masa darurat, dan tidak mengkriminalisasi masyarakat ketika tidak mengikuti situasi darurat.

sumber --=-=-=-=-


Ane mendukung pihak keamanan bertindak tegas meski tanpa dasar aturan yang jelas,
ane juga mendukung pihak pemerintah daerah mengambil diskresi menetapkan karantina wilayahnya meski belum didukung peraturan pemerintah pusat,
ini kondisinya darurat,
ancaman virusnya hitungannya bukan minggu, bulan, apalagi tahun,
tapi hari ke hari.

Pemerintah juga lemot nih nerbitin PP buat ngatur karantina daerah emoticon-Hammer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sebelahblog dan 26 lainnya memberi reputasi
25
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 9
YLBHI Sebut Polisi Langgar Hukum Bubarkan Massa Kala Corona
30-03-2020 08:08
Demi kebaikan bersama
0 0
0
YLBHI Sebut Polisi Langgar Hukum Bubarkan Massa Kala Corona
30-03-2020 08:09
Memang gaada hukumnya, butuh aturan jelas. Ga bisa ngusir2. Kalau udah bgini, bedanya polisi sama FPI jd ga ada.
profile-picture
profile-picture
garwet dan kaiserwalzer memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
YLBHI Sebut Polisi Langgar Hukum Bubarkan Massa Kala Corona
30-03-2020 08:09
Serba salah. Rakyat masih bnyk yg ngeyel... Klo sampai kena bilang pemerintah mana..

Garda terdepan saat ini yakni diri kita masing2. Bagaimana mencegah jgn sampai tertular dan menularkan. STOP PENULARAN MAKA BERAKHIR JUGA WABAH COVID-19.

0 0
0
YLBHI Sebut Polisi Langgar Hukum Bubarkan Massa Kala Corona
30-03-2020 08:09
Yaa sudah, kalau kasus melonjak gara gara kerumunan masih dibiarkan, jangan salahkan pemerintah.
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
YLBHI Sebut Polisi Langgar Hukum Bubarkan Massa Kala Corona
30-03-2020 08:14
YLBHI saja yg keliling untuk menghimbau kerumunan untuk bubar... polisi saja diketawain kok...
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
1 0
1
YLBHI Sebut Polisi Langgar Hukum Bubarkan Massa Kala Corona
30-03-2020 08:16
Fuck! ga usah cari panggung YLBHI situasi kayak gini saling dukung bukan saling sikut emoticon-Marah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anthony305 dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
YLBHI Sebut Polisi Langgar Hukum Bubarkan Massa Kala Corona
30-03-2020 08:20
apa sih
0 0
0
YLBHI Sebut Polisi Langgar Hukum Bubarkan Massa Kala Corona
30-03-2020 08:20
makanya itu presiden harus tegas,bikin aturan darurat tentang pembatasan publik dan hukuman yang pasti
profile-picture
kaiserwalzer memberi reputasi
1 0
1
YLBHI Sebut Polisi Langgar Hukum Bubarkan Massa Kala Corona
30-03-2020 08:21
Yaiyalah main bubar2in j. Mang ada undang2nya emoticon-Ngakak

Xebong emg goblok pemerintah kasi himbauan itu d langgar jg gk knp2.
profile-picture
kaiserwalzer memberi reputasi
1 0
1
YLBHI Sebut Polisi Langgar Hukum Bubarkan Massa Kala Corona
30-03-2020 08:22
Ya udah biar YLBHI aja yang bubarin. Mungkin YLBHI pikir polisi lg mau bunuh warganya, padahal mah polisi lg selamatin mereka & rakyat negaranya biar ga kena covid.
0 0
0
YLBHI Sebut Polisi Langgar Hukum Bubarkan Massa Kala Corona
30-03-2020 08:26
Indonesia bakal jadi negara terparah yang terkena dampak corona kalau pemerintah pusat,daerah bahkan sampai ke LSM nya aja gak sinkron begini
profile-picture
rakusentai memberi reputasi
1 0
1
YLBHI Sebut Polisi Langgar Hukum Bubarkan Massa Kala Corona
30-03-2020 08:26
ada aja di cari cariin..
0 0
0
YLBHI Sebut Polisi Langgar Hukum Bubarkan Massa Kala Corona
30-03-2020 08:27
Hadeeeeeeeh.....Ada aja yg masih Cari panggung disaat seperti ini.....
0 0
0
YLBHI Sebut Polisi Langgar Hukum Bubarkan Massa Kala Corona
30-03-2020 08:28
Ini yang aku kurang suka dari Indonesia. Semua badan bisa mengeluarkan peraturan sendiri bahkan sampai eselon bawah.

Harusnya peraturan di tingkat pusat berhenti di PP.

Semacam Keppres/Inpres/Perpres bahkan SK Badan/Lembaga itu dihapus saja.

Cukup UU yang perlu pengesahan DPR dan PP yang hanya butuh Presiden (unilateral/sepihak).
0 0
0
YLBHI Sebut Polisi Langgar Hukum Bubarkan Massa Kala Corona
30-03-2020 08:28
YLBHI di suruh kumpul2 biar kena corona lalu pulang ke keluarga biar keluarganya ikut2an kena corona lalu kumpul2 ke tetangga, dll. YLBHI die, YLBHI family die, YLBHI neighbour hood die. ALL YLBHI, ETC DIE.
0 0
0
YLBHI Sebut Polisi Langgar Hukum Bubarkan Massa Kala Corona
30-03-2020 08:28
Dilarang berkumpul, tapi orangnya dikumpulkan di truk polri+digerombolkan di polres2. Yg nonton nyengir2 sambil mbatin physical distancing model mana kayak gini.?

Nggak goblok nggak +62
emoticon-Leh Uga


profile-picture
profile-picture
twiratmoko dan kaiserwalzer memberi reputasi
1 1
0
YLBHI Sebut Polisi Langgar Hukum Bubarkan Massa Kala Corona
30-03-2020 08:30
Ya sudah, bikin kerumunan di kantor YLBHI dan di rumah para pengurus YLBHI saja.
0 0
0
YLBHI Sebut Polisi Langgar Hukum Bubarkan Massa Kala Corona
30-03-2020 08:30
Quote:Original Posted By 0land
yaudah kumpulin rame-rame orang yg tukang ngeyel di kantor YLBHI lalu sisipkan pasien positif covid 19 satu orangemoticon-Hammer (S)


Briliant emoticon-Ngakak
0 0
0
YLBHI Sebut Polisi Langgar Hukum Bubarkan Massa Kala Corona
30-03-2020 08:33
Quote:Original Posted By rachmacool
Tenang bonggg tenang takut amat mukidi lengser


ciee antek khilaf ah bacot mau lengserin...
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan coldblacksnow memberi reputasi
2 0
2
YLBHI Sebut Polisi Langgar Hukum Bubarkan Massa Kala Corona
30-03-2020 08:37
Gara2 kebanyakan LSM masyarakat jd susah diatur
0 0
0
Halaman 2 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Berita dan Politik
benarkah-tuhan-itu-ada
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia