aksa688Avatar border
TS
aksa688
Tips Bekerja Dari Rumah Versi Tokopedia #Dirumah Aja Dulu


Ingin lebih maksimal, perhatikan yang nomor 3.

Dream – Tokopedia turut menggaungkan ajakan bekerja dari rumah yang disampaikan pemerintah. Platfrom eS E N S O Rmerce itu menerapkan kebijakan work from home (WFH) kepada pegawainya selama satu pekan.

“ Upaya ini ditujukan untuk mendukung penanganan Covid-19 agar lebih maksimal sejalan dengan instruksi presiden,” kata External Communication Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Rabu 18 Maret 2020.

Tak hanya bagi pegawai, Tokopedia juga turut memberikan masukan bagi perusahaan atau pegawai yang tengah menjalani WFH. Seperti diketahui, bekerja dari rumah memang membutuhkan trik tersendiri agar bisa berjalan efektif.

ES E N S O Rmerce ini membagikan lima tips untuk karyawan yang bekerja dari rumah. Pertama, menyiapkan tempat kerja yang nyaman. Bekerja dari rumah bisa memanfaatkan berbagai ruangan yang ada. Pastikan ruangan tersebut minim distraksi.

Kamu bisa menggunakan meja dan kursi yang tersedia -- lebih disarankan yang ergonomis demi menjaga kesehatan tulang belakang -- atau memanfaatkan meja lipat jika misalnya harus bekerja di atas tempat tidur.

Kedua, memastikan perlengkapan kerja memadai. Mulai dari alat tulis, gelas untuk minum, kertas coretan hingga handphone, pastikan semuanya tersedia dan mudah dijangkau. Hal ini untuk mendukung kenyamanan kamu selama bekerja di rumah.

Disipilin

Ketiga, disiplin waktu. Minimal pengawasan menuntut karyawan mendisiplinkan diri secara mandiri. Pegawai harus memiliki rencana kerja atau to-do-list harian yang jelas. Ini termasuk mengatur waktu istirahat untuk makan atau mengecek media sosial secara bijaksana agar produktivitas tetap terjaga.

Keempat, jadwalkan rapat online secara berkala. Kamu bisa memanfaatkan platform digital untuk membuat panggilan video dan suara agar komunikasi antara rekan kerja tetap berjalan efektif.

Sebaiknya jadwalkan juga online meeting pada pagi dan sore hari agar seluruh rekan kerja dapat saling mengetahui pekerjaan yang akan dan sudah dilakukan.

Kelima, selalu standby dan aktif respons. Kecepatan dalam merespons dapat meningkatkan efektivitas dalam penyelesaian pekerjaan bersama tim. Kamu bisa melakukan top-up pulsa atau paket data lewat Tokopedia dengan lebih mudah dan cepat agar selalu terhubung dengan rekan kerja.


Cara Hadapi Konflik di Tempat Kerja

Dream - Konflik di tempat kerja adalah sebuah hal yang alami dan pasti terjadi di perusahaan atau organisasi mana pun. Gesekan ini bisa terjadi, mulai dari tahapan pekerja sampai manajer tingkat atas. 

Dikutip dari Karir.com, Senin 2 Maret 2020, dalam taraf tertentu, konflik dalam dunia kerja bisa menjadi nilai positif untuk meningkatkan sikap kompetitif antar divisi.

Tapi, dalam jangka panjang konflik internal bisa menjadi salah satu faktor yang dapat mengganggu kinerja perusahaan. Lalu, bagaimana sebaiknya cara menghadapi konflik internal di dalam perusahaan?

Pertama, berkomunikasi secara sehat. Komunikasi internal yang kurang baik bisa menjadi sebuah faktor pemicu konflik internal. Tidak jarang masalah konflik internal hanya berasal dari komunikasi yang tidak baik antara satu karyawan dengan karyawan lainnya.



Untuk menghindari hal ini sebisa mungkin untuk membangun komunikasi yang sehat dan jelas jika berkaitan dengan pekerjaan. Buatlah komunikasi tercatat antara kedua belah pihak menggunakan memo atau media lainnya yang bisa diakses oleh kedua belah pihak. 

Dengan cara ini kedua belah pihak bisa saling mengetahui materi apa saja yang dibahas sehingga mengarah ke bahasan lain yang bisa memperburuk keadaan.


Bekerja Sesuai Tanggung Jawab

Kedua, bekerja sesuai dengan tanggung jawab. Setiap pekerja di perusahaan tentu punya job description dan juga tanggung jawab masing-masing. Job description tersebut disusun agar setiap pekerja mampu berkontribusi ke perusahaan sesuai dengan kemampuan dan keahliannya masing-masing.

Tapi tidak jarang untuk melaksanakan tanggung jawab tersebut kita harus bersinggungan dengan pekerja atau divisi lain di dalam perusahaan. Tidak jarang singgungan ini menjadi awal drama konflik internal yang panjang dan melelahkan.

Agar tidak terjadi konflik yang berlebihan, usahakan untuk selalu bekerja sesuai porsi dari tanggung jawab masing-masing. Jika ada sebuah pekerjaan yang memang harus bersinggungan dengan divisi lain, pasti kita tidak melanggar wewenang yang kita miliki.

Sinergi

Ketiga, ada sinergi manajerial. Sebagai pemangku kebijakan di perusahaan, manajemen tingkat atas juga perlu membuat peraturan untuk mengelola konflik internal.

Manajemen bisa membuat peraturan yang harus dilakukan oleh seluruh pihak yang berkepentingan jika terjadi sebuah konflik.

Peraturan tersebut bisa berupa memo atau berupa SOP yang mengatur cara penyelesaian konflik berdasarkan kepada wewenangnya masing-masing. Dengan melakukan hal ini diharapkan konflik bisa diselesaikan oleh seluruh pihak tanpa harus mengorbankan waktu dan juga produktivitas setiap pekerja yang terlibat
.

Sumber
Diubah oleh aksa688 29-03-2020 22:48
0
127
0
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Tips & Tutorial Jual Beli
Tips & Tutorial Jual Beli
4.9KThread210Anggota
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.