Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
112
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e5653d74601cf15bb06a34a/beberapa-hal-yang-akan-berubah-saat-kita-kehilangan-orang-tua
"Kehidupan ini benar-benar penuh dengan misteri yang tak akan pernah bisa diprediksi. Semua bisa berubah secara drastis tanpa pernah terduga sebelumnya Dalam hitungan detik saja semua bisa berubah dengan begitu cepat. Dalam hitungan detik saja semua yang kita sayangi dapat hilang keberadaannya
Lapor Hansip
26-02-2020 18:17

Beberapa Hal yang Akan Berubah Saat Kita Kehilangan Orang Tua

Past Hot Thread
icon-verified-thread


"Kehidupan ini benar-benar penuh dengan misteri yang tak akan pernah bisa diprediksi. Semua bisa berubah secara drastis tanpa pernah terduga sebelumnya

Dalam hitungan detik saja semua bisa berubah dengan begitu cepat. Dalam hitungan detik saja semua yang kita sayangi dapat hilang keberadaannya

Ya, kehidupan memang seperti ini antara ditinggalkan dan juga meninggalkan. Sungguh, benar-benar tidak akan ada yang abadi didunia ini. Kelak jika saatnya sudah tiba mau tidak mau siap tidak siap semua harus kembali kepadaNya

Jika ditanya tentang harta apa yang paling berharga di dunia ini? Mungkin sebagian dari kita akan menjawab harta yang paling berharga adalah orang tua. Jika ditanya siapa manusia yang paling dicintai di dunia ini? Mungkin sebagian juga dari kita akan menjawab bahwa orang yang paling dicintai adalah orang tua yang telah melahirkan kita

Ya, rasanya memang tak berlebihan dari jawaban tersebut. Mengingat bagaimanapun juga orang tua adalah manusia yang sangat berjasa karena telah melahirkan, merawat dan membesarkan kita dengan sekuat tenaga


Quote:
Quote:
Namun perlu diakui saat mereka ada terkadang kita benar-benar tidak menghargai tentang keberadaan serta jerih payah yang telah mereka lakukan. Disisi lain kita masih sering melawan, berkata kasar, tidak menghiraukan dengan nasihat-nasihat yang mereka sampaikan untuk kita dan bagian yang paling menyedihkan adalah bahwa kita tidak pernah benar-benar menghargai betapa beruntungnya kita sampai semuanya benar-benar sudah terlambat

Mungkin beberapa hal dibawah ini sedikit banyak akan kita rasakan saat kelak kita harus benar-benar kehilangan orang tua kita di dunia ini :
Beberapa Hal yang Akan Berubah Saat Kita Kehilangan Orang Tua



Quote:
"Kamu Akan Semakin Sadar Tentang Pentingnya Keluarga"

Quote:
Quote:
Betapa nakalnya kamu dulu. Betapa besar kesalahanmu, disaat manusia-manusia lain menjauhimu, justru tak jarang orang tua yang akan selalu ada disampingmu dan tidak akan pernah memalingkan muka apalagi meninggalkanmu

Namun saat mereka sudah benar-benar tidak ada. Kamu semakin mengerti dan sadar betapa pentingnya keluarga. Khususnya orang tua.
Beberapa Hal yang Akan Berubah Saat Kita Kehilangan Orang Tua



Quote:
"Kamu Tidak Akan Memiliki Kekuatan yang Berfungsi dengan Benar untuk Sementara Waktu

Quote:
Quote:
Kita akan merasa seolah-olah bagian penting dari kekuatan diri telah dicabut dari tubuh kita. Karena begitu mereka pergi, sebagian dari hatimu akan mati bersama mereka, tidak pernah kembali. Kamu tidak akan pernah menjadi orang yang sama seperti dulu.

Pengalaman yang menghancurkan ini akan mengubah hidupmu dan memengaruhi kondisi emosi dan fisik. Butuh beberapa saat untuk sembuh dan melihat hidup dengan visi yang jelas lagi. Tetapi, pada waktunya, kamu akan baik-baik saja.
Beberapa Hal yang Akan Berubah Saat Kita Kehilangan Orang Tua



Quote:

"Kamu Akan Merasa Hancur dan Sendirian"

Quote:
Quote:
Rasa sakit akan selalu tinggal dihatimu. Untuk mengingatkan betapa kejam dan tidak adilnya hidup ini.

 Tidak peduli seberapa keras kamu berusaha membebaskan diri dari rantai kesedihan, Kamu tidak akan menemukan kekuatan yang cukup untuk melakukannya secara permanen. Tetapi pada waktunya nanti, kamu akan menerimanya
Beberapa Hal yang Akan Berubah Saat Kita Kehilangan Orang Tua



Quote:
"Kamu Akan Merasa Tidak Nyaman Mendengarkan Orang Lain Mengeluh Tentang Orang Tua Mereka"

Quote:
Quote:
Mendengarkan teman atau kenalan yang mengeluh tentang orang tua mereka akan membuatmu merasa benar-benar tidak nyaman. Ini akan mendorongmu ke arah untuk menghadapi mereka dan memberi tahu mereka bahwa mereka harus senang karena mereka masih memiliki keluarga
Beberapa Hal yang Akan Berubah Saat Kita Kehilangan Orang Tua



Quote:
"Bahkan, Kamu Akan Iri Pada Mereka Karena Mereka Masih Memiliki Orang Tua Untuk Menghabiskan Waktu Bersama"

Quote:
Quote:
Kamu tidak akan pernah memahaminya. Kamu akan merasa iri dengan berkah mereka. Bahkan tak jarang kamu akan flashback kebelakang tentang kehidupan masa kecilmu bersama kedua orang tua saat mereka masih hidup di dunia ini dan rasanya kamu benar-benar ingin mengulang momentum tersebut namun semua sudah hilang dan takkan mungkin terulang
Beberapa Hal yang Akan Berubah Saat Kita Kehilangan Orang Tua



Quote:
"Kesedihan Tidak Akan Pernah Benar-Benar Hilang"

Quote:
Quote:
Akan ada saat-saat ketika kamu akan menangis seperti yang kamu lakukan ketika mereka meninggal. Rasa sakit berubah seiring waktu, tetapi tidak pernah hilang sepenuhnya
Beberapa Hal yang Akan Berubah Saat Kita Kehilangan Orang Tua



Quote:
"Kamu Masih akan Merasakan Dorongan Untuk Memanggil Mereka Ketika Kamu Memiliki Berita Penting"

Quote:
Quote:
Saat ada kejadian atau suatu hal penting yang terjadi di kehidupanmu terkadang kamu akan menekan tombol telepon untuk menghubungi mereka. Rasa sakit yang menghancurkan jiwa karena harus menerima kenyataan bahwa orang tuamu tidak akan pernah mengangkat teleponmu lagi
Beberapa Hal yang Akan Berubah Saat Kita Kehilangan Orang Tua



Quote:
"Kamu Akan Menyadari Betapa Kamu Sebenarnya Sangat Mencintai Mereka"

Quote:
Quote:
Ini adalah suatu hal yang menyedihkan tentang kehilangan. Kamu semakin menyadari betapa kuatnya mencintai seseorang ketika mereka tidak lagi hidup.

Mereka tidak akan ada lagi disini untuk melihatmu berhasil dan tumbuh menjadi orang yang hebat
Beberapa Hal yang Akan Berubah Saat Kita Kehilangan Orang Tua



Quote:
Quote:
Jika kamu cukup beruntung masih memiliki orang tua, jangan lupa memberi tahu mereka betapa mereka sangat berarti bagi kehidupanmu. Kunjungi secara teratur, habiskan waktu berkualitas bersama mereka, seringlah menelepon mereka untuk memberi tahu mereka bahwa kamu peduli pada mereka. Cukup hadir untuk mereka dan hargai setiap momen yang bisa kamu habiskan sebagai keluarga sebelum semuanya terlambat
Beberapa Hal yang Akan Berubah Saat Kita Kehilangan Orang Tua



Sumber Referensi


BONUS ++


THANKS FOR READING™

Beberapa Hal yang Akan Berubah Saat Kita Kehilangan Orang Tua

Beberapa Hal yang Akan Berubah Saat Kita Kehilangan Orang Tua
Diubah oleh a.w.a.w.a.w
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lisa.bachtiar dan 49 lainnya memberi reputasi
46
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 6
Beberapa Hal yang Akan Berubah Saat Kita Kehilangan Orang Tua
26-02-2020 18:18
KOMENTAR KASKUSER


Quote:Original Posted By uusDK
Ane udah gak ada ibu. Istri ane udah gak ada dua2nya malah

Berasa beda banget pokoknya.. Terutama klo gak ada ibu emoticon-Mewek

Quote:Original Posted By margaery
Ibu mertua berapa minggu lalu jg meninggal. Ada adik ipar (laki) yg masih sekolah. Dulu adik ipar itu ceritanya kebobolan jd beda usia sama suami lumayan jauh. Eke yg liat aja sedih itu rumah gede isinya cuma 2 org (bapak dan adik ipar) mana laki semua.
Mereka yg sampe bingung krn gatau berapa takaran beras utk 1 hari, dimana garem gula, kapan saat bayar ini itu emoticon-Frown biasanya klo ada apa2 gt blg buk e buk e trus kemudian udah gabisa lagi emoticon-Berduka (S):


Quote:Original Posted By anitsuya
Untuk awal2 bener sih pasti merasa kehilangan, tapi makin lama makin terbiasa kok gan..

Asal kita memegang prinsip kuat bahwa, kematian itu adalah sesuatu yang PASTI! Dan itu dah takdir dari-Nya yang meski kita merengek sekalipun, takdir-Nya tetap berjalan.

Lalu kedua adalah soal kesedihan, hmm.. sedih ya pasti sedih, tapi apa wajib berlarut-larut? Kalo ga sedih atau move-on apakah disebut weirdos atau aneh? Buat anak laki2, tetap doakan mereka meski mereka udah tiada, buat mereka doa adalah hadiah terbaik dibanding apapun.

HEY.. Kalian ga tau kan bahwa mereka udah mendapatkan nikmat kubur? Kita beranggapan bahwa kita sedih ditinggalkan mereka, tapi bagaimana jika sebaliknya? Mereka bersedih karena melihat ternyata hidup di dunia itu bener2 super cobaan, dan mereka sedik krn takut kita2 yg masih hidup ini terlena duniawi. Jadi seharusnya kita iri..

Ane ga akan bilang, "sayangilah & nikmati waktu bersama ortu kalian selama masih ada", krn ane percaya tiap anak beda cara penyampaian rasa sayang mereka & ga bisa serta merta kita generalisir. Tapi pesen ane adalah.. setelah mereka tiada, jagalah prinsip mereka, tetap jadilah orang baik jangan jadi brengsek, fakboi, tukang tipu, dsb. Tetaplah beriman & bertakwa biar kita tetep bertemu dia di surga-Nya kelak. Remember, death is only a begining..

[cerita ga penting hehehe]
Btw ane termasuk orang yg sangat terpukul kepergian nyokap di usianya 49 thn krn kanker otak. Kenapa sangat terpukul? Krn diantara 3 bersodara, ane doang yg paling pendiem dari dulu sejak SMP, intinya udah kaya itachi lah kalo di keluarga wkwkwk tapi di balik itu sebenarnya ane sayang banget sama nyokap krn dia disakitin bokap terus & nyokap adalah pejuang nafkah primer

Ane kalo ngasih apa2 selalu diem2 atau taro di meja tanpa banyak omong, tapi nyokap sih tau ane emang orangnya jaim-an, & disaat dia di ICU, krn ane tau udah ga ada harapan, hampir 24 jam ane sendiri tungguin terus tanpa peduli ada tamu yg berkunjung atau kumpul2 keluarga di ruang tunggu, fokus ane cuma pengen megang terus tangannya disaat masih hangat, & itu adalah kesempatan terakhir ane.

Di 3 hari nyokap di ICU akhirnya pergi di waktu subuh, sedihnya bukan main, galaunya bukan main, ane ga peduli cengeng atau enggak waktu itu dibanding adek2 ane, tapi itu krn ane merasa kehilangan banget krn biar kek itachi, cuma dia "kiblat" ane cari duit & cepet2 pulang buat nemenin disaat adek2 ane kerja pulang malem.


Quote:Original Posted By 241084
krg seminggu ane dpt gaji pertama kerja, bapak sakit.
dl ane prh janji bt beliin sarung, walopun bapak bs beli sendiri
Blm sempet pake,
bapak malah udah pergi duluan

Jadi kangen senyum bapak

emoticon-Frown

Quote:Original Posted By jdwicaksana
true gan
ketika ibu saya kesakitan dan akhirnya meninggal, saya tau ap arti cinta sejati
tapi itu juga mengibdikasikan kalo tugas dari orang yg telah meninggal telah selese
jadi sekarang giliran anggota keluarga lain yg mengemban tanggung jawabnya

Quote:Original Posted By hakim.srg
Waktu almarhum Bapak meninggal, rasanya seperti di sambar petir di siang bolong.

1 hal yang membuat ane menangis, bukan karena kehilangan dia, tapi ane menangis karena belum bisa menjadi anak soleh yang selalu mendoakan dia.

Sejak saat itu, ane berusaha untuk taubat, kembali ke agama, mendoakan dia dan tidak menyia2kan Ibu, orang tua yang tinggal 1 lagi yang ane punya.

Setelah Bapak meninggal, kadang ane berharap andai dia masih ada.

Untuk yang masih punya orang tua, sayangilah mereka.

Quote:Original Posted By wowwaw
waktu almarhum babeh ane meninggal, posisi itu ane lagi diluar kota karna lagi kuliah dan baru semester 1. kejadian itu bener2 bikin ane down. satu hal yg selalu ane inget sampai skrg, beberapa saat setelah ane berangkat menuju daerah tempat kuliah, almarhum bilang ke ibu ane "padahal tadi tahan dulu, jangan dulu pergi, bapa masih pengen ketemu" emoticon-Turut Berduka

Quote:Original Posted By mamsky23
bener gan itulah kehidupan yg terus selalu berputar.. cintailah ortu kita yg masih hidup dan kenanglah selalu dan doakan mereka selalu yg sudah tiada.. ortu ane masih ada gan ane selalu menikmati waktu ketika berkunjung dan sungkem melepas rindu..

Quote:Original Posted By kudaliarmakanbe
ane saksi hidup kisah cinta org tua temen ane..
tmn ane gk pernah ngabisin waktu buat org tuanya
lbh banyak dluar..
habisin uang...
dan kebetulan org tua tmn ane punya usaha di bidang pendidikan
dan ane salah satu staff nya...


ayah dri tmn ane..
meninggal di pelukan tmn ane...
1 thn kemudian ibunya meninggal di rs
krna gagal operasi jantung.

dsitu tmn ane bner2 hancur
hidup sperti gk punya pegangan lg.
gk terarah
tp seiring waktu dia berubah jadi lbh baik
dan kdg suka kerumah ane buat curhat
krna skrg gk ada tmpat dia buat mengeluh

Quote:Original Posted By clcyep
Di saat beberapa hari, minggu dan bulan kehilangan ayah/ibu untuk orang yg tempramen harap benar2 di kontrol emosinya..

Emosi dan jiwa anda makin gak stabil karena kehilangan, pikirkan matang2 ke depannya. Jangan sampai menyesal karena meluapkan emosi anda dengan cr yg salah di kemudian hari..

Life must go on, keep moving. Nice trit ts yg berhasil membuat ane kepingin ke makam alm papa ane bsk emoticon-shakehand

Quote:Original Posted By darxze
emoticon-Frownmungkin ane yang paling durhaka gan
umur 25an baru nanya makam bapak ane dimana,mukanya aja ga ingatemoticon-Frown mpe tanya foto ma kakak ane gan

Ikut bapak tiri sejak kecil dan kini bapak ma emak dah sakit2an,walopun tuh bapak tiri tapi tetep ane anggap bapak ane ndiri ganemoticon-Frown

Kemarin pas keduanya kolaps frustasi juga gan emoticon-Turut Berduka

Maaf ya bapak emak belum jadi anak yang berguna dan solehemoticon-Turut Berduka

Kadang ane bayangin coba bapak ane masih hidupemoticon-Frown

Quote:Original Posted By Coppi
Jadi ingat almarhum bapak ane :')
Kadang ane masih suka nangis di kamar tengah malam kalo ingat beliau emoticon-Frown

Sayangi ortumu selagi masih ada gan emoticon-Smilie

-----

Duh, jadi pengen nangis emoticon-Mewek

Quote:Original Posted By Freija
Pas kehilangan ayah tahun lalu ane tdk terlalu bersedih karena juga kasihan dengan penyakitnya. tapi setelah beberapa lama baru berasa hati rindu dan merasa bersalah dan belum bisa bener2 buat bahagia ayah dan berbakti. Ayah ane orangnya pendiem tdk banyak bicara dan sering berasa "krik krik krik" kalo berdua dgn beliau. Tapi ane tahu ayah ane berjuang buat keluarga sejak muda nya dan fokus membahagiakan keluarga tidak memikirkan diri sendiri. kalau pun berbicara pasti penuh nasehat dan sangat berarti. yang sekarang ane lakukan adalah meneruskan cara ayah ane dlm mendidik anak2 nya ke anak2 ane sekarang dan selalu kirim doa setiap harinya


Quote:Original Posted By silvanyfatwa
kamis dini hari pukul 12an

ane di panggil sama emak ane, "bapak gk mau tidur".
trus gue jalan ke kamar sambil bilang.
"pak tidur udah malam, yuk doa dulu" baca doaau tidur

jam 4an subuh adzan berkumandang.

ane mau berangka ke masjid, entah kenapa ane kok tiba2 salaman sambil minta maaf.
sumpah ane bener2 nangis pas minta maaf. gk tau kenapa.

Selama berangkat ke masjid air mata ane ngalir trus.
Bahkan waktu sholat ane milih shaf depan pojok tembok, ane bener2 nangis selama di masjid.

Abis shola ane berdoa " YA ALLAH , ANGKATLAH PENYAKIT DI DALAM TUBUH BAPAK, SEHAT KAN BAPAK SEPERTI DULU DAN BERIKAN LAH BAPAK YANG TERBAIK

abis pulang dari masjid ane kaget, bapak ane lagi sakratul maut, di bimbing emak ane.

Lalu ane di suruh emak ane buat bimbing beliau.

Ane bimbing baca alfatihah, alikhlas,alfalaq,annnas. Istghfar.

Ane pegang perut nya pelan-pelan
Dan beliau pun menhhembuskan nafas setelah ane baca semua ayat2 tersebut.

Jujur ane gak nangis pas bapak ane meninggal, ane cuma kaget tapi mau gimna pun harus ikhlas.

100an hari sudah beliau meninggal kan sekeluarga. Semoga amal ibadah dan iman islam beliau di terima allah swt. Dan segala kesalahan nya di ampuni. Amiin


Awal ke hilangan orang yg kita sayangi itu rasa nya sepi rumah.

Ane bertahaun2 ngerawat bapak ane yg sakit,dia sakit stroke hanya terbaring di kasur.

Semoga yg baru kehilangan org yg di sayangi selalu tabah dan ikhlas


Quote:Original Posted By autumnandfall
kalau belum punya keluarga sendiri sudah ditinggal orang tua akan merasakan kesepian yang teramat sangat.

Quote:Original Posted By onlyonejakass
baca ginian pas lagi jauh dari rumah, mana pas berangkat kerja ada masalah juga sama ortu.

niat kerja keluar karena pingin buktiin keluarga biar gak dianggap gagal dan stop bandingin dengan anak yg lain, jadinya suntuk kalo dirumah,

ehh baca ginian langsung bimbang, dasar lemah aku tu emoticon-Cape d... (S)

Quote:Original Posted By rikici
Sapa yang naro bawang disini ya Allah emoticon-Frown emoticon-Mewek

Ane anak semata wayang gan, dan tinggal ibu ane doang emoticon-Frown

Ane ga bisa berkata kata banyak, ane 1 tahun lalu di tinggal ayah ane berpulang, mana pas abis di rawat sama ane dan ibu emoticon-Frown
rasanya hopeless banget ngebiarin ayah ane pergi di depan mata kepala ane sendiri dan ga bisa berbuat apa apa emoticon-Sorry

Apa lagi yang mau ane curhatin, semuanya sama persis yg ane rasakan kaya agan agan yg udah di tinggal sama orang tuanya, terutama agan ini @hakim.srg i feel you gan emoticon-Frown

Yang ane lakukan pas di tinggal ortu cuma dengerin ceramah doang dan kadang kalo lagi bengong dalem hati suka ngomong gini "pah lagi ngapain disana?" emoticon-Frown

Buat yg muslim jgn lupa sering sering kirim istigfar buat orang tua kita, ane kalo lagi jalan sambil istigfar buat ayah ane emoticon-Frown

Kadang suka mikir, kenapa ayah ane di panggil secepat itu tapi ane sadar, ga cuma ane doang yang ngalamin kehilangan kaya gini.

Orang tua kita yg sudah berpulang hanya pindah alam, kita pasti bakal ketemu lagi, yang pasti siapkan tiket perjalanan yang terbaik, yaitu Amal sholeh, yap hanya itu saja tiketnya emoticon-Embarrassment

Yang masih lengkap orang tuanya, sayangi dan berikan lah yang terbaik buat mereka emoticon-Smilie

Quote:Original Posted By aganxxx
kehilangan bapak di umur 15..butuh 15 tahun bagi ane untuk kembali ke jalan yg benar..
15 tahun ane jalani tanpa pegangan..ga tahu arah..segala macam kebusukan ane jalani..
yap..butuh 15 tahun ane jalani untuk kembali ke jalan yg bner,daan,itu saat ane menjadi seorang ayah bagi anak2 ane..


Quote:Original Posted By irmawidjaya
Patah hati terdalam adalah kehilangan orang tua, sampe detik masih saja sakit. Seperti kehilangan tempat untuk pulang, terutama ibu beliau yg slalu ada... emoticon-Turut Berdukaemoticon-Mewek


Quote:Original Posted By lapetbasi
hidup ane ga pernah sama lagi, ketika kedua ortu ane meninggal..emoticon-Turut Berduka



Quote:Original Posted By tetettoet76
dl awal" d tgl nyokap lemes beneran, gada gairah, sedih berkepanjangan, dunia serasa hambar, palagi dl pas d tgl nyokap w blm kiwin, gada tmpat curhat berkeluh kesah dl emoticon-Mewek .... pas sblmnya dl d tgl bokap jg sedih tp ga berlarut" n msih bisa mengatasi keadaan, lah pas bagian d tgl nyokap bener" berat asli, berarti bener kata" ibu adalah sebagian dr jiwa, kehilangan ibu bener" menjadi saat yg terberat buat w, tp akhirnya w ngerasa w ga bisa kek gini trs w gak bisa trs berlarut" dlm kesedihan dan w hrs bangkit dr keterpurukan smpe akhirnya w menemukan tmn hidup w, dan life goes on emoticon-Peluk


Quote:Original Posted By abdirevolusi
ane di tinggal bapak ktika 16 tahun punya adik 2, rsany kehilangan banget tapi setelah aq menikah ternyata istriku di tinggal bapaknya ketika umur 9 tahun punya 2 adik, adik yg terakhir baru berumur beberapa bulan, aq sekarang lebih menghargai ortu dan mertua karna perjuanganya membesarkan anak2nya

Quote:Original Posted By UltimateLegion
Bapak dan Ibu ane masi ada semua gan alhamdulillah

Sejak ane kerja (tahun 2018) ane semakin sayang mereka semua, semakin paham kenapa diumur kita yang produktif ini biasanya kita melupakan betapa sayangnya orangtua kepada kita, dengan nonkrong2 dengan teman seumuran.

Ane mulai meluangkan waktu pada saat pulang kerja dan berangkat kerja untuk mengobrol sedikit dengan orangtua, mereka senang banget apalagi kalau kita puji "mah makanannya enak" atau bercanda dengan orangtua..

duh mau nangis ngetiknya euy..

Quote:Original Posted By ulermaboq
Perpisahan layaknya kita cuma berpisah dengan orang tercinta layaknya kita di dermaga, mereka naik kapal gan. Lama2 kapalnya akan bergerak makin jauh, makin kecil, dan lenyap. Suatu hari kita juga akan naik kapal dan berpisah dengan orang2 tercinta kita juga di dermaga. Well, yang bisa kita bawa saat di kapal cuma amal dan perbuatan2 yang sudah kita lakukan didunia. Gak ada yang abadi di dunia ini gan. Paling ngak, kita wujudkan bentuk kasih sayang kita dalam bentuk nyata. Bukan cuma kata i love you disaat hari ayah/ ibu dengan tambahan hadiah. Namun juga konsistensi dari perbuatan2 yang menunjukkan perhatian dan kasih sayang kita kepada mereka disaat ini. Ya kepada mereka yang kita cintai.. disaat ini..

Quote:Original Posted By thedomz
Ijin ikut turun gunung,

gw kehilangan bokap tanggal 22/02/2016, sosok pria yang paling hebat dalam hidup gw yang ngebesarin dan ngedidik gw sampai skrg. Tapi ada yg mengganjal dalam diri gw, bokap yang harusnya masih bisa hidup tapi harus meninggal di tanggal itu. Karena gw harus memilih keputusan yang berat dalam hidup gw. Gw harus di haruskan memilih apakah pengobatan untuk bokap tetap berjalan dengan konsekuensi pengeluaran makin besar atau gw harus menyelamatkan ekonomi keluarga demi masa depan. Kalau gw tetep fokus ke pengobatan bisa-bisa keluarga gw harus ngejual rumah, semua kendaraan yg ada di rumah untuk biaya rumah sakit dan itupun belum tentu bokap bisa pulih dengan cepat. Dan kalau gw milih selamatkan ekonomi keluarga, bisa dikatakan gw lah penyebab kematian bokap. Setelah berunding dengan keluarga besar bokap nyokap, mereka sudah pasrah dan menyerahkan semua keputusan ke diri gw.

Pagi hari tanggal 21/02/2016 akhirnya gw bersama nyokap menuju ruang ICU bertemu dokter, dan menjelaskan semuanya bahwa gw memilih menghentikan pengobatan untuk bokap di rumah sakit demi menyelamatkan ekonomi keluarga bokap. Di situ gw menandatangani sebuah surat sebagai tanda bahwa RS tidak bertanggung jawab atas akibat penghentian pemberian obat obatan untuk pasien dan menyerahkan tanggung jawab selanjutnya kepada keluarga pasien. Di hari itu gw nangis batin apakah keputusan yg gw ambil ini tepat? memilih menyelamatkan ekonomi keluarga, krn klo gw tetep ke pengobatan bokap bisa-bisa aset keluarga rumah dan kendaraan bisa habis tak bersisa dan menurut dokter penyakit bokap belum tentu bisa sembuh dengan cepat.

Disaat jam besuk gw ngeliat bokap, pada waktu itu dia sadar ada yg aneh dari mesin ventilator dan alat injeksi obat, sampai-sampai tangannya menunjuk ke arah mesin, bokap ga bisa bicara krn mulutnya terpasang selang pernapasan makanya beliau cuma bisa menggunakan tangan sbg isyarat. Gw makin nangis batin krn bokap tau ada yg aneh di mesinnya akibat penghentian pemberian obat meskipun gw ga bilang ke bokap. Di situ gw ngebohong klo ga ada yg aneh semua berjalan normal, mungkin bokap tau klo seharusnya di jam tertentu dia dpt injeksi obat tetapi mengapa di hari itu beliau ga dpt. Setelah jam besuk selesai gw makin nyesal dalam diri gw krn gw ngerasa gw ambil keputusan yg salah, dan gw makin sedih krn gw harus ngebohong ke bokap tentang pengobatannya.

Dan di tanggal 22/02/2016 pukul 11.30 jam besuk di mulai, gw dan nyokap masuk ke ruang ICU ketemu bokap. Ga ada yg aneh dengan kondisinya semua stabil setelah penghentian obat dari hari kemarin. Gw seneng karena ada mukjizat bahwa bokap kondisinya bisa stabil dan kemungkinan bisa sembuh. Tapi semua perasan senang ini cuma 15menit aja, semuanya berubah ketika kondisi bokap makin menurun, tekanan darah terus turun dan denyut nadi makin lemah. Gw dan nyokap mulai sedih tp ga boleh nunjukin kesedihan ini di depan bokap. Dan sesaat jam besuk akan habis, bokap menunjuk ke arah jam dimana sesuai kebiasaan di jam 12 kita selalu berdoa sejenak, gw dan nyokap masih berpikir positif bahwa bokap menunjukan bahwa beliau ingin berdoa sesuai kebiasaan kita, tp ternyata bokap menujuk ke arah jam bermaksud menunjuk bahwa jam 12 adalah masa selesai tugasnya di dunia. Sebelum berdoa, bokap menangkupkan tangan dan menaruh di dadanya dan memejamkan mata dimana selama di rawat beliau tidak pernah menangkupkan tangannya paling hanya memejamkan mata. Dan ketika selesai berdoa tepat di jam 12 semuanya bener bener selesai denyut makin lemah, nafas bokap makin pelan, tekanan darah makin turun dan di saat itu gw tau bahwa bokap sedang dalam Sakratul Maut. Nyokap mulai berdoa lagi dan gw ngebantu bokap dengan berbisik di telinganya, "Bapa ke dalam tanganmu ku serahkan jiwaku" dan bokap menghembuskan nafas terakhirnya. Seketika itu gw dan nyokap nangis sejadi jadinya.

Beberapa minggu setelah di kebumikan gw mulai ngerasa ada perbedaan di rumah sesuai penjelasan TS, kehilangan bokap, kehilangan kebiasaan bangun pagi untuk ngeliat bokap berangkat kerja menjadi sangat aneh saat itu. Dan sampai skrg meskipun sudah 4 tahun berlalu gw masih inget kebiasaan bokap duduk di teras depan, di kursi tamu untuk nonton, sore sore minum kopi, kebiasaannya naruh jaket di kursi tamu masih terbayang sampai skrg. Tapi tetap perasaan bahwa gw yg menjadi penyebab kematian bokap tetap membekas di kepala sampai skrg, yg harusnya bokap masih hidup dengan pengobatan tetap berjalan tetapi gw memilih menghentikannya. Perasaan bersalah ini ga pernah lepas, kadang hilang sebentar, tapi datang kembali membawa rasa penyesalan dan rasa bersalah yg mendalam. Mungkin berbeda cerita kalau bokap meninggal sebelum gw memilih untuk menghentikan pengobatan, bisa dikatakan bokap meninggal krn sudah di gariskan Tuhan, dan gw ga akan di hantui rasa penyesalan.

Gw setuju dengan TS bahwa kehilangan orang tua membuat semua hal menjadi berubah,
Dan buat kalian yg masih punya orang tua, sayangi mereka, jgn buat mereka marah, lakukan kebaikan yg bisa kalian lakukan sekecil apapun, kalau kalian sudah memiliki penghasilan sendiri baik kecil maupun besar, berikan sedikit untuk orang tua sebagai bentuk terima kasih krn kalian sudah bisa mandiri, kalau malu untuk memberikan uang bisa juga kalian memberikan berupa barang kesukaan atau makanan kesukaan orang tua kalian. Gw nyesel karena bokap udah meninggal sebelum gw mempunyai penghasilan sendiri, dan skrg gw sering ngasih sedikit rejeki gw ke nyokap, kadang gw ngebeliin makanan ke nyokap yg dia suka meskipun penghasilan seorang freelance ga menentu.

Oh iya minta maaf dan ucapkan terima kasih ke orangtua kalian krn udh ngedidik dan ngebesarin kalian trs peluk bokap nyokap kalian selagi bisa sebelum semuanya berubah menjadi penyesalan,

*maaf curhatnya kepanjangan, mohon maklum klo membingungkan krn jarang ngetik dan susah buat nyeritain masalah pribadi
Diubah oleh a.w.a.w.a.w
profile-picture
profile-picture
profile-picture
uusDK dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Beberapa Hal yang Akan Berubah Saat Kita Kehilangan Orang Tua
26-02-2020 18:20
tapi itu semua pasti berlalu seiring waktu berjalan gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Beberapa Hal yang Akan Berubah Saat Kita Kehilangan Orang Tua
26-02-2020 18:24
Rasa sedih kehilangan orang tua memang menyakitkan dan butuh waktu lama untuk memulihkan dan kepulihan tersebut tidak akan pernah sempurna
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Beberapa Hal yang Akan Berubah Saat Kita Kehilangan Orang Tua
26-02-2020 18:28
true gan
ketika ibu saya kesakitan dan akhirnya meninggal, saya tau ap arti cinta sejati
tapi itu juga mengibdikasikan kalo tugas dari orang yg telah meninggal telah selese
jadi sekarang giliran anggota keluarga lain yg mengemban tanggung jawabnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Beberapa Hal yang Akan Berubah Saat Kita Kehilangan Orang Tua
26-02-2020 18:28
Sayangi orang tua selagi ada emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gembildudul dan 4 lainnya memberi reputasi
4 1
3
Beberapa Hal yang Akan Berubah Saat Kita Kehilangan Orang Tua
26-02-2020 19:37
Waktu almarhum Bapak meninggal, rasanya seperti di sambar petir di siang bolong.

1 hal yang membuat ane menangis, bukan karena kehilangan dia, tapi ane menangis karena belum bisa menjadi anak soleh yang selalu mendoakan dia.

Sejak saat itu, ane berusaha untuk taubat, kembali ke agama, mendoakan dia dan tidak menyia2kan Ibu, orang tua yang tinggal 1 lagi yang ane punya.

Setelah Bapak meninggal, kadang ane berharap andai dia masih ada.

Untuk yang masih punya orang tua, sayangilah mereka.
Diubah oleh hakim.srg
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Freija dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Beberapa Hal yang Akan Berubah Saat Kita Kehilangan Orang Tua
26-02-2020 19:55
saat orang terkasih meninggal, sharinggan gue bangkit.
profile-picture
profile-picture
thundermaker dan a.w.a.w.a.w memberi reputasi
2 0
2
Beberapa Hal yang Akan Berubah Saat Kita Kehilangan Orang Tua
26-02-2020 20:53
Quote:Original Posted By f.ebruari
Rasa sedih kehilangan orang tua memang menyakitkan dan butuh waktu lama untuk memulihkan dan kepulihan tersebut tidak akan pernah sempurna


Quote:Original Posted By jdwicaksana
true gan
ketika ibu saya kesakitan dan akhirnya meninggal, saya tau ap arti cinta sejati
tapi itu juga mengibdikasikan kalo tugas dari orang yg telah meninggal telah selese
jadi sekarang giliran anggota keluarga lain yg mengemban tanggung jawabnya


Quote:Original Posted By hakim.srg
Waktu almarhum Bapak meninggal, rasanya seperti di sambar petir di siang bolong.

1 hal yang membuat ane menangis, bukan karena kehilangan dia, tapi ane menangis karena belum bisa menjadi anak soleh yang selalu mendoakan dia.

Sejak saat itu, ane berusaha untuk taubat, kembali ke agama, mendoakan dia dan tidak menyia2kan Ibu, orang tua yang tinggal 1 lagi yang ane punya.

Setelah Bapak meninggal, kadang ane berharap andai dia masih ada.

Untuk yang masih punya orang tua, sayangilah mereka.


Terimakasih banyak agan-agan sudah berbagi kisahnya, emoticon-Smilie
0 0
0
Beberapa Hal yang Akan Berubah Saat Kita Kehilangan Orang Tua
26-02-2020 21:19
sayangi orang tua mumpung masih pada sehat gan
emoticon-Mewek
profile-picture
a.w.a.w.a.w memberi reputasi
1 0
1
Beberapa Hal yang Akan Berubah Saat Kita Kehilangan Orang Tua
26-02-2020 21:46
Quote:Original Posted By aithings
sayangi orang tua mumpung masih pada sehat gan
emoticon-Mewek


Yes, benar sekali agan emoticon-Recommended Seller
0 0
0
Beberapa Hal yang Akan Berubah Saat Kita Kehilangan Orang Tua
26-02-2020 22:23
jelas bakal hancur bgt sih, bahkan mungkin rasanya kepingin ikut pergi
profile-picture
a.w.a.w.a.w memberi reputasi
1 0
1
Beberapa Hal yang Akan Berubah Saat Kita Kehilangan Orang Tua
27-02-2020 00:13
Quote:Original Posted By kampretoz28
saat orang terkasih meninggal, sharinggan gue bangkit.


emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
profile-picture
a.w.a.w.a.w memberi reputasi
1 0
1
Beberapa Hal yang Akan Berubah Saat Kita Kehilangan Orang Tua
27-02-2020 01:30
yaah pasti berat laah.. udah usaha move on, tapi pas ngelewatin momen tertentu terus keinget lagi emoticon-Sorry
profile-picture
a.w.a.w.a.w memberi reputasi
1 0
1
Beberapa Hal yang Akan Berubah Saat Kita Kehilangan Orang Tua
27-02-2020 05:44
Perubahan memang ada gan, apalagi masih anak-anak, maka dari itu tentunya orang tua mengajarkan ke anak yang bagus. Sehingga nanti bisa mandiri dan mantul jaya. Kehilangan itu bisa berarti cerai dan juga meninggalkan dunia.
profile-picture
a.w.a.w.a.w memberi reputasi
1 0
1
Beberapa Hal yang Akan Berubah Saat Kita Kehilangan Orang Tua
27-02-2020 06:10
waktu almarhum babeh ane meninggal, posisi itu ane lagi diluar kota karna lagi kuliah dan baru semester 1. kejadian itu bener2 bikin ane down. satu hal yg selalu ane inget sampai skrg, beberapa saat setelah ane berangkat menuju daerah tempat kuliah, almarhum bilang ke ibu ane "padahal tadi tahan dulu, jangan dulu pergi, bapa masih pengen ketemu" emoticon-Turut Berduka
profile-picture
profile-picture
clcyep dan a.w.a.w.a.w memberi reputasi
2 0
2
Beberapa Hal yang Akan Berubah Saat Kita Kehilangan Orang Tua
27-02-2020 08:01
Makanya tiap ada orang yg ngeluhin orangtuanya dalem ati pasti selalu doain supaya orangtuanya cepet meninggal.
profile-picture
profile-picture
pemburu.kobokan dan a.w.a.w.a.w memberi reputasi
1 1
0
Beberapa Hal yang Akan Berubah Saat Kita Kehilangan Orang Tua
27-02-2020 09:34
bener gan itulah kehidupan yg terus selalu berputar.. cintailah ortu kita yg masih hidup dan kenanglah selalu dan doakan mereka selalu yg sudah tiada.. ortu ane masih ada gan ane selalu menikmati waktu ketika berkunjung dan sungkem melepas rindu..
profile-picture
a.w.a.w.a.w memberi reputasi
1 0
1
Beberapa Hal yang Akan Berubah Saat Kita Kehilangan Orang Tua
27-02-2020 10:16
sayangilah orangtua ya
kalo bisa segera berikan cucu untuk orang tua
profile-picture
a.w.a.w.a.w memberi reputasi
1 0
1
Beberapa Hal yang Akan Berubah Saat Kita Kehilangan Orang Tua
27-02-2020 10:54
emak bapak i lop u emoticon-Angel
profile-picture
a.w.a.w.a.w memberi reputasi
1 0
1
Beberapa Hal yang Akan Berubah Saat Kita Kehilangan Orang Tua
27-02-2020 18:37
Rasanya kesuksesan kitapun akan terasa kurang berarti tanpa kehadiran orang tua.
profile-picture
profile-picture
a.w.a.w.a.w dan ummusaliha memberi reputasi
2 0
2
Halaman 1 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia