Automotive
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
10
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e4a432fc0cad77b010b40f1/mengenal-pelumas-oli-yang-berkualitas-untuk-mesin
Memilih pelumas unutuk mobil tidak boleh sembarangan. Pemilik kendaraan harus mengenal dengan betul pelumas yang di gunakan agar rutinitas penggantiannya tidak sia-sia.
Lapor Hansip
17-02-2020 14:39

Mengenal Pelumas/Oli yang Berkualitas untuk Mesin

Past Hot Thread
Mengenal Pelumas/Oli yang Berkualitas untuk Mesin
Sumber Foto : mobil1234

Halo GanSis...emoticon-Haiemoticon-Hai
Bagi kalian yang mempunyai kendaraan pribadi, adalah suatu kewajiban kalian bisa merawat kendaraan pribadi kalian dengan baik. Seperti rajin-rajin untuk mebersihkan kendaraan, menservice nya 3 bulan sekali. Salah satu nya dalam melakukam servce, sering kali kita mendengar ‘apakah oli nya juga mau di ganti?’. Untuk menjawab pertanyaan ini kita akan sedikit membahas lebih dalam tentang pelumas atau oli ini, berikut pembahsannya yang di lansir oleh CNNIndonesia.com :

Dan sebagai pemilik kendaraan, GanSis harus paham betul tentang pelumas yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan Anda. Karena pelumas dan mesin berhubungan dengan memperpanjang usia komponen, pelumas yang baik dan cocok juga membuat mesin dari kendaraan terlindungi dari zat yang membuat mesin terkena karat atau menimbulkan korosi, lalu pegunaan pelumas yang benar membuat mesin tetap bersih dimana partikel kotoran dapat tersingkir, dan yang terakhir membuat suhu pada mesin terjaga, tidak membuat berat dan stabil.

Pelumas merupakan salah satu bagian cairan terpenting dari sebuah mesin dimana pelumas ini berperan sebagai pemulus gerak mekanis pada komponen mesin tersebut. Pelumas atau yang biasa di sebut sebagai oli ini mempunyai peran sebagai pengoptimal kemampuan kendaraan secara keseluruhan, dimana fungsinya dapa membuat kerja mesin menjadi lebih baik dan lebih awet.

Ignatius Ratrianto, sebagai Sparepart Departemen Head Suzuki Indomobil Motor, megatakan bahwa memilih pelumas unutuk mobil tidak boleh sembarangan. Pemilik kendaraan harus mengenal dengan betul pelumas yang di gunakan agar rutinitas penggantiannya tidak sia-sia. Maksudnya di sini memang semau fungsi dari pelumas sama, namun setiap mesin mempunyai oli standarnya sendiri-sendiri.

Ignatius menjelaskan bahwa pelumas yang di anggap baik adalah pelumas dengan kandungan molybdenum yang berfungsi sebagai friction modifer yang membentuk lapisan di atas permukaan metal dalam mesin dimana fungsinya adalah mengurangi gesekan yang membuat kinerja mesin menjadi lebih optimal dan hemat bahan bakar.
Cara untuk melihat kandungan yang ada pada pelumas atau oli mesin yang kita pakai adalah dengan melihat keterangan pada kemasan pelumas. Ada suatu bagian yang memperlihatkan secara rinci apa saja kandungan yang ada pada oli tersebut seperti bahan bakunya apa, lalu cara pembuatan teknologinya seperti apa yang di gunakan dalam pembuatan pelumas tersebut.

Lalu, kualitas pelumas mesin ini juga bisa dilihat berdasarkan wujudnya. Pada umumnya pelumas mempunyai warna kuning dan jernih, sedangkan pelumas yang berkualitas tinggi terlihat lebih bening dan jernih.

Kualitas pelumas juga bisa dilihat berdasarkan Indeks Viskositas atau Viscosity Indeks. Dimana pada umumya, pelumas mempunyai indeks Viskositas pada angka 80-100, sedangkan pelumas yang berkualitas mempunyai indeks viskositas di atas angka 120.

Guna meningkatkan kualitas tersebut, ignatius memperkenalkan salah satu produk pelumas suzuki yang bernama Ecstar yang diluncurkan pada pekan lalu.
Selain itu pelumas ini mengadopsi standar API (American Petrolium Institute), dimana pelumas dengan standar ini dikenal memiliki interval penggantian berkala lebih lama dari biasanya, 10 ribu km atau enam bulan sekali sesuai dengan buku petunjuk buku manual.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfat bagi kita semua. Jangan lupa untuk share thread ini ke teman-teman, kerabat, dan keluarga GanSis yang sudah baca ini, agar menjadi informasi dan pengetahuan untuk kita semua, Jangan lupa untuk mengisi komen di bawah. Terimaksih mengklik thread ini, dan sampai jumpa pada thread-thread selanjutnya.

emoticon-Haiemoticon-Haiemoticon-Toast
profile-picture
isu152 memberi reputasi
1
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Mengenal Pelumas/Oli yang Berkualitas untuk Mesin
19-02-2020 18:08
nice info gan.. sangat bermanfaat skali buat lebih memahami ttg seluk beluk kendaraan
0 0
0
Mengenal Pelumas/Oli yang Berkualitas untuk Mesin
19-02-2020 19:56
tapi kalo di motor n mengadopsi kopling basah (wet clutch) friction modifier ini bahaya bisa bikin kampas kopling gosong
0 0
0
Mengenal Pelumas/Oli yang Berkualitas untuk Mesin
20-02-2020 12:08
pokok na jangan terbuai dengan harga yang murah gan emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut
0 0
0
Mengenal Pelumas/Oli yang Berkualitas untuk Mesin
20-02-2020 14:40
tidak ada oli paling bagus yah gan, semua tergantung rancangan dan pemakaian. kalo menurut ane setiap mesin walapun satu merek itu punya karakter tersendiri sehingga punya kebutuhan oli yang tersendiri pula. walaupun pabrik punya rekomendasi tapi pengguna mesin perlu memahami perihal oli ini.
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Mengenal Pelumas/Oli yang Berkualitas untuk Mesin
21-02-2020 11:05
Gak ada info merek gan
0 0
0
Mengenal Pelumas/Oli yang Berkualitas untuk Mesin
21-02-2020 14:10
kalau kriteria oli pilihan saya yaitu
- Di website resminya berani memajang hasil uji laboratorium lengkap oli barunya, kalau berani memasang hasil ujilab oli bekasnya itu lebih bagus lagi
- Gampang mencari hasil review serta uji lab oli bekasnya di internet
- umurnya panjang
- minimal ada yg jual online
0 0
0
Mengenal Pelumas/Oli yang Berkualitas untuk Mesin
29-02-2020 10:00
kenali kendaraannya, baru bisa beli spare part atau barang2 yg cocok ama kendaraannya
0 0
0
Mengenal Pelumas/Oli yang Berkualitas untuk Mesin
09-03-2020 14:08
Boleh juga nih nyobain Ecstar
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia