News
Batal
KATEGORI
link has been copied
106
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e46695bc0cad741b80669a4/waduh-candi-borobudur-ditempeli-ribuan-permen-karet
Magelang -  Candi Borobudur jadi korban vandalisme. Candi Borobudur ditempeli bekas permen karet, jumlahnya pun ribuan! Balai Konservasi Borobudur (BKB), menemukan noda permen karet yang menempel di bebatuan Candi Borobudur mencapai 3.000 permen karet. Noda permen karet yang menempel tersebut secara berangsur dibersihkan. Kepala BKB, Tri Hartono mengatakan, vandalisme yang ditemukan berdasarka
Lapor Hansip
14-02-2020 16:33

Waduh, Candi Borobudur Ditempeli Ribuan Permen Karet!

Waduh, Candi Borobudur Ditempeli Ribuan Permen Karet!

Magelang - 

Candi Borobudur jadi korban vandalisme. Candi Borobudur ditempeli bekas permen karet, jumlahnya pun ribuan! Balai Konservasi Borobudur (BKB), menemukan noda permen karet yang menempel di bebatuan Candi Borobudur mencapai 3.000 permen karet. Noda permen karet yang menempel tersebut secara berangsur dibersihkan.

Kepala BKB, Tri Hartono mengatakan, vandalisme yang ditemukan berdasarkan pengamatan yakni permen karet. Kemudian, noda permen karet yang menempel tersebut dibersihkan.

"Itu dari vandalisme pengunjungnya yang di pengamatan kita dan selalu kita lakukan pembersihan. Ada semua, teras stupa," kata Tri kepada wartawan di kantornya, Kamis (13/2/2020).

Waduh, Candi Borobudur Ditempeli Ribuan Permen Karet!


Sementara itu, Staf BKB Bagian Keamanan, Hari Setyawan mengatakan, Candi Borobudur sudah dilengkapi dengan perangkat hardware dan software, melakukan pengawasan, namun ada kegiatan-kegiatan vandalisme. Kegiatan vandalisme tersebut yang tidak terdeteksi salah satunya permen karet.

"Salah satunya vandalisme corat-coret yang sudah menurun untuk di tahun 2019 dari 2018 itu dari jumlah vandalisme 5 turun menjadi 2 untuk grafiti sehingga tidak banyak. Vandalisme yang sulit kita kontrol saat ini adalah permen karet," kata Hari.

Menurut Hari, jika pengunjung memperhatikan secara detail para teras atau stupa, kemudian di lantai 7,8, 9 dan 10 ada noda putih-putih yang berbentuk bulat. Noda putih tersebut adalah permen karet.

"Apabila bapak ibu memperhatikan secara detail pada lantai, pada stupanya akan ada noda putih-putih, berbentuk bulat, itu adalah noda-noda permen karet yang dihasilkan oleh pengunjung. Tentu saja susah kita kontrol. Kita tidak mungkin kan orang masuk sini,'mas mulutnya dibuka mas, ada permen karetnya tidak", itulah yang sulit kita kontrol," katanya. 

"Petugas yang berjaga di lapangan tentu saja mungkin bisa mengendalikan, tapi mungkin juga banyak yang sulit untuk terdeteksi sehingga sampai detik ini pada seluruh Candi Borobudur ada sekitar 3.000 noda permen karet. Noda ini yang secara berangsur-angsur kita hilangkan. Itu terakumulasi sejak Borobudur dibuka untuk kunjungan. Yang paling banyak volumenya tentu ada di lantai 7,8,9 dan 10. Nah tentu saja ini menjadi keprihatinan kita," ujar dia.

Untuk itu, kebijakan yang dilakukan BKB saat ini dengan membatasi kunjungan wisatawan hingga sampai di lantai 8.

"Dan mungkin kebijakan yang ada saat ini adalah membatasi, bukan menutup. Membatasi kunjungan di lantai 9 dan 10. Akan kita tindaklanjuti juga dari pemeliharaan mungkin dengan menghilangkan noda permen karet. Karena tidak bisa langsung digosok gitu tidak akan hilang karena noda itu sudah terjadi mungkin puluhan tahun atau bahkan lebih dari satu tahun noda itu menempel," tuturnya.

SUMBER : DETIK


Gini loh, tolong kalo otak dan kelakuan masih kampungan, ga usah wisata ke tempat bersejarah seperti candi Borobudur ini, keliatan banget norak dan gobloknya kelakuan mereka. Candi Borobudur itu Kebanggaan Bangsa, Situs Bersejarah yang Dilindungi, tolong kalo sekolah belajar yang bener, biar tahu sejarah Borobudur yg umurnya jauh lebih tua dibanding engkong lo, mbah lo... paham ya njing? Jangan lagi buang sampah sembarang di candi Borobudur! jangan coret2 Candi Borobudur! Jangan merusak Candi Borobudur!
Diubah oleh pickachoose
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 26 lainnya memberi reputasi
27
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 5
Waduh, Candi Borobudur Ditempeli Ribuan Permen Karet!
14-02-2020 21:15
Quote:Original Posted By victimaye
Maklum +62 bree...



GOBLOG BANGGA




emoticon-Angkat Beer


emoticon-Ngakak
profile-picture
pickachoose memberi reputasi
1 0
1
Waduh, Candi Borobudur Ditempeli Ribuan Permen Karet!
14-02-2020 21:33
Tutup aja akses ke candinya, mulai skrg bikin standarisasi turis, mana turis yg baik dan mana turis yg goblok. Yg baik dipersilahkan masuk ke area candi tapi tetep dibatasi sampai area tertentu, yg goblok suruh makanin sampah aja di sekitar candi.
profile-picture
pickachoose memberi reputasi
1 0
1
Waduh, Candi Borobudur Ditempeli Ribuan Permen Karet!
14-02-2020 21:39
Org2 ini sepertinya sewaktu cukur rambut otaknya ikut kepangkas juga, engga sadar kalau udh merusak peninggalan sejarah emoticon-Big Grin
profile-picture
pickachoose memberi reputasi
1 0
1
Waduh, Candi Borobudur Ditempeli Ribuan Permen Karet!
14-02-2020 21:55
kan ga disebutin turis mana tuh pelakunya
siapa tau pelakunya turis asing dari negara yg terkenal jorok dan kampungan




0 0
0
Waduh, Candi Borobudur Ditempeli Ribuan Permen Karet!
14-02-2020 22:00
bocah backghoe nyampah di situs warisan dunia emoticon-Gregetanemoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
pickachoose memberi reputasi
1 0
1
Waduh, Candi Borobudur Ditempeli Ribuan Permen Karet!
14-02-2020 22:07
Yg kotori candi Borobudur , dia pikir bukan tempat ibadahnya jadi mereka gak menjaga kebersihan tempat itu, beda kalau tempat ibadah nya emoticon-Marah


profile-picture
pickachoose memberi reputasi
1 0
1
Waduh, Candi Borobudur Ditempeli Ribuan Permen Karet!
14-02-2020 22:41
Setan kadrun anjing ,pasti kelakuan nya
profile-picture
pickachoose memberi reputasi
1 0
1
Waduh, Candi Borobudur Ditempeli Ribuan Permen Karet!
14-02-2020 22:48
pasang cctv..pas kena tu tangkep suruh jilatin permen karete sampai noda bekas permen karetnya ilang
biar tau rasa tu...bodo amat lidah jadi sakit..sapa suruh punya perilaku yang nggak bertanggung jawab gitu
kezel ane tiap baca kasus orang-orang yang ndak ada otaknya kek gini...
kalo ketangkep pajang tu foto para pelaku biar malu seumur idup emoticon-Cape d...
profile-picture
pickachoose memberi reputasi
1 0
1
Waduh, Candi Borobudur Ditempeli Ribuan Permen Karet!
14-02-2020 22:50
Quote:Original Posted By rip.cobain
rakyat sini kebanyakan kere2, kasi denda aja ratusan rebu ntar juga pada kapok dikit2,

kaga usah pake viral2 an segala kaga penting banget,
langsung tindak ae kaga usah nunggu viral..


Ide bagus nih gan
Skali.ketangkep langsung denda jutaan kalo perlu
Plus kerja sosial bersihin situs-situs bersejarah selama sebulan minimal
Biar kapok dong emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
rip.cobain dan pickachoose memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Waduh, Candi Borobudur Ditempeli Ribuan Permen Karet!
14-02-2020 22:52
Quote:Original Posted By aquarian95
miris banget sih, pada udah gede tapi gatau peraturan gatau gimana ngejaga warisan budaya, gimana mau maju, sama peninggalan sejarah aja begini, bukan buat belajar tapi malah ngelakuin hal vandalisme. sebel banget!


Sama gan..ane juga sebel banget kalo.baca berita kek.gini
Itu pada nggak tau diri banget sih...
Perilakunya tu lho...
Dikiran warisan budaya tu rumahe apa, bisa seenak jidatnya, nyampah dimana2, vandalisme dll
Kudu dididik militer ini sih biar mentale pada bener emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
pickachoose dan aquarian95 memberi reputasi
2 0
2
Waduh, Candi Borobudur Ditempeli Ribuan Permen Karet!
14-02-2020 22:53
Quote:Original Posted By pickachoose
Waduh, Candi Borobudur Ditempeli Ribuan Permen Karet!

Magelang - 

Candi Borobudur jadi korban vandalisme. Candi Borobudur ditempeli bekas permen karet, jumlahnya pun ribuan! Balai Konservasi Borobudur (BKB), menemukan noda permen karet yang menempel di bebatuan Candi Borobudur mencapai 3.000 permen karet. Noda permen karet yang menempel tersebut secara berangsur dibersihkan.

Kepala BKB, Tri Hartono mengatakan, vandalisme yang ditemukan berdasarkan pengamatan yakni permen karet. Kemudian, noda permen karet yang menempel tersebut dibersihkan.

"Itu dari vandalisme pengunjungnya yang di pengamatan kita dan selalu kita lakukan pembersihan. Ada semua, teras stupa," kata Tri kepada wartawan di kantornya, Kamis (13/2/2020).

Waduh, Candi Borobudur Ditempeli Ribuan Permen Karet!


Sementara itu, Staf BKB Bagian Keamanan, Hari Setyawan mengatakan, Candi Borobudur sudah dilengkapi dengan perangkat hardware dan software, melakukan pengawasan, namun ada kegiatan-kegiatan vandalisme. Kegiatan vandalisme tersebut yang tidak terdeteksi salah satunya permen karet.

"Salah satunya vandalisme corat-coret yang sudah menurun untuk di tahun 2019 dari 2018 itu dari jumlah vandalisme 5 turun menjadi 2 untuk grafiti sehingga tidak banyak. Vandalisme yang sulit kita kontrol saat ini adalah permen karet," kata Hari.

Menurut Hari, jika pengunjung memperhatikan secara detail para teras atau stupa, kemudian di lantai 7,8, 9 dan 10 ada noda putih-putih yang berbentuk bulat. Noda putih tersebut adalah permen karet.

"Apabila bapak ibu memperhatikan secara detail pada lantai, pada stupanya akan ada noda putih-putih, berbentuk bulat, itu adalah noda-noda permen karet yang dihasilkan oleh pengunjung. Tentu saja susah kita kontrol. Kita tidak mungkin kan orang masuk sini,'mas mulutnya dibuka mas, ada permen karetnya tidak", itulah yang sulit kita kontrol," katanya. 

"Petugas yang berjaga di lapangan tentu saja mungkin bisa mengendalikan, tapi mungkin juga banyak yang sulit untuk terdeteksi sehingga sampai detik ini pada seluruh Candi Borobudur ada sekitar 3.000 noda permen karet. Noda ini yang secara berangsur-angsur kita hilangkan. Itu terakumulasi sejak Borobudur dibuka untuk kunjungan. Yang paling banyak volumenya tentu ada di lantai 7,8,9 dan 10. Nah tentu saja ini menjadi keprihatinan kita," ujar dia.

Untuk itu, kebijakan yang dilakukan BKB saat ini dengan membatasi kunjungan wisatawan hingga sampai di lantai 8.

"Dan mungkin kebijakan yang ada saat ini adalah membatasi, bukan menutup. Membatasi kunjungan di lantai 9 dan 10. Akan kita tindaklanjuti juga dari pemeliharaan mungkin dengan menghilangkan noda permen karet. Karena tidak bisa langsung digosok gitu tidak akan hilang karena noda itu sudah terjadi mungkin puluhan tahun atau bahkan lebih dari satu tahun noda itu menempel," tuturnya.

SUMBER : DETIK


Gini loh, tolong kalo otak dan kelakuan masih kampungan, ga usah wisata ke tempat bersejarah seperti candi Borobudur ini, keliatan banget norak dan gobloknya kelakuan mereka. Candi Borobudur itu Kebanggaan Bangsa, Situs Bersejarah yang Dilindungi, tolong kalo sekolah belajar yang bener, biar tahu sejarah Borobudur yg umurnya jauh lebih tua dibanding engkong lo, mbah lo... paham ya njing? Jangan lagi buang sampah sembarang di candi Borobudur! jangan coret2 Candi Borobudur! Jangan merusak Candi Borobudur!


bawa permen karet ga ada larangan nya kah?.. atau denda yg gede gitu?.. ga usah isi damai, langsung denda berapa juta gitu..
profile-picture
pickachoose memberi reputasi
1 0
1
Waduh, Candi Borobudur Ditempeli Ribuan Permen Karet!
14-02-2020 22:55
Quote:Original Posted By siapika
Sama gan..ane juga sebel banget kalo.baca berita kek.gini
Itu pada nggak tau diri banget sih...
Perilakunya tu lho...
Dikiran warisan budaya tu rumahe apa, bisa seenak jidatnya, nyampah dimana2, vandalisme dll
Kudu dididik militer ini sih biar mentale pada bener emoticon-Cape d...


Iya gan musti dididik sedini mungkin sih, supaya selalu menjaga apa yg bukan milik kita, apalagi tempat umum, peninggalan sejarah, gak buang sampah sembarangan. Kurang edukasi sepertinya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Waduh, Candi Borobudur Ditempeli Ribuan Permen Karet!
14-02-2020 22:55
Sekitarnya aja banyak sampah... Apalagi komplek dalam.... emoticon-Traveller
profile-picture
pickachoose memberi reputasi
1 0
1
Waduh, Candi Borobudur Ditempeli Ribuan Permen Karet!
14-02-2020 22:57
itulah klo sekolah kebanyakan ngelem
profile-picture
pickachoose memberi reputasi
1 0
1
Waduh, Candi Borobudur Ditempeli Ribuan Permen Karet!
15-02-2020 00:36
Naikin harga tiketnya, perketat aturan nya ... jamin gak bakal balik lagi tu yg suka nyampah emoticon-Big Grin
profile-picture
pickachoose memberi reputasi
1 0
1
Waduh, Candi Borobudur Ditempeli Ribuan Permen Karet!
15-02-2020 00:38
agama pelakunya apa tuh?
profile-picture
pickachoose memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Waduh, Candi Borobudur Ditempeli Ribuan Permen Karet!
15-02-2020 00:39
ya ampun tata tertibnya perlu di perketat lagi nih, dan perlu diedukasi lagi orang2nya yg berkunjung. miris banget
profile-picture
pickachoose memberi reputasi
1 0
1
Waduh, Candi Borobudur Ditempeli Ribuan Permen Karet!
15-02-2020 00:41
Quote:Original Posted By aquarian95
Iya gan musti dididik sedini mungkin sih, supaya selalu menjaga apa yg bukan milik kita, apalagi tempat umum, peninggalan sejarah, gak buang sampah sembarangan. Kurang edukasi sepertinya


Didikan menghargai yang kudu ditekanin..
Biar pas uda gede dia sadar diri bisa mengjargai sesuatu
Biar nggak ada lagi tu tingkah-tingkah liar yang berpotensi merusak peninggalan sejarah
profile-picture
pickachoose memberi reputasi
1 0
1
Waduh, Candi Borobudur Ditempeli Ribuan Permen Karet!
15-02-2020 00:58
Miris, bangunan megah peninggalan sejarah aja masih dikotori emoticon-Frown belum lagi itu tempat suci untuk umat Budha kan?
profile-picture
pickachoose memberi reputasi
1 0
1
Waduh, Candi Borobudur Ditempeli Ribuan Permen Karet!
15-02-2020 01:27
Sayang banget sih kesadaran para wisatawan soal menjaga kebersihan tempat wisata masih banyak yang belum baik 🤦‍♂
profile-picture
pickachoose memberi reputasi
1 0
1
Halaman 4 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia