Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
85
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e46620aa2d195246e6a1ec1/ternyata-indonesia-tidak-dijajah-selama-350-tahun-oleh-belanda
Gansis tentunya kita mempelajari sejarah kita ada campur tangan orde baru, sehingga banyak fakta-fakta  yang tidak diberikan kepada publik. Seperti perjuanga Indonesia melawan Belanda, berawal pada 20 Maret 1602, para pedagang Belanda mendirikan Verenigde Oostindische Compagnie (VOC) sebuah persekutuan dagang yang bertujuan memonopoli aktivitas dagang di Asia. Pada 1603, VOC mendapatkan izin untu
Lapor Hansip
14-02-2020 16:02

Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda

Past Hot Thread
Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda

Gansis tentunya kita mempelajari sejarah kita ada campur tangan orde baru, sehingga banyak fakta-fakta  yang tidak diberikan kepada publik. Seperti perjuanga Indonesia melawan Belanda, berawal pada 20 Maret 1602, para pedagang Belanda mendirikan Verenigde Oostindische Compagnie (VOC) sebuah persekutuan dagang yang bertujuan memonopoli aktivitas dagang di Asia. Pada 1603, VOC mendapatkan izin untuk mendirikan kantor perwakilan di Banten.

Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda

Namun, Gubernur Jenderal pertama VOC memindahkan kantor ini ke Jayakarta (Batavia). Sejak itu, VOC mulai memainkan pengaruhnya di bidang perdagangan ke berbagai wilayah di Indonesia. Cara yang dilakukan adalah melakukan tekanan terhadap bangsa non-Belanda yang mencoba berdagang dengan penduduk. Kala itu, Kepulauan Nusantara belum berada di bawah kendali pemerintah Belanda, melainkan VOC. VOC meski hanya sebuah perusahaan tetapi mendapatkan banyak keistimewaan dari pemerintah Belanda salah satunya boleh membentuk tentara sendiri.

Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda

Pada 31 Desember 1799, VOC resmi bubar disebabkan praktik korupsi yang dilakukan pegawainya, biaya perang, ketatnya persaingan dagang, dan besarnya gaji pegawai. Setelah VOC bubar, Pemerintah Belanda mulai mengambil alih kendali kepulauan Nusantara yang sejak 1800-an dikenal dengan nama Hindia Belanda. Dengan pengambilalihan kendali dari VOC ke pemerintah Belanda pada 1800-an, masih benarkah klaim bahwa Indonesia dijajah selama 350 tahun?

Langsung cekidot faktanya bersama Jas Merah hanya di Kaskus Podcast hari ini!




Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda




emoticon-Merdekaemoticon-Merdeka

profile-picture
profile-picture
profile-picture
alva610 dan 17 lainnya memberi reputasi
12
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 5
Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda
14-02-2020 20:13
setau saya saat VOC bubar barulah belanda secara resmi menjajah indonesia, saat zaman VOC, mereka hanya memonopoli perdangangan nusantara, dan saat itu kerajaan2 daerah masih berdiri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda
14-02-2020 20:19
Wah yang menjelaskan siapa sih? Adem bet suaranya 😅
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
1 0
1
Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda
14-02-2020 20:35
Quote:Original Posted By mambaulathiyah
Kalau dulu, VOC memang bukan pemerintah tapi lambat laun kerajaan mengakui dan mengambil alih. Tetap itu namanya penjajahan, zaman VOC malah lebih sangar. Namanya perbudakan. hmmm


dithread:
VOC meski hanya sebuah perusahaan tetapi mendapatkan banyak keistimewaan dari pemerintah Belanda salah satunya boleh membentuk tentara sendiri.

..jadi tetap saja gara-gara belanda lah voc bisa menjajah wilayah hindia belanda (Indonesia) karena mengijinkan voc membentuk tentara sendiri, voc itu perusahaannya orang-orang belanda yang diijinkan belanda serta beralamat di belanda dan tentu saja akan tunduk pada aturan belanda, dengan kata lain belanda menjajah hindia belanda dengan meminjam "tangan" voc, sudah begitu kesimpulannya
Diubah oleh barulangit
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
1 0
1
Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda
14-02-2020 20:36
yg bilang dijajah selama itukan sukarno.saat pembubaran RIS (desember 1950) krn marah belanda (akibat pembubaran itu) memutus pembayaran gaji menteri, presiden, wapres en anggota konstituante pemerintah pusat sementra aparat ditiap (bekas) negara bagian en raja-raja lokal tetep dibayangkan dlm bentuk duit pensiun
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
1 0
1
Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda
14-02-2020 20:37
Versi ceritanya banyak ya, masi bingung juga mana yg bener
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
1 0
1
Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda
14-02-2020 20:49
u waduiihig
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
1 0
1
Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda
14-02-2020 20:51
Quote:Original Posted By limo23
Versi ceritanya banyak ya, masi bingung juga mana yg bener


sengaja dibikin bingung supaya rakyat Indonesia nggak dendam ke belanda, padahal yang bener emang belanda menjajah wilayah hindia belanda (Indonesia) selama itu dengan meminjam "tangan" voc lalu sebagian waktu lagi dijajah oleh belanda secara langsung tanpa tangan voc, kurun waktu 350tahun dijajah tidak serta merta seluruh hindia belanda dijajah tetapi perlahan-lahan wilayahnya ditaklukan seperti sistem domino
..disamping itu kemerdekaan Indonesia tidak gratis tapi benar-benar harus membayar ke belanda dengan jumlah yang sangat besar saking besarnya kalau tidak salah baru lunas tahun 2002 yang lalu, edan nggak tuh udah dijajah lama banget mau merdeka malah dipalak belanda!
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
1 0
1
Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda
14-02-2020 21:02
Quote:Original Posted By kingoftki
yg bilang dijajah selama itukan sukarno.saat pembubaran RIS (desember 1950) krn marah belanda (akibat pembubaran itu) memutus pembayaran gaji menteri, presiden, wapres en anggota konstituante pemerintah pusat sementra aparat ditiap (bekas) negara bagian en raja-raja lokal tetep dibayangkan dlm bentuk duit pensiun


bukan! pernyataannya itu datang dari seorang gubernur jendral saat pidato (ane lupa namanya), isi pidatonya mengatakan bahwa kita (maksudnya mungkin bangsa belanda) telah ada disini sejak 300tahun lalu dan tetap akan disini sampai 300tahun lagi
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
1 0
1
Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda
14-02-2020 21:10
Sekarang juga masih dijajah...

Wanita di.Jajah Pria..sejak dulu..
Dijadikan perhiasan sangkar maduuuuu...
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
1 0
1
Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda
14-02-2020 21:19
Tipsnya oke dah mantul konthal kanhtul emoticon-Leh Uga
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
1 0
1
Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda
14-02-2020 21:56
d jajah bumn belanda lebih pas
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
1 0
1
Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda
14-02-2020 22:16
Itu TS bikin tulisan di Judul bener sikit kenapa??
yah jelas lah indonesia ngk dijajah 350 tahun..
wong umur INDONESIA aja belum 100 tahun..

emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
1 0
1
Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda
14-02-2020 22:18
taek uda enak2 baca, tau2 disuruh dengerin podcast
bangke
emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
1 0
1
Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda
14-02-2020 22:19
voc naksir Indonesia gegara rempah-rempahnya emoticon-Malu
Kalo voc nggak dateng ke sini, mungkin sekarang kita masih ada di jaman kerajaan-kerajaan kek gitu kalik ya emoticon-Ngakak
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
1 0
1
Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda
14-02-2020 22:19
Quote:Original Posted By thelittleidiot
eropa kalau nge jajah sebenarnya bagus mengembangkan negara yg dijajah emoticon-Big Grin


Singapura jadi bagus....
Bekas jajahan inggris kan yak sana?
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda
14-02-2020 22:26
devide et empera adalah buktinya. mau 350 tahun atau gak, tapi sudah mendarah daging
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
1 0
1
Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda
14-02-2020 23:05
Ada masa dimana era Imperialisme dan Kolonialisme hadir di wilayah nusantara. Imperialisme di mulai ketika Portugis tiba di Maluku thn 1512, kemudian estafet imperialis itu di lanjutkan oleh VOC yg kemudian memindahkan pusat dagangnya ke Batavia thn 1619. VOC tdk menggunakan konsep Penjajahan/Kolonialisme, krn pda faktanya kerajaan2 ttp menjalankan kekuasaannya, terutama di wilayah yg pengaruh VOC kuat seperti di Jawa, selebihnya tdk bersentuhan lgsg dgn VOC.
Kolonialisme sendiri di mulai sejak kerajaan Belanda mengambil alih kekuasaan VOC dan membentuk koloni di nusantara, namun tdk semua wilayah nusantara di jadikan koloni atw negara bawahan kerajaan Belanda, setidaknya hingga awal tahun 1900 msh banyak kerajaan2 yg tdk menjadi bagian koloni Hindia Belanda.
Indonesia sendiri secara etimologi baru muncul sbagai sebuah konsep antropologi ataw entitas kultur akhir abad ke 19 setelah JR Logan dan Adolf Bastian merumuskan ttg suatu definisi mengenai masyarakat yg mendiami gugusan pulau nusantara (archipelagic). Konsep ini lah yg kemudian menurut ilmuwan Indonesianis, Ben Anderson, diimajinasikan oleh anak2 muda terdidik di awal abad ke 20, semisal Soekarno dan Hatta. Imajinasi mereka dikuatkan dgn dicanangkannya negara jajahan bulat oleh Belanda dri Aceh hingga Papua. Soekarno dgn gagasan nostalgik romantik nya menghidupkan kembali ttg kejayaan nusantara sebelum bangsa Barat hadir, itulah yg dimainkan utk membangun suatu kesadaran imajiner ttg konsep one nation state yg layak diperjuangkan dgn mempertentangkannya ke pemerintahan kolonial Hindia Belanda. Sehingga kesadaran itu menyelaras dgn situasi sosial masyarakat Bumiputera yg mulai sadar akan posisi pentingnya mendirikan sebuah negara bangsa, mengingat di belahan bumi yg laen juga mengalami hal yg sama, semisal di India, Cina, Mesir dan Turki.
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
1 0
1
Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda
14-02-2020 23:14
Ya, trus kalo dijajah 350 tahun mau ngapain?

Trus kalo dijajah kurang dari 100 tahun juga mau ngapain?

Setelah merdeka jadi apa?

Sejarah bangsa ini banyak yg masih belum jelas mana yg benar, sekarang ma intinya gmn kita bisa memanfaatkan kemerdekaan ini dengan sesuatu yg baik. Tetap berstu dlm naungan NKRI emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
1 0
1
Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda
14-02-2020 23:14
Quote:Original Posted By sibuk.nyaleg
Dijajah pemerintah belanda kek, dijajah perusahaan yg belanda jg punya saham kek.. sama aja.. pendeknya dijajah belanda..

Dan yg parah, kita belajar dan adopt ajaran2 belanda yg buruk2 juga termasuk korupsi ala VOC. Pengelolaan bisnis VOC setelah jaya. Ditelan bulat2..

Bahkan sampe sekarang KLM yg bangkrut dr taun 2000an ud milik Air France..


Kalau perusahaan dagang bukan dijajah namanya gan. Ada transaksi jual beli disitu.
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Halaman 2 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia