News
Batal
KATEGORI
link has been copied
0
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e350a749775137bdf428a21/waspadai---5-hal-buruk-ketika-teknologi-berada-disamping-kita
Sumber : pixabay.com Teknologi yang mendunia 5 Hal buruk Teknologi disisi manusia Teknologi yang mendunia Teknologi merupakan sarana yang memiliki banyak fungsi dan juga tentunya berperan penting bagi kehidupan manusia, teknologi memiliki manfaat yang banyak diantara untuk meminimalisir pekerjaan manusia, mengurangi resiko kerja, memudahkan pekerjaan manusia dan lain sebagainya. Teknologi banyak k
Lapor Hansip
01-02-2020 12:19

WASPADAI - 5 Hal Buruk Ketika Teknologi Berada Disamping Kita

icon-verified-thread
WASPADAI - 5 Hal Buruk Ketika Teknologi Berada Disamping Kita
Sumber : pixabay.com

  • Teknologi yang mendunia
  • 5 Hal buruk Teknologi disisi manusia


Teknologi yang mendunia
Teknologi merupakan sarana yang memiliki banyak fungsi dan juga tentunya berperan penting bagi kehidupan manusia, teknologi memiliki manfaat yang banyak diantara untuk meminimalisir pekerjaan manusia, mengurangi resiko kerja, memudahkan pekerjaan manusia dan lain sebagainya.

Teknologi banyak kita temui disekitar kita diantaranya dalam bidang pendidikan,pertanian, kedokteran, bisnis, lingkungan, perikanan, informasi, komunikasi, seni, transportasi dan lain sebagainya.

Terkadang perpaduan dari bidang-bidang teknologi tersebut membuat kita kagum akan melihatnya, sebagai contoh terobosan baru yakni "Ojek Online" yang memadukan antara teknologi dibidang informasi, komunikasi dan juga transportasi atau "Sistem Pembelajaran Online" yang memadukan antara teknologi bidang Pendidikan, Informasi dan juga Komunikasi.

Berbicara mengenai teknologi, banyak diantara kita yang hanya memperhatikan sisi baik dari sebuah teknologi yang hadir mendampingi manusia, namun jarang dari kita untuk dapat memperhatikan sisi buruk dari teknologi yang banyak memudahkan pekerjaan manusia dalam banyak hal tersebut, sisi buruk dari penggunaan teknologi tersebut mungkin sebagian dari kita telah merasakannya.


Berikut 5 hal buruk dari teknologi yang mendampingi kita (khususnya teknologi dibidang informasi dan komunikasi) :

1. Menghabiskan waktu sia-sia

Terkadang dengan kemudahan teknologi yang didapatkan seseorang, mereka menjadi manusia yang cenderung menghabiskan atau membuang-membuang waktu dengan sia-sia tanpa menghasilkan atau mendapatkan sesuatu yang bermanfaat bagi mereka.

Contoh menonton TV atau bermain game online, yang mana disini teknologi telah berubah menjadi sarana hiburan yang membuat para pengggunanya terkadang lupa waktu. Pada kasus ini ada baiknya seorang penikmat teknologi dapat mengatur waktunya dengan baik sehingga waktu yang terbuang sia-sia dapat dimanfaatkan untuk menambah ilmu atau mengerjakan sesuatu yang bermanfaat di kemudian hari.

Quote:"Lebih baik waktu yang terbuang tersebut dimanfaatin buat ngafalin kosata bahasa Inggris atau bahasa Arab (1 hari 5 kata aja Gan! ngak usah banyak), satu tahun kan bisa banyak perbendaharaan bahasa Inggris atau bahasa Arab  kita."

"Namun disini TS juga sering juga Gan ngebuang waktu kayak yang laen."


2. Kecanduan yang berlebih

Dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi yang berlebihan terkadang membuat seseorang menjadi "Kecanduan" terhadap apa yang ditawarkan oleh teknologi tersebut, sayangnya kecanduan disini memiliki arti yang berkonotasi negatif.  Hal ini terjadi pada pengguna teknologi yang selalu mengedepankan teknologi di sisi mereka.

Pada contoh kasus ini yakni adanya pemanfaatan kalkulator digital pada smartphone dimana para penggunanya lebih mendahulukan kalkulator digital atau online daripada menggunakan otak mereka sendiri, jadi bisa dikatakan para penggunanya akan menjadi seorang yang memiliki kepribadian yang malas untuk berpikir.

Bagaimana negara ini bisa maju jika kedepannya dipimpin oleh para penerus bangsa yang malas untuk berpikir?

Penggunaan kalkulator secara digital atau online sebenarnya boleh-boleh saja namun tentunya pada kondisi-kondisi tertentu, misalnya disaat adanya keperluan yang bersifat mendesak, penggunaan teknologi pada waktu-waktu ini bisa dikatakan tepat guna, dimana kebutuhan akan kecepatanlah yang menjadi jalan keluar dari masalah tersebut.


3. Nilai sosial yang berkurang

Penggunaan teknologi pada sisi manusia tentunya banyak memberikan nilai positif, namun di sisi lain kita mendapatkan sederet hal buruk pada penggunaan teknologi yang berlebih-lebihan tersebut, salah satunya adalah kurangnya interaksi para pengguna teknologi aktif dengan lingkungan sekitarnya (tidak memiliki kehidupan sosial). Hal ini kita dapati pada pengguna teknologi tingkat dewa (kalau dirumah sakit "nih orang menderita penyakit akut"). 

Pada contoh ini ada beberapa pengguna teknologi tingkat akut yang kurang bisa berkomunikasi lagi dengan orang atau linkungan disekitar mereka, bahkan hanya untuk berkomunikasi dengan orang tua secara langsung mereka lebih memilih duduk tenang dengan teknologi yang mendampingi mereka (ketimbang berbicara dengan orang tua mereka yang ada disamping mereka), mereka benar-benar mendapatkan nilai atau poin yang rendah dalam hal ini.

Para pengguna tingkat candu teknologi tersebut akan lebih sibuk dengan hal yang terjadi pada dunia maya ketimbang memperhatikan lingkungan sekitar mereka. Hal ini berbeda dengan zaman sebelum masuknya era teknologi.

Untuk itu sisakalah waktu sedikit untuk dunia nyata disekitar anda, ini akan lebih baik untuk anda kedepannya.


4. Males untuk bergerak

Dunia dengan teknologi yang semakin maju disegala bidang juga memudahkan manusia dalam melakukan perpindahan dari satu tempat ke tempat yang lainnya dengan sangat cepat. Hal buruk yang bisa kita dapatkan disini adalah bagi para pengguna teknologi transportasi. Teknologi Transportasi ini menelurkan hal-hal menarik berupa kendaraan-kendaraan yang menawarkan kemudahan berpindah dari satu tempat ke tempat yang lainnya.

Ujung-ujungnya para pengguna teknologi ini pun mengeluh mengenai masalah kesehatan yang mereka alami, yang mana muncul dari pemanfaatan teknologi transportasi yang berlebihan hal ini menyebabkan mereka para pengguna teknologi tersebut "Malas Untuk Bergerak" sehingga berdampak pada kesehatan tubuh mereka, biang masalahnya disebabkan dari kurangnya aktifitas yang melibatkan otot dan saraf-saraf penting pada tubuh mereka, dimana apabila digerakkan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh mereka.

Untuk itu sisakan lah sedikit waktu untuk berolahraga atau aktifitas semisal lainnya, untuk mengerakkan otot dan juga saraf yang ditidurkan saat menggunakan teknologi-teknologi tersebut.


5. Menjadi tukang gosip yang tak nampak

Dari banyak hal yang kita dapati dari teknologi yang diantaranya adalah mudah dalam bergerak/berpindah, mudah dalam mendapatkan informasi dan juga beragam kemudahan lainnya. Teknologi juga terkadang mendatangkan sisi buruk yang apabila dikerjakan akan berakibat dosa bagi para pengggunanya (dan ini dicap dosa oleh seluruh agama, bukan hanya agama tertentu). Dengan alasan kemudahan yang didapatkan seorang dalam menggunakan teknologi bukan berarti mereka juga dengan mudah untuk dapat, mohon maaf ini "Ngomongin Orang Di Dunia Maya".

Hal tersebut baiknya dilakukan pada ruangan diskusi khusus yang tentunya mengizinkan pembicaraan tersebut. Posting sana, posting sini di dunia maya sudah menjadi hal biasa bagi kebanyakan orang khususnya pengguna media sosial, dan tidak ada satupun agama yang membenarkan perilaku tersebut. Betul apa tidak?

Ada baiknya hal tersebut tersalurkan pada jalurnya, sebagai contoh menjadi seorang penulis misalnya. Hal baru tersebut akan dapat meminimalisir penggunaan kata gosip yang memiliki sinonim "Ngomongin Orang", sehingga kedepannya menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat bagi dirinya.

Menjadi penulis disebuah "situs atau blog milik pribadi" merupakan jalan keluar tanpa mengubah kebiasaan yakni dari "Banyak Ngomong" menjadi orang yang suka merenung/pendiam, namun menjadi penulis disini baiknya dalam hal-hal yang positif, misalnya menulis mengenai ketimpangan yang terjadi di kalangan masyarakat dengan tanpa mencantumkan "Nama Orang" yang menjadi subjek yang di-gosip-in.

Hal ini akan dapat menjadi jalan untuk menyalurkan kebiasaan buruk tersebut kearah yang lebih positif. selain itu,  selain anda menjadi seorang penulis yang memberikan pengaruh bagi para pembaca diluar sana, anda juga dapat bertukar opini dengan membaca komentar para pembaca "disitus atau blog pribadi anda" mengenai pro dan kontra akan suatu masalah yang anda angkat, dimana hal ini akan menjadi jalan yang baik untuk masukan bagi diri kita sendiri khususnya.



KESIMPULAN

Teknologi yang membawa banyak perubahan dan kemudahan bagi kita, ternyata tidak membuat kita menjadikan kita manusia dengan predikat bermoral baik dan beretika baik, bahkan dengan kebaikan yang ditawarkan oleh teknologi pada abad ini, manusia juga sering kali mendapati sederetan keburukan pada penggunaan teknologi yang berlebih-lebihan tersebut.

Dengan kemudahan yang kita dapati dari teknologi saat ini, ternyata banyak juga yang mengeluh mengenai sisi buruknya, baik dari terbuangnya waktu yang sia-sia, masalah pada kesehatan mereka, hilangnya interaksi sosial mereka, hingga terlalu terbukanya ruang informasi (celah bagi para penggosip) yang sulit dibendung oleh pemerintah selain orang itu sendiri yang mengubahnya.

Teknologi memang bermanfaat, namun janganlah kita  meninggalkan secara keseluruhan cara-cara lama kita untuk menikmati hidup ini.


Mungkin poin yang lain yang bisa ditambahkan oleh AGAN dan AGANWATI sekalian di kolom komentar!

Terima kasih sudah mampir.


Source Code :
- Opini Pribadi
- Teknologi dan Manfaatnya : https://brainly.co.id/tugas/1863308
- Teknologi : https://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi









Diubah oleh muhammadeltar
profile-picture
nyimak92 memberi reputasi
1
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia