Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
280
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e2faef210d29524ba7b2ac1/melihat-makanan-aneh-pasar-beriman-dari-tikus-asap-hingga-sate-biawak-tersedia
Provinsi Sulawesi Utara merupakan salah satu provinsi yang berada di perbatasan Negara Indonesia bagian Utara. Di provinsi ini ada sebuah pasar yang cukup unik karena menjual daging dari beberapa hewan yang cukup jarang dikonsumsi. Pasar ini cukup dikenal oleh para traveler dan menjadi surga berburu daging untuk para pecinta kuliner ekstrem.
Lapor Hansip
28-01-2020 10:48

Melihat Makanan Aneh Pasar Beriman, Dari Tikus Asap Hingga Sate Biawak Tersedia

Past Hot Thread
icon-verified-thread

Melihat Makanan Aneh Pasar Beriman, Dari Tikus Asap Hingga Sate Biawak Tersedia

sumber; keepo.me

Provinsi Sulawesi Utara merupakan salah satu provinsi yang berada di perbatasan Negara Indonesia bagian Utara. Di provinsi ini ada sebuah pasar yang cukup unik karena menjual daging dari beberapa hewan yang cukup jarang dikonsumsi. Pasar ini cukup dikenal oleh para traveler dan menjadi surga berburu daging untuk para pecinta kuliner ekstrem.

Melihat Makanan Aneh Pasar Beriman, Dari Tikus Asap Hingga Sate Biawak Tersedia

sumber; detik.com


Seperti dikutip dari liputan6.com dan keepo.me (27/1/2020), Pasar yang dimaksud tesebut yakni Pasar Beriman Tomohon, Sulawesi Utara. Pasar ini menjual beragam daging dari hewan-hewan seperti tikus, ular, kelalawar, dll.

Melihat Makanan Aneh Pasar Beriman, Dari Tikus Asap Hingga Sate Biawak Tersedia

sumber; detik.com



Tak cuma menjual daging mentah, disekitar pasar ini juga banyak ditemui rumah makan yang juga menjual olahan matang dari daging hewan-hewan tersebut.

1. Olahan Ular


spoiler




Ular biasanya disajikan menjadi sate maupun dengan kuah santan. Olahan ini dipercaya juga oleh masyarakat sebagai kuliner yang mempunyai khasiat menambah stamina.

BACA JUGA: Deretan Stadion Full Atap di Indonesia, No 3 Keren Banget!

2. Masakan Daging Anjing


spoiler



Selanjutnya adalah daging anjing, makanan ini bebahan dasar daging anjing yang dicampur dengan bumbu-bumbu rempah, orang sana menyebutnya sebagai RW "Rintek Wuuk".

3. Olahan Kelalawar


spoiler



Selanjutnya olahan kelalawar, kelalawar lebih dulu dibakar untuk menghilangkan bulu-bulu yang ada di tubuhnya, kemudian divampur dengan beragam rempah.
BACA JUGA: Saat Dukun Cilik Ponari Melamar Kekasihnya, Sudah Gede Ternyata

4. Sate Biawak
spoiler



Sama halnya seperti sate ayam dan sate kambing maupun sate sapi, sate biawak juga dibumbui dengan bumbu kacang, di bakar dan ditusuk memakai tusuk bambu. Sate biawak dipercaya oleh masyarakat sekitar mampu mengobati sakit kulit.

5. Tikus Asap

spoiler



Tikus asap ini bukan berasal dari tikus biasa, melainkan tikus hutan putih yang tempat tinggalnya bukan di got. Meski begitu, rasanya tetap geli juga membayangkan makan daging tikus yang berwarna gelap karena sudah diasapi.
BACA JUGA: Ini Dia Alasan nya Mengapa Ada Anak-Anak Dalam Sepak Bola 


6. Monyet Bumbu Kuning
spoiler



Daging monyet dipadukan dengan bumbu kuning, tak jarang monyet juga dibuat sup untuk mengganti daging ayam.



Referensi


Berani gan makan gituan? Kalo ane sih belum nyicipin udah mual duluan.



emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)




Baca Juga Hot Tread Ane Lain nya Gan:
1. Hati-Hati, Beredar Semangka Suntik
2. Deretan Foto Cantik Sarah Viloid, Youtuber Gaming Cantik Kesukaan Warganet
3. Miris, Stadion Megah 800 Milyar Ini Mangkrak!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bang.dot dan 17 lainnya memberi reputasi
16
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 15
Melihat Makanan Aneh Pasar Beriman, Dari Tikus Asap Hingga Sate Biawak Tersedia
28-01-2020 11:27
Ngeliat gambarnya aja udah eneg bray emoticon-Najis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qisatria dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
Lihat 1 balasan
Melihat Makanan Aneh Pasar Beriman, Dari Tikus Asap Hingga Sate Biawak Tersedia
28-01-2020 11:56
Nyari yang jual olahan daging dari hewan hewan yang terancam punah, kayak rica-rica harimau sumatera, atau pepes kaki badak jawa gitu..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rotten7070 dan 6 lainnya memberi reputasi
6 1
5
Lihat 11 balasan
Melihat Makanan Aneh Pasar Beriman, Dari Tikus Asap Hingga Sate Biawak Tersedia
28-01-2020 11:59
Quote:Original Posted By prasetia13
Nyari yang jual olahan daging dari hewan hewan yang terancam punah, kayak rica-rica harimau sumatera, atau pepes kaki badak jawa gitu..

Cendrawasih goreng, iga tapir bakar, komodo saus tiram..
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nastarman dan 5 lainnya memberi reputasi
5 1
4
Lihat 3 balasan
Melihat Makanan Aneh Pasar Beriman, Dari Tikus Asap Hingga Sate Biawak Tersedia
Lapor Hansip
28-01-2020 12:01
Balasan post onggkyuda
Quote:Original Posted By onggkyuda

Cendrawasih goreng, iga tapir bakar, komodo saus tiram..
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak


Yoik gan, namanya juga selera kelas sultan... emoticon-Cool
profile-picture
penyukabiru memberi reputasi
1 0
1
Melihat Makanan Aneh Pasar Beriman, Dari Tikus Asap Hingga Sate Biawak Tersedia
28-01-2020 12:55
serem banget makanannya, masih banyak makanan yg halal dan enak, kenapa masih aja memburu makanan yg blum tentu bisa sehat.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
33asa dan 5 lainnya memberi reputasi
3 3
0
Lihat 1 balasan
Melihat Makanan Aneh Pasar Beriman, Dari Tikus Asap Hingga Sate Biawak Tersedia
28-01-2020 13:21
hati hati, itu virus corona infonya dari daging kelawar,

lagian manusia nafsu gede apa aja dmakan.. ck..ck..ck..
profile-picture
profile-picture
nastarman dan penyukabiru memberi reputasi
1 1
0
Melihat Makanan Aneh Pasar Beriman, Dari Tikus Asap Hingga Sate Biawak Tersedia
28-01-2020 13:52
kalo ngeliat sudah jadi makanan diatas piring gitu sih ngga terlalu eneg.. tapi kalo liat video2nya di yutub.. bikin eneg banget emoticon-Najis
mendingan liat yg ena-ena ajalah.. yg eneg jadi enag emoticon-Leh Uga
Diubah oleh yeduoka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bedypop dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Lihat 1 balasan
Melihat Makanan Aneh Pasar Beriman, Dari Tikus Asap Hingga Sate Biawak Tersedia
28-01-2020 14:09
kelelawar juga di mamam
awas noh corona
0 0
0
Lihat 1 balasan
Melihat Makanan Aneh Pasar Beriman, Dari Tikus Asap Hingga Sate Biawak Tersedia
28-01-2020 14:19
klo sudah begini (coronavirus) masih mau makan ga yah emoticon-Ngacir
0 0
0
Melihat Makanan Aneh Pasar Beriman, Dari Tikus Asap Hingga Sate Biawak Tersedia
28-01-2020 14:25
Duh nafsu makan ane langsung ilang seketika emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
BANNED.USER dan yunandita memberi reputasi
2 0
2
Melihat Makanan Aneh Pasar Beriman, Dari Tikus Asap Hingga Sate Biawak Tersedia
Lapor Hansip
28-01-2020 14:46
Balasan post anasforever
Iya menurut sudut pandang lu serem dan masih banyak makanan yang halal dan enak, halal udah masuk ke ranah keimanan sedangkan enak udah jelas masuk ke ranah selera yang pasti subjektif.

Lu yang notebene tingggal di luar area itu memandang mereka emang aneh, tapi kira2 menurut lu pandangan mereka gimana ketika lu cuma bisa makan makanan yang halal doang? yang jelas juga mereka pasti berpendapat aneh.
Mungkin lu jawabnya "Ya gak apa2 lah yang penting kenyang dan sehat".
Sama, mereka juga punya jawaban yang sama benarnya dengan jawaban lu.

Masalah kesehatan, juga sama hal nya dengan daging halal yang biasa lu makan, mungkin aja belum tentu bisa sehat.

Disana udah budayanya begitu, kita gabisa justifikasi apalagi cuma berlandaskan keimanan personal atau bahkan selera.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bumbleblee dan 15 lainnya memberi reputasi
14 2
12
Melihat Makanan Aneh Pasar Beriman, Dari Tikus Asap Hingga Sate Biawak Tersedia
28-01-2020 16:25
Ciwi nya SuLut tjakep tjakep emoticon-Big Grin
0 0
0
Melihat Makanan Aneh Pasar Beriman, Dari Tikus Asap Hingga Sate Biawak Tersedia
Lapor Hansip
28-01-2020 16:51
Balasan post dzacky239
ya makan nya sambil merem
0 0
0
Melihat Makanan Aneh Pasar Beriman, Dari Tikus Asap Hingga Sate Biawak Tersedia
Lapor Hansip
28-01-2020 16:54
Balasan post prasetia13
biar sakti mandraguna ya gan wkwk
0 0
0
Melihat Makanan Aneh Pasar Beriman, Dari Tikus Asap Hingga Sate Biawak Tersedia
28-01-2020 17:26
Quote:Original Posted By fryme
Iya menurut sudut pandang lu serem dan masih banyak makanan yang halal dan enak, halal udah masuk ke ranah keimanan sedangkan enak udah jelas masuk ke ranah selera yang pasti subjektif.

Lu yang notebene tingggal di luar area itu memandang mereka emang aneh, tapi kira2 menurut lu pandangan mereka gimana ketika lu cuma bisa makan makanan yang halal doang? yang jelas juga mereka pasti berpendapat aneh.
Mungkin lu jawabnya "Ya gak apa2 lah yang penting kenyang dan sehat".
Sama, mereka juga punya jawaban yang sama benarnya dengan jawaban lu.

Masalah kesehatan, juga sama hal nya dengan daging halal yang biasa lu makan, mungkin aja belum tentu bisa sehat.

Disana udah budayanya begitu, kita gabisa justifikasi apalagi cuma berlandaskan keimanan personal atau bahkan selera.


Gw setuju ama ni pendapat. Kita g bisa nge-hakimin 'budaya/kebiasaan' suatu kelompok masyarakat berdasarkan opini pribadi semata.
Misalnya tato/rajah. Tato/rajah di sebagian masyarakat (jakarta misalnya) dianggap ikon negatif yg berkait dgn kriminalitas Tapi coba liat Suku Dayak di Kalimantan, tentu tato/rajah punya arti yg berbeda buat mereka karena terkait budaya mereka.
Inilah arti penting dari petuah 'Tak Kenal Maka Tak Sayang'
Ingat, memahami bukan harus meyakini.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indomerahputih dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Melihat Makanan Aneh Pasar Beriman, Dari Tikus Asap Hingga Sate Biawak Tersedia
28-01-2020 18:22
Kalo mau stok tikus di rmh ane ada bnyk tuh gan, lumayan bwt dimakan emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
nastarman dan critoseus memberi reputasi
0 2
-2
Melihat Makanan Aneh Pasar Beriman, Dari Tikus Asap Hingga Sate Biawak Tersedia
Lapor Hansip
28-01-2020 19:00
Balasan post dionlanang
Quote:Original Posted By dionlanang
biar sakti mandraguna ya gan wkwk


@dionlanang lebih tepatnya biar viral gan, nanti jadi terkenal di medsos dan kaskus emoticon-Cool
0 0
0
Melihat Makanan Aneh Pasar Beriman, Dari Tikus Asap Hingga Sate Biawak Tersedia
28-01-2020 19:47
eewwww...
profile-picture
profile-picture
nikkie dan nastarman memberi reputasi
0 2
-2
Melihat Makanan Aneh Pasar Beriman, Dari Tikus Asap Hingga Sate Biawak Tersedia
28-01-2020 20:04
Ane vegan emoticon-Cool







Veganthropus Erectus emoticon-Ngakak
profile-picture
nastarman memberi reputasi
0 1
-1
Melihat Makanan Aneh Pasar Beriman, Dari Tikus Asap Hingga Sate Biawak Tersedia
28-01-2020 20:24
gile menjijikkan sekali
profile-picture
profile-picture
nikkie dan nastarman memberi reputasi
0 2
-2
Halaman 1 dari 15
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Oriental Exotic (Asian food)
dum-dum
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia