News
Batal
KATEGORI
link has been copied
122
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e2ccc6488b3cb62013dc262/soal-wabah-virus-corona-mengapa-sejumlah-virus-berbahaya-muncul-dari-china
KOMPAS.com - Wabah virus corona pertama kali muncul di China. Dalam perkembangannya, virus jenis baru tersebut mulai menyebar luas. Setidaknya empat negara di Asia Tenggara telah mengumumkan kasus positif virus corona. Di Vietnam, dua orang asal "Negeri Panda" mendapat perawatan di rumah sakit setelah hasil tes menunjukkan mereka mengidap virus itu. Sebelum ramai ditemukannya virus coron
Lapor Hansip
26-01-2020 06:16

Soal Wabah Virus Corona, Mengapa Sejumlah Virus Berbahaya Muncul dari China?

Soal Wabah Virus Corona, Mengapa Sejumlah Virus Berbahaya Muncul dari China?

KOMPAS.com - Wabah virus corona pertama kali muncul di China. Dalam perkembangannya, virus jenis baru tersebut mulai menyebar luas.

Setidaknya empat negara di Asia Tenggara telah mengumumkan kasus positif virus corona.

Di Vietnam, dua orang asal "Negeri Panda" mendapat perawatan di rumah sakit setelah hasil tes menunjukkan mereka mengidap virus itu.

Sebelum ramai ditemukannya virus corona ini, China pernah digegerkan oleh SARS pada 2003-2004. Saat itu epidemi SARS disebabkan oleh kebiasaan orang China memakan musang.

Kasus pertama SARS di dunia tercatat di Guangdong pada November 2002. Hal itu sebagaimana diberitakan Harian Kompas, 3 Januari 2004.

Dilansir dari Organisasi Kesehatan Dunia, Centers for Disease Control and Prevention (CDC), SARS membunuh hampir 800 orang di dunia.

Tidak hanya itu saja, virus H5N1, flu burung juga muncul di China pada 1997. Pertama kali terdeteksi pada angsa di Cina dan bermutasi ke manusia dari unggas yang terinfeksi.



Baca juga: Virus Corona Terdeteksi di Singapura, Kemenkes Siagakan Termoscanner di 135 Pintu Negara

Pola hidup

Menurut catatan CDC, flu burung menewaskan sekitar 455 orang dari seluruh dunia.

Lantas mengapa sejumlah virus berbahaya muncul di China?


Konsultan infeksi RS Dr. Soetomo, Dr. dr. Dominicus Husada SpA.K. menjelaskan berbagai virus mematikan bisa muncul di China antara lain karena sejumlah hal.

Pertama mulai dari luasnya wilayah China, populasi China yang sangat besar, hingga pola hidup dan pola makannya tidak umum.

"Pola hidup dan pola makan makanan eksotik itu populer di China," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Jumat (24/01/2020).

Dominicus juga membenarkan bahwa beberapa virus yang mewabah berawal dari kebiasaan makan makanan yang tidak lazim.

"Tepat. Itu yang dilakukan di Wuhan. Sempat menurun sejenak, lalu naik lagi (kasusnya)," kata dia.

Dugaan sementara coronavirus di Wuhan berasal dari kelelawar. "Selama ini salah satu sumber utama penular virus-virus tak dikenal termasuk coronavirus adalah kelelawar," imbuhnya.



Baca juga: Gara-gara Virus Corona Perayaan Tahun Baru Imlek di Beijing Batal

Wabah virus

Dilansir dari South China Morning Post (22/01/2020), Pasar Makanan Laut Huanan adalah pasar yang menjadi sumber wabah virus ini.

Di sana dijual 100 varietas hewan dan unggas hidup, mulai dari rubah hingga serigala, musang bertopeng, kepiting, udang, kura-kura, ular, tikus, landak, burung, dan banyak lagi.

Ada juga hewan hidup seperti katak harimau, ular, landak, dan satwa liar lainnya.

Lebih lanjut, Dominicus mengatakan di China banyak yang langsung makan daging mentah. Cara makannya pun lebih brutal daripada Thailand.

"Kalau (dagingnya) matang, risiko jauh lebih rendah," katanya lagi.

Di Indonesia, lanjutnya, juga ada pasar yang menjual berbagai hewan tidak lazim untuk dikonsumsi, seperti di Tomohon, Sulawesi Utara.

Namun menurutnya di sana belum pernah ada laporan kasus aneh. Di Tomohon itu juga dagingnya ada yang matang, tidak mentah seperti di Wuhan.

"Saya kira kasus Wuhan ini lebih rumit karena ada penularan dari orang ke orang. Seandainya hanya dari hewan ke orang maka menutup pasar itu sangat membantu," kata dia.

Baca juga: Cegah Virus Corona, Angkasa Pura I Perketat Pemeriksaan Kesehatan di Bandara

Isolasi pemerintah China

Kendati tengah ramai menjadi perhatian dunia, dirinya mengingatkan masyarakat tidak perlu terlalu takut.

Juga jangan salah fokus, karena sebenarnya masalah kesehatan di Indonesia banyak yang lebih serius daripada soal Wuhan.

"Kalau bisa jangan makan yang enggak biasa dimakan," lanjutnya.

Saat disinggung terkait kemungkinan virus corona di Wuhan sampai ke Indonesia, imbuhnya sangat mungkin terjadi.

Hal itu karena adanya pergerakan manusia dari satu tempat ke tempat lainnya. Meskipun Pemerintah China sudah melakukan isolasi, terbukti sejumlah negara telah mengumumkan akan adanya kasus penyebaran virus corona tersebut.

"Yang tertular tapi enggak berat gejalanya kan enggak kelihatan. Mereka tetap bisa menularkan.

https://www.kompas.com/tren/read/202...china?page=all

ASTAGHFIRULLAH
Seharusnya Virus Corona dari unta Arab dan salah unta Arab emoticon-Marah emoticon-Mad

Soal Wabah Virus Corona, Mengapa Sejumlah Virus Berbahaya Muncul dari China?

Quote:Original Posted By BMAGLY
baca dulu ttg MERS COV
middle east respiratory syndrome corona virus.

mers cov adalah penyakit pernapasan akibat virus corona "versi timur tengah".

gejalanya 11-12 dgn " versi wuhan".

sama sama ganas.
sama sama gak ada obatnya.
sama sama gak ada vaksinnya.

kementriannkesehatan menghimbau jamaah Haji kita agar selama.menunaikan ibadah Haji atau Umroh , agar menjauhi hewan unta.

karena mers cov menular dari unta ke manusia.


Quote:Original Posted By mendadakranger
Waktu 2012 rame wabah MERS kenapa ga minta setop semua yang mau pergi dan pulang dari Arab ?
Diubah oleh mantan.caver
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kup4s dan 8 lainnya memberi reputasi
7
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 7
Soal Wabah Virus Corona, Mengapa Sejumlah Virus Berbahaya Muncul dari China?
26-01-2020 06:20
Karna makan sembarangan apa karna berak sembarangan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
private13 dan 10 lainnya memberi reputasi
4 7
-3
Lihat 1 balasan
Soal Wabah Virus Corona, Mengapa Sejumlah Virus Berbahaya Muncul dari China?
26-01-2020 06:27
Quote:Original Posted By mbia
Karna makan sembarangan apa karna berak sembarangan


Mungkin karena eek sambil makan gak sengaja ikut di makan ta4ik nya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
private13 dan 7 lainnya memberi reputasi
3 5
-2
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Soal Wabah Virus Corona, Mengapa Sejumlah Virus Berbahaya Muncul dari China?
26-01-2020 06:31
langsung minum pengobatan jaman nabi yaitu air kencing onta...langsung netral
profile-picture
profile-picture
profile-picture
private13 dan 15 lainnya memberi reputasi
3 13
-10
Lihat 2 balasan
Soal Wabah Virus Corona, Mengapa Sejumlah Virus Berbahaya Muncul dari China?
26-01-2020 06:45
Quote:Original Posted By mbia
Karna makan sembarangan apa karna berak sembarangan

data terbaru 2019 indo jagonya boker sembarang
Soal Wabah Virus Corona, Mengapa Sejumlah Virus Berbahaya Muncul dari China?
china turun peringkat bokernya

gara2 mamam kelelawar kayanya itu corona virus cmiiw
gara2 senjata biologis ternyata
Diubah oleh MrJeffBezos
profile-picture
profile-picture
profile-picture
voorvendetta dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Soal Wabah Virus Corona, Mengapa Sejumlah Virus Berbahaya Muncul dari China?
26-01-2020 06:45
Quote:Original Posted By gaberoi!
langsung minum pengobatan jaman nabi yaitu air kencing onta...langsung netral


profile-picture
aan1984 memberi reputasi
1 0
1
Soal Wabah Virus Corona, Mengapa Sejumlah Virus Berbahaya Muncul dari China?
26-01-2020 06:55
Quote:Original Posted By gaberoi!
langsung minum pengobatan jaman nabi yaitu air kencing onta...langsung netral


Soal Wabah Virus Corona, Mengapa Sejumlah Virus Berbahaya Muncul dari China?
minum tuh pipis untaemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
voorvendetta dan meoomiuu memberi reputasi
2 0
2
Soal Wabah Virus Corona, Mengapa Sejumlah Virus Berbahaya Muncul dari China?
26-01-2020 06:59
akibat pemakan segala emoticon-Ngacir
profile-picture
mantan.caver memberi reputasi
1 0
1
Soal Wabah Virus Corona, Mengapa Sejumlah Virus Berbahaya Muncul dari China?
26-01-2020 07:07
flu paling mematikan dalam sejarah justru nama nya flu spanyol...
kebanyakan kasus malah di eropa....perkiraan korban 100 jt jiwa...

virus nya h1n1...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jasaketiktgr dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
Soal Wabah Virus Corona, Mengapa Sejumlah Virus Berbahaya Muncul dari China?
26-01-2020 07:11
Ngeri² ya virus dari sana, ya waspada
0 0
0
Soal Wabah Virus Corona, Mengapa Sejumlah Virus Berbahaya Muncul dari China?
26-01-2020 07:17
Quote:Original Posted By MrJeffBezos
data terbaru 2019 indo jagonya boker sembarang
Soal Wabah Virus Corona, Mengapa Sejumlah Virus Berbahaya Muncul dari China?
china turun peringkat bokernya

gara2 mamam kelelawar kayanya itu corona virus cmiiw


Quote:Original Posted By MrJeffBezos
Soal Wabah Virus Corona, Mengapa Sejumlah Virus Berbahaya Muncul dari China?
minum tuh pipis untaemoticon-Leh Uga


0 0
0
Soal Wabah Virus Corona, Mengapa Sejumlah Virus Berbahaya Muncul dari China?
26-01-2020 07:31
Memang sumber penyakit Cina-Cina itu emoticon-Takut
Makanya sebagai langkah pencegahan alangkah baiknya Cinak macem si ahok yg penyakitan di deportasi aja semuanya ke wuhan, gurun gobi atau mana kek pokoknya balikin ke negaranya emoticon-Takut

Daripada tuh Cinak menyebarkan penyakitnya disini emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
private13 dan 14 lainnya memberi reputasi
6 9
-3
Lihat 1 balasan
Soal Wabah Virus Corona, Mengapa Sejumlah Virus Berbahaya Muncul dari China?
26-01-2020 07:44


Dasar Luck Nut...!!!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aibanadi dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Soal Wabah Virus Corona, Mengapa Sejumlah Virus Berbahaya Muncul dari China?
26-01-2020 08:14
Quote:Original Posted By fuckinghandsome
Memang sumber penyakit Cina-Cina itu emoticon-Takut
Makanya sebagai langkah pencegahan alangkah baiknya Cinak macem si ahok yg penyakitan di deportasi aja semuanya ke wuhan, gurun gobi atau mana kek pokoknya balikin ke negaranya emoticon-Takut

Daripada tuh Cinak menyebarkan penyakitnya disini emoticon-Takut


Warga dan Pengemis Antre di Vihara Dharma Bhakti Berharap Angpau

hmm padahal warga cina selalu dinanti2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
voorvendetta dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 1 balasan
Soal Wabah Virus Corona, Mengapa Sejumlah Virus Berbahaya Muncul dari China?
Lapor Hansip
26-01-2020 08:19
Balasan post boyzok
Biarin aja dia mau ngomong kayak apa. Cuma sekedar melampiaskan uneg2nya, rasa frustasinya terhadap orang cina di dunia maya. Sementara didunia nyata gak berani sedikitpun usir orang cina. Tipikal orang yg cuma OMDO kayak anak TK.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anditsung dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Soal Wabah Virus Corona, Mengapa Sejumlah Virus Berbahaya Muncul dari China?
26-01-2020 08:19
Quote:Original Posted By mantan.caver

sudah ada lagi virus mers jenis baru di arab
Soal Wabah Virus Corona, Mengapa Sejumlah Virus Berbahaya Muncul dari China?

Soal Wabah Virus Corona, Mengapa Sejumlah Virus Berbahaya Muncul dari China?
profile-picture
meoomiuu memberi reputasi
1 0
1
Soal Wabah Virus Corona, Mengapa Sejumlah Virus Berbahaya Muncul dari China?
26-01-2020 08:27
Quote:Original Posted By gaberoi!
langsung minum pengobatan jaman nabi yaitu air kencing onta...langsung netral


Vektornya MERS onta dan seluruh cairan tubuhnya, reservoirnya ttep kelelawar
0 0
0
Soal Wabah Virus Corona, Mengapa Sejumlah Virus Berbahaya Muncul dari China?
26-01-2020 08:29
Quote:Original Posted By MrJeffBezos
sudah ada lagi virus mers jenis baru di arab
Soal Wabah Virus Corona, Mengapa Sejumlah Virus Berbahaya Muncul dari China?

Soal Wabah Virus Corona, Mengapa Sejumlah Virus Berbahaya Muncul dari China?


Nggak, case yg di RS Al Hayat dari MERS yg sudah2, sama jenisnya
0 0
0
Soal Wabah Virus Corona, Mengapa Sejumlah Virus Berbahaya Muncul dari China?
26-01-2020 08:30


Quote:Original Posted By boyzok
Warga dan Pengemis Antre di Vihara Dharma Bhakti Berharap Angpau

hmm padahal warga cina selalu dinanti2


Yah namanya juga pengemis ya goblok lah.
Emang harus di deportasi juga ngikut ahok ke gurun gobi dan wuhan emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
mantan.caver dan aan1984 memberi reputasi
2 0
2
Soal Wabah Virus Corona, Mengapa Sejumlah Virus Berbahaya Muncul dari China?
26-01-2020 08:30
Semoga aja ditemukan antivirusnya ya gan.
Ane juga bingung sama negara negara besar di barat sana, kok malah seakan diam saja ya gan.
Padahal disana ada fasilitas virologi yg lengkap
profile-picture
mantan.caver memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia