Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
333
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e292e1697751323de1904d0/terjaring-razia-sim-mati-stnk-mati-siap-siaplah-untuk-tertawa
Saat ini di daerah gw sangat sering dilakukan razia motor. Mungkin di daerah lain juga sama. Tujuannya memang bagus, yaitu untuk menertibkan pemilik motor dan kelengkapan motor itu sendiri.
Lapor Hansip
23-01-2020 12:24

Terjaring Razia, SIM Mati STNK mati, Siap-Siaplah Untuk Tertawa

Past Hot Thread
icon-verified-thread

Saat ini di daerah gw sangat sering dilakukan razia motor. Mungkin di daerah lain juga sama. Tujuannya memang bagus, yaitu untuk menertibkan pemilik motor dan kelengkapan motor itu sendiri.

Pemelik motor pada waktu mengendarai motor harus memakai helm dan punya SIM. SIM tersebut harus hidup, masih berlaku alias tidak mati. Motor yang dikendarai suratnya juga harus lengkap. Minimal membawa STNK, dan STNK tersebut juga harus hidup. Sama seperti SIM, tidak boleh mati. Jika SIM dan STNK hidup maka tidak perlu khawatir walau setiap hari masuk di jalur razia. Pasti aman dan bebas. Tapi jika dua-duanya mati, atau salah satunya mati, maka siap-siaplah untuk menangis.

Selain untuk penertiban itu, razia juga dimaksudkan untuk mencari motor yang pernah dicuri. Motor hasil curian pasti tidak memiliki STNK. Pemilik motor yang tidak memiliki STNK tidak mungkin bisa mengelak. Walau benar dia membeli, tetap saja dia salah. Dia akan dianggap sebagai penadah barang hasil curian. Pecuri atau penadah sama-sama mendapat hukuman.

Penertiban dan mencari motor curian. Benerkah tujuannya hanya itu?

Temen gw baru saja terjaring razia. Dia punya motor butut. Usia motornya hampir sepuluh tahun. STNK-nya mati hampir empat tahun. Hal ini diperparah dengan SIM-nya. SIM-nya juga mati. Siapapun pasti tidak akan bisa mengelak. Pasti akan kena tilang.

Temen gw sadar akan hal itu. Selama empat tahun itu dia belum pernah terjaring razia. Dia sangat hati-hati dan tidak mau melintas di jalur yang biasa ada razia. Tapi hari itu dia benar-benar apes. Dia masuk di jalur razia. Hasilnya motornya pun kena tilang. Motornya di gelandang ke polres bersama puluhan motor lainnya.

Untuk bisa mengeluarkan motornya dia harus siapkan uang kurang lebih lima ratus ribu. Dia bukan orang kaya. Waktu itu dia tidak punya uang sebesar itu. Terpaksa dia utang ke tetangga. Motornya pun akhirnya bisa ke luar dan dibawa pulang.

Temen gw cerita ke gw dengan kesal. Terus gw bilang, "Salah sendiri kenapa SIM ama STNK sampai mati. Kenapa gak dihidupin?"

Terus dia jawab, "Kalau duitnya ada kenapa juga gak gw hidupin. Masalahnya duitnya yang gak ada."

Gw pikir benar juga. Boro-boro untuk ngidupin SIM sama STNK, untuk makan di rumah saja kadang susah. Rokok saja kadang juga minta. Inilah yang menjadi pokok persoalan. Biasanya mereka yang kena tilang, SIM mati, STNK mati adalah mereka yang tidak mempunyai uang lebih. Mereka rata-rata punya penghasilan pas-pasan. Ketika kena tilang, mereka terpaksa utang ke sana- ke mari untuk mengeluarkan motornya tersebut. Dan pasti ada rasa kesal, kecewa ketika menyerahkan uang tersebut. Istilah temen gw, "Kayak habis kena rampok."

Setiap tahun STNK memang perlu dihidupi. Menghidupi STNK sama halnya dengan membayar pajak kendaraan bermotor. Pajak tersebut diantaranya dipergunakan untuk membangun dan memperbaiki jalan. Jalan yang kita pakai setiap hari lama kelamaan pasti akan rusak dan perlu perbaikan. Itu sebabnya pajak kendaraan bermotor bisa dibilang wajib.

Tapi ketika pajak sampai, uang tidak ada, apakah tidak ada solusi lain?

Ketika pengendara kena tilang, mau tidak mau mereka harus mengeluarkan uang untuk mengambil motornya. SIM yang mati harus dihidupi. STNK yang mati juga harus dihidupi. Jika tidak maka dikemudian hari ada kemungkinan akan kena tilang lagi.

Kembali ke awal, jika polisi memang bener-benar ingin melakukan penertiban, ketika seseorang kena tilang, kenapa tidak dikasih saja SIM baru bagi meraka yg SIM-nya mati. Atau memberikan semacam surat rekomendasi ke SAMSAT agar STNK-nya yang mati bisa dihidupkan dengan gratis, dengan catatan motornya adalah motor butut yang usianya di atas sepuluh tahun. Toh dia juga sudah mengeluarkan uang tilang. Anggap saja uang tilang tersebut untuk menghidupi SIM dan STNK yang mati.

Dengan demikian gw yakin mereka akan tetap senang mengerluarkan uang meski harus utang ke sana-ke mari. Mereka akan pulang dengan tertawa. Tidak cemberut seperti sekarang ini. Seperti kata temen gw, "Kayak habis kena rampok."

Atau mungkin ada tujuan lain?

"SIM mati, STNK mati hari ini kena tilang. Terserah. Jika tidak dihidupi lain waktu akan kena tilang lagi. Bayar lagi. Lain waktu kena tilang lagi. Bayar lagi. Lain waktu ...... " begitulah seterunya. Dan uang tilang akan terus masuk.

Duh, kasian.

Terjaring Razia, SIM mati, STNK mati, siap-siaplah untuk tertawa. Hahahaaha....
Diubah oleh kelayan00
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mynaidra dan 44 lainnya memberi reputasi
27
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 17
Terjaring Razia, SIM Mati STNK mati, Siap-Siaplah Untuk Tertawa
23-01-2020 12:25
polisi musuh bebuyutanemoticon-Hansipemoticon-Hansipemoticon-Hansip
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 3 balasan
Terjaring Razia, SIM Mati STNK mati, Siap-Siaplah Untuk Tertawa
23-01-2020 12:41
kasih gratis??
itu kan duit, klo urusan duit mah... u know laaa emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fedorarivialdo dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
Lihat 1 balasan
Terjaring Razia, SIM Mati STNK mati, Siap-Siaplah Untuk Tertawa
23-01-2020 13:44
kalo semua2 dikasih gratis ngapain lagi bikin sim sama stnk bos
seharusnya mampu beli motor mampu jg donk bikin sim dan bayar pajak
jangan cuman mau menikmati jalan aja
emang bikin jalan ga pake duit
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zelfrizk dan 23 lainnya memberi reputasi
21 3
18
Lihat 2 balasan
Terjaring Razia, SIM Mati STNK mati, Siap-Siaplah Untuk Tertawa
23-01-2020 14:23
intinya gak punya biaya ?
sayangnya lo jauh dari gw
klo deket gw bayarin emoticon-Cool
profile-picture
kelayan00 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Terjaring Razia, SIM Mati STNK mati, Siap-Siaplah Untuk Tertawa
23-01-2020 14:34
dikasih gratis ya jelas malah bakalan pada ngelunjak lah boss....
Diubah oleh ababil.banget
profile-picture
profile-picture
profile-picture
DieciseisX dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Terjaring Razia, SIM Mati STNK mati, Siap-Siaplah Untuk Tertawa
23-01-2020 14:36
Sim ane juga mati dan belom sempet perpanjang karena belom ada dana, nanti motornya mau ane jual buat bikin sim baru emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakangprabu99 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Terjaring Razia, SIM Mati STNK mati, Siap-Siaplah Untuk Tertawa
23-01-2020 14:45
pas bawa vespa kena razia , boleh lihat surat surat nya mas ? ini pak sambil nyodorin SIM mati , STNK nya ? gk tau pak di simpen ma mbah , coba mbah nya di hubungi trs saya jawab bapak aj yg hubungi soalnya embah sudah meninggal , kamu ingin ak mati ? saya ngakak emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fedorarivialdo dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 3 balasan
Terjaring Razia, SIM Mati STNK mati, Siap-Siaplah Untuk Tertawa
23-01-2020 15:05
aduh gan justru kondisi sepeda motor yang di atas 10 tahun harus lebih ekstra pengamanan dan pengawasannya, kenapa karena kondisi sudah bisa dibilang tidak fit lagi dan pada kondisi tertentu kendaraan yang tidak layak operasi di jalan bisa menyebabkan ketidaknyamanan pengendara lain atau bahkan sebagai penyebab kecelakaan.

dan menurut ane ini salah satu upaya pemerintah meningkatkan niat masyarakat menggunakan transportasi publik, atau sekarang malah sudah makin mudah dengan adanya moda transportasi online.

bagi2 rezeki, keep aware dan keep safe di jalan.

berani punya kendaraan, berani bertanggung jawab bro.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gundam.dynames dan 18 lainnya memberi reputasi
19 0
19
Lihat 2 balasan
Terjaring Razia, SIM Mati STNK mati, Siap-Siaplah Untuk Tertawa
23-01-2020 15:10
Malu nape cuy
SIM sama STNK udah ga berlaku



emoticon-Blue Guy Bata (L)

Moge sama supercar tu razia sekalian
Banyak yg bodong

emoticon-DP
profile-picture
profile-picture
profile-picture
assassins1994 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Terjaring Razia, SIM Mati STNK mati, Siap-Siaplah Untuk Tertawa
23-01-2020 15:24
profile-picture
kelayan00 memberi reputasi
1 0
1
Terjaring Razia, SIM Mati STNK mati, Siap-Siaplah Untuk Tertawa
23-01-2020 15:33
stnk ane mati, sim ga punya emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
prahmanareza13 dan kelayan00 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Terjaring Razia, SIM Mati STNK mati, Siap-Siaplah Untuk Tertawa
Lapor Hansip
23-01-2020 16:03
Balasan post trdfantasy
Quote:Original Posted By trdfantasy
stnk ane mati, sim ga punya emoticon-Leh Uga

motor aja palingan ente kagak punya.. emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
DieciseisX dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Terjaring Razia, SIM Mati STNK mati, Siap-Siaplah Untuk Tertawa
23-01-2020 16:18
Quote:Gw pikir benar juga. Boro-boro untuk ngidupin SIM sama STNK, untuk makan di rumah saja kadang susah. Rokok saja kadang juga minta. Inilah yang menjadi pokok persoalan.


Waduh kayaknya ga bisa juga bro dijadiin pembenaran. Kalo kita beli sesuatu, artinya kita tau kapasitas kita.. Beli aset kayak mobil dan motor berapapun harganya harusnya tau biaya yang dikeluarkan beserta peruntukannya. Bisa punya motor, artinya bisa bayar pajak juga sih seharusnya. Sebuah kewajiban buat negara lho.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Fey1985 dan 12 lainnya memberi reputasi
13 0
13
Lihat 2 balasan
Terjaring Razia, SIM Mati STNK mati, Siap-Siaplah Untuk Tertawa
Lapor Hansip
23-01-2020 16:44
Balasan post trdfantasy
@ababil.banget motor minjem emoticon-Big Grin
profile-picture
kelayan00 memberi reputasi
1 0
1
Terjaring Razia, SIM Mati STNK mati, Siap-Siaplah Untuk Tertawa
23-01-2020 16:49
sim grobak modyar lg emoticon-Bingung
profile-picture
kelayan00 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Terjaring Razia, SIM Mati STNK mati, Siap-Siaplah Untuk Tertawa
23-01-2020 16:53
duluuu ane pernah gan. sial 2x.. ane abis kena tilang di jalur A. stnk ane disita.. ane kaga punya sim, dikasih surat tilang. nah mau balik dri tilangan itu ane lewat jalur lain. kena tilang lg. ane tunjukin surat tilangnya. beres. seminggu kemudian ane mau ambil stnk ane. wkt itu krana antri lama ane inisiatip makan diluar gedung agak jauh. sialnya lg ane kena tilang lg. yaudah ane kasih surat antrian ambil stnk dibebasin. bner" sial ane. ampe sekarang inget
profile-picture
profile-picture
profile-picture
orokleungit dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 2 balasan
Terjaring Razia, SIM Mati STNK mati, Siap-Siaplah Untuk Tertawa
23-01-2020 17:01
karena pikirannya beli motor aja mampu kok masa stnk aja ngga?
kalo emg beneran ngga mampu yaudah naik angkutan umum aja gan biar ngurangin polusi hehe.
0 0
0
Terjaring Razia, SIM Mati STNK mati, Siap-Siaplah Untuk Tertawa
23-01-2020 17:04
Make sepeda kagak perlu bre itu sim sama stnk


emoticon-Traveller
0 0
0
Lihat 1 balasan
Terjaring Razia, SIM Mati STNK mati, Siap-Siaplah Untuk Tertawa
23-01-2020 17:20
ga punya uang bukan alasan lah utk ga memperpanjang sim / stnk, klo dirasa emang ga punya uang ya mending naek angkot lah ga usa pusing mikirin perpanjang ini itu emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Terjaring Razia, SIM Mati STNK mati, Siap-Siaplah Untuk Tertawa
23-01-2020 18:46
terus harusnya gimana? ngga ngikutin aturan dibiarin aja? kan ngga ada yang maksa dia untuk beli motor, kalau berat ya jual aja, uangnya pake untuk keperluan atau usaha, kalau udah mampu baru beli motor lagi..
profile-picture
profile-picture
DieciseisX dan kelayan00 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 17
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia