News
Batal
KATEGORI
link has been copied
51
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e280dbc09b5ca508a77710f/khotbah-jumat-bakal-diatur-pemerintah-begini-penjelasan-menag
Menteri Agama Fachrul Razi membantah pemberitaan yang menyebut khotbah Jumat bakal diatur oleh pemerintah. Sebelumnya, Kepala Kanwil Kemenag Kota Bandung mengatakan para khatib harus menyesuaikan khotbahnya dengan teks yang disiapkan pemerintah.
Lapor Hansip
22-01-2020 15:54

Khotbah Jumat Bakal Diatur Pemerintah? Begini Penjelasan Menag

Past Hot Thread

Rabu, 22 Januari 2020Khotbah Jumat Bakal Diatur Pemerintah? Begini Penjelasan Menag

Menteri Agama Fachrul Razi.Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.comJAKARTA - Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi membantah pemberitaan yang menyebut khotbah Jumat bakal diatur oleh pemerintah.

Sebelumnya, Kepala Kanwil Kemenag Kota Bandung Yusuf Umar mengatakan para khatib harus menyesuaikan khotbahnya dengan teks yang disiapkan pemerintah.


Yusuf menyebut pengaturan khotbah tersebut merupakan arahan Menag Fachrul Razi berdasarkan studi banding ke Abu Dhabi, di mana para khatibnya menyampaikan khotbah sesuai teks dari pemerintah. Namun hal ini dibantah Menag Fachrul.


Baca Juga:




"Enggak. Belum pernah saya ngomong. Saya cerita apa yang ada di Saudi, Emirat Arab, apa yang ada di negara-negara Arab, belum pernah berpikir mengubah (mengatur, red)," kata Fachrul di Istana Negara, Jakarta, Rabu (22/1).


Dijelaskan Fachrul, dirinya hanya bercerita ke jajarannya tentang bagaimana kebiasaan khotbah Jumat di negara-negara Timur Tengah, bukan menginstruksikan untuk diterapkan di Indonesia.


"Enggak pernah saya katakan nanti di Indonesia akan begini. Enggak ada (mau mengatur teks khotbah). Saya cerita saja supaya dipahami, oh di sana (Saudi) begini," katanya. (fat/jpnn)


Baca Juga:







  


BERITA TERKAIT















profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
1
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Khotbah Jumat Bakal Diatur Pemerintah? Begini Penjelasan Menag
22-01-2020 15:58
Di malaysia aja diatur kok
Banyak negara2 muslim lainnya yg mengatur kothbah keagamaan. Jadi Ga usah kaget dan jerit2 ini itu deh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Proloque dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Lihat 2 balasan
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Khotbah Jumat Bakal Diatur Pemerintah? Begini Penjelasan Menag
22-01-2020 16:07
memang harus di atur sih(agama apa pun ya,bukan agama itu aja)

jadi jelas arah nya...

profile-picture
profile-picture
profile-picture
krisyuan dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Khotbah Jumat Bakal Diatur Pemerintah? Begini Penjelasan Menag
22-01-2020 16:07
emang harus diawasin,banyak yang doyan ngompor2in
profile-picture
profile-picture
daimond25 dan tukangbeling7 memberi reputasi
2 0
2
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Khotbah Jumat Bakal Diatur Pemerintah? Begini Penjelasan Menag
22-01-2020 16:23
tokoh agama radikal dilarang kasih khotbah pas sholat jum'at lebih bagus emoticon-shakehand

bata
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reid2 dan 4 lainnya memberi reputasi
0 5
-5
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Khotbah Jumat Bakal Diatur Pemerintah? Begini Penjelasan Menag
22-01-2020 16:39
Jaman cang harto diawasin emoticon-Big Grin

Jaman skrng doain teroris timteng emoticon-Hammer2
Diubah oleh ruuuruuu
profile-picture
profile-picture
krisyuan dan scorpiolama memberi reputasi
2 0
2
Khotbah Jumat Bakal Diatur Pemerintah? Begini Penjelasan Menag
22-01-2020 16:43
ferani feraninya ngatur ngatur

kardun mana nih?? emoticon-Marah

Khotbah Jumat Bakal Diatur Pemerintah? Begini Penjelasan Menag
profile-picture
tukangbeling7 memberi reputasi
1 0
1
Khotbah Jumat Bakal Diatur Pemerintah? Begini Penjelasan Menag
22-01-2020 16:44
Poinnya diatur pemerintah adalah biar ngga ada khotbah-khotbah yang berbau SARA dan menjelek-jelekkan pihak lain. ane sendiri jujur ga nyaman sih kalo khotbah tapi malah memperolok pihak lain
profile-picture
profile-picture
profile-picture
krisyuan dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Khotbah Jumat Bakal Diatur Pemerintah? Begini Penjelasan Menag
22-01-2020 16:47
Setuju saja jika ingin di atur dan awasi, karena jamaah shalat jumat yang datang ke masjid itu tujuannya utuk beribadah. Tapi kalau justru di cekoki dengan ceramah yang menebar kebencian sangat di sayangkan. Dulu waktu era pilgub dki jakarta. hadeh... beberapa masjid ceramahnya bahas politik dan terlihat sekali keberpihakannya ke kubu mana.
profile-picture
krisyuan memberi reputasi
1 0
1
Khotbah Jumat Bakal Diatur Pemerintah? Begini Penjelasan Menag
22-01-2020 16:58
Ya baguslah sudah diklarifikasi
0 0
0
Khotbah Jumat Bakal Diatur Pemerintah? Begini Penjelasan Menag
Lapor Hansip
22-01-2020 17:01
Balasan post chenzahendratan
Quote:Original Posted By chenzahendratan
Di malaysia aja diatur kok
Banyak negara2 muslim lainnya yg mengatur kothbah keagamaan. Jadi Ga usah kaget dan jerit2 ini itu deh


di malaysia bahkan tidak boleh da'i/mubaligh di satu negara bagian ceramah ke negara bagian lain emoticon-Cool

ini Menag ngehek amat, hobi kluarin wacana yg "wah" abis itu mengkeret emoticon-Cool
0 0
0
Khotbah Jumat Bakal Diatur Pemerintah? Begini Penjelasan Menag
22-01-2020 17:04
boleh aja diatur begitu pak . . .
tapi pelayanan kepada masyarakat juga gratis . . .
misalnya pelayanan kesehatan . . .

contohnya kayak gini

Lalu bagaimana sebenarnya negara Islam menjamin kesehatan rakyatnya? Di negara Islam, seperti Arab Saudi jaminan kesehatan sudah digalang sejak tahun 1996. Ratusan juta dolar atau setidaknya 2,9 persen dari total GDP (Gross Domestic Product) digelontorkan untuk menjamin kesehatan rakyatnya.

Pada awalnya pemerintah Arab mendirikan rumah sakit yang khusus didirikan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Rumah sakit yang menyediakan pengobatan gratis bagi masyarakat pun mulai menjamur.

Tahun 2006 di Abu Dhabi program asuransi kesehatan yang pada mulanya dikelola oleh swasta. Namun di tahun 2007, asuransi kesehatan mulai dikelola pemerintah dengan dibentuknya Lembaga Pelayanan Kesehatan Umum. Selanjutnya lembaga ini juga memegang regulasi industri dan fasilitas kesehatan sehingga semua masyarakat Arab dapat menikmati pelayanan dan fasilitas kesehatan secara gratis.

https://www.merdeka.com/dunia/ini-be...indonesia.html


kapan nih . . . Indonesia bisa gratis kayak Arab . . .
profile-picture
HANDSOMEHAN memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Khotbah Jumat Bakal Diatur Pemerintah? Begini Penjelasan Menag
22-01-2020 17:05
Yg perlu diatur itu isinya biar tetap sesuai syariat.
Ga melabar ke urusan politik emoticon-Ngakak
0 0
0
Lihat 1 balasan
Khotbah Jumat Bakal Diatur Pemerintah? Begini Penjelasan Menag
22-01-2020 17:26
Bagus. Sekalian diatur durasinya, jangan semena2 manjangin khutbah mentang2 doyan ngomong, melebar kemana2, ksian yang mo kerja yg mo makan siang jadinya.
0 0
0
Lihat 2 balasan
Khotbah Jumat Bakal Diatur Pemerintah? Begini Penjelasan Menag
22-01-2020 17:29
menag kita sekarang emang kurang mantap cara penyampaiannya, hingga rawan misinterpret. mungkin krn sudah tua. bakal reshuffle?
Diubah oleh bangsu
0 0
0
Khotbah Jumat Bakal Diatur Pemerintah? Begini Penjelasan Menag
22-01-2020 17:34
Quote:Original Posted By antonyus578
boleh aja diatur begitu pak . . .
tapi pelayanan kepada masyarakat juga gratis . . .
misalnya pelayanan kesehatan . . .

contohnya kayak gini

Lalu bagaimana sebenarnya negara Islam menjamin kesehatan rakyatnya? Di negara Islam, seperti Arab Saudi jaminan kesehatan sudah digalang sejak tahun 1996. Ratusan juta dolar atau setidaknya 2,9 persen dari total GDP (Gross Domestic Product) digelontorkan untuk menjamin kesehatan rakyatnya.

Pada awalnya pemerintah Arab mendirikan rumah sakit yang khusus didirikan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Rumah sakit yang menyediakan pengobatan gratis bagi masyarakat pun mulai menjamur.

Tahun 2006 di Abu Dhabi program asuransi kesehatan yang pada mulanya dikelola oleh swasta. Namun di tahun 2007, asuransi kesehatan mulai dikelola pemerintah dengan dibentuknya Lembaga Pelayanan Kesehatan Umum. Selanjutnya lembaga ini juga memegang regulasi industri dan fasilitas kesehatan sehingga semua masyarakat Arab dapat menikmati pelayanan dan fasilitas kesehatan secara gratis.

https://www.merdeka.com/dunia/ini-be...indonesia.html


kapan nih . . . Indonesia bisa gratis kayak Arab . . .


Pindah ke arab sono lu, orang bahas kotbah jum'at lu malah bahas pelayanan kesehatan emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
Proloque dan scorpiolama memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Khotbah Jumat Bakal Diatur Pemerintah? Begini Penjelasan Menag
22-01-2020 17:34
setuju diatur...
yg gak setuju silakan minggat dr negara ini...

emoticon-Traveller
0 0
0
Lihat 2 balasan
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia