Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
125
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e1bb34afacb9522f6319cbe/simak-5-fakta-katak-bertanduk-kalimantan-yang-ditemukan-tahun-lalu
Katak bertanduk seperti namanya katak ini sedikit berbeda dengan katak pada umumnya yang sering kalian temui di sawah atau rumah kalian. Sekilas katak ini mirip seperti kadal. Katak bertanduk yang terkenal adalah katak bertanduk amazon.
Lapor Hansip
13-01-2020 07:01

Simak 5 Fakta Katak Bertanduk Kalimantan yang Ditemukan Tahun Lalu

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Hello Warga kaskuser se-tanah air... Pernah baca atau lihat katak bertanduk ? Katak bertanduk seperti namanya katak ini sedikit berbeda dengan katak pada umumnya yang sering kalian temui di sawah atau rumah kalian. 

Simak 5 Fakta Katak Bertanduk Kalimantan yang Ditemukan Tahun Lalu


Sekilas katak ini mirip seperti kadal. Katak bertanduk yang terkenal adalah katak bertanduk amazon. Di Indonesia pun pada tahun 2018 ditemukan katak bertanduk lancip di pulau Sumatra. Namun pada kesempatan ini, TS tidak akan membicarakan katak bertanduk amazon atau katak bertanduk lancip sumatra melainkan katak bertanduk Kalimantan 

Simak 5 Fakta Katak Bertanduk Kalimantan yang Ditemukan Tahun Lalu



Mengapa TS mengangkat diskusi mengenai katak ini? Jawabannya sederhana katak bertanduk ini baru diresmikan tahun 2019 hehe... masih angat-angatkan? Yosh langsung aja kita bahas katak bertanduk Kalimantan. Berikut 5 Fakta Katak Bertanduk Kalimantan :


Quote:1. Ditemukan pada Tahun 2008

Simak 5 Fakta Katak Bertanduk Kalimantan yang Ditemukan Tahun Lalu

a. Katak Bertanduk Lancip, b. Katak Bertanduk Pinokio, c. Katak Bertanduk Kalimantan (Sumber)


Pada mulanya katak bertanduk ini ditemukan pada tahun 2008 oleh peneliti senior Pusat Penelitian Biologi LIPI. Kurang lebih selama 11 tahun para peneliti mengumpulkan data dan meresmikannya pada tahun 2019.

Jadi untuk meresmikan spesies baru tidak mudah ya guys, tidak seperti membalikkan telapak tangan... butuh bertahun-tahun untuk mengumpulkan data dan menganalisanya terlebih dahulu.



Quote:2. Pada Awalnya Tidak Dianggap Sebagai Spesies Baru

Simak 5 Fakta Katak Bertanduk Kalimantan yang Ditemukan Tahun Lalu


Para peneliti sebenarnya menganggap katak bertanduk Kalimantan ini sebagai spesies katak Bertanduk Pinokio (Megophrys nasuta), namun setelah dilakukan penelitian didapatkan hasil bahwa katak bertanduk Kalimantan berbeda spesies dengan Katak bertanduk pinokio.

Katak bertanduk Kalimantan memiliki tanduk atau dikenal sebagai dermal accessory bagian moncong dan mata lebih pendek dibandingkan katak tanduk pinokio. Juga adanya tambahan lipatan lateral. Oleh sebab itu, katak bertanduk memiliki nama ilmiah Megophrys Kalimantanensis.



Quote:3. Tersebar Hingga Malaysia

Penemuan katak bertanduk Kalimantan cukup mengejutkan peneliti. Hal ini dikarenakan katak ini ditemukan di bagian pegunungan utara Borneo (Serawak dan Sabah) serta pegunungan Meratus (Indonesia). Variesi genetik yang ditemukan di wilayah Indonesia dan Malaysia sangat rendah sedangkan kedua lokasi tersebut terpisah sekitar 950 kilometer



Quote:4. Langsung Dinyatakan Terancam Punah Oleh Para Ahli


Simak 5 Fakta Katak Bertanduk Kalimantan yang Ditemukan Tahun Lalu

Ilustrasi (Sumber)


Langsung dinyatakan terancam punah oleh para ahli. Punahnya suatu spesies tidak jauh dari ulah manusia yang merusak habitat mereka tinggal. Sejak tahun 1973 sampai 2010 Kalimantan telah kehilangan 30% hutannya untuk dijadikan perkebunan kelapa sawit.

Dalam laman LIPI pun menyatakan bahwa Hilangnya kawasan hutan menjadi ancaman serius. Baik untuk hewan yang baru berhasil dideskripsikan dapat dianggap sebagai populasi terakhir mengingat sudah tidak ada huta yang cukup bagus.




Quote:5. Berhasil Dipublikasikan



Simak 5 Fakta Katak Bertanduk Kalimantan yang Ditemukan Tahun Lalu



Penemuan yang telah dilakukan kurang lebih 11 tahun sejak tahun 2008 ini telah berhasil dipublikasikan dalam jurnal internasional Zootaxa vol. 4679 (1); 001-024.

Quote:Semoga peneliti di tahun 2020 menemukan spesies baru lagi ya guys dan penebangan hutan di Kalimantan bisa berkurang


Sumber Tulisan TS
LIPI
Diubah oleh akbareggy
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indramamoth dan 24 lainnya memberi reputasi
25
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 7
Simak 5 Fakta Katak Bertanduk Kalimantan yang Ditemukan Tahun Lalu
13-01-2020 07:04
Yuk Kita Bahas Tentang Katak Bertanduk
profile-picture
Kup4s memberi reputasi
1 0
1
Simak 5 Fakta Katak Bertanduk Kalimantan yang Ditemukan Tahun Lalu
13-01-2020 08:23
mantab kataknya
profile-picture
Kup4s memberi reputasi
1 0
1
Simak 5 Fakta Katak Bertanduk Kalimantan yang Ditemukan Tahun Lalu
13-01-2020 08:24
Quote:Original Posted By ALGIDITY
mantab kataknya


Kaya kadak gin klo kepalanya doang yg kelihatan
profile-picture
Kup4s memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Simak 5 Fakta Katak Bertanduk Kalimantan yang Ditemukan Tahun Lalu
Lapor Hansip
13-01-2020 08:24
Balasan post akbareggy
Quote:Original Posted By akbareggy


Kaya kadak gin klo kepalanya doang yg kelihatan


haha bisa aja
profile-picture
Kup4s memberi reputasi
1 0
1
Simak 5 Fakta Katak Bertanduk Kalimantan yang Ditemukan Tahun Lalu
13-01-2020 08:32
ini salah satu kekayaan makhluk di indonesiaa
hehehe

mantabb, semoga tidak punah dengan di buru spesies nyaa
hehehe
profile-picture
profile-picture
blunar dan Kup4s memberi reputasi
2 0
2
Simak 5 Fakta Katak Bertanduk Kalimantan yang Ditemukan Tahun Lalu
13-01-2020 08:47
Cebong nya bertanduk juga gak yaa?
emoticon-Motret
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kup4s dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Simak 5 Fakta Katak Bertanduk Kalimantan yang Ditemukan Tahun Lalu
13-01-2020 08:51
Quote:Original Posted By akutenshi
ini salah satu kekayaan makhluk di indonesiaa
hehehe

mantabb, semoga tidak punah dengan di buru spesies nyaa
hehehe


Bener gan... semoga hutan di Kalimantan selalu terjaga
profile-picture
profile-picture
Kup4s dan akutenshi memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Simak 5 Fakta Katak Bertanduk Kalimantan yang Ditemukan Tahun Lalu
13-01-2020 08:51
Quote:Original Posted By anakrantau25
Cebong nya bertanduk juga gak yaa?
emoticon-Motret


Kaga gan wkwk pas bermetamorfosis baru mulai tumbuh
profile-picture
Kup4s memberi reputasi
1 0
1
Simak 5 Fakta Katak Bertanduk Kalimantan yang Ditemukan Tahun Lalu
13-01-2020 08:58
ayo lestarikan biar jadi hewan peliharaan dan ada nilainya kaya kodok PACMAN
profile-picture
Kup4s memberi reputasi
1 0
1
Simak 5 Fakta Katak Bertanduk Kalimantan yang Ditemukan Tahun Lalu
13-01-2020 09:00
Quote:Original Posted By vampsvamps
ayo lestarikan biar jadi hewan peliharaan dan ada nilainya kaya kodok PACMAN


Bener gan... semoga bisa di budidayakan
profile-picture
Kup4s memberi reputasi
1 0
1
Simak 5 Fakta Katak Bertanduk Kalimantan yang Ditemukan Tahun Lalu
13-01-2020 09:14
Sebenarnya masih banyak spesies baru yg belum diidentifikasi dan dipelajari cuk!
Sayang mereka sembunyi kalau dicari!

emoticon-Wakaka emoticon-Wkwkwk
profile-picture
Kup4s memberi reputasi
1 0
1
Simak 5 Fakta Katak Bertanduk Kalimantan yang Ditemukan Tahun Lalu
13-01-2020 09:15
Quote:Original Posted By panjialiansyah
Sebenarnya masih banyak spesies baru yg belum diidentifikasi dan dipelajari cuk!
Sayang mereka sembunyi kalau dicari!

emoticon-Wakaka emoticon-Wkwkwk


Hahaha lanjay bener tuu emoticon-Leh Uga
profile-picture
Kup4s memberi reputasi
1 0
1
Simak 5 Fakta Katak Bertanduk Kalimantan yang Ditemukan Tahun Lalu
13-01-2020 09:30
kalo dari belakang kek daun kering ye gan emoticon-Matabelo
profile-picture
Kup4s memberi reputasi
1 0
1
Simak 5 Fakta Katak Bertanduk Kalimantan yang Ditemukan Tahun Lalu
13-01-2020 09:32
Quote:Original Posted By 7081C4L1573R
kalo dari belakang kek daun kering ye gan emoticon-Matabelo


Benar gan, itu salah satu bentuk pertahanan dirinya (kamuflase) hasil dari adaptasi dari lingkungannya
profile-picture
Kup4s memberi reputasi
1 0
1
Simak 5 Fakta Katak Bertanduk Kalimantan yang Ditemukan Tahun Lalu
13-01-2020 09:59
swike emoticon-Leh Uga
profile-picture
Kup4s memberi reputasi
1 0
1
Simak 5 Fakta Katak Bertanduk Kalimantan yang Ditemukan Tahun Lalu
13-01-2020 10:29
tampangnya seramemoticon-Takut
ada yg pernah mamam ga?emoticon-Bingung
profile-picture
Kup4s memberi reputasi
1 0
1
Simak 5 Fakta Katak Bertanduk Kalimantan yang Ditemukan Tahun Lalu
13-01-2020 11:11
Semoga tidah tergeser oleh majunya jaman ikiemoticon-Recommended Seller
profile-picture
Kup4s memberi reputasi
1 0
1
Simak 5 Fakta Katak Bertanduk Kalimantan yang Ditemukan Tahun Lalu
13-01-2020 11:29
woghhemoticon-Matabelo
profile-picture
Kup4s memberi reputasi
1 0
1
Simak 5 Fakta Katak Bertanduk Kalimantan yang Ditemukan Tahun Lalu
13-01-2020 11:34
Quote:Original Posted By MrJeffBezos
tampangnya seramemoticon-Takut
ada yg pernah mamam ga?emoticon-Bingung


Kaga gan, baru aja diresmikan emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
Kup4s memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia