Hobby
KATEGORI
link has been copied
29
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e1146b0337f93032a42f94a/pingin-kurus-di-2020-coba-ini
Selamat datang di thread penulis! Penulis pikir tiap tahun baru, pasti salah satu yang menjadi tujuan/resolusi untuk tahun kedepannya adalah penurunan berat badan, yup kita-kita kan emang suka nunda sampe dapet momen yang tepat 😆 . Tapi gak masalah sih selagi dijalankan. Nah, kali ini penulis mau berbagi pengalaman menjalankan diet intermittent fasting. Mungkin kata intermittent fasting terdera
Lapor Hansip
05-01-2020 09:15

Pingin Kurus di 2020? Coba Ini!

icon-verified-thread
GIF

Selamat datang di thread penulis! Penulis pikir tiap tahun baru, pasti salah satu yang menjadi tujuan/resolusi untuk tahun kedepannya adalah penurunan berat badan, yup kita-kita kan emang suka nunda sampe dapet momen yang tepat 😆 . Tapi gak masalah sih selagi dijalankan. Nah, kali ini penulis mau berbagi pengalaman menjalankan diet intermittent fasting. Mungkin kata intermittent fasting terderang sulit dan asing buat agan/sist sekalian, tapi pernah denger ocd gak? Itu tuh, diet ciptaannya Deddy Corbuzier, nah itu termasuk intermittent fasting.

Pingin Kurus di 2020? Coba Ini!

intermittent fasting adalah metode untuk mengatur pola makan dengan cara berpuasa makan selama beberapa waktu, namun Anda masih dapat mengonsumsi minuman. Dibandingkan dengan istilah “diet” yang biasanya merujuk pada pengurangan atau pembatasan makan, metode intermittent fasting lebih ke mengatur kebiasaan makan Anda (hallosehat.com).

Penulis kali ini tidak akan mengulas panjang lebar soal intermittent fasting ini, tapi akan menceritakan pengalaman menerapkannya dan memberikan beberapa tips terkait intermittent fasting (kalo mau tau lebih lanjut, di google banyak kok). Jadi agan/sist bisa tinggal aplikasi kan aja ke kehidupan sehari-hari agan, tanpa perlu banyak pikir (ya, kalo merasa cocok 😁 )

Jadi biasanya penulis mulai makan/sarapan/breakfast, itu jam 12 siang. Satu porsi yang kira-kira sama seperti orang indonesia pada umumnya. Trus nanti sekitar jam 3-4 sore, penulis nyemil sesuatu, mungkin roti atau buah. Dan yang terakhir penulis makan malam di sekitar jam 7-8 malam. Dan itu adalah makan terakhir. Dan setelah itu penulis tidak makan apapun sampai jam 12 esok hari. Jadi bisa dibilang jam makan penulis adalah 8 jam, terhitung dari jam 12 siang sampai dengan jam 8 malam. Setelah itu adalah jam berpuasa sekitar 16 jam. Dalam jam puasa, tentu penulis tidak makan apapun kecuali minum air putih.

Apa yang penulis rasakan setelah mengatur jam makan sedemikian rupa?

Setelah terbiasa melakukan intermittent fasting, rasanya tubuh menjadi ringan, karena lemak berkurang, timbangan turun, tapi yang pasti yang turun bukan berat air di dalam tubuh kita, tapi lemak kita. Performa saat berolahraga juga terasa lebih baik, kantong juga jadi lebih hemat, karena tidak memakan makanan yang tidak perlu. Dikarenakan jam makan yang terbatas, maka waktu nyemil juga terbatas, hasrat untuk nyemil juga berkurang, karena setiap sudah masuk jam makan, yang pertama diinginkan adalah makanan pokok yang menghilangkan rasa lapar, dan setelah kenyang hasrat nyemil pun berkurang atau bahkan hilang.

Beberapa tips dalam menjalankan intermittent fasting :

1. Jangan memasukan kalori sedikitpun di jam puasa

Jadi saat jam puasa, kita benar-benar hanya boleh mengkonsumsi air putih. Jika saja kita memasukkan sedikit kalori, semisal permen, maka akan tibul rasa lapar diperut yang sangat mengganggu, malah bisa membuat puasa kita batal.

2. Makan makanan bergizi

Pingin Kurus di 2020? Coba Ini!

Intermitten fasting adalah mengatur jam makan, jadi saat kita masuk di jam makan kita yang terbatas, seharusnya kita manfaatkan sebaik mungkin, dengan memasukkan makanan yang bergizi ke tubuh kita. Dalam sekali makan hendaknya selalu berisis, serat, karbohidrat, dan protein. Gampangnya tuh, nasi, sayur, lauk. Kalo mau takaran yang gampang, masing-masing segenggam tangan aja gan!

3. Berolahraga

Pingin Kurus di 2020? Coba Ini!

Apapun diet yang agan/sist lakukan, hasilnya gak akan maksimal tanpa olahraga, karena olahraga membantu mengencangkan otot, mengencangkan kulit, dan mempercepat metabolisme.

Sekian thread singkat dari penulis, jika ada pertanyaan, silahkan leave di kolom komentar, dan jika ini membantu jangan lupa cendol dan share buat yang membutuhkan. So, terimakasih dan sampai jumpa di thread lainnya ...

Sumber : pengalaman pribadi, google, halosehat.com
profile-picture
profile-picture
siapika dan marikemana memberi reputasi
2
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Pingin Kurus di 2020? Coba Ini!
05-01-2020 09:24
perlu dicoba nih. cm terkadang kebanyakan org gagal diet itu lebih ke banyakan salah pahamnya sih. bukan mengurangi porsi makan eh malah menghilangkan alias gak makan sm sekali. klo kek gt mah jd brabe urusannya tubuh akan lemas pd akhirnya kelaperan trus kalap makan, belom lg masalah penyakit lambung. duh malah nimbulin penyakit kan jadinya
profile-picture
caesarpratama memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Pingin Kurus di 2020? Coba Ini!
05-01-2020 09:29
Quote:Original Posted By marikemana
perlu dicoba nih. cm terkadang kebanyakan org gagal diet itu lebih ke banyakan salah pahamnya sih. bukan mengurangi porsi makan eh malah menghilangkan alias gak makan sm sekali. klo kek gt mah jd brabe urusannya tubuh akan lemas pd akhirnya kelaperan trus kalap makan, belom lg masalah penyakit lambung. duh malah nimbulin penyakit kan jadinya


Bener tuh, dengan intermitten fasting ini sih, yg berkurang dari ane, bukan porsi makannya, tapi nyemilnya. Jadi menurut ane pribadi sih, kebanyakan dari kita, ngemasukin kebanyakan hal yang gak perlu ke badan emoticon-Ngakak
0 0
0
Pingin Kurus di 2020? Coba Ini!
05-01-2020 09:33
Quote:Original Posted By caesarpratama
Bener tuh, dengan intermitten fasting ini sih, yg berkurang dari ane, bukan porsi makannya, tapi nyemilnya. Jadi menurut ane pribadi sih, kebanyakan dari kita, ngemasukin kebanyakan hal yang gak perlu ke badan emoticon-Ngakak


karna emg biasanya kebanyakan org tuh gabisa bedain mana laper mana kepengen makan. Nyatanya klo diturutin makan sejatinya tubuh gak butuh2 amat, gak ngasih kode laper. Cm kitanya aja yg emg kepengen makan .. nah ane mah begitu gan jdnya susah jg
0 0
0
Pingin Kurus di 2020? Coba Ini!
05-01-2020 13:35
yang paling sulit yg nomor 3 sih untuk kaum rebahan 🤣🤣
0 0
0
Pingin Kurus di 2020? Coba Ini!
05-01-2020 20:26
menarik untuk di coba nih..
kebetulan ane sendiri jarang sarapan..
sarapan seringe diatas jam 11
nah yang belum bisa tu minum arput banyak
soalnya nih kalau kebanyakan minum arput bawaane malah eneg emoticon-Cape d...
0 0
0
Pingin Kurus di 2020? Coba Ini!
05-01-2020 20:57
Quote:Original Posted By siapika
menarik untuk di coba nih..
kebetulan ane sendiri jarang sarapan..
sarapan seringe diatas jam 11
nah yang belum bisa tu minum arput banyak
soalnya nih kalau kebanyakan minum arput bawaane malah eneg emoticon-Cape d...


Kalo di combine ama olahraha hasilnya cukup bagus loo, ya tergantung gizi dan genetik kita juga gan. Gizi bagus, genetik bagus, olahraga teratur, ya resultnya pasti memuaskan.

Kalo masalah minum, misal agan lari, normalnya bakal terpacu untuk minum. Jadi ya dari situ bisa mulai belajar banyak minum. Tapi saran ane, misal olahraga 30 menit, jangan minum lebih dari 800ml, kenapa?! Ya bkin kembung dan pingin pipis mulu emoticon-Wakaka

Pingin Kurus di 2020? Coba Ini!

Pingin Kurus di 2020? Coba Ini!
Diubah oleh caesarpratama
profile-picture
siapika memberi reputasi
1 0
1
Pingin Kurus di 2020? Coba Ini!
06-01-2020 13:17
olah raga yang paling penting buat nurunin berat badan , olah raga juga perlu diimbangi dengan pola makan yang sehat agar hasil maksimal
keren
profile-picture
caesarpratama memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Pingin Kurus di 2020? Coba Ini!
Lapor Hansip
07-01-2020 11:19
Balasan post marikemana
betul gan.. seharusnya poin dari diet itu sendiri adalah mengurangi porsi makannya sih biar ga jadi lemes seharian malah mengurangi produktifitas kita, ya ngga?
0 0
0
Pingin Kurus di 2020? Coba Ini!
Lapor Hansip
07-01-2020 11:20
Balasan post Sianasena12
perbanyak konsumsi makanan berserat, diimbangi dengan olahraga yang teratur dan mengatur pola makan sudah cukup kok gan hehehe
0 0
0
Pingin Kurus di 2020? Coba Ini!
07-01-2020 15:21
puasa aja kalo pengen cepet kurus, defisit kalori juga, ejed
0 0
0
Pingin Kurus di 2020? Coba Ini!
07-01-2020 23:02
Pingin Kurus di 2020? Coba Ini!
0 0
0
Pingin Kurus di 2020? Coba Ini!
08-01-2020 06:35
Quote:Original Posted By papapierlo
betul gan.. seharusnya poin dari diet itu sendiri adalah mengurangi porsi makannya sih biar ga jadi lemes seharian malah mengurangi produktifitas kita, ya ngga?


nah iya, karna kebanyakan org tuh cenderung salah mengartikan diet. Mgkn karna mereka emg udh napsu akan diet itu sndiri kali ya jdnya mereka gak mempelajari diet yg baik dan benar dan yg mana yg sesuai sm kondisi tubuh kita. Bahaya yg begini mah
0 0
0
Lihat 1 balasan
Pingin Kurus di 2020? Coba Ini!
Lapor Hansip
08-01-2020 12:04
Balasan post marikemana
sebaiknya emang dikonsultasikan secara langsung dengan ahli gizi gan, biar sekaligus bisa mengatur porsi diet yg bener2 pas dengan tubuh kita
0 0
0
Pingin Kurus di 2020? Coba Ini!
08-01-2020 16:57
Quote:Original Posted By papapierlo
sebaiknya emang dikonsultasikan secara langsung dengan ahli gizi gan, biar sekaligus bisa mengatur porsi diet yg bener2 pas dengan tubuh kita


klo ada duit berlebih bagus jg kek gini
0 0
0
Lihat 1 balasan
Pingin Kurus di 2020? Coba Ini!
08-01-2020 17:52
intermitted fasting ini lebih mirip ke ocd nya bang dedy corbuzier ya gan ?
Jadi makannya mulai jam 12 sampe berapa jam ke depan trus puasa lagi sampe jam 12 esok harinya emoticon-Bingung
0 0
0
Pingin Kurus di 2020? Coba Ini!
08-01-2020 19:52
Quote:Original Posted By caduceus22
intermitted fasting ini lebih mirip ke ocd nya bang dedy corbuzier ya gan ?
Jadi makannya mulai jam 12 sampe berapa jam ke depan trus puasa lagi sampe jam 12 esok harinya emoticon-Bingung


Bukan mirip sih... Tapi ocd itu adalah bagian dari intermitten fasting.

Misal seperti, hari senin adalah bagian dari satu minggu

Jadi dalam intermitten fasting itu, ada juga yg namanya warriors diet, ocd, dan lain-lain gan. Ya macem2 lagi lah namanya, tapi pada intinya adalah, mengatur jam makan, baik itu membatasi, atau mempersempit jam makan...

Yang memiliki tujuan bermacam macam, misal aja, meningkatkan HGH, atau membakar kalori
0 0
0
Pingin Kurus di 2020? Coba Ini!
08-01-2020 21:54
Quote:Original Posted By caesarpratama
Bukan mirip sih... Tapi ocd itu adalah bagian dari intermitten fasting.

Misal seperti, hari senin adalah bagian dari satu minggu

Jadi dalam intermitten fasting itu, ada juga yg namanya warriors diet, ocd, dan lain-lain gan. Ya macem2 lagi lah namanya, tapi pada intinya adalah, mengatur jam makan, baik itu membatasi, atau mempersempit jam makan...

Yang memiliki tujuan bermacam macam, misal aja, meningkatkan HGH, atau membakar kalori


Wow ternyata ada banyak istilah ya gan, ane baru tau hehe
Kayaknya ada juga ya gan intermitten fasting yang polanya sehari puasa sehari enggak, ada yang 48jam harus puasa ,habis itu enggak, itu termasuk yang mana gan? emoticon-Bingung
0 0
0
Pingin Kurus di 2020? Coba Ini!
09-01-2020 01:15
Quote:Original Posted By caduceus22
Wow ternyata ada banyak istilah ya gan, ane baru tau hehe
Kayaknya ada juga ya gan intermitten fasting yang polanya sehari puasa sehari enggak, ada yang 48jam harus puasa ,habis itu enggak, itu termasuk yang mana gan? emoticon-Bingung


Di Ocd ada yg semacam itu. Sejam doang jam makannya. Tapi itu pun dilakukan 1 atau 2x seminggu. Buat ngeboost HGH.
Kalo yg sampe 48 jam, atau 2 hari gk makan, ane sendiri kayaknya pernah baca masalah itu, cuma rada lupa. Dan yg jelas ane gk mau nerapin hal itu. 2 hari gk makan bro, apa gak bahaya? Apa pas sekali punya kesempatan makan, bisa memenuhi kebutuhan gizi harian?
Kalo mau coba OCD, bagus kok, lebih detail penjelasan di bukunya. Mau pake atau pun gak pakai puasa 24 jam-nya, gk jadi masalah, itu cuma untuk ngeboost HGH.
0 0
0
Pingin Kurus di 2020? Coba Ini!
09-01-2020 06:57
Quote:Original Posted By caesarpratama
Di Ocd ada yg semacam itu. Sejam doang jam makannya. Tapi itu pun dilakukan 1 atau 2x seminggu. Buat ngeboost HGH.
Kalo yg sampe 48 jam, atau 2 hari gk makan, ane sendiri kayaknya pernah baca masalah itu, cuma rada lupa. Dan yg jelas ane gk mau nerapin hal itu. 2 hari gk makan bro, apa gak bahaya? Apa pas sekali punya kesempatan makan, bisa memenuhi kebutuhan gizi harian?
Kalo mau coba OCD, bagus kok, lebih detail penjelasan di bukunya. Mau pake atau pun gak pakai puasa 24 jam-nya, gk jadi masalah, itu cuma untuk ngeboost HGH.


Wah nice gan, ane jadi banyak tau nih macem ginian emoticon-Jempol
selama ini ane pun masih bertanya2 diet apa yang tepat dan ga nyiksa gitu, sekarang ane jadi bisa milih, dan yang pasti juga harus diimbangi olahraga ya gan
0 0
0
Pingin Kurus di 2020? Coba Ini!
Lapor Hansip
09-01-2020 12:37
Balasan post marikemana
ini kalo emang niat diet yang sehat lho yaaa hehehe, kalo mau yg lebih murah & hemat ya mending mengurangi makanan2 dan menjaga pola makan, istirahat cukup, dan olahraga tiap hari hehehe
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia