• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Kenalan Sama Motor Matic Honda 150cc Bermesin 4 Klep, Mesin Generasi PCX Baru

OdlevaAvatar border
TS
Odleva
Kenalan Sama Motor Matic Honda 150cc Bermesin 4 Klep, Mesin Generasi PCX Baru


Untuk mengejar ketinggalan dengan rivalnya, sepertinya Honda tidak ingin tinggal diam saja. Mereka beberapa waktu lalu merilis motor matic terbaru dengan mesin berteknologi 4 klep.

Mesin tersebut diterapkan di motor Honda SH150i dan SH125i generasi terbaru. Tapi sayang mesin ini terpantau belum menggunakan fitur variable valve timing yang disebut-sebut sebagai VTEC.



Honda SH150i model terbaru menggantikan generasi sebelumnya yang masih menggunakan mesin 2 klep, sekarang Honda telah menerapkan mesin SOHC 4 klep dengan tambahan teknologi eSP+ (Enhanced Smart Power).

Honda mengaku telah melakukan pengetesan terhadap mesin baru 156,9cc ini, Mereka mengklaim konsumsi bahan bakar perliter sanggup mencapai 43,5km/liter. Selain mendatangkan teknologi mesin 4 klep, Honda juga memberikan fitur Honda Selectable Torque Control (HSTC).
Di Eropa fitur diatas sangat berguna terutama ketika dalam kondisi jalanan bersalju untuk menjaga traksi pada ban belakang agar tidak selip. Jadi secara global produk skutik 150cc tidak hanya New NMAX tetapi Honda SH150i juga sudah ada.



Nah berkat mesin baru berteknologi 4 klep ini power mesin jadi meningkat sangat drastic bahkan sanggup kalahkan mesin NMAX. Menurut data mesin Honda SH150i dapat memproduksi power mencapai 11,9KW di 8500rpm sedangkan Yamaha NMAX model 2020 hanya 11,3KW pada 8000rpm.

Selain power meningkat, torsi yang dihasilkan juga naik drastis. Honda SH150i punya torsi sebesar 14,2Nm di 6500rpm dan Yamaha NMAX 2020 masih diangka 13,9Nm pada 6500rpm.

Dengan spec tersebut mesin ini telah lolos emisi Euro 5, artinya soal efisiensi gas buang makin membaik.



Diprediksi mesin yang diklaim menggunakan “Low-friction technologies” ini disinyalir akan menjadi basis mesin untuk semua skutik 150cc Honda dimasa depan, tidak menutup kemungkinan juga berlaku di mesin Honda PCX dan Vario 150.

Ukuran bore 60mm sedangkan stroke 55.5mm. Kemudian kompresi mesin cukup tinggi 12.0 : 1 dengan kapasitas oli mesin 1 liter.
Suspensi depan masih pakai model teleskopik dan shock belakang dua shock unit swingarm. Rem depan belakang cakram dan sudah didukung dengan teknologi ABS. Ukuran kaki-kaki cukup nyeleneh dengan ukuran ring 16 belakang serta spec 100/80-16 depan dan 120/80-16 belakang.


Referensi : iwanbanaran.com(26/12/2019).
isu152Avatar border
nona212Avatar border
tien212700Avatar border
tien212700 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
7K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread14.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.