Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
70
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5def2c2f8d9b17785c4868e6/mengenal-kode-booking-pada-tiket-pesawat
Sayang, saya tidak hendak mengulas masalah ini. Karena berpotensi terjadinya ghibah antar manusia. Saya hanya ingin membahas terkait kode booking yang biasanya ditemukan calon penumpang pesawat pada tiketnya.
Lapor Hansip
10-12-2019 12:25

Mengenal Kode Booking Pada Tiket Pesawat

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Mengenal Kode Booking Pada Tiket Pesawat
source:googleimage

Hadirnya pesawat terbang dalam dunia transportasi berhasil menyingkat jarak tempuh dan durasi dalam sebuah perjalanan. Saya ingat betul ketika harus pulang kampung dengan menggunakan armada bis dari Surabaya ke Medan. Perjalanannya ditempuh kurang lebih empat hari empat malam. Bandingkan dengan pesawat yang cuma sekitar 3,5 jam saja. Bayangkan, ada berapa waktu yang sukses dipangkas bila ingin menjenguk sanak saudara di tanah kelahiran. Belum lagi tubuh yang kian terbebas dari siksaan karena panjangnya perjalanan via darat. Minimal, jemari serta kaki tidak membengkak seperti orang yang terkena virus kaki gajah.

Membahas tentang pesawat terbang, tentu ingatan kita masih segar terkait skandal maskapai plat merah milik pemerintah, Garuda. Atas skandal (bukan sandal) yang diduga merugikan negara sebesar 1,5 Milyar, membuat sang Dirut harus dicopot dari jabatannya. Belum juga lepas dari kejadian tak patut mengenai penyelundupan moge Harley Davidson dan sepeda ber-merk Brompton, Dirut Garuda yang biasa di panggil Ari Askhara (bukan nama samaran) diisukan pula memiliki affair dengan seorang pramugari, sebut saja namanya Puteri. Benarkah dugaan isu tersebut? Siapakah Puteri?

Sayang, saya tidak hendak mengulas masalah ini. Karena berpotensi terjadinya ghibah antar manusia. Saya hanya ingin membahas terkait kode booking yang biasanya ditemukan calon penumpang pesawat pada tiketnya. Makna kata booking, adalah arti yang sebenar-benarnya. Bukan booking yang begituan. Sampai di sini paham ya? Booking. Jangan coba-coba mengganti huruf "i" dengan "o".


***
1. KODE SSSS
Mengenal Kode Booking Pada Tiket Pesawat
source:googleimage

Bagi penumpang yang biasa menggunakan alat transportasi pesawat pastinya familiar dengan istilah kartu boarding pass.Kartu ini diperoleh setelah calon penumpang selesai memesan tiket pesawatnya sesuai dengan tempat yang ingin dituju.

Jika di boarding pass kita terdapat kode berupa huruf "SSSS" pada pojok kanan bawah, sebaiknya kamu waspada. Hal ini karena kode SSSS pada boarding pass adalah singkatan dari Secondary Security Screening Selection (SSSS) yang berarti kamu harus siap menerima pemeriksaan keamanan tambahan yang lebih ketat.

Hal ini dikhawatirkan tas atau bawaan kamu membawa benda berbahaya. Semisal rudal yang dimiliki Om Kim Jong Un.

Dikutip dari dari CNTraveler, kode SSSS ini akan diberikan bagi mereka yang diduga sebagai teroris, penyelundup obat terlarang ataupun pengidap penyakit.

Biasanya kode SSSS pada boarding pass tersebut akan dijumpai pada penumpang yang akan terbang menuju Amerika Serikat. Oleh sebab itu, jangan heran jika proses administrasi menuju negeri paman Sam begitu ketat. Sebab mereka kuatir keamanan negerinya terusik.

Sebenarnya tidak ada kritera, aturan, atau ketentuan yang resmi terkait siapa saja yang berpotensi menerima kode SSSS pada boarding pass mereka. Namun, biasanya petugas akan memantau gerak-gerik dari calon penumpang yang terlihat mencurigakan. Meskipun tidak tertera sandi SSSS pada kode tiketnya.

Apakah kamu pernah mendapatkan kode booking yang berkode khusus tersebut saat hendak terbang menggunakan armada burung besi?


2. KODE B, H, M, Y
Mengenal Kode Booking Pada Tiket Pesawat
source:googleimage

Selain kode keras dengan sandi SSSS, kode lain yang bisa ditemukan pada tiket pesawat adalah kode B, H, M, Y. Kode ini maksudnya adalah boarding passpesawat yang menunjukkan penumpang tersebut ada di kelas paling dasar.

Meminjam istilah bis Mira jurusan Surabaya-Jogja yang supirnya terkenal memiliki nyawa rangkap tujuh, maka mereka adalah penumpang dengan kategori kelas AC Ekonomi. Mendapatkan fasilitas AC, tapi kelas ekonomi. Meski kelas ekonomi, tapi ada AC-nya. Begitu.

Perhatikan, kenapa urutan kodenya diawali dengan huruf B? Lalu setelah B diikuti dengan H? Jika digabungkan kedua huruf ini menjadi BH? Tulis komentar anda jika pernah mempelajari ilmu warisan dari Shigeo Tokuda.



3. KODE Q, K, L, N, M, S, T, U, V, W dan X

Kode selanjutnya adalah Q, K, L, N, M, S, T, U, V, W dan X. Perlu diingat, ini bukan pelajaran Matematika dimana kita harus mencari nilai dari sebuah X. Mari kita bedah makna kode yang diwakili pada beberapa huruf di atas.

Kode Q, artinya penumpang juga berada dalam kelas ekonomi. Namun perbedaannya, kode ini biasanya adalah penumpang yang mendapatkan potongan harga.

Huruf Q merupakan satu level di bawah B, H, M, dan Y. Lalu bagaimana dengan kode K, L, N, M, S, T, U V, W, dan X? Karena tidak ada penjelasan dari artikel yang saya kutip, maka izinkan saya berasumsi bahwa ia memiliki nilai sama dengan Q. Semoga menjadi maklum adanya.


4. KODE J, C, I dan D

Bila menemukan kode huruf di boarding pass tertulis huruf J, C, I dan D, itu artinya kamu masuk dalam pelayanan kelas bisnis. Otomatis akan ada berbagai fasilitas yang tidak ditemukan pada kelas AC Ekonomi. Minimal, kursi tempat duduk berukuran lebih lebar dan empuk. Seperti kursi anggota dewan di Senayan.


5. KODE E

Huruf E menunjukkan kamu berada di kelas ekonomi premium. Meski disebut ekonomi, akan tetapi ekonomi yang dimaksud setingkat di atas ekonomi. Kira-kira begitu.


6. KODE A
Mengenal Kode Booking Pada Tiket Pesawat
source:googleimage

Dan yang terakhir kode huruf A menunjukkan bahwa kamu adalah penumpang kelas pertama. Selain A, F dan P juga merupakan huruf untuk penumpang dengan pelayanan istimewa. Jika telah istimewa, maka fasilitas juga mengikuti dan membuat anda layaknya Sultan. Satu tingkat dari anggota dewan di Senayan.

Demikian berbagai arti kode yang biasanya tertera pada tiket pesawat. Berita baiknya, meski beda strata, antara kelas ekonomi dengan premium, bisnis maupun kelas eksekutif, namun pilot tetap menjamin seluruh penumpang akan sampai ke tujuan dengan durasi yang sama. Dengan syarat semua penumpang yang berbeda kelas tersebut berada pada pesawat yang sama pula.


©Skydavee 2019
Referensi Data
Diubah oleh skydavee
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rrraaaa dan 10 lainnya memberi reputasi
11
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Mengenal Kode Booking Pada Tiket Pesawat
11-12-2019 17:35
Quote:Original Posted By anakjahanam721
Gagal fokus sama namanya. emoticon-Cool


Brengsekay, baru nyadar ane emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manbrotheking dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Mengenal Kode Booking Pada Tiket Pesawat
11-12-2019 21:33
Quote:Original Posted By evywahyuni
Nah, makanya sampai subs this thread biar bisa baca kata per kalimatnya kalok ada waktu senggang. Biar bisa lebih tau tentang makna di balik kode itu, soalnya ut urusan kode2an, neng tipe orangnya masa bodo amat sih, bangemoticon-Peace

Baiklah. If u have time, sila membaca dan pelajari dgn saksama. Krn sebagaimana kode² ini, kehidupan pun sebenarnya tak pernah lepas dari sebuah kodeemoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By lurika
Baru tahu aku.. makasih yah sudah berbagj info

Sama². Semoga menambah pengetahuan kita ttg makna dari sebuah kodeemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
evywahyuni dan lurika memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Mengenal Kode Booking Pada Tiket Pesawat
11-12-2019 20:44
Quote:Original Posted By ogeng98
Ada yg bilang kelas bisnis sampe duluan, lebih cepat dr yg ekonomi. Ke amrik aja cuma 8 jam

Jika pesawatnya terdiri dari dua kelas, bisnis dan ekonomi, percayalah para penumpang sampainya sama ke tujuan. Mgkn beda sekian detik bagi penumpang yg tepat dibawah roda belakang pesawatemoticon-Leh Uga
Quote:Original Posted By pleguk
Cara naik pesawat terbang gimana ganbre, mulai dari mau beli tiket sampe masuk pesawat? Serius ane gak pernah emoticon-Big Grin

Serius neh? Baiklah. Pertama pesan tiket. Nanti dapat boarding pass. Lalu tunjukkan ke petugas di pintu jaga pertama. Nanti masuk ruangan tempat badan dan barang bawaan diperiksa. Selesai, silakan menuju pintu atau gate dimana pesawat kita parkir. Kl dah ketemu, naiklah ke pesawat yg sesuai, dan akan ketemu pramugari/a dan carilah nomor bangku sprti yg ada di tiket. Duduk dan tunggu instruksi selanjutnya. Have a nice flightemoticon-Shakehand2
Quote:Original Posted By yuswijaya
kalau ku kumpulin boarding pasku selama setahu kaya bisa se tas

Kumpulin aja gan. Buat kenang²anemoticon-Peace
Quote:Original Posted By ninja110rr
kaya pernah liat tuh nama di tiket

Siapa hayooooemoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By spidcom_2000
Thread yang lumayan informatif lah, selama ane naik pesawat kode yang aneh aneh begitu belum ane temukan. Apa karena ane termasuk penumpang kelas ekonomi yang biasa saja jadi tidak perlu kode aneh aneh.

Tiap boarding pass ada kodenya gan. Mgkn selama ini kita aja yg gak perhatikan. Saya jg selalu naik kelas ekonomi. Krn itulah yg terjangkau dgn isi dompetemoticon-Peace
Quote:Original Posted By perisalka
Ohh begitu toh, btw ts nya rada gacor emoticon-Wakaka

Ah masa seh?emoticon-Leh Uga
Quote:Original Posted By evywahyuni
Waah, baru tau kalo tiket itu penuh dengan kode-kodeanemoticon-Peace
Saking pentingnya info di trit enih, ane sampai subscribe nih trit, biar bisa dibaca sampai hapal dah kode2nyaemoticon-Cendol Gan

Duh si eneng. Satire nya lembut sekaleeeemoticon-Leh Uga
Quote:Original Posted By cryingbrutal
Gue gak pernah naek pesawat emoticon-Mewek

Serius? Sesekali silakan di coba. Wish u have a nice flight ya ganemoticon-Shakehand2
Quote:Original Posted By suryaa666
Waah begono toh gan. sayangnya belom pernah naek pesawat wkwkw

Idem yach?
Quote:Original Posted By mr.croovooc
ratna sarumpaet emoticon-Matabelo

Siapa itu?emoticon-Confused
Quote:Original Posted By abk3304157
gak pernah naik peswat jadi kurang tau emoticon-Hammer (S)

Sesekali cobain ya gan. Wish u have nice flightemoticon-Shakehand2
Diubah oleh skydavee
profile-picture
profile-picture
pleguk dan evywahyuni memberi reputasi
2 0
2
Mengenal Kode Booking Pada Tiket Pesawat
11-12-2019 19:05
Quote:Original Posted By manbrotheking
Oh..selingkuhan yg nyelundupin harley kemarin ya bre?


Hahahaha... ane gak berani komen dah.
Takut viralemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
skydavee dan manbrotheking memberi reputasi
2 0
2
Mengenal Kode Booking Pada Tiket Pesawat
11-12-2019 19:04
Quote:Original Posted By anakjahanam721
Ratna sarumpaetemoticon-Nohope
Aneh aja dipublikasikan


Oh..selingkuhan yg nyelundupin harley kemarin ya bre?
profile-picture
profile-picture
skydavee dan anakjahanam721 memberi reputasi
2 0
2
Mengenal Kode Booking Pada Tiket Pesawat
11-12-2019 18:35
Quote:Original Posted By anakjahanam721
Gagal fokus sama namanya. emoticon-Cool


Quote:Original Posted By kerupuklatos
Brengsekay, baru nyadar ane emoticon-Ngakak


Itu siapa ya bre yg namanya di marking merah?
profile-picture
profile-picture
anakjahanam721 dan skydavee memberi reputasi
2 0
2
Mengenal Kode Booking Pada Tiket Pesawat
11-12-2019 17:38
Quote:Original Posted By manbrotheking
Mungkin maksudnya pesawat terbang bisa diselundupin di dalam motor harley

Oohh. Iya. Jd itu pesawat emang diselundupkan ke dalam tangki harleyemoticon-Leh Uga
Quote:Original Posted By kerupuklatos
Brengsekay, baru nyadar ane emoticon-Ngakak

emoticon-Peace
profile-picture
profile-picture
manbrotheking dan anakjahanam721 memberi reputasi
2 0
2
Mengenal Kode Booking Pada Tiket Pesawat
11-12-2019 17:23
Quote:Mengenal Kode Booking Pada Tiket Pesawat


Gagal fokus sama namanya. emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
manbrotheking dan skydavee memberi reputasi
2 0
2
Mengenal Kode Booking Pada Tiket Pesawat
11-12-2019 08:57
Quote:Original Posted By skydavee


Wah selamat. Berarti kode ini ada benarnya ya gan?emoticon-Shakehand2

Saya naik dpt fasilitas lbh kl pesawat lg delayemoticon-Leh Uga


apaam ane delay ampe 2 jam cuman dikasih kue, bar fit sama aqua emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
surya.hr dan skydavee memberi reputasi
2 0
2
Mengenal Kode Booking Pada Tiket Pesawat
17-12-2019 09:44
ah pusing ane, tauk dah wkwk
profile-picture
skydavee memberi reputasi
1 0
1
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia