News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
70
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5de9d5f08012ae67e23f61ce/ngeri-pak-jokowi-pabrik-pupuk-ri-terancam-setop-operasi
Anggota Komisi VII DPR RI kesulitan menyembunyikan ekspresi wajah mereka usai mendengar paparan dari Direktur PT Pupuk Indonesia Holding Company Aas Asikin Indat, kemarin.
Lapor Hansip
06-12-2019 11:15

Ngeri Pak Jokowi, Pabrik Pupuk RI Terancam Setop Operasi!

Past Hot Thread
Ngeri Pak Jokowi, Pabrik Pupuk RI Terancam Setop Operasi!


Jakarta, CNBC Indonesia- Anggota Komisi VII DPR RI kesulitan menyembunyikan ekspresi wajah mereka usai mendengar paparan dari Direktur PT Pupuk Indonesia Holding Company Aas Asikin Indat, kemarin.

Salah satu anggota, yakni Kardaya Warnika, bahkan sampai menyebut kondisi industri pupuk mengerikan usai mendengarkan paparan Asikin. Ini tak lain karena beberapa pabrik pupuk terancam setop operasi akibat kekurangan pasokan gas.

"Melihat supply dan demand, bukannya ngeri. Tapi ini ngeri sekali!" ujar Kardaya, dalam Rapat Dengar Pendapat bersama PT Pupuk Indonesia dan pemangku kepentingan sektor ESDM yang bertanggung jawab memastikan pasokan, yakni Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Migas (SKK Migas), BPH Migas, dan Kementerian ESDM sendiri, kemarin.


Di hadapan para anggota dewan, Dirut PT Pupuk menjelaskan Banyak kontrak gas yang akan berakhir dalam dua tiga tahun mendatang, dan belum ada kepastian perpanjangan bagi pabrik-pabrik pupuk.

"Industri pupuk memerlukan pasokan gas yang jangka panjang, sementara ini 2-3 tahun kami harapkan bisa jangka panjang. Mayoritas gas berakhir di 2021-2022, dan banyak yang belum ada kepastian gasnya termasuk alokasinya belum kami terima," ujar Asikin, saat rapat dengar pendapat bersama pemangku kepentingan di gedung dewan. Kamis (05/12/2019).

Selain soal kepastian pasokan gas, harga gas untuk pupuk juga dinilai masih terlalu tinggi. Padahal, gas bumi adalah bahan baku utama untuk produksi pupuk urea dengan komposisi kurang lebih 70% dari total biaya produksi.

"Jadi gas dalam biaya produksi itu menempati 70% sehingga harga gas ini sangat berpengaruh pada harga pokok dari pupuk sendiri," kata Asikin.

Ia menjabarkan dan memberi contoh, harga rata-rata gas yang dikenakan untuk pupuk dalam negeri ada di kisaran US$ 5,8/MMBTU. Sementara, harga pesaing bisa di rata-rata US$ 3,95 per MMBTU.

Asikin juga menceritakan salah satu contoh di Pupuk Iskandar Muda di mana terdapat dua pabrik dengan kebutuhan gas sampai 110 MMSCFD, tetapi baru punya alokasi kepastian gas 30 MMSCFD. "Jadi kurang 80 MMSCFC, sehingga dari dua pabrik baru bisa jalan kurang lebih 1 pabrik."

Meskipun sudah coba diakali dengan meneken perjanjian jual beli gas dengan Pertamina, namun perjanjian tersebut belum juga efektif. "Jika tidak dijalankan maka mulai 2020 dua pabrik di Iskandar Muda ini tidak bisa jalan."

Sementara untuk Pusri Palembang, pasokan gas tidak ada masalah sampai 2023. Tapi alokasi untuk 2024 belum terjamin dan diperkirakan akan kurang. "Gasnya belum ada, mungkin 2024 kalau ini tidak dipenuhi pabrik di Palembang semua akan berhenti."

sumur


https://www.cnbcindonesia.com/news/2...-setop-operasi


profile-picture
profile-picture
profile-picture
onee643 dan 13 lainnya memberi reputasi
4
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 4
Ngeri Pak Jokowi, Pabrik Pupuk RI Terancam Setop Operasi!
06-12-2019 19:56
Quote:Original Posted By P.F.
Buat proses Pupuk Urea pabrik itu butuh karbon dioksida (CO2) dan Ammonia (NH3) gan. Setau ane buat dapetin kedua unsur kimia tsb butuh bahan baku dari gas alam, udara dan air.

Gas alam yg awalnya kotor dan banyak kandungan airnya bakal di proses sampe dapet CO2 nya buat jadi bahan baku utama dan nantinya CO2 tsb bakal diproses lagi jadi Ammonia.

Setau ane sih kaya gitu, kenapa gas alam dipake buat proses pupuk urea


Wkwk.. meski gas lg melimpah global supplyny, y bs dr gorgon PNG..amrik jg ekspor shale ny. cm y hasil regas dr arun kan bersih gas ny krn dr LNG.
g susah ko sumber N, udara bebas aj udh 73% N2 gan..
Yg susah tuh krn pabrik pupuk mengolah co2 alias impuritiesny, wkwkkw

W penasaran dlu itung2an pabrikny kaya ap, proyeksi supply ma cost terminate n bongkar pabrikny gmn, dr case ini w malah kepikir.. bisa ndak y pabrik pupuk tuh mobile? jd tiap nemu sumur gas yg co2-an tggl nemplok trus produksi,mnurut w it lebih ekonomis scr longterm ny.
Bingung y..
Skrg w mw liat lg berita yg ada, judul serem bikin pikiran kemana2, orang awam akan nangkep pabrik pupuk tuh ky pabrik2 kebanyakan, padahal supply pabrik pupuk ky w bilang diatas, unik. Mw bikin pabrik pupuk tu hitungn kudu cermat krn y supply ny td itu, kudu bs dijamin dgn umur pabrik sekian tahun supply co2 bakal ada terus slma sekian tahun tsb, trus sekian tahun itu bs masuk g balik modal ma pengembaliannya? Makany w blng diatas ketika mw nambah train kudu nyambung sm proyeksi supplyny. Sayang infony g tllu dalam si train2 td itu udh lewat ROI ny atw belum? Orng bs aj koar2 gaduh krng supply tp sbenerny hitungan ROI ny udh masuk.
Diubah oleh flyingfire
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Ngeri Pak Jokowi, Pabrik Pupuk RI Terancam Setop Operasi!
06-12-2019 19:18
Bukannya ada rencana stop gas ke singapura ya? Tahun 2020 apa 2021 gitu
0 0
0
Ngeri Pak Jokowi, Pabrik Pupuk RI Terancam Setop Operasi!
06-12-2019 19:17
Quote:Original Posted By uliemoetz
gasnya itu buat apa gan?kalau buat boilernya bisa pake batu bara yg jauh lbh murah tp kurang ramah lingkungan,,ada palm shell atau cangkang yg harganya di atas batu bara tapi jauh di bawah gas n ramah lingkungan..
Klo emang gas emang bahan yg ga bisa diganti yah agak susah sih


Buat proses Pupuk Urea pabrik itu butuh karbon dioksida (CO2) dan Ammonia (NH3) gan. Setau ane buat dapetin kedua unsur kimia tsb butuh bahan baku dari gas alam, udara dan air.

Gas alam yg awalnya kotor dan banyak kandungan airnya bakal di proses sampe dapet CO2 nya buat jadi bahan baku utama dan nantinya CO2 tsb bakal diproses lagi jadi Ammonia.

Setau ane sih kaya gitu, kenapa gas alam dipake buat proses pupuk urea
profile-picture
samradler memberi reputasi
1 0
1
Ngeri Pak Jokowi, Pabrik Pupuk RI Terancam Setop Operasi!
06-12-2019 19:08
Quote:Original Posted By ZenMan1
Anggota Komisi VII DPR RI kesulitan menyembunyikan ekspresi wajah mereka usai mendengar paparan dari Direktur PT Pupuk Indonesia Holding Company Aas Asikin Indat, kemarin.

Ia menjabarkan dan memberi contoh, harga rata-rata gas yang dikenakan untuk pupuk dalam negeri ada di kisaran US$ 5,8/MMBTU. Sementara, harga pesaing bisa di rata-rata US$ 3,95 per MMBTU.

emoticon-Ngakak
Ini gimana sih maksudny? Beli sendiri malah lebih mahal

Itu anggota dewan pusing paling ilang proyek
0 0
0
Ngeri Pak Jokowi, Pabrik Pupuk RI Terancam Setop Operasi!
06-12-2019 18:09
mo pake nuklir ajah? emoticon-Wakaka
0 0
0
Ngeri Pak Jokowi, Pabrik Pupuk RI Terancam Setop Operasi!
06-12-2019 17:57
Gas bukannya bnyk di indo?
emoticon-Bingung
0 0
0
Ngeri Pak Jokowi, Pabrik Pupuk RI Terancam Setop Operasi!
06-12-2019 17:37
bukannya udah ga ada lagi pemilu? kok antek2nya masih bekerja sih?
0 0
0
Ngeri Pak Jokowi, Pabrik Pupuk RI Terancam Setop Operasi!
06-12-2019 17:32
Menggelikan menjalankan bisnis monopoli tapi bangkrut emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
Gailham memberi reputasi
1 0
1
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Ngeri Pak Jokowi, Pabrik Pupuk RI Terancam Setop Operasi!
06-12-2019 17:25
Quote:Original Posted By petani.syusyu
pt. pupuk iskandar muda udah tau gas udah habis tapi nekat bangun pabrik 2 lagi,dulu ada investor cina mau masuk pake teknologi batu bara ditolak,ahhahaha, bekas pt arun sekarang cuma terminal pemasok gas buat medan, pabrik disebelah malah ga kebagian gasemoticon-Shutup


Jir baru aja mau post ginian
Untung scroll dlu keatas
0 0
0
Ngeri Pak Jokowi, Pabrik Pupuk RI Terancam Setop Operasi!
06-12-2019 17:12
ternyata gede banget proporsinya 70 persen, apalagi saingan murah emoticon-Frown
0 0
0
Ngeri Pak Jokowi, Pabrik Pupuk RI Terancam Setop Operasi!
06-12-2019 17:07
coba beralih ke pupuk kompos pak, gak perlu gas kok mbikinnya. hehe
0 0
0
Ngeri Pak Jokowi, Pabrik Pupuk RI Terancam Setop Operasi!
06-12-2019 16:53
Quote:Original Posted By uliemoetz
gasnya itu buat apa gan?kalau buat boilernya bisa pake batu bara yg jauh lbh murah tp kurang ramah lingkungan,,ada palm shell atau cangkang yg harganya di atas batu bara tapi jauh di bawah gas n ramah lingkungan..
Klo emang gas emang bahan yg ga bisa diganti yah agak susah sih


Gas buat bahan baku gan
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Ngeri Pak Jokowi, Pabrik Pupuk RI Terancam Setop Operasi!
06-12-2019 16:49
Kalo gabisa jadi presiden ko maksa. Lebih baik mundur lah
Diubah oleh fadilah2904
profile-picture
pemburu.kobokan memberi reputasi
1 0
1
Ngeri Pak Jokowi, Pabrik Pupuk RI Terancam Setop Operasi!
06-12-2019 16:45
dari rencana pindah ke sulawesi sampai sekarang batal
wacananya bakal pindah ke cepu

pegawainya sejahtera tidak untuk pabriknya

emoticon-Ngakak
0 0
0
Ngeri Pak Jokowi, Pabrik Pupuk RI Terancam Setop Operasi!
06-12-2019 16:36
Jangan sampai itu terjadi.
0 0
0
Ngeri Pak Jokowi, Pabrik Pupuk RI Terancam Setop Operasi!
06-12-2019 16:32
gas dri septiktank karyawan apa tdk bisa d buat utk bhn baku pupuk ya paman ?
0 0
0
Ngeri Pak Jokowi, Pabrik Pupuk RI Terancam Setop Operasi!
06-12-2019 16:31
Sejak PGN dilebur dengan Pertagas aroma monopoli tambah menyeruak
profile-picture
samradler memberi reputasi
1 0
1
Ngeri Pak Jokowi, Pabrik Pupuk RI Terancam Setop Operasi!
06-12-2019 16:16
pan tanah indonesia tanah subur
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Halaman 2 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia