Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rizuki77Avatar border
TS
rizuki77
Milenial Melek Wisata "Geopark"

Sumber:https://travelspromo.com/htm-wisata/geopark-ciletuh-sukabumi/

Wisata Geopark akhir-akhir ini menjadi destinasi wisata yang populer dan menarik untuk dikunjungi.Selain karena tempatnya yang indah dan merupakan wisata alam, tetapi juga digunakan untuk sebagai objek memburu photo dan juga untuk diupload di sosmed dengan latar belakang alam yang indah dan menakjubkan.Di Indonesia ada banyak sekali objek wisata geopark yang indah dan mengagumkan yang telah diakui secara internasional dan menjadi wisata geopark dunia.

Milineal harus melek dengan wisata geopark yang ada di Indonesia.Indonesia memiliki alam yang sangat menajubkan, kita harus bangga dengan negara kita tidak hanya alamnya tetapi juga keberagaman budayanya sehingga menjadi daya tarik tersendiri oleh bangsa lain untuk mengenal  betapa uniknya negara Indonesia.Wisata geopark di indonesia mesti harus diperhatikan tidak hanya menjadi pr pemerintah untuk menata dan mengelola tetapi juga menjadi pr kita bersama untuk selalu menjaga alam indonesia serta melestarikannya.

Apa maksud dari wisata Geopark itu sendiri?Geopark berasal dari kata Geo dan Park yang artinya bumi dan taman, jika maksud katanya ialah taman bumi.Kenapa disebut dengan kata Geopark atau taman bumi? karena merupakan kenampakan alam yang terbentuk secara alami dan memerlukan proses waktu yang lama sehingga akhirnya membentuk kenampakan alam yang sangat indah dan menakjubkan secara geologi dan geografi.

Dalam penetapan Geopark sendiri, menurut menteri pariwisata Arif yahya ada lima kategori penilaian.Geologi dan bentang alam meliputi kawasan 5%, geokonservasi 20%, serta warisan geologi dan budaya 10%.Struktur kepengurusan 25%, penafsiran dan pendidikan lingkungan 15%, geowisata 15%, pembangunan ekonomi regional yang berkelanjutan 10%.Pemerintah sudah mendorong upaya kerjasama dengan unesco dan beberapa negara dalam pengembangan wisata geopark di Indonesia.Ini menjadi potensi wisata unggulan di indonesia agar dapat mendorong sektor industri pariwisata dan juga meningkatkan perekonomian Indonesia khususnya wisata.

Berikut daftar Geopark yang ada di Indonesia yang telah mendapatkan pengakuan unesco dan internasional.

1.Silokek Sijunjung


Sumber:https://posmetropadang.co.id/pesona-silokek-tempat-wisata-terlengkap-di-sijunjung/

Silokek baru-baru ini resmi menjadi geopark nasional dan telah diakui oleh unesco.Keindahan bentang alam berupa perbukitan dan tebing tinggi yang curam serta adanya pasir putih di sekitar tepian sungai seperti berada di pantai.Banyak aktivitas menarik yang dapat dilakukan di Silokek yaitu panjat tebing, arum jeram, hiking dan kunjungan lapangan untuk penelitian serta edukasi.

2.Ngarai Sianok


Sumber:https://hariansinggalang.co.id/pulang-basamo-ini-destinasi-wisata-yang-bisa-dikunjungi/

Ngarai Sianok yang diapit oleh dua gunung yaitu gunung marapi dan gunung singgalang dan ditengahnya terdapat kota bukittinggi.Bentang alam yang indah yang dikelilingi oleh perbukitan dan pegunungan.Selain itu terdapat berbagai objek wisata yang menarik diantaranya jam gadang, lobang jepang, tembok besar atau janjang saribu.

3.Danau Maninjau


Sumber:https://www.pegipegi.com/travel/legenda-cinta-yang-tragis-di-danau-maninjau-sumbar/

Danau Maninjau menjadi objek wisata unggulan bila berkunjung ke Sumatera Barat.Birunya air danau serta dikelilingi oleh bukit barisan menjadi daya tarik tersendiri bila berkunjung ke Geopark Maninjau.

4.Kepulauan Natuna


Sumber:https://www.pegipegi.com/travel/kepulauan-natuna-mutiara-di-ujung-laut-yang-diperebutkan/

Kepulauan Natuna terletak di kepulauan riau  dan menjadi sengketa yang sangat rawan diperbatasan indonesia dengan laut cina selatan dan juga malaysia.Selain terletak diwilayah terluar,terdepan,perbatasan akan tetapi kepulauan Natuna mempunyai bentang alam yang indah, lanskap alam yang terdiri atas gugusan pulau dan perbukitan.

 5.Geopark Nasional Ciletuh palabuhanratu Jawa Barat


Sumber:https://www.idntimes.com/travel/destination/reza-iqbal/6-geopark-indonesia-diakui-unesco-1/full

Taman Nasional ciletuh terletak di kabupaten Sukabumi jawabarat.Pemerintah resmi menetapkan wisata ciletuh menjadi geopark nasional dan telah diakui oleh UNESCO.

6.Geopark Pongkor


Sumber:https://economy.okezone.com/read/2018/12/01/320/1985435/dukung-ekonomi-daerah-geopark-pongkor-jadi-wisata-baru-di-bogor

 

Daerah Pongkor merupakan bekas daerah tambang bawah tanah yang sekarang dijadikan objek wisata dan edukasi.Selain itu bentang alam pongkor sangat indah dan menakjubkan sehingga kementrian pariwisata menjadikan pongkor list geopark nasional indonesia.

0
1.1K
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Citizen Journalism
Citizen JournalismKASKUS Official
12.6KThread3.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.