Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
91
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5de3a7918012ae77b91026a7/trepanation-sebuah-metode-pengobatan-zaman-dulu-dengan-cara-mengebor-tengkorak
Berbicara tentang zaman dulu, ada sebuah praktik pengobatan cukup ekstrem yang dilakukan oleh bangsa Eropa pada abad pertengahan. Adalah trepanasi atau trepanation, sebuah metode untuk mengatasi sakit kepala dengan cara mengebor tengkorak.
Lapor Hansip
01-12-2019 18:44

Trepanation, Sebuah Metode Pengobatan Zaman Dulu dengan Cara Mengebor Tengkorak!

Past Hot Thread
Trepanation, Sebuah Metode Pengobatan Zaman Dulu dengan Cara Mengebor Tengkorak!


Selamat malam agan dan sista pembaca setia. Selamat datang di thread sederhana ane.emoticon-flower


emoticon-floweremoticon-floweremoticon-floweremoticon-floweremoticon-floweremoticon-floweremoticon-floweremoticon-floweremoticon-floweremoticon-floweremoticon-floweremoticon-floweremoticon-floweremoticon-flower



Berbicara tentang zaman dulu, ada sebuah praktik pengobatan cukup ekstrem yang dilakukan oleh bangsa Eropa pada abad pertengahan. Adalah trepanasi atau trepanation, sebuah metode untuk mengatasi sakit kepala dengan cara mengebor tengkorak. Pengeboran ini dilakukan tanpa bius dan menggunakan alat-alat yang cukup mengerikan. Wow, bisa dibayangkan nggak, gansis?


Meski terdengar mengerikan dan mungkin membuat mual, tetapi praktik pengobatan ini terbukti dapat menyembuhkan. Masyarakat yang telah menjalani trepanation bisa merasakan manfaatnya dan bertahan hidup lebih lama.

Gimana rasanya ya? Apa nggak sakit tuh?

Menurut sumber, trepanation sudah ada sejak sekitar tujuh ribu tahun lalu. Hal ini terbukti dengan ditemukannya banyak fosil tengkorak dengan lubang simetris yang diduga memang sudah berusia ribuan tahun.


Melihat perkembangan trepanation dari masa ke masa, ternyata alat yang digunakan untuk mengebor kepala berbeda-beda. Dulu orang-orang hanya menggunakan logam tajam, di jaman modern trepanation mulai menggunakan bor tangan sebagai alat.


Di bawah ini adalah penampakan alat trepanation.

Trepanation, Sebuah Metode Pengobatan Zaman Dulu dengan Cara Mengebor Tengkorak!


Cukup mengerikan ya, gansis, membayangkan bagaimana alat tersebut menancap di kepala kita!


Nah, sekarang yang menjadi pertanyaan, bagaimana alat-alat ini bekerja?


Untuk alat yang digunakan zaman dulu, mungkin pada mulanya mereka mengiris-iris kepala hingga mencapai bagian dalam di mana otak berada. Wah, ngilu ya, gansis. Apalagi zaman dulu belum ada obat bius. Kebayang nggak gimana sakitnya. emoticon-Matabelo


Untuk bor tangan di era modern, penggunaannya pun tak kalah mengerikan. Caranya, bor ditancapkan di kepala, dan sebelah tangan memegang pegangan bor, sebelahnya lagi memutar bor, yah mirip seperti mengebor kayu.


Menurut ane, ini bukannya menyembuhkan, tapi malah menambah rasa sakit jadinya! emoticon-Takut


Namun, gansis, semengerikan apapun prosesnya, pengobatan ini banyak juga diminati oleh masyarakat zaman dulu, dan sudah dilakukan secara turun temurun. Wah, kayaknya kalau jaman sekarang ada pengobatan dengan metode seperti itu, nggak bakal ada yang mau berobat. Meski memakai obat bius sekalipun, tapi membayangkannya saja sudah ngeri duluan.


Gimana, gansis? Berani mencoba metode ini untuk pengobatan? Kalau ane sih, cukup minum obat migrain! emoticon-Hammer2


Demikian yang bisa ane sampaikan dalam thread kali ini. Terima kasih sudah berkenan menyimak, dan jangan lupa tinggalkan jejak. Salam sayangemoticon-Kiss (S)


Terima 2C (Cendol dan Cinta)emoticon-Wowcantik

Penulis : Tikus Kecil
source & pict

profile-picture
profile-picture
profile-picture
bucinersbbb dan 24 lainnya memberi reputasi
25
Halaman 1 dari 5
Trepanation, Sebuah Metode Pengobatan Zaman Dulu dengan Cara Mengebor Tengkorak!
01-12-2019 18:44
Pertamax diamankan TS emoticon-Hansip
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hagi321 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Trepanation, Sebuah Metode Pengobatan Zaman Dulu dengan Cara Mengebor Tengkorak!
01-12-2019 18:45
Mengerikan ya, gansis emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
hagi321 dan SIMARODRA memberi reputasi
2 0
2
Trepanation, Sebuah Metode Pengobatan Zaman Dulu dengan Cara Mengebor Tengkorak!
01-12-2019 19:31
ngeri bangetsemoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hagi321 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Trepanation, Sebuah Metode Pengobatan Zaman Dulu dengan Cara Mengebor Tengkorak!
01-12-2019 19:38
Quote:Original Posted By YenieSue0101
Pertamax diamankan TS emoticon-Hansip


Waduh ngeri amat kakakkuh enih...tapi cukup buat bacaan malam akuh nih uakakakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cattleyaonly dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Trepanation, Sebuah Metode Pengobatan Zaman Dulu dengan Cara Mengebor Tengkorak!
01-12-2019 19:58
Quote:Quote:Original Posted By ceuhetty
ngeri bangetsemoticon-Takut


Quote:Original Posted By delia.adel
Waduh ngeri amat kakakkuh enih...tapi cukup buat bacaan malam akuh nih uakakakak




Terima kasih kunjungannya, semoga nggak tambah ngeri emoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
SIMARODRA dan ceuhetty memberi reputasi
2 0
2
Trepanation, Sebuah Metode Pengobatan Zaman Dulu dengan Cara Mengebor Tengkorak!
01-12-2019 20:16
Quote:Original Posted By YenieSue0101
Terima kasih kunjungannya, semoga nggak tambah ngeri emoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwk


Udah lumayan enggak sih:goyang
profile-picture
profile-picture
SIMARODRA dan YenieSue0101 memberi reputasi
2 0
2
Trepanation, Sebuah Metode Pengobatan Zaman Dulu dengan Cara Mengebor Tengkorak!
01-12-2019 20:19
Quote:Original Posted By ceuhetty
Udah lumayan enggak sihemoticon-Goyang


Syukurlah emoticon-Goyang
profile-picture
profile-picture
ceuhetty dan SIMARODRA memberi reputasi
2 0
2
Trepanation, Sebuah Metode Pengobatan Zaman Dulu dengan Cara Mengebor Tengkorak!
01-12-2019 20:43
profile-picture
profile-picture
SIMARODRA dan YenieSue0101 memberi reputasi
2 0
2
Trepanation, Sebuah Metode Pengobatan Zaman Dulu dengan Cara Mengebor Tengkorak!
01-12-2019 20:45
Quote:Original Posted By adhityayodha
Mgkn yg punya pikiran kotor bisa sembuh pake metode ini emoticon-Leh Uga


Coba agan duluan emoticon-sudahkuduga
profile-picture
SIMARODRA memberi reputasi
1 0
1
Trepanation, Sebuah Metode Pengobatan Zaman Dulu dengan Cara Mengebor Tengkorak!
01-12-2019 21:10
saya bersyukur kaga ada penyakit aneh2emoticon-Ngakak
Diubah oleh MrJeffBezos
profile-picture
profile-picture
SIMARODRA dan YenieSue0101 memberi reputasi
2 0
2
Trepanation, Sebuah Metode Pengobatan Zaman Dulu dengan Cara Mengebor Tengkorak!
01-12-2019 21:20
Quote:Original Posted By MrJeffBezos
saya bersyukur kaga ada penyakit aneh2emoticon-Ngakak


Salah ucap. Seharusnya : saya bersyukur hidup di zaman sekarang, jadi tidak merasakan ngerinya trepanation emoticon-Wkwkwk
profile-picture
SIMARODRA memberi reputasi
1 0
1
Trepanation, Sebuah Metode Pengobatan Zaman Dulu dengan Cara Mengebor Tengkorak!
01-12-2019 21:23
Di jaman modern ini, metode tsb masih dipake juga ya emoticon-Thinking
emoticon-Bata (S) bata collector emoticon-Bata (S)
profile-picture
bam09 memberi reputasi
0 1
-1
Trepanation, Sebuah Metode Pengobatan Zaman Dulu dengan Cara Mengebor Tengkorak!
01-12-2019 21:37
Quote:Original Posted By SIMARODRA
Di jaman modern ini, metode tsb masih dipake juga ya emoticon-Thinking
emoticon-Bata (S) bata collector emoticon-Bata (S)


Kayaknya enggak, om emoticon-sudahkuduga
0 0
0
Trepanation, Sebuah Metode Pengobatan Zaman Dulu dengan Cara Mengebor Tengkorak!
02-12-2019 01:24
Ngeriiiiiii, kebayang kek mana rasanya otak di borr😭
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
1 0
1
Trepanation, Sebuah Metode Pengobatan Zaman Dulu dengan Cara Mengebor Tengkorak!
02-12-2019 04:47
Baru ngebayangin aja udah biking ngilu kepala, orang zaman dulu emang greget ya emoticon-Takut (S)
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
1 0
1
Trepanation, Sebuah Metode Pengobatan Zaman Dulu dengan Cara Mengebor Tengkorak!
02-12-2019 05:38
Sebuah kondisi yang mengerikan dalam hal ini, maka semoga tidak ada lagi yang demikian. Mengobati dengan alamiah dan tetap menjaga kesehatan kita sehari-hari. Selanjutnya bisa mendapatkan kesehatan prima.
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
1 0
1
Trepanation, Sebuah Metode Pengobatan Zaman Dulu dengan Cara Mengebor Tengkorak!
02-12-2019 06:11
Quote:Original Posted By srirahayu14
Ngeriiiiiii, kebayang kek mana rasanya otak di borr😭

Jan dibayangkan sis emoticon-Takut

Quote:Original Posted By sssshhhh
Baru ngebayangin aja udah biking ngilu kepala, orang zaman dulu emang greget ya emoticon-Takut (S)

Tapi bagi mereka itu hal biasa gan emoticon-sudahkuduga

Quote:Original Posted By vixitev
Sebuah kondisi yang mengerikan dalam hal ini, maka semoga tidak ada lagi yang demikian. Mengobati dengan alamiah dan tetap menjaga kesehatan kita sehari-hari. Selanjutnya bisa mendapatkan kesehatan prima.

Bener gan. Itu memang sudah menjadi kebiasaan orang2 jaman dulu di mana peralatan medis masih minim
0 0
0
Trepanation, Sebuah Metode Pengobatan Zaman Dulu dengan Cara Mengebor Tengkorak!
02-12-2019 09:11
sembuh kagak modiyar ho'ohemoticon-Cape d...
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
1 0
1
Trepanation, Sebuah Metode Pengobatan Zaman Dulu dengan Cara Mengebor Tengkorak!
02-12-2019 09:18
sampe merinding ane bacanya
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
1 0
1
Trepanation, Sebuah Metode Pengobatan Zaman Dulu dengan Cara Mengebor Tengkorak!
02-12-2019 10:25
Quote:Original Posted By primawidhie
sembuh kagak modiyar ho'ohemoticon-Cape d...

Tapi kenyataannya banyak yang sembuh loh, gan emoticon-sudahkuduga

Quote:Original Posted By naql
sampe merinding ane bacanya


Auto kabur gak jadi berobat emoticon-Wkwkwk
0 0
0
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia