News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dd5786f4601cf2739671deb/kenapa-objek-diluar-bumi-bisa-masuk-dan-jatuh-ke-bumi
Disini saya cuman niat sharing aja, mungkin agan/sista mau sekedar membaca. SIlahkan simak tulisan saya. :1thumbup Gravitasi dapat dianggep sebagai efek samping dari sebuah materi, karena benda apapun yang bermassa menghasilkan medan gravitasi. Jika ada dua benda atau lebih, maka akan muncul gaya gravitasi diantara benda-benda tersebut, sehingga akan saling tarik menarik. Isaac Newton seorang ilmu
Lapor Hansip
21-11-2019 00:31

Kenapa Objek Diluar Bumi Bisa Masuk dan Jatuh ke Bumi?

Kenapa Objek Diluar Bumi Bisa Masuk dan Jatuh ke Bumi?

Disini saya cuman niat sharing aja, mungkin agan/sista mau sekedar membaca. SIlahkan simak tulisan saya.

emoticon-Jempol

Gravitasi dapat dianggep sebagai efek samping dari sebuah materi, karena benda apapun yang bermassa menghasilkan medan gravitasi. Jika ada dua benda atau lebih, maka akan muncul gaya gravitasi diantara benda-benda tersebut, sehingga akan saling tarik menarik.

Isaac Newtonseorang ilmuan yang mengemukakan teori gravitasi, pada tahun 1684. Newton menemukan bahwa "gaya gravitasi diantara setiap partikel alam berbanding lurus dengan massa mereka dan berbanding terbalik dengan jarak antar mereka. Oleh karena itu, F adalah gaya tarik antar dua benda, G adalah gaya gravitasi konstan, m1 adalah massa objek 1, m2 adalah massa objek 2, dan r adalah jarak antara objek.

Akibatnya, meskipun gaya gravitasi berkurangan, besarnya gaya tidak menjadi nol. Alam semesta itu sangat luas, tidak ada satu partikel di alam semesta yang bebas dari gaya gravitasi. Ini termasuk bumi saat mengelilingi matahari, serta meteor dan satelit.

Kenapa Objek Diluar Bumi Bisa Masuk dan Jatuh ke Bumi?

Istilah “gravitasi nol” diciptakan untuk menggambarkan keadaan yang dialami oleh seorang astronot yang berkerja diruang angkasa di orbit 300 meter (186 mil), jarak itu masih memiliki gaya gravitasi Bumi. Karena besarnya gaya berbanding terbalik dengan jarak yang memisahkan astronot dengan pusat planet, gaya gravitasi antara astronot dengan Bumi kira-kira 91 persen dari nilai yang akan dialami ketika berada dipermukaan Bumi. Akibatnya saat seorang astronot berada diorbit, dia mengalami penurunan bobot tubuhnya bukan karena tidak ada gravitasinya disana, tetapi karena dia mengorbit berada dalam keadaan konstan.

Kenapa Objek Diluar Bumi Bisa Masuk dan Jatuh ke Bumi?

Meteor hanyalah potongan-potongan kecil yang terbakar saat memasuki atmosfer Bumi dan dilihat dari mengamatan dari permukaan Bumi, meteor tersebut hanyalah seberkas cahaya yang sesaat. Benda-benda tersebut memiliki massa yang bervariasi. Ketika sebuah meteor yang memasuki atmosfer Bumi  dengan kecepatan 10-70 kilometer per detik, atau 20.000 sampai 150.000 mil per jam, yang akan membakar permukaan objek tersebut saat bergesekan dengan atmosfer. Atom dan molekul-molekul yang terbakar dari sebuah meteor akan menciptakan bola lampu yang bersinar terang dan kalian sebut itu bintang jatuh.


Sekian dari saya, jika ada yang ditanyakan silahkan tulis dibawah emoticon-Blue Guy Peace
Saya cuman berbagi apa yang saya pelajari, jika ada yang salah atau pun kurang, mari kita sama-sama berdiskusi.emoticon-Blue Guy Smile (S)


Diubah oleh trikunprayoga
profile-picture
profile-picture
Luthfi98 dan steguh39 memberi reputasi
2
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Kenapa Objek Diluar Bumi Bisa Masuk dan Jatuh ke Bumi?
22-11-2019 08:31
Nice thread ganemoticon-2 Jempol

Edit: Pertamaxemoticon-Cool
Diubah oleh steguh39
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia