Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
211
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dd35a60facb9502cb61b44e/ibu-histeris-terlilit-hutang-bank-emok-agan-sista-pernah-mengalami
Sering kita temui Ketika seseorang sedang mengalami kesulitan dalam hal finansial maka ia akan mencari berbagai cara untuk meminjam uang guna memenuhi kebutuhan hidupnya. Bisa dengan berhutang kepada saudara, teman, kerabat, bank, pinjaman online, atau rentenir.
Lapor Hansip
19-11-2019 09:58

Ibu Histeris Terlilit Hutang Bank Emok! Agan Sista Pernah Mengalami?

Past Hot Thread
Rentenir

Ibu Histeris Terlilit Hutang Bank Emok! Agan Sista Pernah Mengalami?


Pinjam meminjam atau hutang menghutang bukan lagi suatu hal yang aneh di lingkungan masyarakat Indonesia.

Sering kita temui Ketika seseorang sedang mengalami kesulitan dalam hal finansial maka ia akan mencari berbagai cara untuk meminjam uang guna memenuhi kebutuhan hidupnya. Bisa dengan berhutang kepada saudara, teman, kerabat, bank, pinjaman online, atau rentenir.

Quote:


Peristiwa yang baru-baru ini mencuat adalah tentang rentenir berkedok bank keliling atau koperasi. Di kampung ane--Tasikmalaya--atau mungkin di Tanah Sunda ditemukan praktek rentenir berkedok koperasi atau bank keliling yang biasa disebut bank emok.

Kata emok diambil dari bahasa sunda, merupakan istilah dari cara duduk wanita yang menyilangkan kakinya ke salah satu sisi.

Dinamakan bank emok, dikarenakan targetnya adalah wanita atau ibu rumah tangga dan berkelompok. Satu kelompok terdiri dari 5-10 anggotanya.

Jadi sistemnya seperti ini:
Ketika kita ingin meminjam, harus mengumpulkan minimal 5 - 10 orang yang juga melakukan pinjaman. Persyaratan yang dikumpulkan yaitu: KTP, KK, dan tanda tangan persetujuan suami.

Kita bisa diberikan pinjaman, misalkan 1,5 juta dengan cicilan 50.000/minggu. Setelahnya akan diminta untuk membacakan ikrar bersama yang salah satunya agar saling menanggung pembayaran.

Setiap minggunya, saat melakukan pembayaran ada pertemuan kelompok. Nah, kalau misalkan ada satu orang anggota kelompok itu yang tersendat pinjamannya, maka anggota kelompok lain wajib untuk membayar pinjaman orang tersebut.
Ibu Histeris Terlilit Hutang Bank Emok! Agan Sista Pernah Mengalami?
screenshoot

Jika dilihat sekilas tidak ada yang aneh dari bank itu sebenarnya. Akan tetapi, syarat harus mengumpulkan 5-10 orang yang meminjam juga membuat sifat dari bank emok menjadi paksaan. Orang yang tadinya ga mau minjam, terpaksa minjam karena mungkin ga enak atau terasuki pikirannya.

Orang yang tidak bersalah dan membayar tepat waktu, harus jadi korban orang yang lalai dalam membayar. Membuat praktek bank emok ini semakin membebani.

Berikut adalah video dimana seorang ibu menjadi stres dan histeris ketika didatangi oleh teman-temannya yang sama-sama meminjam di bank emok.

Video ibu histeris


Di video tersebut terlihat seorang ibu yang sedang berhadapan dengan beberapa ibu-ibu. Salah satu Ibu menagih hutangnya dan Mengingatkan untuk membayar hutang. akan tetapi tidak lama kemudian sang ibu menangis meraung-raung hingga terjadi percekcokan.

Mungkin bagi sang Ibu yang menangis, ini adalah teror, tapi bagi teman-teman yang lain Ini adalah sebuah peringatan kepada Ibu agar membayar. Supaya tidak memberatkan teman-teman yang lain. Karena, bagaimanapun juga mereka sama-sama butuh uang.

Quote:
Peristiwa ini bisa menjadi pelajaran buat kita
Jangan mudah dalam berhutang.
Bahwa yang namanya hutang harus dibayar kalau tidak itu hanya akan menjadi beban.


Sekian thread dari ane semoga bermanfaat.

Salam hangat,
Retno Qren (RetnoQr3n)


Referensi dan gambar
1, 2
Diubah oleh RetnoQr3n
profile-picture
profile-picture
profile-picture
screamo37 dan 33 lainnya memberi reputasi
34
Halaman 1 dari 11
Ibu Histeris Terlilit Hutang Bank Emok! Agan Sista Pernah Mengalami?
19-11-2019 10:00
bank emok
profile-picture
kelayan00 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Ibu Histeris Terlilit Hutang Bank Emok! Agan Sista Pernah Mengalami?
19-11-2019 10:00
semoga dijauhkan dari hutang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Michaelwise dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 1 balasan
Ibu Histeris Terlilit Hutang Bank Emok! Agan Sista Pernah Mengalami?
19-11-2019 10:07
Quote:Original Posted By RetnoQr3n
semoga dijauhkan dari hutang


Aamiin Ya Allah. Miris lihatnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kelayan00 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Ibu Histeris Terlilit Hutang Bank Emok! Agan Sista Pernah Mengalami?
19-11-2019 10:23
Serem amat😱
profile-picture
profile-picture
kelayan00 dan RetnoQr3n memberi reputasi
2 0
2
Ibu Histeris Terlilit Hutang Bank Emok! Agan Sista Pernah Mengalami?
19-11-2019 10:23
yang kaya gini udh banyak kak, d daerah ku juga
profile-picture
profile-picture
pein666 dan RetnoQr3n memberi reputasi
2 0
2
Ibu Histeris Terlilit Hutang Bank Emok! Agan Sista Pernah Mengalami?
19-11-2019 10:30
Yahh..
Kadang gimana lagi.
Hutang ma orang g' dipercaya.
emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sena05 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Ibu Histeris Terlilit Hutang Bank Emok! Agan Sista Pernah Mengalami?
19-11-2019 10:33
emang mengerikan kalo berhutang sama rentenir...
profile-picture
RetnoQr3n memberi reputasi
1 0
1
Ibu Histeris Terlilit Hutang Bank Emok! Agan Sista Pernah Mengalami?
19-11-2019 10:43
kayaknya disini juga pernah ada deh, tetangga ada yg crita pinjaman kelompok gitu. ribet dah
profile-picture
profile-picture
pjttnggh dan RetnoQr3n memberi reputasi
2 0
2
Ibu Histeris Terlilit Hutang Bank Emok! Agan Sista Pernah Mengalami?
19-11-2019 10:44
Ya Allah, kasihan banget
profile-picture
RetnoQr3n memberi reputasi
1 0
1
Ibu Histeris Terlilit Hutang Bank Emok! Agan Sista Pernah Mengalami?
19-11-2019 10:51
Baru denger ada Bank Emok
profile-picture
profile-picture
Mizuiko dan RetnoQr3n memberi reputasi
2 0
2
Ibu Histeris Terlilit Hutang Bank Emok! Agan Sista Pernah Mengalami?
19-11-2019 10:53
ogut nyari bang semok aja dah
profile-picture
RetnoQr3n memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Ibu Histeris Terlilit Hutang Bank Emok! Agan Sista Pernah Mengalami?
19-11-2019 10:53
baru tau ada bank emok
profile-picture
RetnoQr3n memberi reputasi
1 0
1
Ibu Histeris Terlilit Hutang Bank Emok! Agan Sista Pernah Mengalami?
19-11-2019 10:59
kacau emoticon-Nohope
profile-picture
RetnoQr3n memberi reputasi
1 0
1
Ibu Histeris Terlilit Hutang Bank Emok! Agan Sista Pernah Mengalami?
19-11-2019 11:04
1. jangan hutang
2. kalo terpaksa hutang harus sesuai kemampuan
3. hutang harus dibayar
4. kalo gak sanggup bayar..................................... histerissss
profile-picture
profile-picture
profile-picture
uangkul dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Ibu Histeris Terlilit Hutang Bank Emok! Agan Sista Pernah Mengalami?
19-11-2019 11:05
TERikut dalam hukum rimba! Yang lemah akan kalah, jika tidak ingin kalah jangan ikut itu artinya menang
emoticon-Leh Uga
salam emok
Diubah oleh moonlightmirana
profile-picture
RetnoQr3n memberi reputasi
1 0
1
Ibu Histeris Terlilit Hutang Bank Emok! Agan Sista Pernah Mengalami?
19-11-2019 11:07
hidup tanpa hutang buat hati tenang.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pein666 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Ibu Histeris Terlilit Hutang Bank Emok! Agan Sista Pernah Mengalami?
19-11-2019 11:07
Kadang kita berhutang untuk kebutuhan yang tidak seharusnya kita keluarkan. kalau gengsi sudah lebih tinggi dari penghasilan susah gans. Apalagi nurutin pola hidup sekitar yang kadang memang diatas rata2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
awawalalat dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Ibu Histeris Terlilit Hutang Bank Emok! Agan Sista Pernah Mengalami?
19-11-2019 11:11
makin pinter aja rentenir skg, mereka ga perlu lagi sewa debt kolektor buat nagih utang.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scarlet.fleur dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Ibu Histeris Terlilit Hutang Bank Emok! Agan Sista Pernah Mengalami?
19-11-2019 11:11
the power of emok-emok emoticon-Leh Uga
profile-picture
RetnoQr3n memberi reputasi
1 0
1
Ibu Histeris Terlilit Hutang Bank Emok! Agan Sista Pernah Mengalami?
19-11-2019 11:11
jaman sekarang beberapa orang seneng hutang bukan karena kebutuhan, melainkan keinginan nafsu dunia semata.
klo hutang dibayar sih its okay, tapi klo gak ada niatan dibayar sama aja penipu.
true story.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
el.achmeedy dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Halaman 1 dari 11
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia