News
Batal
KATEGORI
link has been copied
336
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dd095ea8d9b17746406d9ef/pabrik-pabrik-tinggalkan-banten-upah-mahal-hingga-preman
Pabrik-pabrik industri padat karya khususnya alas kaki atau sepatu memilih angkat kaki dari Banten. Misalnya dari Kabupaten/Kota Tangerang ke wilayah lain seperti Jawa Tengah (Jateng). Upah yang tinggi menjadi pemicu utamanya.
Lapor Hansip
17-11-2019 07:35

Pabrik-pabrik Tinggalkan Banten: Upah Mahal Hingga Preman

Past Hot Thread
Pabrik-pabrik Tinggalkan Banten: Upah Mahal Hingga Preman

Quote:Jakarta, CNBC Indonesia - Pabrik-pabrik industri padat karya khususnya alas kaki atau sepatu memilih angkat kaki dari Banten. Misalnya dari Kabupaten/Kota Tangerang ke wilayah lain seperti Jawa Tengah (Jateng). Upah yang tinggi menjadi pemicu utamanya.

Selain persoalan upah tinggi, ada juga persoalan premanisme yang dilakukan oleh oknum ormas. Hal ini juga dirasakan oleh para pengusaha alas kaki yang akhirnya memilih hengkang ke Jateng.

Direktur Eksekutif Asosiasi Persepatuan Indonesia (Aprisindo) Firman Bakri Anom mengatakan ada beberapa modus premanisme di Banten antara lain mulai dari pengelolaan sampah/limbah sampai rekrutmen tenaga kerja yang dikuasai oleh ormas. Ia bilang ada beberapa kasus tenaga kerja sebelum bekerja di perusahaan alas kaki, harus bayar ke preman.

"Sekarang ormas sudah lebih maju. Mereka minta sekarang bisnis," kata Firman sambil merujuk kasus minimarket di Bekasi, kepada CNBC Indonesia, Rabu (13/11)


Kepala Bidang Pelayanan Perizinan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Banten Deden Indrawan mengaku tahu soal relokasi 25 pabrik alas kaki dari media massa.

Penyebabnya memang karena persoalan upah yang tinggi di Banten. Apalagi saat ini Banten lebih banyak penanaman modal asing (PMA) terutama di industri padat modal antara lain kimia dan sebagainya.

Namun, Deden mengaku tak tahu soal keluhan pengusaha alas kaki hengkang antara lain dipicu oleh premanisme di Banten. Ia beralasan PTSP lebih banyak berinteraksi kepada investor yang baru memulai usaha.

"Di Banten memang lebih banyak industri padat modal PMA. Padat karya selain alas kaki ada tekstil dan garmen, dari investor lokal," katanya.

Ia bilang bagi industri padat karya memang tak mudah untuk menjalankan operasi usaha di Banten yang upah minimum, terutama UMK yang sudah tinggi. Dengan jumlah pekerja banyak mengandalkan manusia, dengan upah yang tinggi, akan menjadi beban bulanan yang berat.

Selain persoalan upah tinggi, premanisme, ada persoalan lain di Banten, yaitu mafia tanah. Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil mengatakan mafia tanah mengancam investasi triliun rupiah di Banten. Akibat ulah mafia tanah, investasi dari perusahaan Korea Selatan, Lotte Chemical senilai US$ 4 miliar atau setara Rp 56 triliun (kurs Rp 14.000/US$) menjadi terhambat.

"Di Banten itu Lotte Chemical mau investasi hampir US$ 4 miliar dolar untuk pengembangan petrochemical," kata Sofyan.

Soal relokasi pabrik alas kaki dari Banten juga dibenarkan oleh Kepala BPS Banten Adhi Wiriana. Ia juga mengatakan relokasi pabrik salah satu yang mempengaruhi pengangguran di Banten. Selebihnya ada musim kemarau, aksi merumahkan karyawan pada kasus Krakatau Steel (KS), hingga tutupnya perusahaan Sandratex di Tangerang Selatan.

BPS mencatat Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Banten pada Agustus 2019 mencapai 8,11% atau tertinggi di Indonesia.

"Sementara data kami baru pabrik sepatu, karena UMP (upah minimum) yang tinggi," kata Kepala BPS Banten Adhi Wiriana kepada CNBC Indonesia di Jakarta, Selasa (12/11/2019).


https://www.cnbcindonesia.com/news/2...-hingga-preman

semakin banyak preman semakin banyak perusahaan hengkang.

pemuda asli daerah pun akhirnya gigit jari

emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bstepanus dan 64 lainnya memberi reputasi
65
Halaman 1 dari 17
Pabrik-pabrik Tinggalkan Banten: Upah Mahal Hingga Preman
17-11-2019 07:37
Pemuda asli bukannya preman itu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
izzy713 dan 41 lainnya memberi reputasi
42 0
42
Lihat 2 balasan
Pabrik-pabrik Tinggalkan Banten: Upah Mahal Hingga Preman
Lapor Hansip
17-11-2019 07:37
Balasan post magelys
Quote:Original Posted By magelys
Pemuda asli bukannya preman itu


ya emang itu maksudnya gan

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 12 lainnya memberi reputasi
13 0
13
Pabrik-pabrik Tinggalkan Banten: Upah Mahal Hingga Preman
17-11-2019 07:39
banten ga heran emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 11 lainnya memberi reputasi
11 1
10
Lihat 5 balasan
Pabrik-pabrik Tinggalkan Banten: Upah Mahal Hingga Preman
17-11-2019 07:40
banyak amat saingan gotham city, ada planet alien, phadang phasir, klo yang ini apa yah emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
izzy713 dan 14 lainnya memberi reputasi
15 0
15
Lihat 5 balasan
Pabrik-pabrik Tinggalkan Banten: Upah Mahal Hingga Preman
17-11-2019 07:45
Apakah ormasnya adalah pemuda *********?????? Atau yg lain?

Ya u know lahhh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 8 lainnya memberi reputasi
8 1
7
Pabrik-pabrik Tinggalkan Banten: Upah Mahal Hingga Preman
17-11-2019 07:45
Quote:Original Posted By hhendryz
banyak amat saingan gotham city, ada planet alien, phadang phasir, klo yang ini apa yah emoticon-Matabelo


Kota sejuta ilmu goib emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 12 lainnya memberi reputasi
13 0
13
Lihat 1 balasan
Pabrik-pabrik Tinggalkan Banten: Upah Mahal Hingga Preman
17-11-2019 07:46
Premanisasi terstruktur.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Pabrik-pabrik Tinggalkan Banten: Upah Mahal Hingga Preman
17-11-2019 07:47
Walaupun dekat ibukota, banten seperti jalan ditempat dari segi pembangunan, sosial, dan ekonominya. Kecuali tangerang.

Pemerintahannya aja dikuasai dinasti Godmother Atut, rakyatnya dibiarkan bodoh biar mereka tetap berkuasa.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 39 lainnya memberi reputasi
40 0
40
Lihat 11 balasan
Pabrik-pabrik Tinggalkan Banten: Upah Mahal Hingga Preman
Lapor Hansip
17-11-2019 07:47
Balasan post wahgituya
kota mejik mejik emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
h.ariel dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Pabrik-pabrik Tinggalkan Banten: Upah Mahal Hingga Preman
17-11-2019 07:51
banten mah ga heran

primitif
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 16 lainnya memberi reputasi
17 0
17
Pabrik-pabrik Tinggalkan Banten: Upah Mahal Hingga Preman
17-11-2019 07:55
Trus kalo udah kayak gini, korlap-korlap yang suka ngajak demo buruh kira-kira tanggung jawab ngga??
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 17 lainnya memberi reputasi
18 0
18
Pabrik-pabrik Tinggalkan Banten: Upah Mahal Hingga Preman
17-11-2019 07:57
Banten?

Oh yang dikit-dikit bilang si A anaknya Jawara,
si B cucunya Jawara, si C ponakannya Jawara, si D titipannya Jawara...

Gitu terus sampai Z pokoknya segala orang yang ada hubungannya sama Jawara mesti masuk gawe di pabrik itu demi "keamanan" dan optimalkan putra daerah. emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 50 lainnya memberi reputasi
51 0
51
Lihat 1 balasan
Pabrik-pabrik Tinggalkan Banten: Upah Mahal Hingga Preman
17-11-2019 08:06
Sudah bukan rahasia lagi serikat pekerja kerjasama dgn preman buat menekan pengusaha
Sama kaya SP pertamina yg nolak ahok
profile-picture
profile-picture
profile-picture
itkgid dan 23 lainnya memberi reputasi
23 1
22
Pabrik-pabrik Tinggalkan Banten: Upah Mahal Hingga Preman
17-11-2019 08:09
Tangsel parah yah...banyak pengembang dan industri tp jalanan banyak yg ga rata

Beda bgt ama jakarta
profile-picture
profile-picture
profile-picture
popog2010 dan 6 lainnya memberi reputasi
6 1
5
Pabrik-pabrik Tinggalkan Banten: Upah Mahal Hingga Preman
17-11-2019 08:23
Jelas bukan kalo banyak investor lebih baik pergi ke Vietnam?
Birokrasi terlalu bertele-tele dan mahal, upah tenaga kerja yang dianggap belum sebanding dengan prestasi kerja, juga preman2 yang gentayangan.
Saya pernah urus2 project untuk rencana pindah satu pabrik padat karya di Tangerang ke daerah sekitar Brebes atau Cirebon karena upah regional tidak semahal Tangerang. Efeknya ribuan karyawan bakal mendadak jadi penganggur kalau mereka tidak mau pindah dan ikut aturan upah yang baru.
Masalah transportasi operasional produksi masih ketutup sama penghematan biaya upah, jalan tol sudah banyak.
Post biaya lain2 buat preman makin nambah saja jumlahnya, bisnis dapet untung juga belum tapi sudah dimintain duwit.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bopalkopral dan 44 lainnya memberi reputasi
45 0
45
Lihat 3 balasan
Pabrik-pabrik Tinggalkan Banten: Upah Mahal Hingga Preman
17-11-2019 08:27
Gw kebetulan warga DKI yg kerja di kab. tangerang, selain 2 mslh di atas, msh ada urusan perijinan, birokrasinya berbelit dan harus keluar uang gede utk urusan perijinan disana. Utk buruh yg ingin bekerja banyak yg diperas sama lsm dan kepala desa, harus byr ke desa dan lsm bila ingin bekerja, pdhl mereka belum tentu diterima loh.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 36 lainnya memberi reputasi
37 0
37
Lihat 1 balasan
Pabrik-pabrik Tinggalkan Banten: Upah Mahal Hingga Preman
17-11-2019 08:29
dinasti ATUT kah..

emoticon-Coblos
profile-picture
profile-picture
profile-picture
racingnismo dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Pabrik-pabrik Tinggalkan Banten: Upah Mahal Hingga Preman
17-11-2019 08:47
Preman, jawara, dan ilmu hitam
Itulah banten
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 9 lainnya memberi reputasi
9 1
8
Pabrik-pabrik Tinggalkan Banten: Upah Mahal Hingga Preman
17-11-2019 08:49
Banten? Provinsi barokah ini. Yg penting kunci surga dah di tanganemoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Halaman 1 dari 17
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia