News
Batal
KATEGORI
link has been copied
231
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dcba326e83c7233df0dd2f3/sejumlah-warga-hentikan-paksa-ritual-upacara-keagamaan-di-bantul
Keberagamaan di Kabupaten Bantul kembali terkoyak. Kali ini upacara Odalan atau peringatan Maha Lingga Padma Buana di Dusun Mangir Lor Kecamatan pajangan Kabupaten Bantul terpaksa dihentikan.
Lapor Hansip
13-11-2019 13:31

Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul

Past Hot Thread
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
Upacara Odalan atau peringatan Maha Lingga Padma Buana di Dusun Mangir Lor Kecamatan Pajangan Kabupaten Bantul terpaksa dihentikan, Selasa (12/11/2019). [Dok. umat]

Suara.com - Keberagamaan di Kabupaten Bantul kembali terkoyak. Kali ini upacara Odalan atau peringatan Maha Lingga Padma Buana di Dusun Mangir Lor Kecamatan pajangan Kabupaten Bantul terpaksa dihentikan, Selasa (12/11/2019).

Penghentian tersebut karena adanya desakan dari sejumlah warga sekitar pelaksanaan upacara tersebut.

Salah seorang umat yang mengikuti upacara Odalan Setiaji membenarkan peristiwa tersebut ketika dikonfirmasi. Upacara keagamaan Hindu dan Budha tersebut sebenarnya dilaksanakan tanpa pengeras suara. Bahkan, sebelumnya umat yang hendak melaksanakan kegiatan tersebut juga telah melakukan sosialisasi kepada warga sekitar terkait upacara hari Selasa (12/11/2019).

"Tetapi warga tetap saja melakukan penolakan terhadap kegiatan kami,"ujarnya.

Setiaji menuturkan upaya penolakan yang dilakukan oleh warga sebenarnya sudah terlihat sehari sebelum pelaksanaan kegiatan tersebut. Bahkan, petugas dari Polsek Pajangan telah berusaha melakukan mediasi dengan mempertemukan antara warga dan juga umat yang akan melaksanakan kegiatan upacara tersebut.

Setiadji mengatakan mediasi dilaksanakan oleh polisi pada Senin (11/11/2019) malam. Hasilnya, warga menolak karena kegiatan tersebut dilaksanakan di rumah dan tidak izin, hanya melakukan pemberitahuan ke tetangga dan polsek.

Dia juga membantah hal tersebut, karena sebelum dilakukan acara mereka telah melakukan diskusi dengan warga sekitar. Bahkan sebagai bentuk persetujuan, ada warga yang menyediakan halaman rumahnya untuk parkir dan menyediakan toilet tamu untuk peserta upacara dari luar kota.

"Acara ini sendiri dibatalkan untuk menghindari perselisihan lebih besar,"lanjutnya.

Aparat kepolisian dari Polsek Pajangan juga meminta kepada umat yang melaksanakan kegiatan tersebut untuk menghentikannya. Alasannya, untuk melakukan kegiatan seperti itu perizinan diperlukan hingga tingkat provinsi. Padahal petinggi mereka, Ida Begawan Manuaba telah tiba di lokasi kegiatan.

Warga yang sebelumnya telah sepakat dan menyetujui digelarnya acara tersebut tidak bisa berbuat banyak lantaran aparat kepolisian yang hadir di lokasi kegiatan. Kendati begitu, warga bersiaga ketika akan terjadi perusakan rumah lokasi kegiatan maka mereka akan memanggil warga yang lain.

sumber : https://jogja.suara.com/read/2019/11...m_medium=share

Komen TS ; Pelu diselidiki lebih jauh, siapa yang dimaksud dengan "warga"
Diubah oleh azhuramasda
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ekatse dan 32 lainnya memberi reputasi
33
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 12
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 14:49
perasaan dulu kg pernah ada sweeping kek gini di jogha deh
profile-picture
red.wangyi memberi reputasi
1 0
1
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 15:06
Sangat toleran sekali ya akhi
profile-picture
red.wangyi memberi reputasi
1 0
1
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 15:20
sapa suruh dlu HTI cs dibiarin idup bebas di jogja
0 0
0
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
Lapor Hansip
13-11-2019 15:59
Balasan post white wolf
[mention]white wolf[/mention] adanya berita pembubaran rencana pengajian Pdt. Stephen Tong
https://www.kaskus.co.id/thread/59ea...ta-dibatalkan/
0 0
0
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 17:01
kayaknya ane tau nih warganya emoticon-Ketupat
0 0
0
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 17:33
hanya jargon jargon ada cinta damai 😆
profile-picture
red.wangyi memberi reputasi
1 0
1
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 17:35
Toleransinya mana?
0 0
0
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 17:35
udah engga Heran daerah Bantul Jogja udah banyak yg terpapar radikalisme...
Faham faham bani cingkrang subur disana

Udah banyak kog kasusnya.
#Demo tolak gereja
#Menolak larung laut
Dan masih banyak lage
Diubah oleh ontapesek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bayuhendrawan dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 17:35
sebenernya yg ane kangeni dari jogja itu atmosfernya. Ya sih, kl makanan wiskul ane sering kaget, kayaknya lebih mahal sana dr pd surabaya ane maklum aja (khusus makanan yg hype krn masuk destinasi wisata kuliner). Kl masalah ini ane mau bikin kapok dgn ga pingin pergi ke jogja lagi. Ga ngefek sih kl ane doang. Tp moga2 yg lain ikut. Sampai ga ada kayak gini lagi.
Diubah oleh workerbear
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 17:37
Wong di deket rumah aja suka di interogasi setiap ada yang mengadakan sebuah kegiatan keagamaan dirumah warga
profile-picture
profile-picture
lonelyboy13 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 17:38
yah lebih baik gak usah dilaksanakan kalau memang itu kampung yg mayoritasnya umat lain, dan sebaliknya...so santuy lah biasa ini...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bangtjah dan 2 lainnya memberi reputasi
0 3
-3
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 17:39
ane cape ane cape ane cape gaaaaaannnnnn......
0 0
0
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 17:40
Quote:Original Posted By larapeequer
Di thread sebelah sudah ada yg mengangkat keterangan versi perangkat desa. Kronologis dan infonya lumayan banyak.
Silahkan dicek, sebelum ngecap yg enggak 2


Trit nya yg mana ya gan?
0 0
0
Lihat 1 balasan
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
Lapor Hansip
13-11-2019 17:41
Balasan post arefaxs
Quote:Original Posted By arefaxs


Trit nya yg mana ya gan?


Ada kok Gan tadi yg ngangkat versi penjelasan perangkat desa. Coba di search
0 0
0
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 17:41
Yang melakukan penolakan siapa?
Biasanya yg kek gini kadrun sih
emoticon-Hansip
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sudampot dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 17:42
negara yang toleran...
0 0
0
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 17:42
Quote:Original Posted By larapeequer
Ada kok Gan tadi yg ngangkat versi penjelasan perangkat desa. Coba di search


Oke siap gan..
0 0
0
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 17:44
ouh gtu gan...itu biasanya di Bali yaa
0 0
0
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 17:45
Orang mau cari sorganya sendiri sendiri kok diganggu......
0 0
0
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
Lapor Hansip
13-11-2019 17:47
Balasan post workerbear
Quote:Original Posted By workerbear
sebenernya yg ane kangeni dari jogja itu atmosfernya. Ya sih, kl makanan wiskul ane sering kaget, kayaknya lebih mahal sana dr pd surabaya ane maklum aja (khusus makanan yg hype krn masuk destinasi wisata kuliner). Kl masalah ini ane mau bikin kapok dgn ga pingin pergi ke jogja lagi. Ga ngefek sih kl ane doang. Tp moga2 yg lain ikut. Sampai ga ada kayak gini lagi.


Ya udah nggak usah ke Jogja, gitu aja kok repot. Lagian baru keterangan dari 1 pihak dah menghakimi.

Udah nggak usah piknik ke Jogja, cari sono tempat piknik laen yg lebih murah yg sesuai kantong. Situ Tiap tahun UMR naik, mosok harga di Jogja kok nggak boleh naik.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tukangbeling7 dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Halaman 2 dari 12
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Berita dan Politik
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia