Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
209
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dcb4594c820844645546c47/video-kereta-berhenti-karena-masinis-jajan-viral-pentingnya-cek-sebelum-menghujat
Beberapa waktu belakangan, jagat dunia maya kembali diramaikan dengan banyak konten viral. Salah satunya video kereta berhenti di tengah jalan yang diberi narasi seolah - olah kereta berhenti ditengah perlintasan hanya untuk menunggu sang masinis jajan di warung.
Lapor Hansip
13-11-2019 06:51

Video Kereta Berhenti Karena Masinis Jajan Viral, Pentingnya Cek Sebelum Menghujat

Past Hot Thread
Video Kereta Berhenti Karena Masinis Jajan Viral, Pentingnya Cek Sebelum MenghujatVideo Kereta Berhenti Karena Masinis Jajan Viral, Pentingnya Cek Sebelum Menghujat

Selamat pagi, siang, sore, petang, dan malam kawan - kawan kaskuser semua yang baik hati. Bertemu kembali di thread sederhana ane.
emoticon-Nyepi


Video Kereta Berhenti Karena Masinis Jajan Viral, Pentingnya Cek Sebelum Menghujat

Beberapa waktu belakangan, jagat dunia maya kembali diramaikan dengan banyak konten viral. Salah satunya video kereta berhenti di tengah jalan yang diberi narasi seolah - olah kereta berhenti ditengah perlintasan hanya untuk menunggu sang masinis jajan di warung. Netizen yang melihat unggahan tersebut ramai - ramai mencerca dan memberikan komentar julid buat sang masinis. Seolah - olah sang masinis adalah anak sultan yang dengan bebas menghentikan keretanya meski demi kepentingan pribadinya buat jajan di warung.



Namun apakah faktanya memang demikian? Apakah sang masinis adalah anak sultan yang bisa dengan seenak udelnya menghentikan kereta ditengah jalan buat jajan? Kebayang nggak kalau itu beneran bisa di lakukan oleh si masinis? Bisa - bisa jadwal perjalanan kereta lain bakal kacau dong. Disinilah pentingnya melakukan cek dan ricek sebelum kita menyimpulkan dan memberi komentar atas apa yang kita lihat. Apalagi sosial media sekarang rentan dengan pemelintiran dan berita hoax yang tidak bertanggung jawab. Jangan sampai kita justru menjadi bagian dari penyebarluasan hoax tersebut.

Seperti pada video viral yang satu ini. Belakangan terungkap bahwa narasi yang disematkan pada video tersebut ternyata tidak benar. Sang masinis yang seolah - olah dikesankan memberhentikan kereta untuk jajan di warung, ternyata justru "mengisi waktu" sembari menunggu jadwal kereta berangkat. Jadi meski pada video tersebut tampak lokomotif kereta berhenti tepat di perlintasan jalan sehingga membuat pengguna jalan lain berhenti, namun itu tak seperti yang kita bayangkan. Kereta tersebut sebenarnya sedang berhenti untuk menaikkan serta menurunkan penumpang di stasiun. Berhubung stasiun tersebut pendek, sedangkan rangkaian gerbong keretanya lebih panjang ketimbang stasiunnya, sehingga saat badan kereta berhenti di stasiun, ujung kepala lokomotifnya "offsite" hingga keluar stasiun yang kebetulan berada di perlintasan palang pintu jalan raya.

Video Kereta Berhenti Karena Masinis Jajan Viral, Pentingnya Cek Sebelum MenghujatVideo Kereta Berhenti Karena Masinis Jajan Viral, Pentingnya Cek Sebelum Menghujat

Nah, disaat berhenti itulah sang masinis turun untuk membeli sesuatu di warung. Kebetulan saat itu ada pengguna jalan yang mengetahui hal tersebut lalu merekamnya. Entah si perekam ini lalu mengunggahnya ke media sosial, atau justru di lakukan oleh orang lain. Namun si pengunggah memberi caption seolah - olah sang masinis memberhentikan keretanya di tengah jalan hanya buat jajan di warung, dan hal itu akhirnya memancing reaksi dari netizen yang budiman.

Hal ini seperti mengingatkan kita kembali pada peristiwa pengeroyakan yang menimpa salah satu aktivis sebelum Pemilu yang lalu. Dengan bukti wajah lebam dibumbui narasi sebagai korban pengeroyakan, ia mampu memancing reaksi publik. Tak hanya netizen, ia bahkan mampu menggalang dukungan dari tokoh - tokoh politik yang sealiran dengannya. Banyak netizen yang menyimpulkan bahwa seolah pengeroyakan tersebut didalangi oleh kelompok politik yang berseberangan dengan kelompok korban. Kenyamanan dan keamanan bangsa hampir terancam perpecahan. Hingga akhirnya terungkap lah kebohongan sang aktivis. Ia mengaku di depan media bahwa telah melakukan kebohongan. Narasi pengeroyokan hanyalah halusinasi yang ia hembuskan demi dukungan dari orang - orang sekitar. Nyatanya, ia baru saja selesai melakukan operasi plastik, dan luka yang diklaimnya sebagai lebam akibat pengeroyokan sebenarnya adalah luka operasi.

Ini sekali lagi membuktikan bahwa saat ini kita tak bisa serta merta mempercayai apa yang kita dengar dan kita lihat, terlebih jika informasi itu kita peroleh dari media sosial. Kita harus melakukan cek dan ricek terlebih dahulu sebelum menyimpulkan, apalagi memberikan komentar. Jangan sampai kita justru menjadi corong dari penyebaran berita hoax.



Video Kereta Berhenti Karena Masinis Jajan Viral, Pentingnya Cek Sebelum Menghujat

Video Kereta Berhenti Karena Masinis Jajan Viral, Pentingnya Cek Sebelum Menghujat

Disclaimer : Asli tulisan TS
Sumur Gambar : Om Google
Referensi : Ini




Jangan Di Scan..

Video Kereta Berhenti Karena Masinis Jajan Viral, Pentingnya Cek Sebelum Menghujat



profile-picture
profile-picture
profile-picture
hansip.komplek dan 47 lainnya memberi reputasi
48
Halaman 1 dari 11
Video Kereta Berhenti Karena Masinis Jajan Viral, Pentingnya Cek Sebelum Menghujat
13-11-2019 06:52
Video Kereta Berhenti Karena Masinis Jajan Viral, Pentingnya Cek Sebelum Menghujat
PertamaxforTS

Video Kereta Berhenti Karena Masinis Jajan Viral, Pentingnya Cek Sebelum Menghujat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
GutSchreiben dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Video Kereta Berhenti Karena Masinis Jajan Viral, Pentingnya Cek Sebelum Menghujat
13-11-2019 06:52
Video Kereta Berhenti Karena Masinis Jajan Viral, Pentingnya Cek Sebelum Menghujat

Video Kereta Berhenti Karena Masinis Jajan Viral, Pentingnya Cek Sebelum Menghujat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
GutSchreiben dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Video Kereta Berhenti Karena Masinis Jajan Viral, Pentingnya Cek Sebelum Menghujat
13-11-2019 06:54
Dulu pengalaman gw hereta jakarta - merak bis distop penumpang di pinggir kaya angkot.

Ga tau sekarang.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
diandraps dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Video Kereta Berhenti Karena Masinis Jajan Viral, Pentingnya Cek Sebelum Menghujat
13-11-2019 07:29
Duh di stasiun Parungkuda
Sih mmg sesekali kelihatan
Pemandangan tsb itu karena
Lokasinya sempit dan peron juga pendek



Mangkanya di cek dulu Bambang
Maen asal tuduh aja
Sambit juga neh

emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Video Kereta Berhenti Karena Masinis Jajan Viral, Pentingnya Cek Sebelum Menghujat
13-11-2019 07:37
Netizen
Video Kereta Berhenti Karena Masinis Jajan Viral, Pentingnya Cek Sebelum Menghujat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
crockoaches dan 10 lainnya memberi reputasi
10 1
9
Lihat 3 balasan
Video Kereta Berhenti Karena Masinis Jajan Viral, Pentingnya Cek Sebelum Menghujat
13-11-2019 07:38
emoticon-Cape d...

kenapa nggak di sharing dulu beritanya,... main share sembarangan... bikin berita Hoax...kasihan kan pak Masinisnya di Fitnah begitu... padahal kita kan tau Fitnah lebih kejam dari pembunuhan...


profile-picture
profile-picture
profile-picture
Aan136 dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Lihat 2 balasan
Video Kereta Berhenti Karena Masinis Jajan Viral, Pentingnya Cek Sebelum Menghujat
13-11-2019 07:42
kalo gk menghujat bukan netizen namanya emoticon-2 Jempol
profile-picture
powerpunk memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Video Kereta Berhenti Karena Masinis Jajan Viral, Pentingnya Cek Sebelum Menghujat
13-11-2019 08:18
tapi tetep kasian gan, masinis nya sekarang di grounded ( tidak diperkenankan jalan ) gara2 video nya viral. 😭
profile-picture
profile-picture
m.ramdhani1981 dan powerpunk memberi reputasi
2 0
2
Video Kereta Berhenti Karena Masinis Jajan Viral, Pentingnya Cek Sebelum Menghujat
13-11-2019 08:22
makasih informasinya. Bbrp hari yg lalu saya liat ini di 9gag dan tw logo keretanya dr Indonesia. Saya pikir lg mogok keretanya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Video Kereta Berhenti Karena Masinis Jajan Viral, Pentingnya Cek Sebelum Menghujat
13-11-2019 08:27
ini termasuk hoax dong, mana UU ITE nih, tangkap dan penjarakaann emoticon-Belgia
profile-picture
powerpunk memberi reputasi
1 0
1
Video Kereta Berhenti Karena Masinis Jajan Viral, Pentingnya Cek Sebelum Menghujat
13-11-2019 08:32
yaudah jangan dihujat, mungkin masinisnya lafar
profile-picture
powerpunk memberi reputasi
1 0
1
Video Kereta Berhenti Karena Masinis Jajan Viral, Pentingnya Cek Sebelum Menghujat
13-11-2019 08:57
cuman gitu di viralin, besok2 ada bayi eek viral aja sekalian
profile-picture
powerpunk memberi reputasi
1 0
1
Video Kereta Berhenti Karena Masinis Jajan Viral, Pentingnya Cek Sebelum Menghujat
13-11-2019 09:07
netizen indonesia maha gendeng emoticon-Cape deeehh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yanker dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Video Kereta Berhenti Karena Masinis Jajan Viral, Pentingnya Cek Sebelum Menghujat
13-11-2019 09:30
welcome to Indonesia!

hati2 dengan nitizen
profile-picture
powerpunk memberi reputasi
1 0
1
Video Kereta Berhenti Karena Masinis Jajan Viral, Pentingnya Cek Sebelum Menghujat
13-11-2019 09:34
Beberapa penyebar berita ini juga berasal dari akun shitpost di berbagai sosmed, dan masih belom di take-down juga sama mereka karena hits nya tinggi banget.

Kira-kira gimana buat pembuat akun shitpost kek gitu kapok? Dah masuk ranah pencemaran nama baik juga.
profile-picture
profile-picture
Raaiiinnn dan powerpunk memberi reputasi
2 0
2
Video Kereta Berhenti Karena Masinis Jajan Viral, Pentingnya Cek Sebelum Menghujat
13-11-2019 09:53
nah nah itu tu yang bahaya,opini opini liar yang di ciptakan smaa netijen padahal belom tau fakta aslinya mah kayak apa,yang penting ngasih aja opini liarnya yang mana opini ini nih biasanya nyinyiran wkwkwk
netijen juga harus pinter pinter dong buat memilih dan memilah cari tahu juga perlu sebelum menghujat. jangan hujat dulu baru bodoamat wkwk
profile-picture
powerpunk memberi reputasi
1 0
1
Video Kereta Berhenti Karena Masinis Jajan Viral, Pentingnya Cek Sebelum Menghujat
13-11-2019 10:00
sama sepertihalnya, baca dulu baru komen.
Ah tapi dikaskus, komen dulu yg penting pejwan emoticon-Wowcantik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
khalibran dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Video Kereta Berhenti Karena Masinis Jajan Viral, Pentingnya Cek Sebelum Menghujat
13-11-2019 10:27
Indonesia apa2 viral duluan, dulu udah pernah kasus si audrey juga nggak kapok2
profile-picture
powerpunk memberi reputasi
1 0
1
Video Kereta Berhenti Karena Masinis Jajan Viral, Pentingnya Cek Sebelum Menghujat
13-11-2019 10:32
kasihan masinisnya kena sanksi.. netinjing goblok
profile-picture
powerpunk memberi reputasi
1 0
1
Video Kereta Berhenti Karena Masinis Jajan Viral, Pentingnya Cek Sebelum Menghujat
13-11-2019 10:35
Netizen terutama para emak2 ga afdol kalau belum menghujat
profile-picture
profile-picture
humas.fpi dan powerpunk memberi reputasi
1 1
0
Halaman 1 dari 11
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia