alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
138
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc291216df23110b24b622e/7-salah-kaprah-rokok-elektrik-di-indonesia
Semakin kesini, semakin terlihat salah kaprah kebanyakan orang menyikapi rokok elektrik, terutama di Indonesia. Apa saja salah kaprah tersebut ? berikut ini 7 salah kaprah mengenai rokok elektrik di Indonesia:
Lapor Hansip
06-11-2019 16:23

7 Salah Kaprah Rokok Elektrik Di Indonesia

Past Hot Thread



Ketika awal tahun 2010-an, terdengar kabar mengenai di kalangan anak muda rokok elektrik. Rokok elektrik mulai populer dan naik daun hingga terkesan menjadi simbol trend remaja pada saat itu di berbagai negara di dunia tidak terkecuali di Indonesia.


Dikutip dari website Direct Vapor bahwa rokok elektrik mulai ada prototipenya ketika tahun 1920-an. Lalu pada tahun 2003 sebuah perusahaan di Tiongkok mulai mengenalkan produk rokok elektrik yang sesungguhnya.

Misi yang saat itu menjadi harapan perusahaan rokok elektrik tersebut adalah dapat membantu para perokok tradisional menemukan alternatif hingga mampu berhenti dari kebiasaan merokok tradisional.

Namun semakin kesini, semakin terlihat salah kaprah kebanyakan orang menyikapi rokok elektrik, terutama di Indonesia. Apa saja salah kaprah tersebut ? berikut ini 7 salah kaprah mengenai rokok elektrik di Indonesia:


Rokok Elektrik Harus Ngebul

7 Salah Kaprah Rokok Elektrik Di Indonesia


Saat ini saya adalah pengguna rokok elektrik, lebih tepatnya yang disebut Pod System.  Pod yang saya gunakan memang cenderung lebih mahal harganya dari pod yang banyak beredar di pasaran. Saat sedang berkumpul ke sesama pengguna Pod, Pod yang saya gunakan menjadi sorotan karena cloud (asap) yang dihasilkan sangat sedikit. Ada yang bilang “Pod nya kurang bagus”, “terlalu mahal untuk pod yang kaya gitu”, “closed system, gak bisa gonta-ganti rasa”, dsb.

Setelah saya riset, ternyata Pod yang saya gunakan itu memiliki tujuan yang memang seharusnya setiap pod juga memiliki tujuan yang seperti itu. Yakni, Bisa digunakan di tempat umum tanpa mengganggu sekitar dengan asapnya (Makanya asap pod yang saya gunakan itu tipis), lalu teknologi yang digunakan pun sangat dipikirkan oleh perusahaan yang membuatnya, Di websitenya bahkan dibahas bawa e-liquidnya memiliki standard  yang menghindari bahan kimia yang muncul pada daftar Unsur Berbahaya dan Potensial Berbahaya (HPHCs) FDA, menjadi daftar Bahan yang Didiskualifikasi, atau dianggap zat bersifat Karsinogenik, Mutagenik, atau Reprotoxik (CMR).

Jadi jangan bangga dulu kalau pod yang dimiliki itu cloudnya ngebul, bisa jadi hal itu malah salah kaprah kita selama ini tentang pod system yang memang belum lama ini booming di Indonesia, karena pod yang baik justru tidak ngebul hingga tidak mengganggu sekitar.



Asik berbisnis, Lupa Misi Awal

7 Salah Kaprah Rokok Elektrik Di Indonesia


Mungkin karena permintaan akan rokok elektrik berasap ngebul cukup tinggi di Indonesia, dan anggapan rokok elektrik itu harus ngebul sudah menjadi standard rokok elektrik yang bagus disini. Maka tidak sedikit Produsen yang merespon hal tersebut.

Walaupun misi awalnya rokok elektrik sebagai alternatif rokok konvensional agar pengguna rokok konvensional mampu menghentikan kebiasaan merokoknya karena selain berbahaya bagi diri, juga berbahaya bagi sekitar. Namun karena alasan “Sedang laris di pasaran”, tidak jarang produsen justru memproduksi produk rokok elektriknya hanya mementingkan kebutuhan pasar tersebut, bukan tujuan awalnya, yakni membuat perokok berhenti merokok.


Kategorisasi Yang Tidak Perlu

7 Salah Kaprah Rokok Elektrik Di Indonesia


Sebenarnya mengkategorikan rokok elektrik menjadi Primary Device (Mod Vape) dan Secondary device (Pod System), tidak perlu-perlu amat dilakukan. Entah apa maksudnya, kategorisasi tersebut sudah menjadi lumrah di kalangan pengguna rokok elektrik, seolah seorang perokok elektrik belum afdol apabila hanya memiliki salah satu dari device tersebut. Entah kejadian ini terjadi dimana saja, yang pasti kategorisasi ini terjadi di Indonesia.


Dianggap Lebih Sehat Dari Rokok

7 Salah Kaprah Rokok Elektrik Di Indonesia


Memang telah banyak penelitian yang dilakukan bahwa jika dibandingkan dengan Rokok Konvensional, Rokok Elektrik justru lebih rendah resikonya. Bahkan, American Cancer Society (ACS) pada 2018 menyatakan bahwa seharusnya Rokok Elektrik dipertimbangkan sebagai sebuah solusi untuk mengurangi risiko kanker yang disebabkan rokok tembakau. New England Journal of Medicine merilis penelitian pada 30 Januari 2019 yang menyebutkan rokok elektrik dapat menjadi terapi bagi perokok konvensional dalam mengurangi penggunaan nikotin.

Tetapi hal itu berlaku untuk rokok elektrik dengan merk tertentu saja, belum tentu yang beredar sekarang di pasaran, karena rokok elektrik yang menjadi bahan penelitian saat itu adalah rokok elektrik ber-merk Juul.

Rokok elektrik tetap memiliki dampak buruknya tersendiri, kita bisa banyak mengkesplorenya di Internet terkait dampak buruk rokok elektrik yang bahkan bisa jadi sama bahayanya dengan rokok apabila produk rokok elektrik yang digunakan berkualitas buruk.



Mencegah Atau Mendukung Perokok Baru ?

7 Salah Kaprah Rokok Elektrik Di Indonesia


Produk rokok elektrik tidak dianjurkan untuk mantan perokok ataupun mereka yang belum pernah merokok, rokok elektrik dibuat  untuk menjadi peralihan bagi perokok konvensional yang masih aktif hingga sekarang.  Namun banyak rokok elektrik yang beredar di pasaran justru digunakan oleh mereka yang sudah benar-benar stop merokok, hingga mereka yang belum pernah merokok. Hal tersebut juga seringkali memicu para pengguna itu justru kembali atau mulai menggunakan rokok tembakau karena ketidak puasan yang dihasilkan rokok elektrik dan juga karena ketidaktahuan dari tujuan pertama rokok elektrik.



Karena Trend Jadi Keren

7 Salah Kaprah Rokok Elektrik Di Indonesia

Tidak ada yang bisa disalahkan apabila sesuatu menjadi trend di kalangan masyarakat tertentu, bahkan jika yang trend itu adalah sebuah produk, hal tersebutlah yang diharapkan oleh pelaku bisnis produk tersebut. Entah mengapa, sebuah produk asal memiliki budget yang cukup untuk promosi, sangat mudah untuk menjadi trend di Indonesia, tidak terkecuali produk rokok elektrik.
Penggunaan rokok elektrik dianggap keren karena telah menjadi trend akibat penggunanya dari mulai kalangan kaum influencer dan selebriti , hingga fans dan para pengikutnya.
Akibatnya, tidak sedikit anak-anak di bawah umur dan remaja yang menggunakannya karena terpengaruh oleh trend yang sedang berkembang tanpa mengetahui hakikat tujuan dari penggunaan rokok elektrik itu tersendiri.

Menjadi Candu Baru

7 Salah Kaprah Rokok Elektrik Di Indonesia


Rokok elektrik yang berkualitas baik seharusnya justru tidak membuat penggunanya kecanduan, Karena di awal telah disinggung bahwa Rokok Elektrik hanyalah sebuah produk peralihan.  Berbisnis rokok elektrik itu sama seperti bisnis diapers, jika seorang anak sudah bisa pergi ke toilet sendiri, maka diapers sudah tidak diperlukan. Begitupula Rokok Elektrik, jika perokok konvensional telah mampu menghentikan kebiasaan merokoknya karena produk peralihan rokok elektrik, maka seharusnya ia mampu menghentikan segala kegiatan merokoknya.

Untuk itu rokok elektrik tidak di-desain untuk membuat penggunanya kecanduan, jika sekarang anda kecanduan merokok elektrik, perlu dipertanyakan kualitas rokok elektrik yang anda miliki




profile-picture
profile-picture
profile-picture
maleo.pejuang dan 23 lainnya memberi reputasi
22
Halaman 1 dari 7
7 Salah Kaprah Rokok Elektrik Di Indonesia
06-11-2019 16:26
masih belom tau sih apa keunggulan nya dari roko elektrik

apapun itu yang dimasuk ke tubuh pasti ada efeknya , saran sih klo bisa jangan ngerokok aja , ntah itu vape atau rokok konvensional

susah gan berenti nya

btw ane perokok konvensional yang ingin berhenti
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adnanami dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
7 Salah Kaprah Rokok Elektrik Di Indonesia
06-11-2019 16:27
Setelah baca ini, ternyata selama ini ane belajar tentang rokok elektrik dari orang yang keliru emoticon-Big Grin
profile-picture
sposolo memberi reputasi
1 0
1
7 Salah Kaprah Rokok Elektrik Di Indonesia
06-11-2019 16:30
baru tau kalo rokok elektrik yang baik itu justru yang asapnya tipis dan gak bikin candu, thanks infonya gan
profile-picture
antoobeee memberi reputasi
0 1
-1
7 Salah Kaprah Rokok Elektrik Di Indonesia
06-11-2019 16:34
selalu informatif, ane yang gak begitu tertarik sama e-cigar jadi tertarik lama-lama setelah baca thread ini, calon HT lagi aja
profile-picture
adnanami memberi reputasi
1 0
1
7 Salah Kaprah Rokok Elektrik Di Indonesia
06-11-2019 16:41
dan para pengguna electric cigar cuman bisa manggut manggut dalam hati, mengiyakan semua issue dari thread.... emoticon-Angkat Beer

karena rokok elektrik awalnya terapi meninggalkan rokok terbalik jadi trend baru dan candu baru effect dari bahan rokok eletrik itu sendiri, produsen pun skrg mengubah pola penjualan ke lifestyle goods,

padahal awalnya menurut rumor ini gak ada yang produksi cuman akal2an Do It Yourself orang2 iseng yang mengerti elektronik (dibuat dari senter) buat nyoba2 bikin rokok listrik

emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
antoobeee dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
7 Salah Kaprah Rokok Elektrik Di Indonesia
06-11-2019 16:49
pernah nyobain punya temen, malah jadi kecanduann sih. berarti rokok elektriknya ga baik yaa. hmm nice thread gan menambah informasi thanksss
profile-picture
ikkaan memberi reputasi
1 0
1
7 Salah Kaprah Rokok Elektrik Di Indonesia
06-11-2019 16:51
Ironis sekali jika dilihat dari misi awal dibuat rokok elektrik ini kan tujuannya agar pengguna rokok konvensional mampu menghentikan kebiasaan merokoknya,
ujung-ujungnya malah menjadi candu baru
profile-picture
hbchild memberi reputasi
1 0
1
7 Salah Kaprah Rokok Elektrik Di Indonesia
06-11-2019 16:53
tai lah produk mengganggu banget. output nya sama aja ajg. assaaaaap
profile-picture
profile-picture
mykuskus dan khairurrijal memberi reputasi
1 1
0
7 Salah Kaprah Rokok Elektrik Di Indonesia
06-11-2019 16:53
Quote:Original Posted By adam.alamsyah95
masih belom tau sih apa keunggulan nya dari roko elektrik

apapun itu yang dimasuk ke tubuh pasti ada efeknya , saran sih klo bisa jangan ngerokok aja , ntah itu vape atau rokok konvensional

susah gan berenti nya

btw ane perokok konvensional yang ingin berhenti


untuk itulah rokok elektrik dibuat gan, karena perokok tembakau kesulitan berhenti. rokok elektrik bisa sebagai produk peralihan, tapi itu tadi, pertimbangan untuk menggunakan merk rokok elektrik harus melalui riset

Quote:Original Posted By Promote
Setelah baca ini, ternyata selama ini ane belajar tentang rokok elektrik dari orang yang keliru emoticon-Big Grin


belajar sama siapa emang gan ? emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By muh.kar.rid
baru tau kalo rokok elektrik yang baik itu justru yang asapnya tipis dan gak bikin candu, thanks infonya gan


bisa dibilang rokok elektrik jika tujuannya ingin menjadi produk peralihan (bukan produk candu baru) memang begitu seharusnya

Quote:Original Posted By bhineksa
selalu informatif, ane yang gak begitu tertarik sama e-cigar jadi tertarik lama-lama setelah baca thread ini, calon HT lagi aja


kalau agan bukan pengguna sebelumnya, atau belum ada keinginan berhenti merokok, jangan coba coba

Quote:Original Posted By blezzernet
dan para pengguna electric cigar cuman bisa manggut manggut dalam hati, mengiyakan semua issue dari thread.... emoticon-Angkat Beer

karena rokok elektrik awalnya terapi meninggalkan rokok terbalik jadi trend baru dan candu baru effect dari bahan rokok eletrik itu sendiri, produsen pun skrg mengubah pola penjualan ke lifestyle goods,

padahal awalnya menurut rumor ini gak ada yang produksi cuman akal2an Do It Yourself orang2 iseng yang mengerti elektronik (dibuat dari senter) buat nyoba2 bikin rokok listrik

emoticon-Angkat Beer


bisa dibilang penemuan yang gak disengaja ya gan, menarik nih buat dibahas di thread selanjutnya

0 0
0
Lihat 2 balasan
7 Salah Kaprah Rokok Elektrik Di Indonesia
06-11-2019 16:58
Quote:Original Posted By dndrnasya
pernah nyobain punya temen, malah jadi kecanduann sih. berarti rokok elektriknya ga baik yaa. hmm nice thread gan menambah informasi thanksss


ya logikanya begitu, kalau rokok elektrik dibuat sebagai peralihan, produk tersebut seharusnya tidak jadi candu gan emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By sssshhhh
Ironis sekali jika dilihat dari misi awal dibuat rokok elektrik ini kan tujuannya agar pengguna rokok konvensional mampu menghentikan kebiasaan merokoknya,
ujung-ujungnya malah menjadi candu baru


karena pasar perokok begitu mantap di Indonesia, banyak oportunis yang buat produk rokok elektrik asal-asalan dengan harga yang murah. produk kaya gitu yang biasanya yang nyebabin candu

Quote:Original Posted By sankus010
tai lah produk mengganggu banget. output nya sama aja ajg. assaaaaap


nah agan salah satu orang yang terganggu dengan outpunya ya ? emoticon-Big Grin
0 0
0
Lihat 1 balasan
7 Salah Kaprah Rokok Elektrik Di Indonesia
Lapor Hansip
06-11-2019 16:58
Balasan post adam.alamsyah95
Quote:Original Posted By adam.alamsyah95
masih belom tau sih apa keunggulan nya dari roko elektrik

apapun itu yang dimasuk ke tubuh pasti ada efeknya , saran sih klo bisa jangan ngerokok aja , ntah itu vape atau rokok konvensional

susah gan berenti nya

btw ane perokok konvensional yang ingin berhenti


ane dah berenti rokok konvensional ko gan, beralih ke vape dan makin hari makin berkurang intensitas ngevapenya, karena emang niatan berhenti.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cingmahmud dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
7 Salah Kaprah Rokok Elektrik Di Indonesia
06-11-2019 17:02
ane salah satu yang berhenti kecanduan rokok dan berlanjut kecanduan vape emoticon-Hammer2
0 0
0
7 Salah Kaprah Rokok Elektrik Di Indonesia
06-11-2019 17:05
abis rokok elektrik ntar nongol rokok mekanik...
emoticon-Ngakak emoticon-Leh Uga
profile-picture
cingmahmud memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
7 Salah Kaprah Rokok Elektrik Di Indonesia
06-11-2019 17:05
Quote:Original Posted By lego_iris1


ane dah berenti rokok konvensional ko gan, beralih ke vape dan makin hari makin berkurang intensitas ngevapenya, karena emang niatan berhenti.


berarti vape nya bagus tuh

Quote:Original Posted By erynna
ane salah satu yang berhenti kecanduan rokok dan berlanjut kecanduan vape emoticon-Hammer2


emoticon-Big Grin
0 0
0
7 Salah Kaprah Rokok Elektrik Di Indonesia
Lapor Hansip
06-11-2019 17:06
Balasan post jagotorpedo
Quote:Original Posted By jagotorpedo
abis rokok elektrik ntar nongol rokok mekanik...
emoticon-Ngakak emoticon-Leh Uga


hahahahaha emoticon-Big Grin
profile-picture
jagotorpedo memberi reputasi
1 0
1
7 Salah Kaprah Rokok Elektrik Di Indonesia
Lapor Hansip
06-11-2019 17:10
Balasan post motivanjrit
bisa maen2 ke thread nya vaporizer and shiza di forum hobby and community gan emoticon-Angkat Beer user user disana banyak banget yang smart
0 0
0
7 Salah Kaprah Rokok Elektrik Di Indonesia
Lapor Hansip
06-11-2019 17:12
Balasan post blezzernet
Quote:Original Posted By blezzernet
bisa maen2 ke thread nya vaporizer and shiza di forum hobby and community gan emoticon-Angkat Beer user user disana banyak banget yang smart


siap, terimakasih rekomendasinya. meluncur ah
0 0
0
7 Salah Kaprah Rokok Elektrik Di Indonesia
06-11-2019 17:24
ane dlu penasaran aja. Alias iku2n ngevape.
krn udh jadi semacam budaya hype anak jama now.
setelah puas utak utik sana sini, alhamdulillah tobat ane, mending balik lg k rokok kretek
lebih sehat.. emoticon-Ngakak
0 0
0
7 Salah Kaprah Rokok Elektrik Di Indonesia
06-11-2019 17:44
oooh ternyata begitu awalnya , baru tau ane .. btw temen temen kerja ane udah mulai banyak yang make gan , tapi bener kata agan yg dimarih mah ngebul sangat asapnya dan ane pasti ngehindar dah emoticon-Hammer2 .. izin share y gan buat info temen temen ane nih .. nice trit emoticon-2 Jempol
Diubah oleh defanasywaQ
profile-picture
tshxandria memberi reputasi
1 0
1
7 Salah Kaprah Rokok Elektrik Di Indonesia
06-11-2019 17:50
ane perokok konvensional dulu sempet pindah ke rokok elektrik, cuma tahan beberapa bulan karna sakit pinggang padahal dah minum banyak...memang sempet ngerasain hampir sebulan ga ngerokok sama sekali...tapi apa daya akhirnya balik lagi ke konvensional
emoticon-Traveller
0 0
0
Halaman 1 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.