Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
160
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5db7f228a7276862a70ae1b9/jajanan-dongkal-mampu-menghilangkan-rasa-lapar
Pertama kali kenal makanan dongkal di Jakarta. Dulu pertama kali merantau dapat kerja di perusahaan daerah Kapuk Jakarta Utara. Teman- teman banyak yang berasal dari Betawi. Hingga suatu saat menawarkan cemilan dongkal.
Lapor Hansip
29-10-2019 15:02

Jajanan Dongkal Mampu Menghilangkan Rasa Lapar

Past Hot Thread
Jajanan Dongkal Mampu Menghilangkan Rasa Lapar

Jajanan Dongkal Mampu Menghilangkan Rasa Lapar



Dongkal jajanan dari Betawi.
Pernahkah agan dan sista mencicipinya?


Rasanya enak lembut apalagi ditaburi kelapa.
Rasa lapar hilang seketika.

Kok bisa ya dongkal menghilangkan rasa lapar?

Dongkal itu terbuat dari tepung beras. Jika kita tidak makan nasi sarapan pagi tidak masalah.

Cukup dengan cemilan dongkal dan segelas teh manis mampu membuat kita bertahan sampai jam makan siang tanpa merasa perut berbunyi.

Apakah semua orang kenal dengan cemilan dongkal?

Jajanan Dongkal Mampu Menghilangkan Rasa Lapar


Hanya beberapa orang mungkin mengenal jajanan ini, terutama yang bekerja di daerah Jakarta.

Pertama kali kenal makanan dongkal di Jakarta. Dulu pertama kali merantau dapat kerja di perusahaan daerah Kapuk Jakarta Utara. Teman- teman banyak yang berasal dari Betawi. Hingga suatu saat menawarkan cemilan dongkal.

Rasanya tidak asing menurut ane karena cemilan kami juga hampir sama dengan dongkal namanya "Lampet" dibungkus daun pisang.
Cuma terasa aneh saja kok namanya dongkal.
Mungkin karena di dongkal kali ya, soalnya kukusannya berbentuk kerucut.

Seperti apakah bentuk cemilan dongkal?

Cemilan dongkal berbentuk piramida, banyak kok dijual di pasar.

Catatan : di pasar Betawi ya atau di daerah Jakarta.

Cemilan dongkal sudah jarang ditemukan apalagi jika di daerah kami Bekasi. Tetapi jika di daerah Jakarta masih banyak yang jualan cemilan dongkal.

Rasa cemilan dongkal hampir sama dengan putu bambu.
Hangat- hangat nyesss , maknyoss mengenyangkan perut.

Pengalaman ane nih kemarin, seperti biasa pulang kerja lapar. Ingin cari cemilan selain Mie.
Kebetulan dekat tempat kerja ada yang jualan dongkal.
Ane mengajak teman membeli cemilan dongkal. Teman ane bingung apa sih cemilan dongkal. Namanya saja aneh. Berulang kali dia menyanggah , putu bambu kali?

Sambil ane jelaskan bahwa cemilan dongkal adalah cemilan khas Betawi. Memang sih sudah jarang ditemukan dan banyak orang hampir melupakannya.

Teman ane merantau langsung ke daerah Bogor makanya cemilan dongkal tidak pernah dimakan.
Setelah kami pergi ke tempat mangkal jualan dongkal. Teman ane merasa takjub karena cara memasak dongkal lain dari yang lain.

Jajanan Dongkal Mampu Menghilangkan Rasa Lapar


Rasanya juga bikin ketagihan, anak-anak ane minta nambah.

"Ma, besok beli lagi ya, enak," ujar Ade, anakku paling bungsu.

Ane suka memperkenalkan mereka makanan tradisional.

Caranya pun sangat mudah, siapapun bisa membuatnya. Berikut ini Akurat.co berikan tips membuatnya.

Bahan:

1. 200 gr tepung beras (ditumbuk hingga halus)

2. ½ buah kelapa muda (kupas kulitnya dan parut)

3. ½ sdt gula pasir

4. ½ sdt vanili bubuk

5. Garam

6. Gula merah

7. Daun pandan dan daun pisang

Cara Membuat:

1. Campur tepung beras, buah kelapa parut, vanili, gula pasir, dan garam.

2. Aduk adonan dengan tangan hingga merata

3. Masukan adonan ke dalam cetakan sedikit demi sedikit sambil ditekan- tekan, kemudian beri taburan gula merah. Ulangi hingga adonan habis.

4. Lalu kukus adonan hingga matang kira-kira 20-30 menit. Pastikan panci untuk mengukus tertutup rapat.

5. Angkat kue, dan keluarkan perlahan dari cetakan. Potong-potong kue sesuai selera dan beri taburan kelapa parut.

6. Sajikan kue di atas daun pisang.  []

Sekian dulu agan dan sista semoga bermanfaat, sampai jumpa di tread ane selanjutnya. Terima kasih.


Sumber gambar dokumen pribadi


sumber gambar dan tulisan
Diubah oleh erina79purba
profile-picture
profile-picture
profile-picture
masnukho dan 22 lainnya memberi reputasi
23
Halaman 1 dari 9
Jajanan Dongkal Mampu Menghilangkan Rasa Lapar
29-10-2019 15:03
rasa lapar atasi dengan dongkal
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
1 0
1
Jajanan Dongkal Mampu Menghilangkan Rasa Lapar
29-10-2019 15:03
makanan khas Betawi yukk di coba
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
1 0
1
Jajanan Dongkal Mampu Menghilangkan Rasa Lapar
29-10-2019 15:04
apakah agan dan sista sudah pernah mencicipinya?
0 0
0
Jajanan Dongkal Mampu Menghilangkan Rasa Lapar
29-10-2019 15:05
aku pejwan as always pokoknya wkwkwk
profile-picture
erina79purba memberi reputasi
1 0
1
Jajanan Dongkal Mampu Menghilangkan Rasa Lapar
29-10-2019 15:05
wah kue khas betawi ini.
profile-picture
erina79purba memberi reputasi
1 0
1
Jajanan Dongkal Mampu Menghilangkan Rasa Lapar
29-10-2019 15:10
Quote:Original Posted By agungdar2494
aku pejwan as always pokoknya wkwkwk


Wahh terima kasih nanti kutraktir dongkal yaemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By nofivinovie
wah kue khas betawi ini.


Iya mba Novie, ane suka, hangat di perut apalagi jika sore hari selesai ngajaremoticon-Kiss
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Jajanan Dongkal Mampu Menghilangkan Rasa Lapar
29-10-2019 15:14
Mirip kue putu ya, bahannya juga kaga jauh beda emoticon-Jempol
profile-picture
erina79purba memberi reputasi
1 0
1
Jajanan Dongkal Mampu Menghilangkan Rasa Lapar
Lapor Hansip
29-10-2019 15:14
Balasan post erina79purba
kapan dimana? emoticon-Mewek
profile-picture
erina79purba memberi reputasi
1 0
1
Jajanan Dongkal Mampu Menghilangkan Rasa Lapar
29-10-2019 15:15
Quote:Original Posted By ba.noeng
Mirip kue putu ya, bahannya juga kaga jauh beda emoticon-Jempol


Iya sama bahannya cuma proses dan bentuknya, rasanya sih sama saja gan
profile-picture
ba.noeng memberi reputasi
1 0
1
Jajanan Dongkal Mampu Menghilangkan Rasa Lapar
29-10-2019 15:15
Quote:Original Posted By agungdar2494
kapan dimana? emoticon-Mewek


Yukk datang ke sini,biar kutraktir yaemoticon-Ngakakemoticon-Ngacir2
0 0
0
Jajanan Dongkal Mampu Menghilangkan Rasa Lapar
29-10-2019 15:18
Enak kayaknya nich, klo liat resep masakan itu aku jadi kangen rumah. Biasanya langsung praktek 😁
profile-picture
erina79purba memberi reputasi
1 0
1
Jajanan Dongkal Mampu Menghilangkan Rasa Lapar
29-10-2019 15:18
Quote:Original Posted By istijabah
Enak kayaknya nich, klo liat resep masakan itu aku jadi kangen rumah. Biasanya langsung praktek 😁


Yukk mba segera dieksekusi yaemoticon-Selamatemoticon-Selamatemoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir2
profile-picture
istijabah memberi reputasi
1 0
1
Jajanan Dongkal Mampu Menghilangkan Rasa Lapar
29-10-2019 15:21
Quote:Original Posted By erina79purba
Iya sama bahannya cuma proses dan bentuknya, rasanya sih sama saja gan

Tapi mulai susah nyari yang beginian di Jakarta, abisnya kalah sih sama cemilan kids jaman now yang lebih ngehits emoticon-Cape deeehh
profile-picture
profile-picture
istijabah dan erina79purba memberi reputasi
2 0
2
Jajanan Dongkal Mampu Menghilangkan Rasa Lapar
29-10-2019 15:23
Quote:Original Posted By ba.noeng
Tapi mulai susah nyari yang beginian di Jakarta, abisnya kalah sih sama cemilan kids jaman now yang lebih ngehits emoticon-Cape deeehh


Waktu ane tinggal di daerah Tegal alur Cengkareng, masih ada Gan, sebulan yang lalu main ke Jakarta masih ada
profile-picture
ba.noeng memberi reputasi
1 0
1
Jajanan Dongkal Mampu Menghilangkan Rasa Lapar
29-10-2019 15:25
Pengen ngerasain belm pernah coba itu kue...tapi masa aku harus kejakarta dulu???
profile-picture
erina79purba memberi reputasi
1 0
1
Jajanan Dongkal Mampu Menghilangkan Rasa Lapar
29-10-2019 15:26
Quote:Original Posted By Enisutri
Pengen ngerasain belm pernah coba itu kue...tapi masa aku harus kejakarta dulu???


Buat sendiri aja sist, tuh kan ada resep nyaemoticon-Ngakakemoticon-Rate 5 Staremoticon-Salaman
0 0
0
Jajanan Dongkal Mampu Menghilangkan Rasa Lapar
29-10-2019 15:27
enakan langsung makan kalo buwat itu nanti ekspetasinya gak sama....
profile-picture
erina79purba memberi reputasi
1 0
1
Jajanan Dongkal Mampu Menghilangkan Rasa Lapar
29-10-2019 15:27
Quote:Original Posted By erina79purba
Yukk mba segera dieksekusi yaemoticon-Selamatemoticon-Selamatemoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir2


Cetakannya gak punya emoticon-Mewek
profile-picture
erina79purba memberi reputasi
1 0
1
Jajanan Dongkal Mampu Menghilangkan Rasa Lapar
29-10-2019 15:29
Quote:Original Posted By istijabah
Cetakannya gak punya emoticon-Mewek


Pake kukusan biasa saja sis, yang penting rasanya
profile-picture
istijabah memberi reputasi
1 0
1
Jajanan Dongkal Mampu Menghilangkan Rasa Lapar
29-10-2019 15:30
kalo di sunda namanya awug gan
sama persis kayak gitu, rasanya manis manis gurih
profile-picture
erina79purba memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia