News
Batal
KATEGORI
link has been copied
61
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5db4194e349d0f67c33d0196/posisi-prabowo-mematikan-gerakan-jihad-politik-kaum-garis-keras-dan-politik-identitas
Akademisi dari Universitas Muhammadiyah Kupang Dr Ahmad Atang, MSi mengatakan, masuknya Prabowo dalam kekuasaan Jokowi sebagai menteri pertahanan telah menyisakan masalah bagi kekuatan politik identitas. "Masuknya Prabowo dalam kabinet, tentunya menyisakan masalah bagi kelompok yang teridentifikasi, selalu mengeksploitasi politik identitas keagamaan sebagai jargon politik 02," kata Ahmad
Lapor Hansip
26-10-2019 17:00

Posisi Prabowo Mematikan Gerakan Jihad Politik Kaum Garis Keras dan Politik Identitas

Posisi Prabowo Mematikan Gerakan Jihad Politik Kaum Garis Keras dan Politik Identitas

Akademisi dari Universitas Muhammadiyah Kupang Dr Ahmad Atang, MSi mengatakan, masuknya Prabowo dalam kekuasaan Jokowi sebagai menteri pertahanan telah menyisakan masalah bagi kekuatan politik identitas.

"Masuknya Prabowo dalam kabinet, tentunya menyisakan masalah bagi kelompok yang teridentifikasi, selalu mengeksploitasi politik identitas keagamaan sebagai jargon politik 02," kata Ahmad Atang di Kupang, NTT, Sabtu.

Menurut dia, Prabowo diposisikan sebagai simbol politik umat, sehingga kelompok ini berjuang habis-habisan agar kemenangan Prabowo menjadi tonggak kebangkitan dan kemenangan politik agama Islam.

Namun, hasil pilpres memberi catatan buram bagi kekuatan politik identitas, karena Prabowo kalah melawan Jokowi atau dalam istilah lain, politik agama dikalahkan oleh politik nasionalis.

Atas kenyataan ini, kata dia, antara Prabowo dan gerbong pendukung mulai kehilangan konsesi, dan pada akhirnya Prabowo memilih jalan sendirian untuk masuk dalam koalisi 01 sehingga Gerindra dan Prabowo mendapat jatah kekuasaan menjadi menteri.

"Langkah Prabowo ini menimbulkan masalah karena kelompok ini kehilangan figur dan kesempatan untuk memperkuat jihad politik. Kelompok ini akan berusaha lagi mencari figur tokoh baru yang dianggap dapat mewakili jihad politik mereka", Ucap Ahmad Atang menegaskan.

Menurut dia, dengan bergabungnya Prabowo dalam gerbong kekuasaan Jokowi-Ma'ruf Amin, maka nasib gerbong ini berada di ujung tanduk.

"Mereka tidak bebas bergerak karena akan selalu terpantau sebab ada kecenderungan berperilaku radikalis," kata Ahmad Atang menambahkan.

"Posisi Prabowo di dalam pemerintahan Jokowi, tentu akan meredam kaum ultra kanan atau garis keras, maupun oligarki orde baru yang sering kali diisukan mengotaki aksi-aksi kekerasan dan gerakan melawan pemerintah," katanya.

Menurutnya, di pemerintahan periode ini, Jokowi justru sedang meminjam tangan Prabowo Subianto untuk menyodok para kelompok pendukung fanatik yang diisukan sering mengganggu stabilitas politik nasional.

"Ketika dia (Prabowo-red) sudah menjadi bagian dari Jokowi, maka menyerang Jokowi itu sama dengan menyerang Prabowo," ujarnya.

Belum lagi ditopang oleh Jenderal Luhut, yang masih tetap menjadi orang kuat di pusaran kekuasaan Jokowi. Luhut bisa memainkan banyak peran untuk melindungi Jokowi termasuk dengan mengendalikan Partai Golkar.

"Nah ketika Golkar dan PDIP juga Gerindra bersatu, didukung PKB dan PPP, maka akan sulit menerobos Jokowi," katanya.

Karena itu, dia menyakini bahwa, stabilitas politik nasional akan lebih terjamin karena semua pihak yang berpotensi untuk mengganggu kekuasaan, sudah diredam lewat kehadiran Prabowo dalam kabinet Jokowi jilid dua.

"Warga negara atau tokoh masyarakat yang senang memelihara perseteruan, sengketa, bahkan permusuhan secara terus menerus, sangat tidak baik. Itu dapat menjadi ancaman paling berbahaya bagi bangsa dan negara, terutama bagi umat manusia dan sekaligus gagal melaksanakan perintah agama," katanya.

Dia kemudian mengajak masyarakat meneladani sikap Jokowi dan Prabowo. Ia mengingatkan bahwa pertandingan lewat pilpres telah usai. Kini saatnya bersama bahu-membahu membangun Indonesia.

"Orientasinya sekarang bukan lagi soal memenangkan calon, tetapi bagaimana menyatukan kekuatan guna membangun negara. Jangan mudah menghina atau mencaci-maki pemimpin. Itu sangat tidak baik. Yakini, bahwa pemimpin itu pilihan Tuhan," pungkasnya.


https://m.antaranews.com/berita/1132...itik-identitas

Kasian ya 😄
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sebelahblog dan 5 lainnya memberi reputasi
6
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Posisi Prabowo Mematikan Gerakan Jihad Politik Kaum Garis Keras dan Politik Identitas
26-10-2019 17:03
iya kasian nasbungtaik. jadi konyol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Posisi Prabowo Mematikan Gerakan Jihad Politik Kaum Garis Keras dan Politik Identitas
26-10-2019 17:04
Tidak akan kami maafkan!!!! emoticon-Marah

Bagaimana nasib ahok?
Kok malah menjadikan Prabowo si pelanggar HAM berat sebagai menteri!emoticon-Marah

Ahok yg bersih dan sudah berhasil memimpin mako Brimob selama 2 tahun jauh lebih pantas jadi Menteri emoticon-Marah

Jokowi sudah lupa dengan jutaan Cina yang diperkosa tahun 98 emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
heavenisnomore dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Posisi Prabowo Mematikan Gerakan Jihad Politik Kaum Garis Keras dan Politik Identitas
26-10-2019 17:09
cebi radikal udah melipir dgn sendirinya
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Posisi Prabowo Mematikan Gerakan Jihad Politik Kaum Garis Keras dan Politik Identitas
26-10-2019 17:09
Quote:Original Posted By anus.buswedan


Kasian ya 😄


Ya begitulah
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Posisi Prabowo Mematikan Gerakan Jihad Politik Kaum Garis Keras dan Politik Identitas
26-10-2019 17:13
Tokoh yg bakal mereka coba pakai adalah anies dan sandi. Sayangnya sandi sdh waras, tinggal anies sendiri, tp diapun ngak punya uang. So??? Kadrun harus puja2 brutus.
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Posisi Prabowo Mematikan Gerakan Jihad Politik Kaum Garis Keras dan Politik Identitas
26-10-2019 17:17
Quote:Original Posted By the.commandos
Posisi Prabowo Mematikan Gerakan Jihad Politik Kaum Garis Keras dan Politik Identitas


Mangstap
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Posisi Prabowo Mematikan Gerakan Jihad Politik Kaum Garis Keras dan Politik Identitas
26-10-2019 17:20
Pak Wowo tentu tetap bersama umat kami ya akhi. emoticon-Salaman
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Posisi Prabowo Mematikan Gerakan Jihad Politik Kaum Garis Keras dan Politik Identitas
26-10-2019 17:20
Quote:Original Posted By the.commandos
Posisi Prabowo Mematikan Gerakan Jihad Politik Kaum Garis Keras dan Politik Identitas


Ya bibib banana, rindunya sampai ingin dikau pulang. emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Posisi Prabowo Mematikan Gerakan Jihad Politik Kaum Garis Keras dan Politik Identitas
26-10-2019 17:22
tahun 2019, tahun terburuk bagi kaum alkadrun emoticon-Big Grin
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
1 0
1
Posisi Prabowo Mematikan Gerakan Jihad Politik Kaum Garis Keras dan Politik Identitas
26-10-2019 17:28
Gw sih ragu emoticon-Big Grin

Cepet amat lupanya lu pada, si prabowo (or at least kelompoknya) yg gerakin bgst2 berdaster buat bikin kacau situasi polkam emoticon-Big Grin
Diubah oleh p.star7
profile-picture
profile-picture
profile-picture
heavenisnomore dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Posisi Prabowo Mematikan Gerakan Jihad Politik Kaum Garis Keras dan Politik Identitas
26-10-2019 17:29
kadrun naik daun dan terjun bebas ditahun 2019
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
1 0
1
Posisi Prabowo Mematikan Gerakan Jihad Politik Kaum Garis Keras dan Politik Identitas
26-10-2019 17:35
Orang yg teriak2 anti PKI, diangkat jd menhan.
Ya cebong PKI resah
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan arindra.septa memberi reputasi
0 2
-2
Posisi Prabowo Mematikan Gerakan Jihad Politik Kaum Garis Keras dan Politik Identitas
26-10-2019 17:55
#INAelectionobserverSOS
#hackerrussiabersamakami
#luciewilderussianteenager

emoticon-Jempol
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
1 0
1
Posisi Prabowo Mematikan Gerakan Jihad Politik Kaum Garis Keras dan Politik Identitas
26-10-2019 18:19
ujung2nya Tommy So3harto yg dijadikan nabi oleh kaum tsb
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
1 0
1
Posisi Prabowo Mematikan Gerakan Jihad Politik Kaum Garis Keras dan Politik Identitas
26-10-2019 18:20
Wooyyy jangan bully nabi gua vangke
Tunggu ajah kalian kalo dia fulang
emoticon-Marah
Diubah oleh uzugrowl
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Posisi Prabowo Mematikan Gerakan Jihad Politik Kaum Garis Keras dan Politik Identitas
26-10-2019 18:25
emoticon-Bingung
Diubah oleh manbrotheking
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
1 0
1
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Posisi Prabowo Mematikan Gerakan Jihad Politik Kaum Garis Keras dan Politik Identitas
26-10-2019 18:34
Pilpres sudah selesai baik pendengung bayaran atau pendengung yang pro dan kontra baik kubu 01 dan kubu 02 juga sudah menikmati kue kue dari pilpress kemarin!
Diubah oleh daimond25
0 0
0
Posisi Prabowo Mematikan Gerakan Jihad Politik Kaum Garis Keras dan Politik Identitas
26-10-2019 18:36
Quote:Original Posted By dinhogiloba
#INAelectionobserverSOS
#hackerrussiabersamakami
#luciewilderussianteenager

emoticon-Jempol


Lucie wilde, emang top
Ke xvideos dulu untuk research

Kadrun butuh uang dan nasdem sepertinya melihat peluang ini
hati2, nanti uang habis diporotin
0 0
0
Posisi Prabowo Mematikan Gerakan Jihad Politik Kaum Garis Keras dan Politik Identitas
26-10-2019 18:58
dulu berteman ane rasa tetap berteman prabowo dgn kaum garis keras ibarat pisau bermata dua masuk dalam pemerintahan jokowi ....
ga tau deh ane kok malah skeptis sih
profile-picture
braaivlees memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia