alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
85
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5da54a46018e0d655c7d95b3/pemerintah-buka-peluang-mekarkan-papua-tambah-dua-provinsi
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo membuka peluang Cumiarkan kembali Papua dengan menambah jumlah provinsi yang ada. Saat ini ada dua provinsi di Pulau Papua yakni Provinsi Papua dan Papua barat.
Lapor Hansip
15-10-2019 11:25

Pemerintah Buka Peluang Mekarkan Papua Tambah Dua Provinsi

Past Hot Thread
Pemerintah Buka Peluang Mekarkan Papua Tambah Dua Provinsi

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo membuka peluang Cumiarkan kembali Papua dengan menambah jumlah provinsi yang ada. Saat ini ada dua provinsi di Pulau Papua yakni Provinsi Papua dan Papua barat.

Tjahjo menyebut Papua mendapat keistimewaan untuk pemekaran wilayah meski moratarium pemekaran wilayah yang berlaku sejak 2014 silam belum dicabut.

"Mohon maaf, saya hari ini memberikan moratorium, memotong usulan 314 daerah otonomi baru, baik provinisi maupun kabupaten/kota. kecuali nanti ada putusan pemerintah yang strategis untuk jangka pendek Cumiarkan lagi dua provinsi di Papua," kata Tjahjo di Hotel Grand Paragon, Jakarta, Selasa (15/10).

Tjahjo mengatakan sebenarnya ada banyak usulan pemekaran yang juga baik seperti Provinsi Sumbawa, Provinsi Kepulauan Buton, pemecahan Barito Utara dan Barito Selatan, Provinsi Nias, Provinsi Tapanuli, Provinsi Bogor, Provinsi Nias, dan Provinsi Cirebon.

Namun, tegasnya, pemerintah masih memilah pemekaran yang berdampak baik bagi masyarakat. Sebab, kata Tjahjo, hanya 23 persen daerah pemekaran yang berhasil sejak 1999.

"Kebijakan Pak Jokowi jelas membangun hubungan tata kelola pemerintah pusat dan daerah yang harus semakin efektif efisien mempercepat reformasi birokrasi dalam upaya untuk memperkuat otonomi daerah," ujarnya.

Sebelumnya, beberapa tokoh Papua dan Papua Barat menemui Jokowi untuk menyampaikan aspirasi. Ketua rombongan tokoh Papua, Abisai Rollo, menyampaikan sepuluh tuntutan. Salah satunya terkait pemekaran wilayah.

"Saya perlu sampaikan beberapa hal yang dapat disampaikan oleh rombongan kita. Menjadi catatan penting, pertama kita minta kepada bapak presiden untuk ada pemekaran provinsi lima wilayah adat di Provinsi Papua dan Papua Barat," ucap Abisai yang juga dikenal sebagai Ketua DPRD Kota Jayapura tersebut.

Usulan tersebut disambut positif Jokowi. Namun Jokowi tak bisa menjanjikan seluruh permintaan tokoh bisa dikabulkan.

"Terkait pemekaran, jangan banyak-banyak dulu. Tadi tambahan berapa? lima. Saya iya, tetapi mungkin sementara tidak lima dulu. Mungkin kalau enggak dua, tiga [pemekaran]. Ini kan perlu ada kajian," tegas Jokowi menjawab permintaan tokoh Papua di istana.

SUMBER

Bakal ada beberapa provinsi baru nih kayaknya..
Setuju gak sama wacana tersebut?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
suekethos dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Halaman 1 dari 5
Pemerintah Buka Peluang Mekarkan Papua Tambah Dua Provinsi
15-10-2019 11:28
subannalloh emoticon-EEK!
0 0
0
Pemerintah Buka Peluang Mekarkan Papua Tambah Dua Provinsi
15-10-2019 11:33
Lumayan, tambah gubernur bupati walikota anggota dpr
0 0
0
Pemerintah Buka Peluang Mekarkan Papua Tambah Dua Provinsi
15-10-2019 11:43
Pemekaran bukan solusi.


Solusinya adalah khilafah.

Oh iya, dan jokowi harus mundur.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cahyowahyu4869 dan 9 lainnya memberi reputasi
3 7
-4
Lihat 6 balasan
Pemerintah Buka Peluang Mekarkan Papua Tambah Dua Provinsi
15-10-2019 11:48
Bandingin aja luasnya sama kalimantan, kalimantan ada berapa propinsi?
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
1 0
1
Pemerintah Buka Peluang Mekarkan Papua Tambah Dua Provinsi
15-10-2019 11:49
Papua itu besar..
Diubah oleh namima
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
Pemerintah Buka Peluang Mekarkan Papua Tambah Dua Provinsi
15-10-2019 11:58
Pulangin tjahjo plis, biar niatan provinsi bogor raya segera terealisasi
profile-picture
hagi321 memberi reputasi
1 0
1
Pemerintah Buka Peluang Mekarkan Papua Tambah Dua Provinsi
15-10-2019 12:07
Bagus juga sih, secara Papua itu pulau besar juga. Tinggal gimana masyarakat Papua sendiri, menyambut baik apa ngak terkait pemekaran wilayah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hagi321 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Pemerintah Buka Peluang Mekarkan Papua Tambah Dua Provinsi
15-10-2019 12:41
buset deh nambah lagi , jangan lah di tambah .
profile-picture
hagi321 memberi reputasi
1 0
1
Pemerintah Buka Peluang Mekarkan Papua Tambah Dua Provinsi
Lapor Hansip
15-10-2019 12:41
Balasan post adnnin
itu ormas apa ya gan ?

hahaha
profile-picture
profile-picture
isabela1234 dan hagi321 memberi reputasi
2 0
2
Pemerintah Buka Peluang Mekarkan Papua Tambah Dua Provinsi
15-10-2019 12:48
Setuju, krn trlalu luas jg utk sebuah provinsi
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
1 0
1
Pemerintah Buka Peluang Mekarkan Papua Tambah Dua Provinsi
15-10-2019 13:02
misool aja mekarin, bisa jadi bali kedua loh itu kalo manajemennya bagus dan jalan
profile-picture
hagi321 memberi reputasi
1 0
1
Pemerintah Buka Peluang Mekarkan Papua Tambah Dua Provinsi
Lapor Hansip
15-10-2019 14:35
Balasan post adnnin
Hahahahaha, kalo solusinya khilafah entar gimana tuh? Bisa dijelasin gak, dengan khilafah bisa jadi kayak gimana indonesia?
0 0
0
Pemerintah Buka Peluang Mekarkan Papua Tambah Dua Provinsi
15-10-2019 14:35
Pemekaran Mulu, berbuah kg emoticon-Cape d... (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hagi321 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Pemerintah Buka Peluang Mekarkan Papua Tambah Dua Provinsi
15-10-2019 14:40
mantap
Diubah oleh ranidewi2703
profile-picture
hagi321 memberi reputasi
1 0
1
Pemerintah Buka Peluang Mekarkan Papua Tambah Dua Provinsi
15-10-2019 14:43
semakin terbagi bagi.
nambah pemimpin daerah lagi.
nambah administrasi lagi.
nambah orang orang depe.er lagi
coba tambahin lagi... mungkin masih ada yang kurang
Diubah oleh sankus010
profile-picture
esaka.kedua memberi reputasi
1 0
1
Pemerintah Buka Peluang Mekarkan Papua Tambah Dua Provinsi
15-10-2019 14:44
Quote:Original Posted By materaitempel
Pemekaran Mulu, berbuah kg emoticon-Cape d... (S)


emoticon-Ngakak lahan proyek baru nih emoticon-Malu bangun gedung, bangun jalan, pengadaan meubel kantor, pengadaan alat tulis kantor, atribut kampanye pilkada + jangan lupa siapin berkas berkas buat nyalon...mayan ngurangi pengangguran bisa kerja kantoran emoticon-Malu
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Pemerintah Buka Peluang Mekarkan Papua Tambah Dua Provinsi
15-10-2019 14:44
bakal ada provinsi bogor juga? emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
hagi321 dan kaiharis memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Pemerintah Buka Peluang Mekarkan Papua Tambah Dua Provinsi
15-10-2019 14:45
intinya ya banyak yang pengen jadi penguasa
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
1 0
1
Pemerintah Buka Peluang Mekarkan Papua Tambah Dua Provinsi
15-10-2019 14:45
bagi2 jabatan jaman now
0 0
0
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.