- Beranda
- The Lounge
Cacatnya Sistem Transaksi di Bukalapak.com memudahkan Modus Penipuan Baru
...
TS
Blackpantat
Cacatnya Sistem Transaksi di Bukalapak.com memudahkan Modus Penipuan Baru
Quote:
Quote:
ASSALAMUALAIKUM WR.WB
Perkenalkan Aplikasi Bukalapak.comYANG KATANYA Bukalapak merupakan salah satu online marketplace terkemuka di Indonesia yang menyediakan sarana jual-beli dari konsumen ke konsumen. Semua orang dapat membuka toko online di Bukalapak dan melayani pembeli dari seluruh Indonesia untuk transaksi satuan maupun banyak.
Quote:
Disini saya tidak bermaksud untuk Menghina ataupun Merusak nama BUKALAPAK.COM tapi disini saya hanya membandingankan sistem yang CACAT dimana sudah ada beberapa kasus penipuan yang terjadi dan pihak BUKALAPAK.com seolah-olah bahwa sepenuhnya kesalahan dari Pembeli yang kurang Paham/Teliti/Fokus ataupun yang dimana kebodohan dari Korban. Jauh dan sangat berbeda pengalaman saya saat bertransaksi dan menggunakan marketplace lain Seperti Tokoijo, Mba Sopi, dan lain-lainnya. Dimana pengalaman pribadi saya bahwa tidak pernah terjadi pembekuan dan respon sangat cepat.
Baik Disini saya Menceritakan Kronologis Tertipunya Saya
Quote:
Quote:
Pada Tanggal 28 September 2019 Sekitar Jam 07.40 (Sebelum Berangkat Kuliah) saya membuka Aplikasi Bukalapak.com dan mendapatkan iklan HP Samsung Galaxy S10 PLUS dimana harga tersebut cukup murah dan saya sangat tertarik untuk membelinya. Karena percaya bahwa sistem di Bukalapak sangat aman
Kemudian saya mencoba untuk menayakan Barang tersebut
Beginilah proses Pertanyaan yang singkat tersebut
Kemudian saya mencoba untuk menayakan Barang tersebut
Beginilah proses Pertanyaan yang singkat tersebut
Quote:
Quote:
Quote:
Quote:
Quote:
Quote:
Kemudian saya pergi ke ATM di daerah Kampus saya untuk menyelesaikan transaksi. Setelah Melakukan transaksi Menggunakan Virtual Account dari Bukalapak sendiri. Bahwa Penjual mengatakan terjadi gangguan/error transaksi dan secara sepihak bahwa dana/uang yang saya kirim melalui virtual Account di bekukan oleh Pihak Bukalapak (DISINI TERLIHAT JELAS BAHWA SISTEM PEMBEKUAN PADA BUKALAPAK SANGAT MUDAH UNTUK DIMANFAATKAN) secara mendadak tanpa ada telpon dari pihak resmi atau pemberitahuan apapun baik email dan sebagainya. Pada saat Jam ini saya sedang melakukan kegiatan perkuliahan, beberapa menit kemudian saya di Telpon oleh yang mengaku CS Bukalapak (RIO) 08126907333 Ia mengatakan " Permisi bahwa ini betul dengan Bapak Muhammad ....... apakah betul bapak melakukan transaksi pembelian HP SAMSUNG GALAXY S10 PLUS dengan nominal senilai Rp7.053.734 bahwa saat ini Bukalapak mengalami gangguan server dimana semua transaksi sedang mengalami trouble dimana hanya bisa melakukan pembayaran Transfer ke Rekening kami yaitu PT Bukalapak.com, Saya dikelabui dengan cara bahwa untuk mengetahui rekening kami bapak cukup melakukan percobaan pembelian dengan dalih hanya mengetahui Rekening Bukalapak, saya sempat menanyakan bahwa kenapa harus menggunakan Nomor HP, Penipu beralasan bahwa jika menggunakan Telp CS maka bapak tidak bisa berkomunikasi Dua arah dimana telp hanya bisa menerima dan tidak bisa memberi tau nantinya bla bla bla...... sayapun terperdaya pada saat itu.
Kemudian Saya dimintai untuk mentransfer ulang dengan memilih salah satu bank tersebut katanya dikarenakan saat ini memang terjadi gangguan dimana saya harus mentransfer ke rekening PT Bukalapak.com dengan nominal yang sudah disesuaikan. Sebelumnya karena barang sudah proses pengiriman atau bahasa lainnya barang sudah terkirim jadi tidak bisa untuk di tarik kembali dan dana saya sebelumnya akan bisa dicairkan, beliau meminta saya berusaha agar barang ini sampai ke saya dan penjual dapat uang tersebut, karena memang kondisi saya memang tidak fokus karena sedang mengikuti perkuliahan dimana saya harus bolak balik dengan buru-buru untuk IZIN pergi ke ATM untuk mentransfer uang saya dan sudah terpengaruh di awal. Sayapun dengan bodohnya untuk melakukannya. karena yang saya tau biasanya/pengalaman orang-orang bahwa penipu akan melempar ke Rekening Bank yang berbeda tetapi ternyata ia menggunakan Rekening Bukalapak untuk bisa menutupi jejaknya. Setelah saya melakukan konfirmasi transfer ulang saya dengan menggunakan rekening pribadi saya, Penipu (RIO) mencoba lagi untuk menipu saya dengan berdalih bahwa ada permasalahan di pencairan dana dimana minimal saldo di Rekening Harus Rp 5.000.000 di dalam ATM dan saat itu saya mulai tau saya sudah tertipu, kemudian saya mencoba hubungi bukapalak (facebook) akan tetapi responya sangat lama dan sayapun mencoba searching nomor Call Center dan menelpon Bukalapak. singkat cerita saya harus menunggu 4x24 jam dari pelaporan saya, PADA HARI INI 29 SEPTEMBER 2019 setelah lebih dari 4x telpon dan lebih dari 24 jam, saya pun mendapatkan Jawaban bahwa dana saya sudah dicairkan oleh penipu. bahwa tidak bisa di tarik kembali ke akun atau Bank saya. dan sayapun sempat menanyakan kenapa tidak laporkan ke pihak kepolisian karena kasus seperti ini sudah beberapa kali terjadi tetapi jawaban bahwa pihak bukalapak tidak bisa melaporkannya karena bukan korban tetapi hanya perantara.
KASUS YANG PERSIS DENGAN SAYA ALAMI
https://www.kredibel.co.id/reviews/N...-bukalapak.com
https://www.kaskus.co.id/thread/5b37...9b09d3688b4567
YANG MENJADI PERTANYAAN SAYA ADALAH BAHWA SUDAH BANYAK TERNYATA YANG MENGALAMI NASIB YANG SAMA SEPERTI SAYA, BAHKAN TERJADI DI TAHUN 2018, DI PIHAK BUKALAPAK TETAP MASIH MENGGUNAKAN KECACATAN TRANSAKSI TERSEBUT ? SEOLAH-OLAH KITA YANG BODOH (KARENA KETIDAKTAHUAN KITA DALAM BERTRANSAKSI YANG AMAN), PADAHAL JIKA MELIHAT BAHWA MEMANG ADA KECACATAN DALAM PEMBEKUAN TERSEBUT DIMANA KITA TIDAK MENERIMA TELP CALL CENTER, SMS NOTIFIKASI ATAU EMAIL DENGAN ALASAN KITA DIBEKUKAN, DISINILAH MOMENT YANG DI MANFAATKAN PELAKU UNTUK MASUK KE DALAM RANAH BUKALAPAK.COM
APAKAH CUSTOMER/ PENGGUNAKAN SEPERTI KITA HARUS MENERIMA AKIBATNYA DAN HARUS MENANGGUNG RESIKONYA SENDIRI. DAN PIHAK BUKALAPAK TIDAK BISA MEMBANTU (BEKERJA SAMA) DALAM MENCARI SIAPA PELAKUNYA ? DIMANA KITA HARUS MANDIRI UNTUK MENCARI PENIPU TERSEBUT.
Spoiler for Rekening Bank Bukalapak:
Kemudian Saya dimintai untuk mentransfer ulang dengan memilih salah satu bank tersebut katanya dikarenakan saat ini memang terjadi gangguan dimana saya harus mentransfer ke rekening PT Bukalapak.com dengan nominal yang sudah disesuaikan. Sebelumnya karena barang sudah proses pengiriman atau bahasa lainnya barang sudah terkirim jadi tidak bisa untuk di tarik kembali dan dana saya sebelumnya akan bisa dicairkan, beliau meminta saya berusaha agar barang ini sampai ke saya dan penjual dapat uang tersebut, karena memang kondisi saya memang tidak fokus karena sedang mengikuti perkuliahan dimana saya harus bolak balik dengan buru-buru untuk IZIN pergi ke ATM untuk mentransfer uang saya dan sudah terpengaruh di awal. Sayapun dengan bodohnya untuk melakukannya. karena yang saya tau biasanya/pengalaman orang-orang bahwa penipu akan melempar ke Rekening Bank yang berbeda tetapi ternyata ia menggunakan Rekening Bukalapak untuk bisa menutupi jejaknya. Setelah saya melakukan konfirmasi transfer ulang saya dengan menggunakan rekening pribadi saya, Penipu (RIO) mencoba lagi untuk menipu saya dengan berdalih bahwa ada permasalahan di pencairan dana dimana minimal saldo di Rekening Harus Rp 5.000.000 di dalam ATM dan saat itu saya mulai tau saya sudah tertipu, kemudian saya mencoba hubungi bukapalak (facebook) akan tetapi responya sangat lama dan sayapun mencoba searching nomor Call Center dan menelpon Bukalapak. singkat cerita saya harus menunggu 4x24 jam dari pelaporan saya, PADA HARI INI 29 SEPTEMBER 2019 setelah lebih dari 4x telpon dan lebih dari 24 jam, saya pun mendapatkan Jawaban bahwa dana saya sudah dicairkan oleh penipu. bahwa tidak bisa di tarik kembali ke akun atau Bank saya. dan sayapun sempat menanyakan kenapa tidak laporkan ke pihak kepolisian karena kasus seperti ini sudah beberapa kali terjadi tetapi jawaban bahwa pihak bukalapak tidak bisa melaporkannya karena bukan korban tetapi hanya perantara.
Spoiler for Transaksi Virtual Akun:
Spoiler for Permainan Kode Pembayaran:
Quote:
Dengan Jawaban dari CS Bukalapak seperti ini saya pribadi sangat kecewa dengan pihak Bukalapak karena BUKANNYA memperbaiki sistemnya karena ini sudah terjadi beberapa kali
dan Dana saya Tidak mau ganti rugi oleh pihak bukalapak karena ini sepenuhnya kesalahan saya pribadi DAN KEBODOHAN SAYA (TERIMA KASIH) .
dan Dana saya Tidak mau ganti rugi oleh pihak bukalapak karena ini sepenuhnya kesalahan saya pribadi DAN KEBODOHAN SAYA (TERIMA KASIH) .
DISINI SAYA MENCOBA BERANDAI-ANDAI JIKA MUNGKIN SAYA TIDAK TERJADI PEMBEKUAN DANA SECARA SEPIHAK SAYA PADA SAAT ITU MUNGKIN DANA SAYA AMAN-AMAN SAJA KARENA PENJUAL TIDAK MENGETAHUI DATA AKUN BUKALAPAK SAYA
(CS BUKALAPAK (OFFICIAL) BERDALIH BAHWA INI AKUN FRAUD DIMANA DENGAN MUDAH MENCURI DATA SAYA DAN SAYA SUDAH TERKENA PHISING DARI PENIPU) KALAU MENURUT SAYA JIKA INI TIDAK TERJADI , MUNGKIN SAYA TIDAK AKAN MENTRANSFER ULANG DENGAN KODE PEMBAYARAN YANG BERBEDA,
DAN JUGA SEANDAINYA BUKALAPAK MEMBERI TAU ATAU SEMACAM NOTIFIKASI MELALUI CALL CENTER LANGSUNG ATAU EMAIL PADA SAAT ITU ALASAN DANA SAYA DIBEKUKAN PADA SAAT ITU MAKA SAYA TIDAK MUNGKIN MENTRANSFER ULANG DANA TERSEBUT. KARENA PADA SAAT ITU RIO (PENIPU) SANGAT MENGETAHUI BETUL DATA PEMBELIAN SAYA DAN MEMANFAATKAN CELAH DARI SISTEM CACAT DARI BUKALAPAK.COM
TERIMA KASIH BUKALAPAK.COM DENGAN BEGINI SEMUA PEMBELI MUNGKIN AKAN BERHATI-HATI DALAM MEMBELI, DAN LEBIH MEMILIH MARKETPLACE YANG LEBIH BAIK LAGI. ALANGKAH LEBIH BAIKNYABUKALAPAK.COM MEMPERBAIKI SISTEM PENIPUAN INI DAN MEMBERIKAN SOSIALISASI TERHADAP MODUS BARU INI SECARA BESAR-BESARAN TERHADAP PENGGUNA (CUSTOMER). TETAPI BUKALAPAK LEBIH MEMILIH MENYALAHKAN CUSTOMER BAHWA KENAPA MAU MELAKUKAN TRANSAKSI TERSEBUT. SEHINGGA SAYA SANGAT YAKIN BAHWA AKAN KORBAN LAGI SEPERTI SAYA JIKA DIA TIDAK MEMBACA POSTINGAN SAYA.
KASUS YANG PERSIS DENGAN SAYA ALAMI
https://www.kredibel.co.id/reviews/N...-bukalapak.com
https://www.kaskus.co.id/thread/5b37...9b09d3688b4567
YANG MENJADI PERTANYAAN SAYA ADALAH BAHWA SUDAH BANYAK TERNYATA YANG MENGALAMI NASIB YANG SAMA SEPERTI SAYA, BAHKAN TERJADI DI TAHUN 2018, DI PIHAK BUKALAPAK TETAP MASIH MENGGUNAKAN KECACATAN TRANSAKSI TERSEBUT ? SEOLAH-OLAH KITA YANG BODOH (KARENA KETIDAKTAHUAN KITA DALAM BERTRANSAKSI YANG AMAN), PADAHAL JIKA MELIHAT BAHWA MEMANG ADA KECACATAN DALAM PEMBEKUAN TERSEBUT DIMANA KITA TIDAK MENERIMA TELP CALL CENTER, SMS NOTIFIKASI ATAU EMAIL DENGAN ALASAN KITA DIBEKUKAN, DISINILAH MOMENT YANG DI MANFAATKAN PELAKU UNTUK MASUK KE DALAM RANAH BUKALAPAK.COM
APAKAH CUSTOMER/ PENGGUNAKAN SEPERTI KITA HARUS MENERIMA AKIBATNYA DAN HARUS MENANGGUNG RESIKONYA SENDIRI. DAN PIHAK BUKALAPAK TIDAK BISA MEMBANTU (BEKERJA SAMA) DALAM MENCARI SIAPA PELAKUNYA ? DIMANA KITA HARUS MANDIRI UNTUK MENCARI PENIPU TERSEBUT.
zafinsyurga dan 5 lainnya memberi reputasi
6
1.8K
Kutip
12
Balasan
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
925.2KThread•91.2KAnggota
Urutkan
Terlama
Komentar yang asik ya