Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rizuki77Avatar border
TS
rizuki77
Pulau Manise (ambon) diguncang Gempa Bumi 6.8 SR

https://www.idntimes.com/news/indonesia/aldzah-fatimah-aditya/korban-meninggal-akibat-gempa-maluku-bertambah-jadi-23-orang

Kamis26 september 2019 gempa bumi mengguncang pulau maluku dan sekitarnya.Saat ini beberapa gempa susulan dirasakan oleh warga ambon dan sekitarnya.Gempa berpusat di 40 kilometer timor laut ambon dengan kedalaman 10 kilometer.28/09/2019 telah terjadi gempa susulan sebanyak 484 kali,menurut data dari BMKG.

https://www.kompas.com/tren/read/2019/09/28/141420065/situasi-gempa-ambon-terkini-484-gempa-susulan-25000-orang-mengungsi


Situasi kota ambon saat ini yaitu menurut data dari BNPB(Badan Nasional Penanggulangan Bencana),terdapat 20 korban meninggal dunia,152 orang luka-luka,dan 25.000 orang mengungsi.

Kerusakan yaitu 534 unit rumah(106 rusak berat,125 rusak sedang,303 rusak ringan).BNPB telah berkoordinasi dengan lembaga-lembaga terkait untuk menangani dmapak bencana gempa bumi yang mengguncang kota ambon dan sekitarnya.Pemerintah dan lembaga terkait tengah terus melakukan pendataan korban dan dampak gempa bumi di ambon,selain itu juga pengiriman bantuan terhadap para korban seperti makanan,obat-obatan,pakaian,tenda,medis guna membantu sekaligus mengurangi beban para korban yang ada di maluku dan sekitarnya.

Provinsi Maluku dan sekitarnya merupakan daerah kawasan rawan bencana gempa bumi dan tsunami.Indonesia merupakan negara yang termasuk kedalam ring of fire  yaitu negara cincin api yang merupakan kawasan lempeng aktif di dunia yang dimulai dari chile mengitari tepi samudera pasifik,jepang,philipina hingga ke indonesia.Sehingga negara indonesia terdapat gunung api aktif dan sering terjadi gempa bumi.


Gempa bumi dan tsunami merupakan hal yang patut diwaspadai oleh masyarakat indonesia.Karena sebagian besar wilayah kita merupakan kawasan rawan terhadap gempa bumi dan tsunami.Terdapat banyak perkiraan dan perhitungan dari para ahli terkait dengan gempa bumi dan tsunami di indonesia.Isu dimana akan terjadi gempa bumi dan tsunami yang besar akan melanda wilayah indonesia.Akan tetapi kita tidak boleh terpancing dengan isu tersebut,kita harus bijak dan cerdas dalam menghadapi bencana gempa bumi dan tsunami.Berikut bagaimana cara menyelamatkan diri apabila terjadi Gempa bumi dan tsunami.


1)Apabila terjadi gempa bumi,kita sedang didalam sebuah gedung carilah tangga darurat atau berlindung dibawah meja yang kokoh dan kuat untuk berlindung.

https://www.synergysolusi.com/tangga...kebakaran.html

2)Carilah tempat yang aman untuk menyelamatkan diri dari runtuhan bangunan seperti lapangan terbuka,hindari pohon yang besar dan tiang listrik.

https://id.foursquare.com/v/lapangan-terbuka/4ee9701fe3001405fd2bf9d0/photos
3)Apabila terjadi peringatan dini tsunami,selamatkan diri dengan mengikuti rute jalur evakuasi,dengan cara pergi ke tempat yang lebih tinggi dari laut atau ke bangunan shelter tsunami 



https://id.wikipedia.org/wiki/Pegunu..._Bukit_Barisan

https://nasional.tempo.co/read/1174643/menengok-shelter-tsunami-di-ulak-karang-padang-yang-terbengkalai




0
906
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.