1. Dapat Berinteraksi dengan Sesama.
Salah satu dari manfaat komunitas Sispala yaitu mengajarkan kita berinteraksi dengan sesama khususnya di Komunitas Sispala karena di Komunitas ini membutuhkan anggota- anggotanya aktif satu sama lain, bekerja sama dan tolong menolong satu sama lain.
Sispala Identik dengan Alam otomatis memerlukan interaksi satu sama lain dengan anggota sesama komunitas tersebut. Mengajarkan pula siswa untuk bagaimana cara membangun komunikasi yang baik dengan sesama anggota SISPALA, cara bersikap terhadap orang lain, cara mencari atau memilih teman serta cara bergaul sehingga kelak siswa akan menjadi pribadi yang sosialis atau senang bergaul dan membangun hubungan positif dengan orang lain. Kondisi tersebut sangat berperan bagi siswa dalam pembentukan karakter dan kepribadian siswa.
2. Mengajarkan Siswa Pentingnya Akan Kerja Sama.
Siswa Pencinta Alam akan banyak melakukan interaksi sesama anggota komunitasnya tersebut, biasa dalam kegiatan alam seperti mendaki maupun memanjat tebing diperlukan adanya kerja sama satu sama lain untuk mencapai suatu puncak. Pentingya saling peduli satu sama lain untuk memudahkan dalam hal yang dilakukan oleh seorang siswa untuk mendapatkan hasil baik. Hal tersebut dapat menghindarkan siswa dari hal individualis dan sikap egois dari siswa itu sendiri.
3. Sebagai Penambah Wawasan atau Sebagai Pengembangan Ilmu Pengetahuan Untuk Siswa.
Komunitas SISPALA juga sebagai wadah untuk mengembangkan Ilmu Pengetahuan Siswa. Misalnya, dalam kegiatan Alam diajarkan tentang kepemimpinan maka dalam kegiatan tersebut seorang pemimpin harus memiliki sikap bertanggung jawab, berani jujur, dapat dipercaya karena pada saat kegiatan Alam contohnya pada saat mendaki dibutuhkan Pemimpin yang handal untuk mengambil alih dalam berpetualang.
Sebagai Wawasan juga untuk cara melindungi, merawat, dan mencegah kerusakan Alam, Siswa juga akan diajarkan hal tersebut dalam bentuk melestarikan Alam karena pada zaman sekarang Alam kita dalam keadaan kacau kebakaran hutan, pencemaran, dan lain sebagainya.
4. Menjadikan Siswa Menjadi Yang Lebih Mandiri Serta Menjadi Pribadi Yang Berani Dalam Diri Siswa.
Melalui Kegiatan Alam perlahan - lahan akan menumbuhkan jiwa Kemandirian dalam diri anak sehingga meminimalisir sikap manja dan cengeng pada siswa. Karena dalam kegiatan Alam seperti kegiatan Survival Siswa tidak boleh manja dan cengeng karena pada saat kegiatan Survival Siswa diajarkan bagaimana caranya untuk bertahan hidup di Alam yang bebas.
Siswa akan menjadi pribadi yang lebih berani. Hal tersebut terjadi karena siswa banyak melakukan kegiatan positif dalam kegiatan alam seperti Survival, Mendaki atau Memanjat tebing, Berpetualang, Merawat, Menjaga, Mencegah kerusakan Serta melestarikan alam. Sehingga jika siswa konsisten dalam kegiatan alam tersebut siswa akan menjadi pribadi yang lebih berani.