alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d7f6820a727682b822fa10c/pembahasan-ruu-kpk-dikritik-publik-jokowi-tegaskan-revisi-jalan-terus
Lapor Hansip
16-09-2019 17:46
Pembahasan RUU KPK Dikritik Publik, Jokowi Tegaskan Revisi Jalan Terus
Past Hot Thread
Pembahasan RUU KPK Dikritik Publik, Jokowi Tegaskan Revisi Jalan Terus


Sampai saat ini proses pembahasan RUU KPK Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi terus menjadi pembahasan hangat masyarakat.

Banyak yang menyebut bahwa revisi tersebut merupakan upaya untuk melemahkan fungsi dan kekuatan KPK dalam memberantas korupsi. Publik pun semakin khawatir jika RUU KPK ini disahkan maka berpotensi hilangnya identitas KPK sebagai lembaga yang independen.

Walaupun menerima berbagai kritik, proses revisi UU KPK tidak berhenti. Jokowi pun menegaskan bahwa pembahasan mengenai hal ini akan jalan terus walaupun mendapat kritik dari banyak pihak.

Orang nomor 1 di Indonesia ini juga mengajak semua pihak untuk mengawasi jalannya pembahasan revisi UU KPK antara pemerintah dan DPR.

"Mengenai revisi UU KPK itu kan ada di (gedung) DPR (pembahasannya). Marilah kita awasi bersama-sama, semuanya awasi," kata Jokowi di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (16/9/2019) melansir dari Kompas.com.

Meskipun begitu, Jokowi menegaskan bahwa substansi yang diinginkan pemerintah terhadap revisi UU KPK ini tidak akan berubah dari yang telah disampaikan sebelumnya.

Diantaranya adalah pembentukan Dewan Pengawas yang mempunyai fungsi pemberi izin kepada KPK mengenai penyadapan, penerbitan surat perintah penghentian penyidikan (SP3), hingga status penyidik KPK sebagai aparatur sipil negara.

Tapi, bisa dibilang substansi yang diusulkan pemerintah itu hanya sedikit berubah dari draf RUU KPK yang diusulkan DPR. Contohnya seperti jangka waktu penghentian penyidikan yang diperpanjang dari satu tahun menjadi dua tahun. Lalu, Jokowi juga menolak KPK harus berkoordinasi dengan kejaksaan dalam melakukan penuntutan. Ia juga tidak setuju jika pengelolaan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) dikeluarkan dari KPK.

Jokowi pun mengklaim bahwa revisi UU KPK dilakukan untuk memperkuat lembaga antirasuah tersebut.

"KPK tetap dalam posisi kuat dan terkuat dalam pemberantasan korupsi. Ini tugas kita bersama," kata Jokowi melansir dari Kompas.com.

Walaupun begitu, Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW), Donal, menyebut bahwa wacana Jokowi yang ingin memperkuat KPK lewat revisi UU hanyalah angan-angan atau delusi belaka.

Ia menilai, sikap Presiden Jokowi terhadap KPK sebenarnya tidak berbeda jauh dari draf yang telah disusun DPR.

Donal juga menyimpulkan bahwa Presiden dan DPR sama-sama ingin melemahkan lembaga antiraasuah tersebut melalui revisi UU KPK.

"Kalau DPR itu drafnya sangat melemahkan, presiden kadarnya lebih kecil dari DPR. Itu saja. Poinnya tetap bertemu untuk memperlemah," ucap Donal.


REFERENSI
https://nasional.kompas.com/read/201...terus?page=all

Diubah oleh Gosipin.Politik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
secrettopsecret dan 7 lainnya memberi reputasi
8
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 5
16-09-2019 17:50
padahal ngerti aja kagak dia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jokermainstream dan 4 lainnya memberi reputasi
5
Lihat 2 balasan
16-09-2019 17:54
Aku PERCAYA emoticon-I Love Indonesia

Maju terus pantang mundur pak jokowi emoticon-Christmas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Blackberry6699 dan 4 lainnya memberi reputasi
1
16-09-2019 18:01
Baguslah, mosok presiden mau disetir LSM dan pegawai KPK.

Contohlah KPU, tiap mo pemilu UU direvisi, apa pernah nolak? Enggak pernah mereka, sekalipun pekerjaan nya jadi lebih rumit berkali-kali lipat, nggak pernah mereka demo. Mereka tetap berupaya melaksanakan UU, karena mereka menyadari tugas mereka sebatas melaksanakan UU. Sedang yg bertugas bikin UU adalah DPR dan pemerintah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bendolpeang dan 13 lainnya memberi reputasi
6
16-09-2019 18:03
Lanjut ya gan
profile-picture
profile-picture
kolollolok dan gabener.edan memberi reputasi
2
16-09-2019 18:18
lanjutken klo begitu
profile-picture
profile-picture
kolollolok dan x.enam memberi reputasi
2
16-09-2019 18:19
kubu memang berbeda..

tapi..

kepentingan sama...

ayo kita bersatu..

dagelann Indonesiaku..


emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lqmnnhkm dan 5 lainnya memberi reputasi
6
16-09-2019 18:23
Pembahasan RUU KPK Dikritik Publik, Jokowi Tegaskan Revisi Jalan Terus


Tukang tipu!! emoticon-Betty
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ueki19 dan 15 lainnya memberi reputasi
14
Lihat 1 balasan
16-09-2019 18:56
kena deh....
profile-picture
Raaiiinnn memberi reputasi
1
16-09-2019 20:55
Terus berjuang wahai presiden pilihan rakyat pintar...kami percaya padamu..
Presiden terbaik sepanjang sejarah..Hanya sayangnya disaat Dpr terbusuk sebagai partner nya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
netz34 dan 9 lainnya memberi reputasi
-6
16-09-2019 21:00
nih drama sama kayak demo ga makan infra
ujung"nya diembat juga
kalo emang merasa benar harusnya ga perlu terguncang macam pisang tegangemoticon-Leh Uga
Diubah oleh ruuki
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kolollolok dan 2 lainnya memberi reputasi
3
16-09-2019 21:10
Quote:Original Posted By larapeequer
Baguslah, mosok presiden mau disetir LSM dan pegawai KPK.

Contohlah KPU, tiap mo pemilu UU direvisi, apa pernah nolak? Enggak pernah mereka, sekalipun pekerjaan nya jadi lebih rumit berkali-kali lipat, nggak pernah mereka demo. Mereka tetap berupaya melaksanakan UU, karena mereka menyadari tugas mereka sebatas melaksanakan UU. Sedang yg bertugas bikin UU adalah DPR dan pemerintah.


Ngomong ngelantur, kalo presiden di setir sekelas mentri kagak kena ciduk KPK, OTT pula, sekelas Romi aja langsung masuk penjara karena udah lama di sniper.

Kau jg samakan UU KPU yg bikin ribuan orang masuk rumah sakit , 100 orang meninggal, walopun lu bilang direvisi sekalipun kalo bikin UU gak pake otak. Terus lu salahin pelaksana? Lah siapa itu yg bikin pemilu serentak. Kalo KPK gak pernah OTT sama aja gak kerja, gak nangkep anggota Dewan yg terkenal korup hingga ngetek partainya ke wiwi cuma buat perlindungan bukan?

Rakyat aja menjalankan mandat UU lebih tertib kalo gak taat UU tiap hari udah ada demo dan pemberontakan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
oktavius30 dan 12 lainnya memberi reputasi
9
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
16-09-2019 21:26
Balasan post dsturridge15
Quote:Original Posted By dsturridge15


Ngomong ngelantur, kalo presiden di setir sekelas mentri kagak kena ciduk KPK, OTT pula, sekelas Romi aja langsung masuk penjara karena udah lama di sniper.

Kau jg samakan UU KPU yg bikin ribuan orang masuk rumah sakit , 100 orang meninggal, walopun lu bilang direvisi sekalipun kalo bikin UU gak pake otak. Terus lu salahin pelaksana? Lah siapa itu yg bikin pemilu serentak. Kalo KPK gak pernah OTT sama aja gak kerja, gak nangkep anggota Dewan yg terkenal korup hingga ngetek partainya ke wiwi cuma buat perlindungan bukan?

Rakyat aja menjalankan mandat UU lebih tertib kalo gak taat UU tiap hari udah ada demo dan pemberontakan


Yg nyalahin pelaksana UU sapa? Justru berkaca dari pemilu kemaren, DPR, pemerintah akan duduk bareng revisi lagi UU pemilu. Nggak perlu 1 hari tapi bisa dipecah daerah ma pusat. Termasuk diperketat syarat kesehatan petugas kpps nyah. KPU lembaga independen kan, sama kayak KPK, cara rekruitmen nya juga sama. Bedanya KPU nggak kebanyakan gaya macem KPK.

Oh ya emang pernah presiden disetir Mentri? Kapan? Emang bisa? Bukankah menteri cuman pembantu presiden?, Sekarang yg nglantur siapa?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lqmnnhkm dan 4 lainnya memberi reputasi
5
16-09-2019 21:46
Quote:Original Posted By larapeequer
Yg nyalahin pelaksana UU sapa? Justru berkaca dari pemilu kemaren, DPR, pemerintah akan duduk bareng revisi lagi UU pemilu. Nggak perlu 1 hari tapi bisa dipecah daerah ma pusat. Termasuk diperketat syarat kesehatan petugas kpps nyah. KPU lembaga independen kan, sama kayak KPK, cara rekruitmen nya juga sama. Bedanya KPU nggak kebanyakan gaya macem KPK.

Oh ya emang pernah presiden disetir Mentri? Kapan? Emang bisa? Bukankah menteri cuman pembantu presiden?, Sekarang yg nglantur siapa?


Presiden bisa disetir mentri kalo gak paham konteks yg dia kerjakan, lu mau ngomong listrik ke presiden bakal gak paham? (Baca lagi pernyataaan rini, Rizal ramli, Wiranto "contoh lu gak perlu ane jejel jejel bisa nyari sendiri, tafsirin sendiri") Disetir mentri gak itu, atau disetir pembisiknya emoticon-Ngakak itu dah biasa gak perlu terlalu idealis menilai .....fact.

Independensi KPK dg adanya revisi ini UU akan jd beneran independen? Jg cuma sok tau kalo revisi ini makin baik? Atau selama ini KPK gak independen? Bagi yg gak paham baca dulu draft revisi No.12 a.2 huruf C baru lu tau fungsi KPK gak hanya memberantas tapi ngamanin aset yg bisa saja ditimbun diluar dan bank2 atau lain lain yg lu mungkin gak paham esensinya nolak UU revisi KPK untuk saat ini.


Quote:Original Posted By larapeequer
Yg nyalahin pelaksana UU sapa? Justru berkaca dari pemilu kemaren, DPR, pemerintah akan duduk bareng revisi lagi UU pemilu. Nggak perlu 1 hari tapi bisa dipecah daerah ma pusat. Termasuk diperketat syarat kesehatan petugas kpps nyah. KPU lembaga independen kan, sama kayak KPK, cara rekruitmen nya juga sama. Bedanya KPU nggak kebanyakan gaya macem KPK.


Ya emang gak satu hari KPU rilis data aja ampe 1 bulan, kerja kebut krn terbatasnya biaya kalo dikalikan berapa hari kerja, belom lagi data masuk juga fluktuatif itu udah diperhitungkan baru secara simulasi sdgkan fakta manusia bukan robot ketika kerja duuarr udah bertumbangan.

Recurtmen KPU beda dg KPK bahkan intrik dan problem beda jadi gak bisa disamakan, lu mau bandingin apple to apple instansi independen ya gak nyambung krn dua lembaga kerjaannya beda, satu kerja dg kordinasi dan sosialisasi, satunya kerja spt mata elang, senyap, krn gak ada pelaku korupsi buka bukaan, dan itu .....fact

Emang lu tau recurtmen KPK dan KPU sama sumbernya mana , jg2 cuma asbun doang emoticon-Ngakak

KPK banyak gaya? emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

Demo KPK itu masih wajar, drpd demo orang Papua kemarin atau Demo gara2 hasil pemilu, bahkan lebih santun drpd kampanye PDIP yg setiap kampanye bahasa yg digunakan gak etis didengarkan krn menggunakan bahasa yg bau bau ISIS emoticon-Shakehand2

Satu lagi PDIP paling getol lulusin reviisi UU ini ada apa gerangan, jawab sambil ngupil dan plonga plongo...monggo
Diubah oleh dsturridge15
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ueki19 dan 11 lainnya memberi reputasi
12
Lihat 1 balasan
16-09-2019 22:44
Anda keren bung, masih tak terima kekalahan? emoticon-Hansip

Quote:Original Posted By dsturridge15
Ngomong ngelantur, kalo presiden di setir sekelas mentri kagak kena ciduk KPK, OTT pula, sekelas Romi aja langsung masuk penjara karena udah lama di sniper.

Kau jg samakan UU KPU yg bikin ribuan orang masuk rumah sakit , 100 orang meninggal, walopun lu bilang direvisi sekalipun kalo bikin UU gak pake otak. Terus lu salahin pelaksana? Lah siapa itu yg bikin pemilu serentak. Kalo KPK gak pernah OTT sama aja gak kerja, gak nangkep anggota Dewan yg terkenal korup hingga ngetek partainya ke wiwi cuma buat perlindungan bukan?

Rakyat aja menjalankan mandat UU lebih tertib kalo gak taat UU tiap hari udah ada demo dan pemberontakan


profile-picture
profile-picture
profile-picture
secrettopsecret dan 6 lainnya memberi reputasi
-5
16-09-2019 22:45
sabar gan sabar jangan pada emosi yak, kalo kata pak jokowi kita lihat aja dulu, dipantau dan dikawal ruu itu mau jadi kek gimana ke depannya. kalo ane sih malah pengennya kpk tambah sangar biar pada kapok tuh koruptor. kalo kpk kurang mempan biar azab tuhan aja yang bekerja hahaha.
liat dulu dan tetep support ya gaes ehehehehehe
profile-picture
profile-picture
profile-picture
egha89 dan 6 lainnya memberi reputasi
7
Lihat 6 balasan
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
16-09-2019 22:53
KPK adalah salah satu lembaga negara dia bertugas menjalankan UU, jadi kalo memang dirasa perlu untuk dirubah ya monggo, soalnya menurut ane KPK itu terlalu superpower jadinya bias antara tugas kepolisian dengan KPK, kita berdoa saja semoga dengan di revisi UU ini bukan bertujuan untuk melemahkan KPK akan tetapi justru menguatkan KPK..
inget satu lagi, semakin banyak OTT yang dilakukan oleh kpk, bukan sebagai acuan keberhasilan kpk, tapi yang menjadi acuan adalah, ketika korupsi sudah rendah di negeri ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
egha89 dan 10 lainnya memberi reputasi
9
Lihat 2 balasan
16-09-2019 22:53
yang ngajuin dewan perwakilan rakyat. tp padahal rakyatnya kagak mau. sedangkan pemilu kemarin dewan perwakilan rakyatnya yg milih rakyat sendiri. agak aneh emang ini bisa begini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pisanmantab dan 2 lainnya memberi reputasi
3
16-09-2019 22:57
Quote:Original Posted By wahyu955
Panu adalah Penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur. Panu ditandai dengan adanya bercak putih dikulit, Namun tidak hanya warna putih melainkan warna seperti coklat,merah,hitam tergantung kulit penderita. Saat kita berkeringat, panu akan terasa gatal.
Untuk info cara menghilangkan panu dengan cepat bisa anda kunjungi blog kami

https://www.gembusenak.site/2019/09/...bekas.html?m=1


Ngakakkk emoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
secrettopsecret dan pdt.henderson memberi reputasi
-2
16-09-2019 22:57
Quote:Original Posted By ketadopamine
padahal ngerti aja kagak dia


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
egha89 dan 4 lainnya memberi reputasi
3
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.