News
Batal
KATEGORI
link has been copied
190
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d7365508012ae4fee2a1fe0/apa-iya-mobil-esemka-jiplakan-changan-china
Baru baru ini media sosial twitter di hebohkan dengan trendingnya melalui hastag yaang berhubungan dengan esemkachangan, kehadiran mobil Esemka produksi PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) menghebohkan jagat maya, yang sebagain berpendapat bahwa desain pikap Esemka Bima mirip kendaraan pabrikan China, Changan.
Lapor Hansip
07-09-2019 15:07

Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??

Past Hot Thread
Baru baru ini media sosial twitter di hebohkan dengan trendingnya melalui hastag yaang berhubungan dengan esemkachangan, kehadiran mobil Esemka produksi PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) menghebohkan jagat maya, yang sebagain berpendapatn bahwa desain pikap Esemka Bima mirip kendaraan pabrikan China, Changan, hal ini menjadikan raamai dengan banyak yang mulai menupload kemiripan antara changan dan esemka.

Kecurigaan dari publik jika Mobil Esemka Bima merupakan hasil rebadge Mobil asal China, Changan Star Truck. Sedaikit penjelasan tentang Rebadge merupakan hal lumrah di industri otomotif, seperti terjadi pada Nissan Livina dan Mitsubishi Xpander, Holden Gemini-Isuzu Gemini, Ford Laser-Mazda 323, Mitsubishi Colt T120SS-Suzuki Carry Futura.(https://makassar.tribunnews.com/).

Banyak yang membuat (tagar) hastag #ChanganJiplakEsemka sehingga menjadi trending topic, Sabtu (7/9/2019), prediksi penggunaan tagar itu dimaksudkan untuk menyindir Esemka sebagai kendaraan hasil jiplakan Changan, namun siapa tahu kebenarannya apakah memang menjiplak atau hanyaa ttak sengaja mirip saja, sehingga yang awal membuatnya dianggap sebagai yang dijiplak dan yang kemudian membuat adalah yang melakukan jiplakan.

Kehadiran Esemka diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada Jumat (6/9/2019) yang bertempat di pabrik Esemka, Boyolal, Jokowi bahkan sempat mencoba kendaraan jenis pikap itu yang ia uji coba langsung, tapi menurut ane mantap nih ide pak Jokowi bisaa sampai memproduksi mobil dalam negeri, semoga bisa menjadi ladang peluang lapangan kerja yang besar bagi Rakyatnya ya pak.

Jokowi sangat yakin bahwa mobil Esemka bakal laku keras, hal ini di dasari bahwa mobil produksi dalam negeri itu harganya tergolong sangat murah, namun demikian kualitas pada kendaraan esemka tetap diutamakan sehingga kata murah bukan berarti murahan, berdaasarkan beberapa sumber bahwa harga mobil essemka menurut manajemennya harganya sekitar Rp. 95 juta off the road, ya murah. Feeling saya laku keras," kata Presiden usai peresmian.

Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??

Direktur Utama PT SMK Edi Wirajaya menyatakan, mobil Esemka merupakan mobil buatan Indonesia karya anak bangsa sendiri. Kendati bukan mobil nasional, namun diproduksi oleh perusahaan swasta nasional 100 persen, meski demikian tentunya menjadi kbanggaan tersendiri bagi kita sebagai waraga Negara Indoneia yang sudah bisa memproduksi sendiri mobil dalam Negeri. "Kami bukan mobil nasional yang dipahami orang selama ini, Esemka mobil buatan Indonesia karya anak bangsa sendiri," ujarnya.(https://www.inews.id/)

Terus bagaimana masalah hebohnya dugaan bahwa mobil esemka jiplakan dari changan, Menurut Jokowi :"Ini (Esemka) adalah merek kita sendiri yang sudah dirintis kurang lebih 10 tahun yang lalu oleh para teknisi, oleh anak-anak SMK, ada inisiator-inisiator yang dulu saya kenal ada di sini semua," kata Jokowi, dalam peresmian di Boyolali, Jawa Tengah, Jumat.(https://makassar.tribunnews.com/).

Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??

Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) Eddy Wirajaya mengatakan, pabrik Esemka adalah perusahaan swasta nasional yang 100 persen dimiliki oleh swasta, Bukan Mobil Nasional (Mobnas) seperti yang dipahami selama ini."Lebih tepatnya merupakan Mobil buatan Indonesia karya anak bangsa sendiri," ujar dia.

"Kita mengikuti setiap aturan yang ditetapkan dalam industri ini. Kami berharap dengan diresmikannya fasilitas ini bisa merintis industri otomotif nasional sekaligus langkah maju dalam rangka meningkatkan SDM yang menjadi SDM unggul dengan pemberdayaan adik-adik SMK yang kami seleksi untuk terlibat dalam proses ini," ujar Eddy.(https://www.cnbcindonesia.com/news/)

Menurut gansis bagaimana?

Sumerrrr gambar Google
profile-picture
profile-picture
profile-picture
arayasatriagg dan 12 lainnya memberi reputasi
7
Tampilkan isi Thread
Halaman 6 dari 10
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
08-09-2019 10:44
Udh jgn pada ributlah...yg membela mobil smk ya udh pada beli yah cepetan trus dipajang dishare biar rame seru..wajibkan aja anggota koalisi pemerintah buat beli udh pasti laku banyak kan...yg ga suka ya udh ga usah beli liat aja cukup ..simpel tho
profile-picture
desoel memberi reputasi
1 0
1
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
08-09-2019 10:57
ini yang aneh, pabrik produksi kaga ada tau2 nongol banyak, udah yakin bakal laku?
profile-picture
profile-picture
mantelbulu dan desoel memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
08-09-2019 11:00
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??

Kemaren yg diresmiin dan ditest jokowi begini bentuknya kenapa yg viral beda bentuk?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mantelbulu dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
Lapor Hansip
08-09-2019 11:04
Balasan post boroboro
Quote:Original Posted By boroboro


naaahh.... tuh diee...
produk nya udh jelas2 otomotiv. Tapi pengiat dan media otomotiv pd adem ayem aja. Kagak ada yg antusias ngebahas. Pdhl apalagi ini jelas2 katanya ploduk nasional yg patut dibanggakan. Kan luchu....emoticon-Big Grin

Mereka pakar, pegiat & media otomotif udh pd ngerti pastinya ttng kehadiran mobnas esemka.
kagak ada yg nafsu bahas esemka, karna nanti klw dikritik ato dikasih masukan dari sudut pandang otomotif & bisnis nya pasti macem si ridwan...bakal kena counter pepesan kosong politikus. Capek deuuh....emoticon-Ngakak

Mo dukung esemka di persaingan otomotif, tapi malah aroma politis nya yg nyanter bener. emoticon-Hammer2


Pertama ama petahana kena counter pepesan kosong
Kedua ama oposisi omongannya jadi bahan buat nyerang petahana

Ga ada habisnya
emoticon-Ngakak
profile-picture
desoel memberi reputasi
1 0
1
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
08-09-2019 11:07
Jiplak Cina ribut, jiplak arap pada diem ajeh.. Meh.. emoticon-Traveller
profile-picture
desoel memberi reputasi
1 0
1
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
08-09-2019 11:17
ane sih mau jiplak mau apa. tp ane liat keseriusan pemerintah dalam industri otomotif. Indonesia itu pasar segar utk industri otomotif makanya pabrikan mancanegara pada jualan disini kalo kita punya pabrikan sendiri dan bs kelola dengan baik jelas bagus utk feedback ke negara. kita yg bikin kita yg pake jd harga bs lebih murah.

masalah jiplak bisa pake ATM.
Amati Tiru Modifikasi.
*IMHO
profile-picture
profile-picture
desoel dan jagotorpedo memberi reputasi
2 0
2
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
08-09-2019 11:24
Mau jiplak atau engga biarlah esemka ini berkembang, lucu ane liat kisruh cebong sama kampret disini emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
desoel dan jagotorpedo memberi reputasi
2 0
2
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
08-09-2019 11:31
Quote:Original Posted By bencooong666
Mau jiplak atau engga biarlah esemka ini berkembang, lucu ane liat kisruh cebong sama kampret disini emoticon-Ngakak

cebong vs kampret bakal jd musuh abadi, setidaknya sampe pemilu nanti...emoticon-Ngakak (S)

menurut gw mobilnya sih gak masalah, yg jd masalah itu bau-bau politiknya..
emoticon-Leh Uga
profile-picture
desoel memberi reputasi
1 0
1
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
08-09-2019 11:41
Quote:Original Posted By jagotorpedo
cebong vs kampret bakal jd musuh abadi, setidaknya sampe pemilu nanti...emoticon-Ngakak (S)

menurut gw mobilnya sih gak masalah, yg jd masalah itu bau-bau politiknya..
emoticon-Leh Uga


That's true gan emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
desoel dan jagotorpedo memberi reputasi
2 0
2
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
08-09-2019 11:42
Quote:Original Posted By tukangbeling7
rebadge itu biasa,...dulu Timoer jg rebadge KIA & Bimantara rebadge dr Hyundai emoticon-Cool

neh mobil Malaysia...Perodua Aruz
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??

bandingkan dgn Daihatsu Terios emoticon-Cool

Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??

ini Mobil Rumania...Dacia

Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??

bandingkan dgn Renault Duster ....

Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??


kayanya kalo emang rebadge biar ga rame dituding jiplak dll emg harusnya kasih tau aja di launch product kmrn kalo ini rebadge atau apa lah istilahnya, terus kalo udah rame gini yg salah sih emg produsennya org di speechnya aja dia menekankan ini produk swasta dan bukan nasional harusnya sih buka aj kalo ini emang rebadge ye, ane jg g tau kebenerannya sih emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mantelbulu dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
08-09-2019 11:45
adaaaaa ajaaaa yaaaa
profile-picture
desoel memberi reputasi
1 0
1
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
08-09-2019 11:59
Kalo dari pisik emg mirip sihemoticon-Bingung
profile-picture
desoel memberi reputasi
1 0
1
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
08-09-2019 12:08
Biasa aja gan, Dilain ada juga yang plagiat, malah mirip amat
contoh mitsubisi l300 sama Isuzu bison, dan suzuki carry 1.5 dengan mitsubishi t100S
profile-picture
desoel memberi reputasi
1 0
1
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
08-09-2019 12:11
andalannya apa2 cina mulu ya, jepang kek sesekali, atau amrik biar berkelas dikit.
profile-picture
desoel memberi reputasi
1 0
1
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
08-09-2019 12:14
kalau jiplakan masalahnya dimana?
industri otomotif itu bukan hal yg baru
pasti sudah dibicarakan sebelumnya.
profile-picture
desoel memberi reputasi
1 0
1
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
08-09-2019 12:17
yang gk suka, mereka dibayar saingan smk
profile-picture
desoel memberi reputasi
1 0
1
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
08-09-2019 12:19
Quote:Original Posted By rony25
lagi lagi tapir yg di jadiin kambing item emoticon-Ngakak

wkwkwk tapir korban lagi
Quote:Original Posted By laksanama maido
Yokk ayokkk beliiiiiii...
Klo mampu sih, yok ayokkkk...gw punyaaa mobill merk sendiriiiiii euyyyy

mobil agan mek esde atau esempe ya
Quote:Original Posted By dandellion.wine
Mau jiplakan mau ga, yg penting bisa cuan...

iya itu urusan laen, kita cuma ngobrolin yang ramai aja
Quote:Original Posted By samradler
ah elah, Anoa Pindad aja "jiplak" VAB, lu buka kap Komodo ato Anoa juga mesinnya Renault 😂😂😂😂

Wuling tuh mesin pake mesin GM (Chevrolet), sama yg dipake di Spin. Jualan di China tiap tahun moncer2 juga.

DFSK mesinnya yg diesel 1.3 tuh mesinnya Fiat.

Toyota Supra yg baru joint sama Z4 BMW.

biarin aja lah, beli silahkan, ga beli jg ga masalah.

emoticon-Wow
Quote:Original Posted By mimpisijack
Esemka membuatku seperti melihat mobil yang POPULEERRR di tahun 80an.
emoticon-Wakaka

parah agan nih mobil kekinian ko inget ke mobil 80anemoticon-Toast
Quote:Original Posted By superdede101
Sontoloyoo.... ginian masih aja digoreng. mata sipit aja jiplak sana sini gak masalah kok. dan tambah maju bahkan bisa buat lebih baik dari jiplakannya.


gak ada salahnya ini smk...

wkwkwk kalo ane mampu juga pasti ngikutin njiplak
Quote:Original Posted By fippo



Jangan fitnah bangsa jin gan, ntar mereka ngambek emoticon-Ngakak (S)

ngambek atau mungkin kabur pake esemka
Quote:Original Posted By seringboering
mirip...
semoga jadi mobil masyarakat biar rasain punya mobil semua...kek VW nya Jerman dulu...

kasih harga discoun 50%bagi wni , haha
Quote:Original Posted By anitsuya
Ga juga sih gan.. Coba liat baik2 gambarnya..

Itu udah desain paling efisien & memangkas produksi banget.. Ga banyak lekukan yg makan banyak sumber, jadi lebih ke arah profit oriented. Ane sendiri kalo disuruh desain gimana yg paling efisien ya paling ga jauh dari gambar di atas.

kalo ane disuruh desain pasti gk bisa, kalo yang main d esemka ya pasti jago jago lah bisa desain lebih mantap juga gan
Quote:Original Posted By lonelylontong
Kirain di judul ada pertanyaan, di tulisan ada jawaban. Ga taunya sampai terakhir masih pertanyaan juga.

Jadi jiplakan apa bukan nih?

masih nuari jawabannya gan
Quote:Original Posted By cilaleksingo
jdi kebetulan atau bukan

emoticon-Cape d...
Quote:Original Posted By mieconnoisseur
apa esemka beli hak desain dari changan? ga masalah sih asal selanjutnya produksi komponen dan perakitan dilakukan di Indonesia.

mungkin kedepannya bakal keluar desain yg original. nice try, mulai aja duluemoticon-I Love Indonesia

nice ide gan ne suka gaya komen agan, dewasah
Quote:Original Posted By Rotator
Nunggu wan abud presiden aja dah buat mobil mandi jenasah keliling biar yang nyinyir disamperin duluan emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak


parah agan, disamperin mobil jenazah semua yang nyinyir auto gak berani lagi
profile-picture
mieconnoisseur memberi reputasi
1 0
1
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
08-09-2019 12:26
klo bener,yaaahhhh,,,namany jg usaha gan.
profile-picture
desoel memberi reputasi
1 0
1
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
08-09-2019 12:35
mulai aja dulu, walaupun masih rebadge atau rakitan,

emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
desoel memberi reputasi
1 0
1
Apa Iya Mobil Esemka Jiplakan Changan China ??
08-09-2019 12:35
Ya gimana ya emg mirip mo gimana lagi, operasi plastik gitu ?? emoticon-Ngakak emoticon-Wakaka
profile-picture
desoel memberi reputasi
1 0
1
Halaman 6 dari 10
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia