esportsnesiaAvatar border
TS
esportsnesia
Mengenal 2 Model Esports World of Warcraft


World of Warcraft (WoW), sebuah judul gim MMORPG yang memiliki nuansa esports melalui unsur PVE (Player vs. Environment), akan berusia 15 tahun pada bulan November mendatang sejak dirilisnya pada tahun 2004.

Salah satu pencapaiannya terletak pada saat penjualan expansion Battle for Azeroth yang mendulang penjualan sebesar 3,4 juta dolar pada hari pertamanya secara global.

World of Warcraft memiliki unsur kompetitif esports yang sangat jarang dijumpai di kala orang-orang masih sibuk bermain dengan genre MOBA maupun Battle Royale. MMORPG bukanlah kandidat yang secara khusus diutamakan di dunia esports.

Namun, seiring berjalannya waktu, WoW sudah semakin mematangkan konsep kompetitifnya di esports, dengan munculnya fitur Arena dan Mythic Dungeons.

Apa itu World of Warcraft Arena World Championship?

Sejak awal WoW dirilis pada 2004, hal yang paling disoroti dari unsur kompetitinya terletak pada Arena, dimana 2 tim yang masing-masing terdiri dari 3 pemain saling bertarung secara langsung dalam sebuah pertempuran.



Arena ini sudah dikenal sejak 2007, bersamaan dengan berkembangnya kejuaraan dunia setiap tahun di BlizzCon. Acara ini telah dikenal dengan banyak nama, namun kini lebih populer dengan sebutan AWC (Arena World Championship).

Sebuah tim Arena biasaya terdiri dari dua pemain yang berperan sebagai damage dealer, dan pemain ketiga yang bertugas untuk menjaga atau meng-heal rekannya. Namun, komposisi tim tersebut tentulah bisa bervariasi. Bisa juga kita menjumpai pemain yang berperan sebagai tanker (peranan yang memiliki karakteristik defensif lebih daripada ofensif).

Dikarenakan kita harus berinvestasi yang cukup signifikan (re: meluangkan waktu) untuk menguasai satu dari 12 class yang ada dalam WoW, para pemain cenderung fokus hanya pada karakter utama saja.

Namun tetap ada yang memiliki karakter kedua maupun ketiga. Karakter kedua maupun ketiga ini adalah alternate character atau yang disingkat dengan alt yang biasanya digunakan untuk melengkapi atau menyesuaikan komposisi tim.

Kini aspek esports WoW di Arena semakin meningkat berkat jumlah pemain yang semakin besar. Para pemain selalu memiliki ketertarikan yang luar biasa pada lomba raiding, namun ketertarikan tersebut tidak bisa terakomodir karena tidak ada ruang yang tersedia untuk menampung jumlah pemain yang terus bertambah dari 20 hingga 40 pemain setiap tahunnya.


Tim yang bersaing tidak dapat bertanding bersamaan dikarenakan zona waktu yang berbeda, sehingga jadwal dirilis per daerah. Biaya logistik untuk mengatur sebanyak 20 anggota tim atau lebih untuk acara ditayangkan langsung sangatlah sulit dan terbilang mahal.

Bahkan pertandingan ekshibisi raid yang diadakan di BlizzCon hanya menampilkan beberapa pemain saja di atas pentas, sisanya bermain secara jarak jauh. Selain itu, konten jenis ini juga tidak ada banyak manfaat bila disiarkan ulang.

Berbeda dengan Arena dimana player saling dihadapkan di situasi yang berbeda, tim-tim yang kecil dengan variasi petanya merupakan unsur yang meyamai genre Real Time Strategy (RTS) seperti Warcraft III dan StarCraft 2 yang dianggap sebagai format esports yang dominan di pentas global.



Arena memiliki konsistensi dalam menjaga ritme permainannya dari kebosanan, khususnya dengan perilisan rutin tiap expansion-nya yang menghadirkan lebih banyak karakter baru, peta baru, serta perubahan bertahap dari apa yang sudah ada untuk terus menyeimbangkan permainan.

Turnamen dari Arena dimainkan pada peta dengan berbagai ukuran, dan tiap peta memiliki kesulitan yang berbeda-beda yang dapat dimanfatkan oleh pemain untuk menang. Biasanya luas area aktif pada peta Arena hanyalah sebuah pecahan kecil dari yang sudah dimainkan.

Sangat penting untuk memiliki beberapa peta permainan demi menjaga rasa ketertarikan penonton. Variasi peta tersebut juga menjadi pilihan bagi pemain yang bertanding, mengingat tiap peta dapat dimainkan dengan komposisi tertentu. Peta yang dimainkan berulang dengan format yang sama tentu akan mengurangi minat tontonan.

Tiap babak permainan hanya memilki batas waktu 25 menit namun biasanya berakhir di pertengahan menit ke-4 hingga ke-10. Mereka yang menang akan melaju ke peta selanjutnya dengan kondisi kemenangan yang berbeda, dan tim yang kalah harus melakukan penyesuaian untuk bisa menyusul lawannya.

Karena format setiap babak pertandingan adalah best of 5 (BO5) atau best of 7 (BO7), penting untuk memenangkan mayoritas permainan dengan cepat untuk menciptakan keterlibatan dengan penonton. Bila terkunci dalam sebuah stalemate, akan menjadi sangat membosankan jika terjadi secara beruntun.

Setelah 5 menit, efek status akan dimunculkan kepada pemain demi mempercepat penyelesaian permainan. Cukup jarang untuk bisa menjumpai permainan yang berdurasi lama. Bila itu muncul, situasi akan menjadi sangat tegang dan para penonton pun akan menebak-nebak siapa yang akan membuat kelalaian hingga jatuh karena kesalahannya sendiri.


Apa Itu Mythic Dungeon Invitational?

Setelah Arena, Blizzard juga mendukung perkembangan unsur esports yang kedua dari WoW melalui pertandingan Mythic Dungeon. Berformat bertandingan terhadap waktu, para tim bersaing untuk meraih waktu terbaik dalam menyelesaikan tantangan game.


Semenjak pengenalan Challenge Mode di tahun 2012 silam berbarengan dengan expansion Mists of Pandaria, mode permainan ini mengharuskan tim yang beranggotakan 5 orang ini untuk menyelesaikan dungeon secepat mungkin sambil melawan musuh AI.

Permainan yang berkompetisi dengan waktu ini memakan waktu sekitar 10-30 menit untuk penyelesaiannya. Konsep Challenge Mode ini kemudian dikembangkan hingga menjadi apa yang kita kenal sekarang dengan Mythic Dungeon Invitational (MDI).

Meski masih dalam pertumbuhan, penonton MDI telah melampaui Arena. Blizzard sendiri juga telah menginvestasikan sejumlah uang hadiah bagi pemenang dalam acara ini, sebagai upaya melestarikan ranah esports.


Untuk melihat detailnya silahkan klik link dibawah ini ya.

Sumber : Esportsnesia

0
286
0
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.