alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d61db974601cf537c540c8f/ambulans-puskesmas-tolak-jenazah-dinkes-kota-tangerang-minta-maaf
Lapor Hansip
25-08-2019 07:51
Ambulans Puskesmas Tolak Jenazah, Dinkes Kota Tangerang Minta Maaf
Past Hot Thread
Quote:Ambulans Puskesmas Tolak Jenazah, Dinkes Kota Tangerang Minta Maaf

Suara.com - Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Dr. Liza Puspadewi, angkat bicara soal ambulans yang menolak mengangkut jenazah Husen, bocah yang tenggelam di aliran sungai Cisadane pada Jumat (21/8/2019).

Menurut Liza, mobil ambulans di Puskesmas Cikokol yang ada saat itu hanya digunakan untuk pasien dalam kondisi kegawatdaruratan. Menurut dia hal tersebut sudah sesuai dengan aturan yang ada.

"Di dalam mobil ambulans banyak alat medis yang harus dalam kondisi steril. Kalau digunakan untuk jenazah, khawatir akan berdampak pada pasien yang nantinya menggunakan ambulans tersebut," ujar Liza saat dikonfirmasi melalui telepon, Sabtu (24/8/2019).

Atas kejadian ini Liza mengaku meminta permohonan maaf pada keluarga Husen atas kesalahpalaham hingga akhirnya berbuntut terjadinya polemik.

"Mewakili Pemkot Tangerang, saya mohon maaf kepada keluarga korban yang tenggelam," kata Liza.

Pemerintah Kota Tangerang, lanjut Liza, sudah mempunyai pelayanan mobil jenazah gratis. Masyarakat cukup melakukan panggilan darurat dengan menekan 112 untuk memanfaatkan pelayanan mobil jenazah gratis.

"Selain ambulans, Pemkot juga telah menyediakan fasilitas mobil jenazah melalui panggilan darurat 112," pungkasnya.

Sebelumnya Supriyadi, paman dari Husein bocah 8 tahun yang meninggal di Bantaran Sungai Cisadane menaku kecewa terhadap pelayanan di Puskesmas Cikokol, Kota Tangerang. Pasalnya, saat insiden nahas yang menyebabkan ponakannya meninggal ini ia harus membopong jenazah tanpa ambulans.

Kejadian mengenaskan ini terjadi pada Jumat (23/8/2019), saat itu empat orang anak asal Kampung Kelapa Indah, Kecamatan Tangerang tengah asik berenang di aliran sungai Cisadane.

Namun nahas, saat itu dua bocah yakni Husen (8) dan Fitra (12) tenggelam. Saat itu warga sekitar langsung membantu mencari korban tenggelam.

Husen, ditemukan lebih awal dari rekannya Fitra. Jenazah Husen yang telah terbujur kaku langsung dibawa ke Puskesmas Cikokol, yakni tempat terdekat dari lokasi kejadian.

Saat itu Paman dari Husen Supriyadi mencoba meminjam ambulans yang yang ada di puskesmas tersebut untuk mengantarnya pulang ke dan disemayamkan. Tetapi, dengan alasan ambulans itu tak dapat digunakan untuk orang meninggal, pihak puskesmas menolak untuk mengantar jenazah itu.

Kontributor : Muhammad Iqbal
https://banten.suara.com/read/2019/0...ang-minta-maaf


Takut tuman ya ambulannya..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
azidqi dan 14 lainnya memberi reputasi
13
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 13
25-08-2019 09:09
Quote:Original Posted By antek.rakyat
Harusnya pemerintah menyiapkan 2 jenis ambulan


"Selain ambulans, Pemkot juga telah menyediakan fasilitas mobil jenazah melalui panggilan darurat 112," pungkasnya.
0
25-08-2019 09:11
iya harusny puskesmas juga harus ngasih solusi, minimal mengurangi polemik, terus buat apa layanaan dadrurat kalo kek gini psukesmas g ada tindak lanjut
profile-picture
I.Just.Run memberi reputasi
1
25-08-2019 09:15
tuh ambulan ada lambang salibnya...
0
Lapor Hansip
25-08-2019 09:27
Balasan post cobainmain
Quote:Original Posted By cobainmain
itu adalah bullshit belaka. ane pernah bawa jenazah pakai ambulans gawat darurat. sblm dimasukin jenazah, itu ranjangnya jga di bersihin dl dengan cairan antiseptic, lagian klo misal memang ada peralatan medis peralatannya jga hrs disimpan sebaik mungkin


secara fungsi dan SOP jelas salah & melanggar, walau ada kebijakan dari kepala puskesmas yg bolehin bawa mayat. tapi tetap aja salah.

lagian ini kasus di kota, mobil jenazah pasti tersedia.
kalo di pelosok msh bisa di maklumi
profile-picture
petani.syusyu memberi reputasi
1
25-08-2019 09:40
udah sesuai protap
kagag ada yg perlu dipermasalahkan.
0
25-08-2019 09:43
salah nelp... cb lo nelp anis bawasedan... dianterin langsung sama dia, bu ratna mintain nomer hpnya tuh
0
Lapor Hansip
25-08-2019 09:43
Balasan post entecavir
Kata siapa itu naik ambulance masuk neraka ?
0
25-08-2019 09:49
Quote:Original Posted By cobainmain
itu adalah bullshit belaka. ane pernah bawa jenazah pakai ambulans gawat darurat. sblm dimasukin jenazah, itu ranjangnya jga di bersihin dl dengan cairan antiseptic, lagian klo misal memang ada peralatan medis peralatannya jga hrs disimpan sebaik mungkin


Aturan atau protap untuk dipatuhi gan, bukan dilanggar, Pengendara hrs pake helm (banyak yg gak pake juga selamat), Pekerja hrs pake sepatu boot ( yg nyeker byk yg gak apa2), Petugas di kwtinggian hrs pake seling (banyak yg gk pake selamat) Itu analoginya gan, muhun maap kl salah
profile-picture
kopralGadget memberi reputasi
1
25-08-2019 09:56
Quote:Original Posted By khafidz99
Alhamdulillah
Akidah si mayit tetap terjaga karena tidak mengendarai ambulans bersimbol kafir
emoticon-Maaf Agan


Itu bukan simbol kafir tp itu simbol hansaplast warna merah emoticon-Cape d...
0
25-08-2019 10:01
Viral dahulu, minta maaf kemudian.
0
25-08-2019 10:02


Quote:Original Posted By masmomon
udah sesuai protap
kagag ada yg perlu dipermasalahkan.


Mosooo?
Petugas puskesmas emang ga ada juknis standar pelayanan masyarakat sampe jenazah diterlantarkan?

Apakah petugas puskesmas sudah menginformasikan dan membantu keluarga korban mendapatkan pelayanan mobil jenazah?
profile-picture
masmomon memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
25-08-2019 10:38
Balasan post unicorn.phenex
protapnya ambulan memang gag buat ngangkut jenazah bray
klo urusan nyariin memang kadang dr puskesmas kagag bisa
kecuali klo ada layanan kayak klo di tempat saiya 119
nanti operator sana yg nyariin.
0
25-08-2019 10:43


Quote:Original Posted By masmomon
protapnya ambulan memang gag buat ngangkut jenazah bray
klo urusan nyariin memang kadang dr puskesmas kagag bisa
kecuali klo ada layanan kayak klo di tempat saiya 119
nanti operator sana yg nyariin.


ditangerang kan ada layanan 112 bree
kadinkesnya yang ngomong.
Baik ambulan dan mobil jenazah kan dimana-mana dibawah dinkes bre

Membiarkan masyarakat dengan tidak memberikan informasi yang betul itu kan juga salah bre

Minimal kalo ada kasus sama lo jangan ulangin kelakuan orang puskesmas tanggerang.
emoticon-Shakehand2
profile-picture
masmomon memberi reputasi
1
25-08-2019 10:49
Quote:Original Posted By khafidz99
Alhamdulillah
Akidah si mayit tetap terjaga karena tidak mengendarai ambulans bersimbol kafir
emoticon-Maaf Agan


emoticon-Ngakak
0
25-08-2019 11:11
Quote:Original Posted By KodokBuluw
kekecewaan dan ketidakpuasan sering terjadi karena ketidakpahaman...
ambulance peruntukannya memwng bukan utk jenazah. ambulan utk org hidup/pasien. utk jenazah ya mobil jenazah. kalau dia paham akan hal itu, tentu tak jadi polemik. layanannya sudah disediakan, tp tak dihubungi.
Harusnya pihak puskesmas juga tak hanya menolak, namun memberikan solusi. Rasa2nya, mreka harusnya lebih tahu kemana , no yg hrus dihub brapa..


Masalah klasik. Bahkan di pemerintahan sendiri sinergitas antar lembaga itu masih kurang.
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
1
25-08-2019 11:12
Quote:Original Posted By qisatria
Masalah klasik. Bahkan di pemerintahan sendiri sinergitas antar lembaga itu masih kurang.


Hahaha.. iya gan..
0
Lapor Hansip
25-08-2019 11:13
Balasan post gredhan
Quote:Original Posted By gredhan
Kata siapa itu naik ambulance masuk neraka ?


@gredhan sesuai ajaran internal lah emoticon-Mad
profile-picture
leo2307 memberi reputasi
1
25-08-2019 12:15
Quote:Original Posted By bangtjah
The question is, kenapa bisa habis masa berlaku bpjsnya?


Bukan masa berlakunya bray, tp limit nya
Jd ada batasan kalo gasalah katanya 40jt per orang
0
25-08-2019 13:08
Quote:Original Posted By Asyiru
cerita kek gini bikin miris bray
jd inget bbrapa taun lalu, wktu di rs ada org yg bawa pulang anaknya lntaran udh habis bpjs nya, jd ga bisa bayar
belum kluar grbang rs, anaknya mninggal di mobil bak trbuka dpangkuan ibunya emoticon-Mewek


emoticon-Mewek jir nyesel gw liat komentar u bikin sedih aja
0
Lapor Hansip
25-08-2019 14:50
Balasan post entecavir
@entecavir bukan ajaran Islam berarti yak , soalnya dari kecil gw gak pernah denger tuh larangan
0
Halaman 2 dari 13
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.