alexa-tracking
Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5d59a0c7c9518b406b4c7c90/review-weathering-with-you---tenki-no-ko
Lapor Hansip
19-08-2019 02:02
[Review] Weathering With You / Tenki no Ko
Past Hot Thread
[Review] Weathering With You / Tenki no Ko

"Is there anything that love can do?"


Finally, dapet kesempatan menonton filmnya Shinkai 3 hari lebih awal dari jadwal screening official dan sempet menulis review film ini, Weathering With You. Niatnya sih pengen nonton marathon dengan Your Name, namun enggak kebagian tiket. Jadi ya mau gimana lagi. Siapa sih yang enggak ngehype dengan perilisan film ini setelah 3 tahun vakum dari karyanya Shinkai? Sebagai Shinkai fans sih ane ketar-ketir dengan perilisan film ini lantaran kualitas Your Name yang udah over the top, menjadikan ekspektasi penonton melambung setinggi langit untuk film selanjutnya, sehingga potensi untuk melampaui ekspektasi ini jadi terlalu sulit bagi Shinkai. Ok langsung saja.

Story

[Review] Weathering With You / Tenki no Ko

Quote:
Ane pernah baca tentang diskusi Miyazaki mengenai apa duluan yang dibuat, karakter dulu atau cerita dulu? Suatu karakter yang dibangun dengan sangat solid akan menghasilkan plot yang menarik meski alurnya tipis. Namun tidak dengan sebaliknya, plot yang berlapis-lapis, tidak selalu menjamin karakterisasi yang mendalam. Tampaknya Shinkai sedang dalam masa peralihan ini.


Mengikuti cerita dari seorang anak SMA yang kabur dari kampung halaman menuju Tokyo, Morishima Hodaka (Daigo Kotarou), bagaikan orang udik yang melancong ke kota besar. Semuanya serba baru bagi dia: hiruk pikuk perkotaan, yakuza, dan cewek kota. Secara kebetulan doi bertemu dengan gadis baik yang memberinya makan, Amano Hina (Mori Nana). Ternyata, Hina ini merupakan pawang hujan, dapat mengendalikan cuaca dengan kekuatan do'a. Selama dua bulan ini di Tokyo mengalami musim yang aneh karena hujan yang tak kunjung reda dan hari yang tak kian cerah.

Shinkai masih menggunakan pola yang mirip dengan Your Name untuk karyanya yang satu ini. Fondasi cerita banyak menggunakan elemen spiritual mendekati fantasy, yang sayangnya kurang memberikan impact yang cukup untuk membuat penonton mengikuti kisahnya. Pun karena tidak adanya elemen kejut yang berarti di dalamnya. 

Meskipun begitu, kehadiran beberapa cameo dari Your Name memberikan kejutan yang berkesan bagi fans Your Name. Beberapa adegan montase dibuat begitu menarik dengan bumbu lelucon yang sangat jitu. Shinkai memang jagonya bikin montase. Lihat saja perjalanan hidup Hodaka sewaktu mencari kerja, serta proses pengiklanan profesi cenayang yang humoris ditampilkan, waw. Karya-karyanya yang terdahulu juga beberapa memiliki montase yang mantap. Keberadaan Nagi-senpai turut meramaikan cerita. Panutan ane tuhemoticon-Matabelo

Adegan puncak ane rasa sudah cukup nendang, namun kekuatannya berbeda dari ekspektasi pada trailer. Toh adegan jatuh dari langit itu juga pernah ane lihat di Spirited Away, jadi mungkin kesannya agak berkurang untuk kali ini. Salut dengan Shinkai untuk muatan lelucon yang sangat segar, penonton satu bioskop pada ketawa karenanya. Lelucon terbaik tentu saja tentang teru teru bozu, jadi keinget Non Non Biyori. Secara keseluruhan sih ceritanya cukup mumpuni, namun cengkramannya agak longgar. Masih ada beberapa misteri yang tidak terjawab, serta detil yang terlewatkan.

AWAS SPOILER




Animation


Quote:Di departemen animasi, seperti biasa Comix Wave memberikan pemandangan yang memanjakan mata. Mengambil PoV yang cukup kreatif, dan detail yang memukau. Animasi hujan dan airnya ditekankan banget hingga beberapa tampak realistis, dan beberapa tampak komikal. Warnanya didominasi oleh kelabu berhubung kebanyakan memakai setting mendung berawan serta hujan lebat, sangat relatable.
[Review] Weathering With You / Tenki no Ko


Pantulan serta difraksi juga cukup mengesankan, gloomy namun cozy di saat yang bersamaan, kontras dengan waktu cerah serta setting adegan langit yang menyegarkan. Oh iya, good job banget buat PoV waktu kembang apinya. Ane belum pernah lihat eksekusi kembang api dengan sudut pandang dinamis, seperti shot dari drone. Yang ini sangat memuaskan. Visual untuk tata letak kota sangat memuaskan, terutama potret Shibuya dengan segala kepadatan kotanya. Itu lokasinya beriringan ya dengan setting di film Garden of Words. Perbandingan real life location bisa dilihat di bawah, atau lebih lengkapnya di mipon.
comparison



Sound

[Review] Weathering With You / Tenki no Ko

Quote:Radwimps did their magic again. Entah mengapa Shinkai bekerja sama dengan mereka lagi, namun tone musik mereka cocok untuk film-film tipe begini. Musiknya sejalan dengan tone cerita yang enerjik, serta beberapa distorsi untuk adegan yang intens. Lagu-lagunya juga sangat catchy, terutama "Ai ni dekiru koto wa mada arukai" dan "Grand Escape". Dua lagu ini sangat berpeluang untuk menduduki peringkat atas oricon, tinggal menunggu versi originalnya saja. Penempatan kedua lagu tersebut sangat pas, namun agak kecewa dengan cut yang terlalu tiba-tiba saat Grand Escape berakhir.
Di departemen seiyuu, ane rasa sudah sangat bagus untuk performance para seiyuu debut. Khusus untuk karakter Keisuke, ane selalu kebayang Genji dari Crows, lantaran seiyuu nya Keisuke itu Shun Oguri. Anak kecil yang bernama Ayane juga disuarakan Ayane Sakura. Wow banget gak sih.emoticon-Big Grin



Character

[Review] Weathering With You / Tenki no Ko

Quote:Wah ini. Plot yang tebal mungkin akan menambah bobot pada sisi cerita, namun beresiko mengurangi pendalaman karakter. Katakanlah cerita film ini berporos pada Hodaka, maka kita hanya akan berempati pada Hodaka, namun tidak pada Hina karena kurangnya kedalaman karakter pada dirinya. Karakter yang dihadirkan terlalu dibikin sibuk untuk menyelesaikan konflik, sehingga tak tersisa durasi untuk mengupas kepribadian dan background story mereka kepada penonton. Alhasil, terutama untuk karakter Hina, penonton dibiarkan begitu saja tanpa ada kesan mendalam tentang siapa, apa yang dipikirkan, pertimbangan dalam membuat keputusan, serta perasaannya untuk orang-orang di sekitarnya. Tak kenal maka tak sayang. Empati penonton tidak begitu dalam. Sedih tetap, namun efeknya enggak maksimal. Sungguh potensi yang disia-siakan padahal build up nya sudah bagus banget di trailer. Perkembangan karakter yang cukup mumpuni justru ada pada Hodaka dan Keisuke. Mereka berubah setelah event-event tertentu. 



Overall

[Review] Weathering With You / Tenki no Ko

Quote:Sepertinya Shinkai harus berintrospeksi, menyadari bahwa film tipe remaja seperti ini bukan gayanya. Memang doi pernah berhasil sekali di ranah ini, Your Name adalah buahnya. Namun harapannya sih supaya tidak terlalu nyaman di zona tersebut. Kembalilah ke style-mu yang dulu, membuat cerita berdasarkan karakter dan narasi yang mendalam, seperti dialog hati yang ditimpa realitas. Enggak ada yang salah sih dengan mengeksplor dunia yang baru, namun tetap pada koridor yang dulu pernah membawa kesuksesan.

Anyway, sebagai fans ane cuma bisa mendukung dari jauh, menunggu epic comeback salah satu sutradara favorit. Ayo Shinkai fans ramaikan film ini dongemoticon-Selamat


Score
Story : 7,5
Animation : 10
Sound : 9
Character : 7
Overall : 8

Sekian.
El. Psy. Kongroo.


Sekalian promosiin thread Shinkai ane gan. Monggo meluncur!emoticon-Ngacir2


Diubah oleh arai01
profile-picture
profile-picture
profile-picture
123lalalolo dan 7 lainnya memberi reputasi
8
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 5
19-08-2019 02:03
Untuk yang komen dengan potensi spoiler plot, harap gunakan tag spoiler

Misteri yang belum terjawab (mungkin) :

AWAS SPOILER
Diubah oleh arai01
0
19-08-2019 15:34
fak kenak sepoiler
emoticon-No Hope
profile-picture
mr.croovooc memberi reputasi
1
19-08-2019 16:38
Quote:Original Posted By grenademan24
fak kenak sepoiler
emoticon-No Hope


Lho kan udah tak kasih tag spoiler
0
19-08-2019 17:35
Jadi lu nonton di GI ? emoticon-Matabelo
profile-picture
grenademan24 memberi reputasi
1
19-08-2019 18:42
Quote:Original Posted By arai01
Lho kan udah tak kasih tag spoiler


lupa ane matiin, ya udah ane baca aja emoticon-Ngacir
0
19-08-2019 19:58
Gak sabar pengen nonton... Di Bali hari Rabu baru tayang soalnya
profile-picture
grenademan24 memberi reputasi
1
19-08-2019 20:17
Quote:Original Posted By causechooser
Jadi lu nonton di GI ? emoticon-Matabelo

Cinemaxx javamallemoticon-thumbsup
Quote:Original Posted By grenademan24


lupa ane matiin, ya udah ane baca aja emoticon-Ngacir

Yaelah. Absolute madlad nih
Quote:Original Posted By hawasurya
Gak sabar pengen nonton... Di Bali hari Rabu baru tayang soalnya

Official emang tanggal 21 gan. Ane dapet pre screening aja
0
20-08-2019 13:25
besok nonton deh, bikin mewek gak ni film emoticon-Mewek
profile-picture
grenademan24 memberi reputasi
1
20-08-2019 17:31
hmm. belum nonton sih tapi dari review orang orang di jepang sana memang banyak yang bilang agak terasa kurang. tunggu nonton deh baru kasih comment lagi
profile-picture
profile-picture
arai01 dan grenademan24 memberi reputasi
2
21-08-2019 16:15
setuju gua, kurang banget pendalaman karakter tentang Hina nya asal muasal kekuatan nya juga kurang dibahas
profile-picture
grenademan24 memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
21-08-2019 19:36
Ane mau tanya, ke penggemar Makoto Shinkai terutama. Keliatannya kok orang2 gak bosen dengan filmnya yg temanya itu aja? Dua sejoli ketemu terus jatuh cinta. Apa gak merasa repetitif gitu?

Ane udah nonton Kimi no Nawa tapi gak seperti kebanyakan, filmnya kurang masuk di ane. Jadi kesannya biasa aja. Ada rencana mau nonton ini karena gak ada yg sreg dengan film di xxi untuk sekarang
profile-picture
profile-picture
grenademan24 dan arai01 memberi reputasi
2
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
21-08-2019 22:07
Balasan post BeAHacker
hmm,.opini pribadi ane ia,...mungkin analoginya kayak indomie,.ada goreng ayam bawang miaceh dll,..intinya tetep mie, tapi dengan berbagai olahan,..peace:

profile-picture
profile-picture
profile-picture
grenademan24 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
21-08-2019 23:41
yang bandung gaada nonbarnya gitu wkwkwk
sendirian males
profile-picture
grenademan24 memberi reputasi
1
Lapor Hansip
22-08-2019 04:16
Balasan post parakrama505
Itu kan sejarahnya pas emaknya sakit, dia pengen terakhir kalinya menghabiskan waktu sama emaknya ketika langit cerah, trus dia melihat dari rumah sakit ada suatu tempat yg disinari (kuil kecil diatas bangunan tua) terus doi kesitu lalu brdoa...
profile-picture
profile-picture
pemburu.kobokan dan grenademan24 memberi reputasi
2
22-08-2019 10:42
Semoga bisa nonton tgl 24 Ags bsk.
Your Name aja ane baru nonton cuplikan nya aja emoticon-Sorry
profile-picture
grenademan24 memberi reputasi
1
22-08-2019 20:02
Film Makoto shinkai pakai proyektor laser+layar segede gaban tanpa black bar mantap
[Review] Weathering With You / Tenki no Ko

ultra XD


Diubah oleh mr.kevin95
profile-picture
grenademan24 memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
22-08-2019 20:24
Balasan post mr.kevin95
berapa duit tuhemoticon-Matabelo
0
22-08-2019 20:30


Quote:Original Posted By arai01
berapa duit tuhemoticon-Matabelo


Kalau punya member maxxbox cuma bayar 30 ribu senin-kamis kalau pakai ovo, masih dapat diskon lagi 20% jadi cuma bayar 24 ribu emoticon-Ngakak (S)
0
22-08-2019 20:34
Quote:Original Posted By mr.kevin95
Kalau punya member maxxbox cuma bayar 30 ribu senin-kamis kalau pakai ovo, masih dapat diskon lagi 20% jadi cuma bayar 24 ribu emoticon-Ngakak (S)

Vajigur banget nih emang. Ane aja bela2in bakar 50kemoticon-Marah
0
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
22-08-2019 20:45
Balasan post arai01
Quote:Original Posted By arai01

Vajigur banget nih emang. Ane aja bela2in bakar 50kemoticon-Marah


Ane juga bakar 50k kokemoticon-Embarrassment , nonton 2X di ultra xdemoticon-Ngakak (S)
0
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.