alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d5284528012ae47c60cfc00/rayakan-idul-adha-tanpa-kantong-plastik-pesantren-ini-malah-menyesal
Lapor Hansip
13-08-2019 16:35
Rayakan Idul Adha Tanpa Kantong Plastik, Pesantren Ini Malah Menyesal
Quote:https://sains.kompas.com/read/2019/0...yesal?page=all

Rayakan Idul Adha Tanpa Kantong Plastik, Pesantren Ini Malah Menyesal

KOMPAS.com - Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, untuk Idul Adha tahun ini, Pesantren Al-Muta'allimin di Jalan Kemandoran Pluis, Jakarta Selatan, memutuskan untuk tidak menggunakan kantong plastik.

Hal itu mereka lakukan karena mengikuti imbauan Gubernur Jakarta Anies Baswedan yang sejalan dengan kampanye "Rayakan Idul Adha Tanpa Kantong Plastik" dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Namun, pengasuh pondok Pesantren Al-Muta'allimin, Muhammad Faisol, mengaku malah menyesal telah menggunakan besek dan tahun depan akan kembali menggunakan kantong plastik.

"Tahun ini iya karena sudah lewat ya sudah, tetapi tahun depan akan berpikir-pikir lagi, kemungkinan besar kembali pakai kantong plastik yang murah biayanya," ujarnya.

"Ide ini sebenarnya bagus untuk mengurangi pencemaran lingkungan dari sampah. Tapi tidak efektif dan solusinya kurang realistis," kata Faisol lagi.

Dia mengeluhkan harga besek (wadah dari anyaman bambu) untuk daging kurban yang jauh lebih besar daripada menggunakan kantong plastik.

Pihak panitia kurban membeli persiapan wadah bambu (besek) sekitar 900 buah. Harga per 100 buah wadah tersebut dibanderol Rp 150.000. Bila ditotal, biayanya mencapai Rp 1.350.000 untuk besek saja.

Belum cukup disitu, mereka juga masih perlu membeli daun pisang untuk menjaga agar daging kurban tidak jatuh dari besek.


"Kalau tidak pakai daun pisang, ya dagingnya bakal jatuh. Daun pisang itu enggak dikasih tapi beli, meski aku lupa harganya. Tapi yang jelas pengeluaran duitnya nambah lagi," jelas Faisol.

Lantas, pada hari Idul Adha, panitia mendapati bahwa mereka hanya membutuhkan 800 wadah, sehingga 100 sisanya masih belum pasti mau digunakan sebagai apa.

Selain itu Faisol juga meyakini bahwa tidak banyak orang yang mau menggunakan besek itu kembali. Artinya, uang Rp 1 juta lebih itu terbuang ke tempat sampah dalam waktu satu hari.

Faisol menjelaskan bahwa meskipun yang berkurban banyak yang orang kaya, mereka tetap harus menekan biaya karena yang dikumpulkan tetaplah uang sosial masyarakat.

Lagipula di luar hewan kurban dan wadah, ada biaya-biaya lain yang harus dikeluarkan untuk menyukseskan acara pemotongan kurban, seperti biaya potong, konsumsi panitia dan pembungkusan.

Jika harga keranjang besek itu bisa bersaing dengan harga kantong plastik, atau ada alternatif lainnya yang juga lebih murah dari besek ini, Faisol percaya bahwa akan ada banyak yang beralih dari kantong plastik.

Jika pemerintah ingin kampanye ini sukses pada tahun depan, baik di skala nasional ataupun regional, Faisol berpendapat bahwa pemerintah harus menjadi lebih tegas dan mulai memikirkan solusi alternatif plastik yang lebih baik bagi masyarakat.

"Sedikit sekali yang melaksanakan himbauan itu, sedangkan sebagian besar tetap saja menumpuk sampah. Bahkan bukan cuma satu hari saat Idul Adha. Setiap hari ketika mereka belanja dari swalayan ataupun supermarket besar (juga menumpuk sampah plastik)," ujarnya.

Dia pun mengatakan, saya mendukung program ini karena baik. Tetapi, jika tidak ada alternatif lain yang lebih murah. Panitia kurban di sini kembali pakai kantong plastik saja.


Komeng TS =
menyusul
profile-picture
profile-picture
profile-picture
secrettopsecret dan 8 lainnya memberi reputasi
9
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 4
13-08-2019 16:37
Rayakan Idul Adha Tanpa Kantong Plastik, Pesantren Ini Malah Menyesal
Rayakan Idul Adha Tanpa Kantong Plastik, Pesantren Ini Malah Menyesal
emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Anggaradrajad dan 16 lainnya memberi reputasi
17
Lihat 3 balasan
13-08-2019 16:38
bud abud, pgn belagak jd penyelamat lingkungan, pgn belagak jd penolong pengrajin, tp gak mikir aplikasi dilapangan. yg penting lempar ide sok keren trus ngacir emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
angga_nero dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Lapor Hansip
13-08-2019 16:40
Balasan post Koncong
Quote:Original Posted By Koncong
Rayakan Idul Adha Tanpa Kantong Plastik, Pesantren Ini Malah Menyesal
Rayakan Idul Adha Tanpa Kantong Plastik, Pesantren Ini Malah Menyesal
emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka


mungkin sbg perlambang kepribadian pak gub
luar pake besek-->ramah lingkungan
taunya dalemnya pake plastik-->merusak alam
jadi: luarnya ramah, dalemnya merusak

profile-picture
profile-picture
profile-picture
gojira48 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
13-08-2019 16:40
Yah, rembesan darah dari daginnya kan bikin kotor besek, nggak akan bisa dipakai lagi (kecuali pakai plastik lagi di dalamnya seperti ide cemerlang satu orang gubernur).


Dulu ada orang yang punya kantong "plastik" yang ramah lingkungan, larut di air, kalau mau dibuang tinggal aduk ke air dan buang. Kenapa nggak kita coba kembangkan itu?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Lihat 4 balasan
Lapor Hansip
13-08-2019 16:42
Balasan post Koncong
Lihat positifnya, dapat besek gratis bisa dipakai lagi, nggak seperti yang di sini.
(Asumsi yang dikasih besek berplastik masih mau pakai ulang beseknya) emoticon-Traveller


emoticon-Leh Uga
profile-picture
Koncong memberi reputasi
1
Lapor Hansip
13-08-2019 16:43
Balasan post lupineprince
biaya produksi masih mahal
profile-picture
Osenk2Bantal memberi reputasi
1
13-08-2019 16:44
Quote:Original Posted By cipokan.yuk
bud abud, pgn belagak jd penyelamat lingkungan, pgn belagak jd penolong pengrajin, tp gak mikir aplikasi dilapangan. yg penting lempar ide sok keren trus ngacir emoticon-Ngacir


lu punya ide aja kagak belagak sok kritis, yg penting ngebacot sok ide trus ngacir emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
uchiha.df96 dan 4 lainnya memberi reputasi
-3
Lihat 3 balasan
13-08-2019 16:45
Quote:Original Posted By firewallshop
mungkin sbg perlambang kepribadian pak gub
luar pake besek-->ramah lingkungan
taunya dalemnya pake plastik-->merusak alam
jadi: luarnya ramah, dalemnya merusak


Quote:Original Posted By lupineprince
Lihat positifnya, dapat besek gratis bisa dipakai lagi, nggak seperti yang di sini.
(Asumsi yang dikasih besek berplastik masih mau pakai ulang beseknya) emoticon-Traveller


emoticon-Leh Uga

Berarti terserah abud mau bikin peraturan harus ttp taat bray. Yg penting bangke gak mandi sendiri.
Rayakan Idul Adha Tanpa Kantong Plastik, Pesantren Ini Malah Menyesal
profile-picture
profile-picture
profile-picture
n4z1.v8 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
13-08-2019 16:47
astajim emoticon-Kagets
profile-picture
Koncong memberi reputasi
1
13-08-2019 16:48
Quote:Original Posted By Koncong
Berarti terserah abud mau bikin peraturan harus ttp taat bray. Yg penting bangke gak mandi sendiri.
Rayakan Idul Adha Tanpa Kantong Plastik, Pesantren Ini Malah Menyesal


Astajim lagi emoticon-Kagets
profile-picture
Koncong memberi reputasi
1
Lapor Hansip
13-08-2019 16:52
Balasan post cocktail1987
Quote:Original Posted By cocktail1987


lu punya ide aja kagak belagak sok kritis, yg penting ngebacot sok ide trus ngacir emoticon-Ngacir


baik terus bro , jgn berhenti
0
13-08-2019 16:53
semiga anies baswedan gantiin duit pesantren ituh

atau jongosnya ini @zukr gantiin kerugian pesantren ituh ?
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan Koncong memberi reputasi
2
Lapor Hansip
13-08-2019 16:58
Balasan post cocktail1987
Quote:Original Posted By cocktail1987


lu punya ide aja kagak belagak sok kritis, yg penting ngebacot sok ide trus ngacir emoticon-Ngacir

Sighs....emoticon-Cape d...

Ane yang kafir aja bisa kasih pilot idea: mereka bawa kotak makanan sendiri (kecuali nggak punya, akan diberikan kantung plastik, mungkin berbayar sebagai "denda" seperti Rp200 dari supermarket), biar dagingnya ditampung pakai kotak makanan itu.
Voila, hampir nggak ada sampah terbuang percuma, dibanding ide besek berplastik wan abud.

See? Not hard to think about. Itu tegeupepek kerjanya ngapain aja sih?.
Diubah oleh lupineprince
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aghnanovelino dan 4 lainnya memberi reputasi
5
13-08-2019 17:01
Pake kresek sama dengan ikut menghancurkan bumi iniemoticon-Blue Guy Bata (L)
0
13-08-2019 17:04
Quote:Original Posted By Koncong
Rayakan Idul Adha Tanpa Kantong Plastik, Pesantren Ini Malah Menyesal
Rayakan Idul Adha Tanpa Kantong Plastik, Pesantren Ini Malah Menyesal
emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka


Quote:Original Posted By firewallshop
mungkin sbg perlambang kepribadian pak gub
luar pake besek-->ramah lingkungan
taunya dalemnya pake plastik-->merusak alam
jadi: luarnya ramah, dalemnya merusak



Bener" sesuai dgn perumpamaan ente gan emoticon-Ngakak
Don't judge the book by it's cover emoticon-Leh Uga
0
13-08-2019 17:07
Di Balikpapan walikotanya juga menerapkan kebijakan sama pakai besek buat daging kurban dan reaksi masyarakatnya kurang lebih mengeluhkan juga.

Besek memang bisa jadi salah satu alternatif pengganti plastik tapi kalo peruntukannya buat daging kurban ya jelas salah sasaran, yg ada malah merusak besek dan daging kurbannya jatuh berceceran menembus celah² besek kecuali beseknya dikasih pelapis seperti daun (atau ironisnya dilapis plastik juga).

Dah gitu harga besek sangat tidak ekonomis buat operasional pelaksanaan kurban di masjid² dan langgar² yg praktis hanya mengandalkan infak dan sedekah jamaahnya yg tidak seberapa.
0
13-08-2019 17:08
Plasik tidak go green
Besek tidak go green juga, pohon bambu ditebangi emoticon-Ngakak (S)


Kenapa wan gabud gak nyuruh penerima kurban bawa tempat sendiri?
0
13-08-2019 17:09
tinggal cari plastik yang ramah lingkungan sih lebih berhemat dibanding besek yg harganya lumayan..
Rayakan Idul Adha Tanpa Kantong Plastik, Pesantren Ini Malah Menyesal

kan Alfamart dan Indomaret sudah pakai, ga lama dipakai 1-2 bulan langsung hancur plastiknya sedikit demi sedikit
profile-picture
jagotorpedo memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
13-08-2019 17:11
Quote:Original Posted By lupineprince
Sighs....

Ane yang kafir aja bisa kasih pilot idea: mereka bawa kotak makanan sendiri (kecuali nggak punya, akan diberikan kantung plastik, mungkin berbayar sebagai "denda" seperti Rp200 dari supermarket), biar dagingnya ditampung pakai kotak makanan itu.
Voila, hampir nggak ada sampah terbuang percuma, dibanding ide besek berplastik wan abud.

See? Not hard to think about. Itu tegeupepek kerjanya ngapain aja sih?.


Minimal 500 perak lah bre.
profile-picture
rasamaler memberi reputasi
1
13-08-2019 17:13
Quote:Original Posted By Koncong
Rayakan Idul Adha Tanpa Kantong Plastik, Pesantren Ini Malah Menyesal
Rayakan Idul Adha Tanpa Kantong Plastik, Pesantren Ini Malah Menyesal
emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka


Dibawa pulang ditentengnya pake apa? Plastik jg......
profile-picture
raafirastania26 memberi reputasi
1
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.