alexa-tracking
Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
5 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5d48315065b24d6cb4624f6f/nasi-pepes-kuliner-jadul-saingan-nasi-bakar
Lapor Hansip
05-08-2019 20:38
Nasi Pepes, Kuliner Jadul Saingan Nasi Bakar
Past Hot Thread
Nasi Pepes, Kuliner Jadul Saingan Nasi Bakar

Nasi Pepes, Kuliner Jadul Saingan Nasi Bakar
Sumber : dokumen pribadi

Assalamualaikum

Agan Sista semua, sekarang ini nih, lagi nge-hits kuliner-kuliner jadul yang naik daun. Salah satunya adalah Nasi Pepes. Kuliner ini kalah saing dengan Nasi Bakar. Meski sama-sama berbahan utama nasi yang dibungkus daun pisang, tapi sensasi makannya berbeda.

Selama ini kuliner pepes kita kenal dengan isian ikan, ayam, jamur ataupun tahu. Namun Nasi Pepes berbeda, Gan. Di dalamnya sudah mengandung nasi dan lauk sekaligus.

Kalau nasi pepes nih Gan, penampilannya seperti lontong dan arem-arem, karena cara memasaknya dikukus. Sedangkan nasi bakar penampilannya lebih memukau dengan penampakan daun pisang yang kering sedikit gosong bekas terkena pembakaran.

Berikut ane tuliskan resep dan cara pembuatannya, ya, Gan.

NASI PEPES

Bahan :
Beras putih
Daun pisang
Ayam
Teri Medan kering

Bumbu halus :
Bawang merah
Bawang putih
Kemiri sedikit

Salam, serai, daun jeruk, jahe.

Cara membuat :

Rebus ayam dengan air mendidih. Jangan lupa buang air rebusan pertama untuk menghilangkan kotoran yang masih menempel pada ayam. Rebus kembali dengan air bersih.

Cuci bersih beras, tiriskan.

Tumis bumbu halus, masukkan daun salam, daun jeruk, serai dan jahe. Hanya sampai layu, kemudian masukkan ke dalam ayam yang sedang di rebus. Tambahkan garam, dan sedikit gula, sejumput penyedap rasa jika suka. Rebus sebentar, lalu masukkan beras ke dalam rebusan ayam dan bumbu, aduk sebentar, jadikan aron. Jangan lupa masukkan teri Medan. Ohya aron adalah beras yang sudah dimasak dengan air dan bumbu yang sudah menyusut airnya.
Setelah air menyusut, angkat.

Siapkan daun pisang, bungkus aron nasi tersebut memakai daun pisang dan semat menggunakan lidi atau lipat daun ke dalam. Lakukan sampai aron nasi habis. Lalu kukus sampai matang dan tanak. Sekitar 1-1,5 jam.

Harus benar-benar tanak ya, kalau engga cepat basi.

Nasi Pepes, Kuliner Jadul Saingan Nasi Bakar
Sumber : dokumen pribadi


Mirip sama nasi bakar yang sudah lebih dahulu terkenal ya, Gan. Hanya saja pada cara pembuatannya yang berbeda. Tetapi intinya sama, mengandalkan daun pisang sebagai pembungkus.

Pembuatan nasi pepes agak ribet. Tapi sesuailah sama hasilnya. Rasanya dijamin endeusss.
Jadi gimana nih Agan semua pilih nasi pepes atau nasi bakar.

Kalau ane sih ya, nasi pepes cocok di bawa buat bekal piknik, ga ribet. Tinggal sedia sambal aja buat cocolan. Praktis, enak, sedap dan kenyang.


Nah kalau mau makan di rumah, misal kumpul keluarga ya cocok nya nasi bakar, karena lebih mantap kalau dimakan dalam kondisi hangat.

Sekian ya Gan. Kabar kuliner jadul dari ane, semoga menginspirasi agan sista semua untuk menikmati kuliner jadul yang top.

Tunggu kabar dan resep kuliner jadul dari ane selanjutnya ya....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dandyy07 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
05-08-2019 21:45
boleh dicoba ya, enak paket banget ini
profile-picture
profile-picture
b4perman dan AnisMo memberi reputasi
2
Lihat 1 balasan
06-08-2019 12:54
udah tak bintangin, udah tak cendolin, mantap nih nasinya
profile-picture
b4perman memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
06-08-2019 13:28
wah rada mirip sama nasi bakar yak, ane baru tau pepes ternyata bisa juga diselipin nasi, kayak enak bener soalnya ane kebetulan penggemar pepes, apalagi pepes tahu. nikmat bener nih pasti, jadi ngilerrr
profile-picture
b4perman memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
06-08-2019 14:06
Quote:Original Posted By trifatoyah
udah tak bintangin, udah tak cendolin, mantap nih nasinya


Dicoba bikin Bunda Tri Fatoya
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
1
06-08-2019 14:06
Quote:Original Posted By kudanil.la
wah rada mirip sama nasi bakar yak, ane baru tau pepes ternyata bisa juga diselipin nasi, kayak enak bener soalnya ane kebetulan penggemar pepes, apalagi pepes tahu. nikmat bener nih pasti, jadi ngilerrr


Ayo bikin...
0
06-08-2019 14:14
Quote:Original Posted By VitaArkana
Dicoba bikin Bunda Tri Fatoya


Aku bikinnya lontong aja ntar kalau lebaran 😁😁
0
06-08-2019 14:51
Quote:Original Posted By trifatoyah
Aku bikinnya lontong aja ntar kalau lebaran 😁😁


Asikkkkk...
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
1
06-08-2019 16:44
boleh dicoba. semoga gak gosong 😂
profile-picture
b4perman memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
07-08-2019 05:09
Quote:Original Posted By VitaArkana
Asikkkkk...


Makanan wajib lebaran
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
09-08-2019 05:19
mampir lagi ke nasi pepes
profile-picture
profile-picture
b4perman dan VitaArkana memberi reputasi
2
12-08-2019 19:14
mau makan lagi emoticon-Ngakak
0
12-08-2019 19:14
Quote:Original Posted By trifatoyah
mampir lagi ke nasi pepes


Nambah lagi neh emoticon-Ngakak
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
1
17-08-2019 19:09
saya suka asal gak terlalu pedas emoticon-Ngakakemoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
b4perman dan YenieSue0101 memberi reputasi
2
Lihat 1 balasan
17-08-2019 19:12
Quote:Original Posted By pabloo
saya suka asal gak terlalu pedas emoticon-Ngakakemoticon-2 Jempol


Ah masa emoticon-Betty
profile-picture
b4perman memberi reputasi
1
17-08-2019 19:12
Quote:Original Posted By YenieSue0101
Ah masa emoticon-Betty


Kamu bikinin ya yen emoticon-terimakasih
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
1
17-08-2019 19:14
Quote:Original Posted By pabloo
Kamu bikinin ya yen emoticon-terimakasih


Aku gak bisa bikin om emoticon-Ngakak (S)
0
17-08-2019 19:15
Quote:Original Posted By YenieSue0101
Aku gak bisa bikin om emoticon-Ngakak (S)


Alah dasar kamu
Makan doang emoticon-Traveller
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
1
17-08-2019 19:16
Quote:Original Posted By pabloo
Alah dasar kamu
Makan doang emoticon-Traveller


Karena lebih enak makan daripada bikin emoticon-Wowcantik
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
1
17-08-2019 19:18
Quote:Original Posted By YenieSue0101
Karena lebih enak makan daripada bikin emoticon-Wowcantik


Emang iya emoticon-Hammer2
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
1
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.