MozzahoLicAvatar border
TS
MozzahoLic
Belajar Coding untuk Membuat Program/Aplikasi dalam Teknologi untuk Masa Depan
Kevin Harlim
Jurusan : Teknik Informatika
Universitas Kristen Satya Wacana ( UKSW )

Teknologi Informasi saat ini sangat berkembang di masyarakat. Perkembangan TIK pun terus meningkat seiring dengan meningkatnya kebutuhan manusia. Teknologi informasi dapat memudahkan kita untuk belajar dan mendapatkan informasi yang kita butuhkan dari mana saja, kapan saja, dan dari siapa saja (Ekawati, 2012). 
Salah satu cara menyikapinya adalah dengan memanfaatkan teknologi informasi sebagai salah satu metode pembelajaran codinguntuk membuat program/aplikasi. Semua orang bisa belajar coding tanpa memandang umur. Hal ini bisa dikatakan sangat terbuka untuk siapa saja yang mau belajar coding bagi semua orang, mengingat bahwa pada saat ini era teknologi sudah masuk ke zaman Industry 4.0. Masih banyak orang-orang di indonesia yang masih sedikit untuk belajar coding. Semua orang bisa belajar membuat program/aplikasi. Aplikasi/program bisa dijadikan bisnis online, misalnya banyak perusahaan sekarang yang menjual barang-barang di website/aplikasi yang mereka punya. Maka dari itu, belajar coding sangat diperlukan di zaman sekarang, apalagi sekarang serba IoT.
IoT adalah Internet of Things, suatu konsep dimana objek tertentu punya kemampuan untuk mentransfer data lewat jaringan tanpa memerlukan adanya interaksi dari manusia ke manusia ataupun dari manusia ke perangkat komputer. Jadi yang dimaksud IoT singkatnya, semua serba internet.  Oleh karenanya, sangatlah diperlukan adanya metode pembelajaran coding untuk siapa saja guna memajukan teknologi di negara indonesia.
     Coding (code-ing) adalah proses kita mengetikkan code-code bahasa pemrograman. Code mempunyai peranan penting dalam hal ini. Jika tidak ada code maka program/aplikasi tidak ada. Maka dari itu code adalah inti dari program/aplikasi yang nanti akan dibuat. Dalam pembelajaran coding terdapat proses belajar mengajar. Banyak bahasa pemrograman yang ada di seluruh dunia. Contohnya : PHP, JavaScript, Phyton Java, C++, dan masih banyak lagi. Bahasa pemrograman yang pada hakikatnya adalah proses kita membuat struktur atau alur dari program/aplikasi. Sehingga, kalau struktur atau alur programnya baik, akan menimbulkan kesan memuaskan bagi diri sendiri atau orang-orang. Disinilah diharapkan semua orang tanpa memandang umur ikut serta dalam memajukan teknologi di indonesia dengan cara belajar coding untuk membuat program/aplikasi.
      Banyak refrensi tentang bahasa pemrograman, terutama di website. Membuat program/aplikasi, kita membutuhkan laptop/komputer dan internet untuk searching tentunya. Pertama kita berfikir ingin membuat program/aplikasi seperti apa. Kemudian, pikirkan alur dan struktur dalam program. Jika baru pertama kali belajar coding, carilah refrensi tentang dasar-dasar coding beserta logikanya di website, dan perpustakaan kampus/daerah. Pilihlah bahasa pemrograman yang sesuai dengan program yang akan dibuat. Usahakan fokus pada 1 bahasa pemrograman dahulu. Misalnya, jika ingin membuat website. Pada website ada 3 bahasa, yaitu : HTML, CSS, PHP. Fokuslah misalkan pada HTML dahulu, kemudian jika sudah bisa tentang HTML. Kemudian belajar tentang CSS, dan seterusnya. Saat belajar coding, pasti kita akan merasa jenuh atau bosan, isilah rasa bosan itu dengan kegiatan diluar coding. Seperti berolahraga, bermain game, minum kopi dan lain-lain. Tidak harus berjam-jam di depan komputer/laptop untuk coding. Codinglah minimal 2 jam sehari untuk bisa membuat program dan memahami strukturnya.
        Oleh karena itu, belajar coding untuk membuat program/aplikasi tidak susah, hanya niatnya. Menurut saya jika coding dilakukan setiap hari minimal 2 jam saja, setengah bulan akan menjadi Programmer. Saat ini banyak lowongan kerja yang mencari profesi seorang programmer untuk membantu perusahaan-perusahaan mereka menyelesaikan masalah dan gajinya pun tidak main-main. Maka dari itu sangat dianjurkan untuk belajar coding untuk masa depan yang lebih cerah.


Diubah oleh MozzahoLic 02-08-2019 05:00
Reynaldi423Avatar border
Reynaldi423 memberi reputasi
1
1.7K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.9KThread40.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.