News
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
0
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d334ac98012ae524175e02d/macam-macam-kesalahan-saat-menulis-surat-lamaran-kerja-yang-sering-membuat-ditolak
Dalam menulis surat lamaran kerja ini tentunya harus diperhatikan dengan benar agar tidak terjadi kesalahan yang justru membuat lamaran kita ditolak. Menulis surat lamaran yang salah justru dapat berakibat fatal bagi posisi pekerjaan yang ingin kita lamar bahkan dapat menjadikan penolakan sepihak dari perusahaan atau kantor yang ingin kita lamar. Dengan menulis surat lamaran kerja yang baik maka a
Lapor Hansip
21-07-2019 00:09

Macam Macam Kesalahan Saat Menulis Surat Lamaran Kerja yang Sering Membuat Ditolak

Dalam menulis surat lamaran kerja ini tentunya harus diperhatikan dengan benar agar tidak terjadi kesalahan yang justru membuat lamaran kita ditolak.

Macam Macam Kesalahan Saat Menulis Surat Lamaran Kerja yang Sering Membuat Ditolak
Menulis surat lamaran yang salah justru dapat berakibat fatal bagi posisi pekerjaan yang ingin kita lamar bahkan dapat menjadikan penolakan sepihak dari perusahaan atau kantor yang ingin kita lamar. Dengan menulis surat lamaran kerja yang baik maka akan membuat pihak perusahaan akan lebih tertarik dengan kita bahkan dapat memberikan poin plus. Oleh karena itu kesalahan-kesalahan dalam menulis surat lamaran ini harus dihindari dengan sebaik mungkin.

Memang apa pentingnya sih penulisan surat lamaran kerja ini? Surat lamaran merupakan suatu penghubung awal antara kita dan perusahaan yang ingin kita lamar oleh karena itu kita harus memperhatikannya sebaik mungkin agar tidak memberikan kesan negatif di awal. Sama halnya seperti ingin berkenalan dengan cewek yang kita suka tentunya kita harus menunjukkan penampilan yang menarik agar mendapatkan poin dan semakin mudah dalam berkenalan.

Kenapa tidak boleh membuat kesalahan dalam menulis surat lamaran kerja? Berikut ini beberapa alasannya :
Surat lamaran merupakan penghubung pertama antara pelamar dengan perusahaan / kantor
Penilaian pertama yang dilihat dan diseleksi oleh perusahaan
Memiliki poin tersendiri dan bisa menjadikan poin tambahan
Persaingan pertama dengan pelamar lainnya oleh karena itu kita harus menampilkan yang terbaik

Nah itulah tadi beberapa alasan kenapa kita harus mencegah kesalahan dalam menulis surat lamaran kerja. Apa saja kesalahan dalam penulisan surat lamaran kerja? Sebenarnya ada berbagai macam kesalahan yang membuat surat lamaran seseorang ditolak. Berikut fahrinheit lampirkan macam macam kesalahan dalam menulis surat lamaran kerja yang sering membuat ditolak :

1. Tidak Sesuai Struktur Surat Lamaran Kerja
Nah ini merupakan hal penting dalam penulisan surat lamaran kerja yang sering diabaikan dan menjadi kesalahan pelamar. Dalam menulis surat lamaran kerja kita harus memperhatikan struktur penulisan mulai dari tempat penulisan, tanggal hingga nama pelamar diserta tanda tangannya. Namun bagi pihak perusahaan / kantor besar biasanya sudah menyediakan contoh struktur penulisan surat lamaran kerja yang bisa anda copy.

2. Tidak Menggunakan Kata Baku (EYD) dan Tidak Sesuai Kaidah Bahasa Indonesia
Nah untuk yang satu ini juga seringkali menjadi kesalahan bagi seorang pelamar dalam menulis surat lamaran kerja, yaitu tidak memperhatikan kata yang digunakan apakah sudah sesuai kaidah bahasa Indonesia atau belum. Hindarilah kata kata tidak baku dan harus sesuai dengan ejaan yang disempurnakan (EYD). Berikut beberapa kata yang sering menjadi kesalahan pelamar :
Aku
Kamu
Untuk
Teruntuk

Di atas adalah beberapa contoh kata tidak baku yang bisa anda ganti dengan:
Saya
Anda
Pada
Kepada

Jadi perhatikan pemilihan kata yang akan anda gunakan dalam menulis surat lamaran kerja. Jangan lupa juga untuk menghindari kata-kata tidak formal yang tentunya sangat dilarang saat anda menuliskan surat lamaran.

Baca Juga : Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Sesuai Kaidah Bahasa Indonesia

3. Tulisan Susah Dibaca
Dalam menulis surat lamaran kerja memang tidak diharuskan mempunyai tulisan yang baik dan bagus. Namun perhatikan tulisan yang anda gunakan harus bisa dibaca agar tidak membuat sulit pihak perusahaan dalam membacanya. Jangan sampai hanya karena tulisan anda yang tidak bisa dibaca maka surat lamaran kita jadi dibuang dan tidak dibaca oleh perusahaan. Usahakan anda menulis sendiri surat lamaran tanpa perlu mengupah atau meminta jasa penulisan karena tulisan sendiri akan lebih menambah percaya diri dalam melamar.

4. Tulisan Tidak Rapi
Selain tulisan susah dibaca, tulisan tidak rapi juga sering menjadi kesalahan para pelamar dalam menulis surat lamaran kerja. Anda harus memperhatikan kerapian penulisan mulai dari
Spasi antar kata
Spasi antar kalimat
Spasi antar paragraf
Alinea dalam paragraf harus lurus
Batas kiri tulisan dan batas kanan (jika perlu)
Jumlah kalimat harus sesuai (usahakan dimuat dalam 1 lembar kertas folio)
Penggunaan huruf besar dan kecil
Penggunaan tanda baca mulai dari titik, koma, titik dua dan masih banyak lagi yang lainnya

5. Ada Bekas Hapusan Kesalahan Menulis
Jika anda terjadi kesalahan huruf atau kata dalam menulis surat lamaran maka anda harus menulis ulang surat lamaran tersebut. Jangan menghapus kesalahan tersebut dengan tipe x untuk menyamarkannya karena justru akan membuat surat lamaran kerja menjadi tidak rapi. Jadi usahakan tidak ada kesalahan sekecil apapun dalam menulis surat lamaran kerja. Memang pada saat awal mungkin akan membuat banyak sekali kertas terbuang karena banyaknya kesalahan, namun ini tentunya agar anda mendapatkan hasil yang terbaik.

6. Ada Bekas Tinta Bolpoin
Saat menulis surat lamaran kerja memang dianjutkan untuk menggunakan bolpoin atau pulpen tinta. Bagi yang tidak terbiasa menggunakan pulpen tinta mungkin akan sedikit kesusahan karena tinta akan merembes di kertas jika ditekan terlalu lama. Hindarilah hal tersebut karena bekas tinta bolpoin tebal dan tipis di surat lamaran justru membuat surat lamaran kerja menjadi tidak rapi. Oleh karena itu mungkin anda harus berlatih menulis dengan pulpen tinta terlebih dahulu agar tidak terjadi kesalahan dalam menulis surat lamaran kerja nantinya.

7. Terlalu Bertele-Tele
Hindari surat lamaran kerja yang terlalu bertele-tele atau panjang lebar. Surat lamaran yang anda buat harus to the point saja. Jika anda ingin menuliskan hal yang lainnya bisa anda lampirkan di CV ataupun saat wawancara kerja nantinya. Perhatikan penulisan surat lamaran kerja harus sesuai struktur seperti :
Tempat dan penulisan surat lamaran kerja
Nama perusahaan yang akan dilamar (tujuan lamaran)
Salam pembuka
Kalimat pengantar
Biodata diri serta pengalaman kerja (jika diperlukan)
Kalimat harapan agar diterima oleh si pelamar
Salam penutup
Tanda tangan penulis

Nah itulah tadi macam macam kesalahan dalam menulis surat lamaran kerja. Dengan mengetahui beberapa kesalahan di atas maka anda dapat menghindarinya terlebih dahulu agar tidak terjadi kesalahan dalam menulis surat lamaran nantinya. Bagi anda yang masih bingung, maka bisa dapat melihat contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar yang sudah fahrinheit bagikan pada artikel sebelumnya. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

Sumber : fahrinheit.com
0
Masuk untuk memberikan balasan
dunia-kerja--profesi
Dunia Kerja & Profesi
2.7K Anggota • 35K Threads
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia