Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

yalithaAvatar border
TS
yalitha
Bagaimanakah cara membangun kekuatan merek perusahaan jasa berbasis online??
Membangun merek bukanlah suatu hal yang tidak sengaja, proses panjang perencanan internal perusahaan serta komitmen sdm tentu sangat berperan. Dalam buka Service Marketing karangan Lovelock, terdapat sebuat design membangun kekuatan merek yang dikembangkan oleh Berry yaitu Service Branding Model

Model tersebut menggambarkan bahwa dalam industri jasa, kekuatan merek dibangun oleh dua komponen yang terdiri dari kesadaran merek (brand awareness) dan makna merek (brand meaning). Kedua komponen tersebut dalam pembentukannya dipengaruhi oleh merek yang dihadirkan (company presented brand), komunikasi eksternal merek (external brand communication), dan pengalaman pelanggan (customer experienced).

Banyak penelitian yang mengadaptasi model tersebut untuk mengukur kekuatan merek perusahaan jasa. Hasil dari penelitian-penelitian tersebut memperlihatkan bahwa dimensi merek yang dihadirkan, komunikasi eksternal merek, dan pengalaman pelanggan memiliki dampak yang signifikan terhadap pembentukan kekuatan merek melalui variabel kesadaran merek dan makna merek. Penelitian tersebut juga menunjukan bahwa dalam industri jasa, makna merek merupakan faktor yang paling dominan dalam membentuk kekuatan merek.
Berdasarkan ketiga penelitian tersebut service branding model terbukti dapat dijadikan tolak ukur dalam membangun kekuatan merek dalam industri jasa, tetapi belum pernah diuji pada perusahaan jasa yang berbasis digital.

Untuk itu saya mencoba meneliti apakah service branding model yang dikembangkan Berry juga relevan untuk perusahaan jasa berbasis online.
Untuk lokus penelitian saya mengambil Traveloka karena Traveloka sudah banyak sekali meraih penghargaan baik dari google play, dari mitra, ataupun dari majalah2 marketing, dan survey2 lainnya. Dan juga Traveloka dipercaya investor dimana banyak mendapat suntikan jasa. Semua itu adalah bukti Traveloka mendapat kepercayaan konsumen dan bukti bahwa Traveloka memiliki merek yang kuat. Padahal perusahaan ini baru didirikan pada tahun 2012.

Penelitian ini masi dalam tahap proses, saat ini saya butuh penilaian dari responden, untuk itu saya mohon bantuan partisipasi kepada agan-agan sekalian untuk mengisi kuesioner pada link d bawah ini. Syarat mengisi agan pernah bertransakti di Traveloka dan pernah mengkases Facebook/Instagram Traveloka.

Terima kasih sudah mendukung penelitian ini.

Link Kuesioner:

https://docs.google.com/forms/d/e/1F....embedded=true
Diubah oleh yalitha 17-07-2019 08:09
0
253
0
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Ilmu Marketing & Research
Ilmu Marketing & ResearchKASKUS Official
6.2KThread2KAnggota
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.