News
Batal
KATEGORI
link has been copied
69
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d2086b9c0cad7604b70cff3/pelurusan-pernyataan-darmono-soal-pendidikan-agama-tak-perlu-diajarkan-di-sekolah
Pernyataan Praktisi Pendidikan Setyono Djuandi Darmono yang mengusulkan agar pendidikan agama tidak perlu diajarkan di sekolah, menuai polemik. Setyono Darmono, Chairman Jababeka Group, yang juga pendiri President University itu berpendapat, agama cukup diajarkan orangtua masing-masing atau lewat guru agama di luar sekolah. Setelah pendapat Setyono Djuandi Darmono (SD Darmono) tersebut mendapat so
Lapor Hansip
06-07-2019 18:32

Pelurusan Pernyataan Darmono soal Pendidikan Agama tak Perlu Diajarkan di Sekolah

Pernyataan Praktisi Pendidikan Setyono Djuandi Darmono yang mengusulkan agar pendidikan agama tidak perlu diajarkan di sekolah, menuai polemik.

Setyono Darmono, Chairman Jababeka Group, yang juga pendiri President University itu berpendapat, agama cukup diajarkan orangtua masing-masing atau lewat guru agama di luar sekolah.

Setelah pendapat Setyono Djuandi Darmono (SD Darmono) tersebut mendapat sorotan banyak kalangan, Ardiyansyah Djafar dari Desk Komunikasi Jababeka, menyampaikan pernyataan secara tertulis kepada JPNN.com, Jumat (5/7). (esy/jpnn)

Berikut pernyataan lengkapnya:

Beredar berita bahwa SD Darmono, pendiri Jababeka, menganjurkan Presiden Jokowi untuk mengeluarkan pelajaran agama dari sekolah. Kami tegaskan bahwa pendapat itu telah menimbulkan salah penafsiran. Untuk itu kami meluruskan.

Pertama, SD Darmono sangat peduli pada pendidikan karakter berbasis agama yang mempunyai akar kuat dan sudah mentradisi di Nusantara. Yang dia soroti dan prihatinkan adalah mengapa identitas agama ketika dikaitkan dengan politik malah mendorong munculnya konflik dan polarisasi sosial. Padahal semua agama mengajarkan persatuan dan akhlak mulia.


Kedua, Masuknya faham keagamaan yang ekstrim ke sekolah dan universitas mesti menjadi perhatian kita semua, karena hal ini merusak kesatuan dan harmoni sosial. Oleh karena itu, materi pembelajaran dan kualitas guru-gurunya perlu ditinjau ulang. Hendaknya pelajaran agama itu lebih menekankan character building dan kemajuan bangsa. Terlebih lagi Indonesia dikenal sebagai bangsa yang religius.

Ketiga, Jika pelajaran agama dalam aspek- aspeknya yang dianggap kurang, itu tanggungjawab setiap orangtua dan komunitas umat beragama, bisa dilengkapi di masjid, gereja atau vihara.

Keempat, Jadi, intinya bukan mengeluarkan pelajaran agama dari sekolah, tetapi sebuah koreksi dan renungan, apa yang salah dengan pendidikan agama kita di sekolah.

Buku Bringing Civilizations Together yang diluncurkan 4 Juli lalu penekanannya adalah pada pembentukan karakter demi kerukunan dan kemajuan bangsa.

Demikianlah semoga ralat ini menyelesaikan salah paham yang dialamatkan pada SD Darmono.

Ardiyansyah Djafar.
Desk Komunikasi Jababeka

Sumber : https://www.jpnn.com/news/pelurusan-...kan-di-sekolah



Org2 spti darmono dgn statement ny yg lg heboh ini di susul JK yg pernah usul azan jgn keras2 bahkan hoktod yg kepleset lidah al maidah 51.

Itu jauh di hati kecilnya ada kegelisahan ttg policy Agama mayoritas yg di anggap terlalu "ribet" atau segelintir oknumnya berbuat masalah dr mslh kecil sampai ancaman nasional dengan topeng agama.

Ada sedikit konflik internal bagi sesama pemeluk agama mayoritas ini Contoh, inget ini salah 1 contoh yakni,dimana ada yg merasa meng kotak2 kan spti di larang mengucap selamat hari raya bagi agama lain yg sebenarnya pendapat dr beberapa pemuka agama ini,memperbolehkan utk says Merry Christmas demi tegaknya sila pertama.


Dan lihat itu berita yg gw copas, yg nulis surat itu (desk komunikasi jababeka) dari namanya gw yakin pasti dia pemeluk agama mayoritas, ini spti pesan tersembunyi gw yg agama ini aja bs maklumi pendapat darmono, bukan krn gw di gaji dia, tapi agar tidak ada kegaduhan.

Scr implisit darmono jg ngajari, demi kemajuan bangsa kita utamakan pendidikan ilmu pengetahuan umum

Tapi ya nggak harus pelajaran Agama harus di hapus dari sekolah jga
Diubah oleh jualpcyagan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hawk dan 6 lainnya memberi reputasi
5
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Pelurusan Pernyataan Darmono soal Pendidikan Agama tak Perlu Diajarkan di Sekolah
06-07-2019 18:39
Pd hal gue setuju bgt.
profile-picture
profile-picture
bayukuya1988 dan gabener.edan memberi reputasi
2 0
2
Pelurusan Pernyataan Darmono soal Pendidikan Agama tak Perlu Diajarkan di Sekolah
06-07-2019 18:41
Abs itu sudah emoticon-Salaman
Diubah oleh ntapzzz
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
1 0
1
Pelurusan Pernyataan Darmono soal Pendidikan Agama tak Perlu Diajarkan di Sekolah
06-07-2019 18:42
bila suatu ajaran malah membuat manusia saling membenci dan membunuh, patut dipertanyakan apakah mereka sedang menyembah dewa Ares atau tidak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zoelzing1 dan 5 lainnya memberi reputasi
5 1
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pelurusan Pernyataan Darmono soal Pendidikan Agama tak Perlu Diajarkan di Sekolah
06-07-2019 18:43
Pelurusan Pernyataan Darmono soal Pendidikan Agama tak Perlu Diajarkan di Sekolah

emoticon-Imlek
profile-picture
profile-picture
farhan.faf dan gabener.edan memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Pelurusan Pernyataan Darmono soal Pendidikan Agama tak Perlu Diajarkan di Sekolah
06-07-2019 18:46
Quote:Original Posted By jualpcyagan


Malaysia ya malaysia
Indonesia ya indonesia


baca kalimat terakhir. emoticon-Imlek
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pelurusan Pernyataan Darmono soal Pendidikan Agama tak Perlu Diajarkan di Sekolah
06-07-2019 18:48
di hapus juga ga masalah
singapore sejak hapuskan tu pelajaran lgsg ga ada konflik besar di negaranya
dan skrg da jadi negara maju

emoticon-Traveller
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
1 0
1
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Pelurusan Pernyataan Darmono soal Pendidikan Agama tak Perlu Diajarkan di Sekolah
06-07-2019 18:50
Sikapi dengan bijak ya
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
1 0
1
Pelurusan Pernyataan Darmono soal Pendidikan Agama tak Perlu Diajarkan di Sekolah
06-07-2019 18:52
gue liat rapor tahun 50 an ama awal 60 an dari sekolah negeri (sma ama smp) juga kagak ada pelajaran agama.
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan gabener.edan memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Pelurusan Pernyataan Darmono soal Pendidikan Agama tak Perlu Diajarkan di Sekolah
06-07-2019 18:57
ane lebih setuju kalo pendidikan agama di khususkan saja pada hari sabtu tentu dengan durasi setengah hari dan tidak masuk kurikulum tapi masuk ke nilai pribadi siswa...emoticon-Cool
profile-picture
jualpcyagan memberi reputasi
1 0
1
Pelurusan Pernyataan Darmono soal Pendidikan Agama tak Perlu Diajarkan di Sekolah
06-07-2019 19:09
hapus aja semua kalo cuma islam yang dihapus tentu umat bakal kelonjotan tp kalo semuanya di hapus dikembalikan ke masing2 komunitas agama kayaknya gak perlu diributin
lagian pelajaran agama mau belajar gak juga tetep dapet 6
gak ngaruh
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pelurusan Pernyataan Darmono soal Pendidikan Agama tak Perlu Diajarkan di Sekolah
06-07-2019 19:10
Sebentar lagi jadi Indonistan.

Quote:Say goodbye to critical thinking

Selamat datang mahzab tunggal
0 0
0
Pelurusan Pernyataan Darmono soal Pendidikan Agama tak Perlu Diajarkan di Sekolah
06-07-2019 19:11
mau cari masalah ama kamfret ne orangemoticon-Wkwkwk
0 0
0
Pelurusan Pernyataan Darmono soal Pendidikan Agama tak Perlu Diajarkan di Sekolah
06-07-2019 19:11
Agama itu bagian dari budaya. Gak salah belajar agama. Yang salah itu motodenya
0 0
0
Pelurusan Pernyataan Darmono soal Pendidikan Agama tak Perlu Diajarkan di Sekolah
06-07-2019 19:17
Point nmr 2 lakukan step by step. Paguyuban, ormas, bahkan parte yg sdh ada tanda" pembawa faham amburadul disikat dulu. Bargainingnya negara damai atau lakukan pelanggaran HAM bagi segelintir orang/kelompok pembawa faham yg mengancam persatuan
profile-picture
jualpcyagan memberi reputasi
1 0
1
Pelurusan Pernyataan Darmono soal Pendidikan Agama tak Perlu Diajarkan di Sekolah
06-07-2019 19:19
Alhamdulilah..
Pelajaran agama baiknya waktu SMP aja,saat pemikirannya sudah mulai matang..
Jangan kayak sekarang PAUD udah dijejali agama..
Diajarin tentang perang dari jaman nabi ampe khilafah..
Bocah TK sekarang sudah pinter kafir2in teman nya yg non muslim..
Diubah oleh dtyoz
profile-picture
profile-picture
gojira48 dan kaiserwalzer memberi reputasi
2 0
2
Pelurusan Pernyataan Darmono soal Pendidikan Agama tak Perlu Diajarkan di Sekolah
06-07-2019 19:24
yg dihapus bukan pelajaran nya tapi perlu mengawasi yg ngajar. ada guru pelajaran agama yg intoleran membuat sebagian siswa jadi apatis dgn pelajaran agama. ga bikin mereka jd lebih nyaman. buktinya masih banyak siswa yg belangsak juga
0 0
0
Pelurusan Pernyataan Darmono soal Pendidikan Agama tak Perlu Diajarkan di Sekolah
06-07-2019 19:25
Nah bener tuh point ke 3.. Agama jangan diajarin disekolah cukup jd tanggung jawab orang tua di rumah emoticon-Ngakak
Diubah oleh autistic.dog
profile-picture
gojira48 memberi reputasi
1 0
1
Pelurusan Pernyataan Darmono soal Pendidikan Agama tak Perlu Diajarkan di Sekolah
06-07-2019 19:31
emang ga perlu..bener itu
0 0
0
Pelurusan Pernyataan Darmono soal Pendidikan Agama tak Perlu Diajarkan di Sekolah
06-07-2019 19:56
Kalau pelajaran agama diajarkan di sekolah, seiring dengan diajarkannya Pancasila, kiranya tidak mengapa. Mungkin yang perlu diperhatikan adalah pengajar/gurunya.
Akan malah lebih berbahaya, bila proses pengajaran agama itu dilakukan di luar lingkup sekolah.
0 0
0
Pelurusan Pernyataan Darmono soal Pendidikan Agama tak Perlu Diajarkan di Sekolah
06-07-2019 20:00
Hapuskan saja ajaran agama

Tdk penting sama sekali
Tdk ada lowongan kerja yg mensyaratkan nilai agamanya bagus

emoticon-Ngacir2
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan gojira48 memberi reputasi
2 0
2
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia