Pembalap.onlineAvatar border
TS
Pembalap.online
Sejarah Balap Mobil Pertama Dunia, Cikal Bakal Balapan Formula 1


]Ketika jalan raya sudah terhubung dari satu kota ke kota lain, ada gagasan untuk mengujicobakan mobil.
Sejarah mencatat balap mobil pertama di dunia digelar pada 11 Juni 1895. Tujuannya, untuk mengetahui mobil pabrikan mana yang tercepat.

Diilansir dari History, adalah seorang pemiliki toko mesin terbesar di Paris pada 1887 bernama Emile Levassor
seorang inisiator kelompok penyelenggara adu cepat mobil ini.
Bersama dengan temannya Edouard Sarazin, Levassot berhasil membuat mobil Jerman Daimler. Pada 1891, Levassor memproduksi model mobil yang berbeda dari yang sudah ada. Dia menempatkan mobil berada di depan sasisnya.
Memanfaatkan antusiasme warga Paris terhadap mobil, Levassor untuk mengusulkan arena balap dari kota Paris menuju Bordeaux dan kembali menuju Paris. Sebuah ajang balap mobil dengan lintasan yang memiliki jarak sekitar 1.176 kilometer.


Karena jaraknya yang panjang, peserta yang mengikuti perlombaan ini diwajibkan menggunakan mobil dengan mesin yang kuat.
Pada 11 Juni 1895, balap mobil pertama akhirnya dimulai. Sekitar 30 peserta mengikuti lomba ini menggunakan mobil terbaiknya.
Sebanyak 23 jenis kendaraan yang diambil dari Versailles terdiri dari Steamer, Serpollet dan Bollees, Peugeot, Panhard, serta mobil bertenaga listrik lain.
Mobil Panhard dengan kapasitas 1.205 cc yang dikendarai oleh Emile Levassor tercatat memimpin jalannya perlombaan.

Levassor memimpin balapan dan berhenti secara teratur untuk memeriksa komponen mobilnya. Mobil-mobil yang bertanding berjalan dengan kecepatan rata-rata 24 kilometer per jam.
Emile Levassor berhasil mengendarai mobilnya dan berhasil mencapai garis finish dalam waktu 48 jam, jauh mengungguli lawannya.
Akan tetapi, Emile Levassor gagal mendapatkan kemenangannya karena adanya kesepakatan awal. Dia harus merelakan kemenangannya kepada pebalap Paul Koechlin dengan mobil Peugeot yang ketika itu mencapai garis finish pada urutan ketiga.
Koechlin menjadi pemenang kaena mobilnya menggunakan kursi empat penumpang, dan mobil Levassor hanya dua penumpang tak sesuai dengan ketentuan peraturan. Sembilan dari puluhan mobil yang mengikuti balap mobil ini berhasil mencapai garis finish.

Keberhasilan ini mendorong penciptaan Automobile Club de France dan mendorong pengembangan kendaraan bermotor dan mengatur event olahraga motor masa depan.
Kemudian hari, berkembang menjadi sirkuit balap motor Grand Prix dan akhirnya menjadi penjelmaannya saat ini, Formula Satu (F1).


  https://wartakota.tribunnews.com/201...ula-1?page=all.



Diubah oleh Pembalap.online 14-06-2019 02:49
evywahyuniAvatar border
yosefulAvatar border
hannepinAvatar border
hannepin dan 3 lainnya memberi reputasi
4
2.9K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & XenologyKASKUS Official
6.5KThread10.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.