News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
88
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ceed89ee83c722c8449e07e/setara-perusuh-22-mei-ingin-tiru-suriah-tapi-gagal
Jakarta - Ketua Setara Institute, Hendardi, menilai pihak-pihak yang memiliki kepentingan lewat peristiwa Kerusuhan 21-22 Mei berharap situasi keamanan yang sempat mencekam dapat memberi efek domino pada aspek politik di Tanah Air, seperti di Suriah. Menurut Hendardi, harapan itu pupus. "Mereka memaksakan tindakan rusuh dengan berharap ini akan melahirkan efek domino politik seperti di Suriah
Lapor Hansip
30-05-2019 02:08

Setara: Perusuh 22 Mei Ingin Tiru Suriah, Tapi Gagal

Setara: Perusuh 22 Mei Ingin Tiru Suriah, Tapi Gagal

Jakarta - Ketua Setara Institute, Hendardi, menilai pihak-pihak yang memiliki kepentingan lewat peristiwa Kerusuhan 21-22 Mei berharap situasi keamanan yang sempat mencekam dapat memberi efek domino pada aspek politik di Tanah Air, seperti di Suriah. Menurut Hendardi, harapan itu pupus.

"Mereka memaksakan tindakan rusuh dengan berharap ini akan melahirkan efek domino politik seperti di Suriah. Ada martir yang dikorbankan, harapannya memicu instabilitas politik skala besar dan diharapkan Presiden tidak bisa mengendalikan situasi," kata Hendardi di Jakarta, Rabu (29/5/2019).

Hendardi menuturkan skenario besar di balik aksi rusuh adalah memaksakan kehendak untuk kemenangan Paslon 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Namun menurut dia, paslon tersebut hanya dimanfaatkan, kemungkinan, oleh kelompok pensiunan tentara dan kelompok radikal yang mencari kekuasaan.

"Skenario terbesar di balik aksi-aksi para perusuh tersebut adalah memaksakan kemenangan Paslon 02, melalui dua saluran utama. Pertama, prosedur yuridis, dengan memaksakan kehendak kepada Bawaslu untuk mendiskualifikasi Paslon 01. Itulah mengapa tekanan yang mereka berikan sebagian besar melalui Bawaslu. Kedua, politik jalanan dan inkonstitusional," ucap Hendardi.

"Aktor utamanya hanya ada dua kemungkinan yaitu pensiunan tentara dan jaringan kelompok radikal, yang pada dasarnya simpatisan dan pendukung yang menunggangi Paslon 02 untuk kepentingan politik mereka masing-masing. Kalau preman-preman bayaran itu pion saja, hanya dipakai untuk kepentingan mereka," sambung Hendardi.

Hendardi mengatakan skenario kerusuhan dengan tujuan politik ini tak berjalan mulus karena sudah terendus, termasuk tujuan di balik skenario Gerakan Kedaulatan Rakyat.

"Banyak pihak sudah membedah rusuh 21 dan 22 Mei itu. Aksi dua hari itu gagal total, tidak rapi, dan terlalu telanjang. Kedaulatan rakyat itu hanya mainan label mereka saja. Di samping itu, aparat keamanan jauh lebih siap. Dua hari itu aparat menangani dengan baik, dan besok di MK pasti lebih baik lagi," ujar Hendardi.

Hendardi berpendapat Prabowo sendiri juga tak dapat mengendalikan massa yang meneriakkan dukungan kepadanya karena sebenarnya Prabowo bukan sosok solidarity maker di tengah-tengah kelompok yang mendorong kemenangannya di Pilpres 2019. Hendardi melihat Prabowo malah sesungguhnya dimanfaatkan.

"Yang bisa menghentikan mereka tidak ada. Karena mereka pada dasarnya punya agenda masing-masing. Prabowo juga tidak. Di tengah-tengah kelompok itu, Prabowo bukan solidarity maker. Dia figure elite yang juga sesungguhnya 'dipionkan' sebagai simbol oleh mereka, bahwa ini seakan-akan kontestasi elektoral dalam kerangka demokrasi," Hendardi menilai.

Direktur Imparsial, Al Araf, sependapat dengan analisis Hendardi. Kelompok yang 'bermain' dalam kerusuhan, disebut Al Araf, sengaja ingin Indonesia kacau dan kemungkinan berharap Indonesia seperti Suriah.

"Nah tujuan politiknya lebih besar, bukan hanya soal sengketa pemilu, tapi secara keseluruhan Indonesia chaos. Mungkin berharap indonesia dalam konteks Suriah. Makanya penangkapan (perusuh) masif dilakukan (oleh polisi) di beberapa tempat," tutur Al Araf.

Al Araf juga sependapat dengan Hendardi yang mengatakan kubu Paslon Prabowo-Sandi ditunggangi kepentingan kelompok radikal. Buktinya, kata Al Araf, polisi telah melakukan banyak penangkapan terhadap jaringan teroris Jamaah Ansharut Daulah yang hendak menyusup di tengah kegiatan unjuk rasa.

"Kita bisa lihat sebelum 22 Mei, penangkapan terhadap JAD dilakukan berulang-ulang, namun tidak ditangkap oleh logika publik. Kurang lebih 20-an teroris ditangkap karena ingin melakukan serangan pada aksi 22 Mei," jelas Al Araf.

Sumur

Untung, aparat sangat sigap dan bergerak dengan cepat untuk mencegahnya. emoticon-thumbsup
Diubah oleh rhaimukui
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ikiriki11 dan 27 lainnya memberi reputasi
28
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 5
Setara: Perusuh 22 Mei Ingin Tiru Suriah, Tapi Gagal
30-05-2019 02:08
Setara: Perusuh 22 Mei Ingin Tiru Suriah, Tapi Gagal
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 7 lainnya memberi reputasi
5 3
2
Setara: Perusuh 22 Mei Ingin Tiru Suriah, Tapi Gagal
30-05-2019 02:11
kasiyan martir 8 nyawa yg "ceritanya" dibelain kabur kluar negeri emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Setara: Perusuh 22 Mei Ingin Tiru Suriah, Tapi Gagal
30-05-2019 02:15
Kelihatannya mereka hanya pengangguran yang putus asa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Setara: Perusuh 22 Mei Ingin Tiru Suriah, Tapi Gagal
30-05-2019 02:19
Preman² yg bodoh.
Gak nyadar apa, habis dipakai ntar bakal dibuang?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 6 lainnya memberi reputasi
5 2
3
Setara: Perusuh 22 Mei Ingin Tiru Suriah, Tapi Gagal
30-05-2019 02:23
Bagusnya gak berhasil. Tapi bukan berarti mereka nyerah.. hati hati dan tetap waspada. Gak cuma aparat, masyarakat sekitar juga kudu waspada...

Bonus

Setara: Perusuh 22 Mei Ingin Tiru Suriah, Tapi Gagal

Wow

Setara: Perusuh 22 Mei Ingin Tiru Suriah, Tapi Gagal
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Setara: Perusuh 22 Mei Ingin Tiru Suriah, Tapi Gagal
30-05-2019 02:31
Bisa ditelusuri mulai dari speakernya terus ikutin kabelnya pasti ketemu head unitnya...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ikiriki11 dan 14 lainnya memberi reputasi
15 0
15
Setara: Perusuh 22 Mei Ingin Tiru Suriah, Tapi Gagal
30-05-2019 02:33
Maaf, masyarakat Indonesia masih lebih banyak yang waras dibanding yang sinting, yang pengen Indonesia bubar..
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Setara: Perusuh 22 Mei Ingin Tiru Suriah, Tapi Gagal
30-05-2019 02:35
apakah mereka akan kembali nganggur, semoga juragan kerdus masih kuat menyokong dan memberi mereka pekerjaan, tapi jangan rusuh yak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Setara: Perusuh 22 Mei Ingin Tiru Suriah, Tapi Gagal
30-05-2019 02:35
yelah tong tong.. emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Setara: Perusuh 22 Mei Ingin Tiru Suriah, Tapi Gagal
30-05-2019 02:47
dalangnya nanti lsg dikirim ke suriah aja...
biar tersalurkan bakat & cita2nya emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Setara: Perusuh 22 Mei Ingin Tiru Suriah, Tapi Gagal
30-05-2019 02:49
Suriah itu didukung militer.. goblok abis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Setara: Perusuh 22 Mei Ingin Tiru Suriah, Tapi Gagal
30-05-2019 03:00
Bener juga, kerusuhan yg dibikin gagal total. Hanya terjadi di tanah abang, slipi dan wahid hasyim. Tidak merembet ke daerah rawan kayak Cengkareng atau Tanjung Priok. Beda sama 98 hampir menyebar ke semua titik. Untung aparat sigap dan cepat menangani.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Setara: Perusuh 22 Mei Ingin Tiru Suriah, Tapi Gagal
30-05-2019 03:09
Quote:Original Posted By nagiman
Suriah itu didukung militer.. goblok abis


ada kecenderungan oposisi 02 lg ngelus2 militer dan membenturkan polkis vs tni dgn melakukan jihad hoaxemoticon-Najis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Setara: Perusuh 22 Mei Ingin Tiru Suriah, Tapi Gagal
30-05-2019 03:11
Quote:Original Posted By abau.
Bener juga, kerusuhan yg dibikin gagal total. Hanya terjadi di tanah abang, slipi dan wahid hasyim. Tidak merembet ke daerah rawan kayak Cengkareng atau Tanjung Priok. Beda sama 98 hampir menyebar ke semua titik. Untung aparat sigap dan cepat menangani.


Logistik terbatas, jendral.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abau. dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Setara: Perusuh 22 Mei Ingin Tiru Suriah, Tapi Gagal
30-05-2019 03:12
baguslah klo gagal
syerem kan klo kayak suriah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Setara: Perusuh 22 Mei Ingin Tiru Suriah, Tapi Gagal
30-05-2019 03:19
Amit-amit kalo kaya Suriah. Nanti kedatengan pejuang demokrasi asing dari negara tan tan tan emoticon-Najis
Diubah oleh Arzal
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abau. dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Setara: Perusuh 22 Mei Ingin Tiru Suriah, Tapi Gagal
30-05-2019 03:24
Arab spring in indonesia? Opo tumon? Indonesia udah spring dari dulu gak perlu dibuat musim semi! Mau macam2 di Indonesia sikehed kamprets! Gak tau yg nunggu tanah jawa sapa!
Wowo buapakneKamprets maennya kasar, syuriah mau dicopy cat di indonesia! Keliatan gimana cara mrk pecah belah antara aparat militer! Diketawain org se Indonesia ente!
Diubah oleh i71lm4c4n
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ikiriki11 dan 16 lainnya memberi reputasi
17 0
17
Setara: Perusuh 22 Mei Ingin Tiru Suriah, Tapi Gagal
30-05-2019 03:49
Dikira enak kali ya, suasana mencekam tiap hari? emoticon-DP
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Setara: Perusuh 22 Mei Ingin Tiru Suriah, Tapi Gagal
30-05-2019 03:56
Suriah itu, aswaja vs wahabi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
arifvinanda dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Setara: Perusuh 22 Mei Ingin Tiru Suriah, Tapi Gagal
30-05-2019 04:00
Selama masih ada bayi2 kaya seperti unok yg uangnya berpuluh2 kardus yg mempunyai ambisi utk jd pemimpin politik maka kita tetap harus waspada

Karena orang2 seperti ini dengan uangnya berpotensi mendanai kerusuhan spt ini

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
arifvinanda dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia