alexa-tracking
Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ce946385cf6c4037c223292/cocooking2019-mudik-ke-kebumen-buka-puasa-disini-aja-gan
Lapor Hansip
25-05-2019 20:42
[COCooking2019] Mudik ke Kebumen? Buka Puasa Disini Aja Gan!
Past Hot Thread
[COCooking2019] Mudik ke Kebumen? Buka Puasa Disini Aja Gan!

[COCooking2019] Mudik ke Kebumen? Buka Puasa Disini Aja Gan!

Assalamualaikum
Kebumen adalah sebuah kota kecil di pesisir selatan Jawa Tengah. Seperti kota kecil pada umumnya banyak warga kebumen yang merantau, sebagian besar mengadu nasib di Jakarta. Termasuk ane, tapi ane gak merantau di Jakarta melainkan di Kota Perwira. Setiap dua minggu sekali Ane mudik tipis-tipis ke Kebumen.

Kebetulan hari ini, Sabtu 25 Mei 2019 Ane lagi berada di Kebumen. Ane tadi sempat bingung mau buka puasa dimana, jadilah ane Sholat Maghrib dulu di rumah. Habis sholat baru kepikiran buat buka di Sate Ambal Pak Alip. FYI Pak Alip ini adalah putra dari Pak Kasman, seorang legenda yang membuat Sate Ambal menjadi terkenal sampe sekarang.

Kenapa Ane memilih untuk makan Sate Ambal? Tidak lain karena Sate Ambal adalah kuliner asli Kabupaten Kebumen. Udah penasaran kan sama Sate Ambal, yuk siap-siap Ane pamerkan.

Quote:
Sate Ambal Pak Alip

Setelah memarkirkan kendaraan dengan baik dan benar, lantas Ane memesan 1 porsi Sate Ambal lengkap dengan ketupat. Tanpa dikomando salah satu karyawan dengan sigap langsung membakar daging ayam yang sudah ditusuk-tusuk diatas arang. Ane lupa tadi gak nanya berapa suhu arang tersebut, yang jelas sangat panas.
Membakar Sate

Situasi waktu itu ada beberapa pengunjung yang sedang menikmati makanannya. Sembari menunggu pesanan Ane menggali info seputar Sate Ambal ini, salah satunya adalah tiap hari mereka bisa menghabiskan 100 ekor ayam. Bahkan kalau jelang lebaran seperti ini bisa sampe 250 ekor, karena banyak perantau yang mudik dan ingin melepas rindu dengan kuliner asli Kebumen ini. Jumlah yang sangat fantastis bukan, bisa dibayangkan omset per harinya berapa tuh.
Siap Santap

Setelah menunggu beberapa saat akhirnya pesanan Ane datang, wah betapa bahagianya hatiku. Total ada dua piring dan dua mangkuk yang tersaji di meja Ane. Dua piring untuk sate dan ketupat, sedangkan dua mangkuk berisi bumbu dan irisan bawang merah serta cabe.
Sebelum Diberi Bumbu

Satu porsi Sate Ambal berisi 20 tusuk sate, banyak banget kan gan. Ane aja tadi gak habis kok. Masih sisa banyak dan Ane bawa pulang. Agan dan Sista bisa lihat, belum dikasih bumbu sambal aja udah menggiurkan gitu kan.
Setelah Diberi Bumi Sambal

Sate Ambal memilik bumbu sambal yang berbeda dari sate manapun di Indonesia. Bila kebanyakan sate menggunakan sambal kacang atau kecap, Sate Ambal menggunakan tempe sebagai bahan utama bumbu sambalnya. Gak salah tuh pake tempe? Iya serius, tempe direbus lalu dihaluskan dan diberi gula merah dan bumbu-bumbu lainnya kemudian diolah hingga menimbulkan aroma yang menggoda indera Agan dan Sista.

Soal rasa jangan ditanya, pasti enak buanget dan tidak bisa ente temukan di sate lainnya. Bener-bener otentik, cita rasa yang mengandung kelezatan HQQ.
Mejeng Bersama Kentjana

Bagi warga Kebumen belum lengkap jika menikmati kuliner tanpa kecap Kentjana. Ya kecap asli Kebumen ini punya rasa dan kekentalan yang lebih dibandingkan dengan kecap lainnya. Sampai ada sebuah ungkapan " aja madang tanpa kecap Kentjana". Para perantau biasanya membawa kecap ini jika kembali ke Jakarta.

Setelah ane menikmati hidangan berbuka puasa dengan khusyuk dan khimat akhirnya perut merasa kenyang. Akhirnya sampai pada saat pembayaran, coba tebak berapa harga satu porsinya? Satu porsi berisi 20 tusuk sate ayam dan satu piring ketupat dihargai 28.000 rupiah. Harga yang terjangkau bukan? 20 tusuk sate loh gan. Bumbu sambalnya juga satu mangkuk sendiri. Bisa dibayangkan kan betapa bahagia hati Ane. Minumnya tentu gratis karena cuma air putih hangat.
Lokasi

Bagi Agan dan Sista yang kebetulan mudik atau berkunjung ke Kebumen dan ingin mencicipi Sate Ambal Pak Alip ini lokasinya sangat mudah ditemukan kok.

Dari arah Alun-alun Kebumen terus ke Timur sebelum Kali Krasak atau samping Bank Mandiri Cabang Kebumen. Lebih gampang jika Agan dan Sista mengikuti petunjuk Google Maps. Titiknya sesuai dan akurat kok.

Nah itu dia Sate Ambal, kuliner khas Kebumen yang Ane rekomendasikan buat Agan dan Sista sekalian. Kalau ada sumur di ladang bolehlah menumpang mandi, Agan dan Sista yang budiman jangan lupa komen disini.

Sekian dari Ane, terimakasih atas perhatian dan kerjasamanya.


Warm Regards


Saya.Kira

Update Rekomendasi Kuliner Kebumen
1. Nasi Penggel

2. Soto Pak Kored

3. Soto Tamanwinangun

4. Ayam Goreng Cinta Rasa


[COCooking2019] Mudik ke Kebumen? Buka Puasa Disini Aja Gan!

Sumber:
Quote:1. Pengalaman Pribadi TS
2. Gambar dari Kamera HP TS
3. Screenshot dari Google Maps
4. Foto Update dari instagram @kulinerankebumen dan Google Maps
Diubah oleh saya.kira
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rossadella dan 12 lainnya memberi reputasi
13
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 4
26-05-2019 00:41
jadi lapar gan ...
profile-picture
profile-picture
kira.kura dan saya.kira memberi reputasi
2
26-05-2019 01:01
Quote:Original Posted By ymulyanig3
jadi lapar gan ...


Makan kuy, sebentar lagi kan sahur.
:insomnia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ultrasound69 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
26-05-2019 03:42
emoticon-2 Jempol emoticon-Shakehand2

mantul itu sate ambal, unik rasa bumbunya
profile-picture
saya.kira memberi reputasi
1
26-05-2019 03:51
Quote:Original Posted By gembelngehe
emoticon-2 Jempol emoticon-Shakehand2

mantul itu sate ambal, unik rasa bumbunya


Kok tahu? Emang Om Momod pernah nyobain? Dimana? Kapan? Sama siapa?
emoticon-Request
profile-picture
profile-picture
kira.kura dan akun.newbie memberi reputasi
2
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
26-05-2019 03:54
Balasan post saya.kira
kok tahu ? sate dong
pernah
di sate ambal Mas Dani di jaksel
dah lama
keppo ihh emoticon-Big Grin
0
26-05-2019 04:02
Quote:Original Posted By gembelngehe
kok tahu ? sate dong
pernah
di sate ambal Mas Dani di jaksel
dah lama
keppo ihh emoticon-Big Grin


Oh yang di Pasar Santa itu yah. Kalo ke Jogja via jalur selatan jalan Daendels buanyak penjual sate ambal Om. Yang rekomen disana Pak Kasman sama Pak Tino. Lebaran kemaren 20 ribu / 10 tusuk, harga yang disepakati seluruh penjual sate Ambal. Murah yah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ultrasound69 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
26-05-2019 04:07
Quote:Original Posted By saya.kira


Oh yang di Pasar Santa itu yah. Kalo ke Jogja via jalur selatan jalan Daendels buanyak penjual sate ambal Om. Yang rekomen disana Pak Kasman sama Pak Tino. Lebaran kemaren 20 ribu / 10 tusuk, harga yang disepakati seluruh penjual sate Ambal. Murah yah.


entahlah mungkin sudah di ps santa, waktu nyobain masih di seberang gedung AKA di jalan bangka
emoticon-Big Grin Pak De Kasman tetangga ane, tapi ga jualan sate emoticon-Big Grin
0
26-05-2019 04:51
Quote:Original Posted By gembelngehe
entahlah mungkin sudah di ps santa, waktu nyobain masih di seberang gedung AKA di jalan bangka
emoticon-Big Grin Pak De Kasman tetangga ane, tapi ga jualan sate emoticon-Big Grin


Namanya emang pasaran
emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
kira.kura dan akun.newbie memberi reputasi
2
26-05-2019 04:53
Nubie jadi pengen Om
emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ultrasound69 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
26-05-2019 04:59
Quote:Original Posted By akun.newbie
Nubie jadi pengen Om
emoticon-Matabelo


Bisa dicoba kalau kebetulan singgah di Kebumen
:monggo:monggo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ultrasound69 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
26-05-2019 05:15
Quote:Original Posted By saya.kira
Bisa dicoba kalau kebetulan singgah di Kebumen
:monggo:monggo


Siap, ngumpulin dana dulu buat mudik ke Malang.
emoticon-Ngakakemoticon-Ngacir2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ultrasound69 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
26-05-2019 05:38
Udah pernah pas dari Jogja mau ke Cilacap lewat selatan. Porsinya emang juara.
profile-picture
saya.kira memberi reputasi
1
26-05-2019 08:24
jadi pengenn 😨
profile-picture
saya.kira memberi reputasi
1
26-05-2019 08:25
Quote:Original Posted By akun.newbie
Siap, ngumpulin dana dulu buat mudik ke Malang.
emoticon-Ngakakemoticon-Ngacir2

Lah kok malah ke Malang
emoticon-Cape d...
Quote:Original Posted By kira.kura
Udah pernah pas dari Jogja mau ke Cilacap lewat selatan. Porsinya emang juara.

Nah itu dia, di sepanjang jalan Daendels Ambalresmi kanan-kiri berderet Warung Sate Ambal.
emoticon-Blue Guy Cendol (L)
profile-picture
ultrasound69 memberi reputasi
1
26-05-2019 08:59
Quote:Original Posted By afraghanzhaa
jadi pengenn 😨


Kuy cobain Sist
profile-picture
ultrasound69 memberi reputasi
1
26-05-2019 11:22
aaahhhh lihat ginian siang2 bolong emoticon-Sorry
Diubah oleh kaksus10
profile-picture
saya.kira memberi reputasi
1
26-05-2019 14:04
Quote:Original Posted By kaksus10
aaahhhh lihat ginian siang2 bolong emoticon-Sorry


Sabar kan sebentar lagi buka puasa.
profile-picture
profile-picture
kaksus10 dan ultrasound69 memberi reputasi
2
26-05-2019 14:08
enak kelihatannya gan emoticon-Genit

ntar buka, cari sate ah
profile-picture
saya.kira memberi reputasi
1
26-05-2019 14:08
Keliatan enak dech, tapi tetep sate Padang is the best
profile-picture
saya.kira memberi reputasi
1
26-05-2019 14:12
Quote:Original Posted By masalfarisy
enak kelihatannya gan emoticon-Genit

ntar buka, cari sate ah

Emang enak Om, sip selamat mencari
emoticon-Recommended Seller
Quote:Original Posted By ultrasound69
Keliatan enak dech, tapi tetep sate Padang is the best

Yoi masing2 punya preferensi sendiri
emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
ultrasound69 dan kebumen.beriman memberi reputasi
2
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
Selera Nusantara (Indonesian Food)
karupuak-leak-jajanan-yang-melegenda
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.