Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
110
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb64a03f4d6957e7b701962/jangan-dulu-ajarkan-anak-naik-motor-ajarkan-mereka-kemandirian
Bicara tentang pendidikan anak di masa kini tentu bukan perkara yang mudah, ditengah perkembangan zaman yang begitu dinamis tentu banyak sekali rintangannya. Dengan adanya teknologi di masa kini bukan hanya sekedar memudahkan namun di sisi lain muncul rasa waswas saat mereka anak-anak yang belum bisa membedakan baik dan buruk dalam menggunakan teknologi yang ada di masa kini.
Lapor Hansip
17-04-2019 04:32

Jangan Dulu Ajarkan Anak Naik Motor, Ajarkan Mereka Kemandirian

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Bicara tentang pendidikan anak di masa kini tentu bukan perkara yang mudah, ditengah perkembangan zaman yang begitu dinamis tentu banyak sekali rintangannya. Dengan adanya teknologi di masa kini bukan hanya sekedar memudahkan namun di sisi lain muncul rasa waswas saat mereka anak-anak yang belum bisa membedakan baik dan buruk dalam menggunakan teknologi yang ada di masa kini. Banyak sekali istilah-istilah buruk yang tersematkan pada anak-anak masa kini seperti generasi micin dan lain sebagainya.
Jangan Dulu Ajarkan Anak Naik Motor, Ajarkan Mereka Kemandirian

Credit : insidehelmet.com

Menjadi orang tua di masa kini memang tak mudah terlebih pergaulan di masa kini yang semakin dinamis dan terkadang merasa waswas dengan pergaulan anak yang bisa saja salah memilih teman bergaul. Saat pendidikan orang tua kepada anak kurang dan bertemu pergaulan yang tidak baik bisa saja membuat anak terbawa pada lingkungan yang buruk. Dengan lingkungan yang serba dinamis ini tentunya perlu adanya proteksi lebih pada pendidikan anak dengan tidak membuatnya terlalu bebas namun tidak terlalu mengekang.

Anak-anak masa kini tentu sudah akrab dengan namanya kendaraan seperti motor, banyak orang tua rela mengajarkan anak naik motor walaupun usianya belum beranjak dewasa. Ibarat sebuah kebiasaan, anak-anak masa kini sudah terbiasa bawa motor kesana kemari saat bermain dengan teman-temannya. Satu sisi memang terlihat bagus saat anak bisa naik motor namun satu sisi terlihat buruk karena melupakan sesuatu yang penting dan semestinya diajarkan pada anak masa kini yaitu tentang kemandirian diri dan tak terlalu memanjakannya karena bisa berdampak ketergantungan.

Mengajarkan anak untuk mandiri tentu sudah semestinya harus dilakukan oleh orang tua semenjak anak usia dini, hal ini bertujuan untuk membangun mental dirinya agar tidak tergantung oleh keadaan dan tidak menjadi anak yang manja. Saat orang tua sudah mengajarkan motor pada anak semenjak dini dan melupakan untuk mengajarkan mereka kemandirian tentu dampaknya kurang baik karena anak terlalu termanja keadaan dan ujungnya dikit-dikit akan naik motor meskipun hanya pergi ke warung pun naik motor. Terlebih saat anak-anak yang beranjak dewasa bermain motor tak jarang bikin waswas orang tua karena tak sedikit anak-anak yang bersikap buruk saat main motor-motoran dibandingkan mereka yang biasa jalan kaki.

Jika zaman dulu anak-anak biasa ke sekolah jalan kaki tanpa komplain, maka jika anak zaman sekarang ke sekolah di suruh jalan kaki tentu mereka ogah dan beralasan capek dan jaraknya jauh. Zaman memang sudah berubah, memang tak salah jika mengajarkan anak naik motor namun ajarkan dulu mereka kemandirian agar mereka bisa memahami arti hidup ini yang tak selalu menyenangkan dan keras untuk dijalani serta tak termanja keadaan dan terus bergantung pada orang tua.
Jangan Dulu Ajarkan Anak Naik Motor, Ajarkan Mereka Kemandirian

Credit : muslimah.co.id

Bukan hanya jangan dulu ajarkan mereka naik motor semata, namun dalam hal lain pun seperti memberi gawai pada anak dan lain sebagainya sebaiknya jangan dulu diberikan kepada mereka sebelum mereka bisa mandiri dan bisa membedakan mana yang baik dan buruk untuknya. Membahagiakan anak itu memang harus, namun ada kalanya kita harus mengajarkan mereka dengan berbagai kebaikan untuk dirinya karena mereka adalah generasi penerus kita. Demikian paparan tulisan ane kali ini, agan dan sista ingin menambahkan atau menanggapi? Silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan berikutnya.

Sumber :
Opini Pribadi dan Inspirasi Kehidupan
Sumber Lain
Sumber gambar via google images
profile-picture
profile-picture
profile-picture
swiitdebby dan 19 lainnya memberi reputasi
20
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 6
Jangan Dulu Ajarkan Anak Naik Motor, Ajarkan Mereka Kemandirian
17-04-2019 04:33
Reserved
0 0
0
Jangan Dulu Ajarkan Anak Naik Motor, Ajarkan Mereka Kemandirian
17-04-2019 04:55
Mantul gan...
Kemandirian dan Pendidikan Moral untuk diajar kepada mereka sangatlah penting...
emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-2 Jempolemoticon-Keep Posting Gan
Diubah oleh saiful203
2 0
2
Jangan Dulu Ajarkan Anak Naik Motor, Ajarkan Mereka Kemandirian
17-04-2019 07:18
Quote:Original Posted By saiful203
Mantul gan...
Kemandirian dan Pendidikan Moral untuk diajar kepada mereka sangatlah penting...
emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-2 Jempolemoticon-Keep Posting Gan


Pastinya emoticon-Big Grin
1 0
1
Jangan Dulu Ajarkan Anak Naik Motor, Ajarkan Mereka Kemandirian
17-04-2019 10:06
bener banget, gan...
tp sayangnya orang tua sekarang merasa bangga jika anakanya yg masih bocah sudah bs naik motor, tanpa menyadari bahayanya...
emoticon-Entahlah
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Jangan Dulu Ajarkan Anak Naik Motor, Ajarkan Mereka Kemandirian
17-04-2019 10:21
Quote:Original Posted By smoxrz
bener banget, gan...
tp sayangnya orang tua sekarang merasa bangga jika anakanya yg masih bocah sudah bs naik motor, tanpa menyadari bahayanya...
emoticon-Entahlah


Iya bre emoticon-Sorry
Diubah oleh tafakoer
0 0
0
Jangan Dulu Ajarkan Anak Naik Motor, Ajarkan Mereka Kemandirian
17-04-2019 10:57
Kalo liat bocah naik motor trus jatoh, gak pernah gw tolongin.

Gak punya hati?
Biarin.

Orang tua nya aja gak peduli nyawa anaknya, kenapa gw mesti repot
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Jangan Dulu Ajarkan Anak Naik Motor, Ajarkan Mereka Kemandirian
17-04-2019 11:49
pd hal banyak anak2 yg di daerah pelosok, pergi kesekolah dgn menyebrang sungai...
emoticon-Sorry

Peranan orag tua disini harus tegas terhadap permintaan anak mereka..
Jika belum cukup umur untk mengendarai kendaraan.

Jika sdh cukup usia dan sdh lebih memahami peraturan lalin.
Bisa dipikirkan kembali perlu tidaknya mengajarkan/membelikan hal tersebut.
Diubah oleh ngejleb
1 0
1
Jangan Dulu Ajarkan Anak Naik Motor, Ajarkan Mereka Kemandirian
17-04-2019 12:57
Quote:Original Posted By OetakReptile
klo ane malah sngaja motornye ane sruduk dari belakang biar jatoh, klo dah jatoh ane ludahin emoticon-Cool


emoticon-Leh Uga
1 0
1
Jangan Dulu Ajarkan Anak Naik Motor, Ajarkan Mereka Kemandirian
17-04-2019 21:08
anak-anak dibawah umur bawa motor jadi kecelakaan jadi repot nantinya

emoticon-ceyem
2 0
2
Jangan Dulu Ajarkan Anak Naik Motor, Ajarkan Mereka Kemandirian
19-04-2019 09:26
Terima kasih TS...masukan nya sangat tepat...
Ane punya anak cowok dan belum ane ijinkan menggunakan sepeda motor....
Lebih baik anak yg menangis....daripada orang tua yg menangis
5 0
5
Jangan Dulu Ajarkan Anak Naik Motor, Ajarkan Mereka Kemandirian
20-04-2019 13:51
Quote:Original Posted By warrysangru2
anak-anak dibawah umur bawa motor jadi kecelakaan jadi repot nantinya

emoticon-ceyem


Iya bre

Quote:Original Posted By westborneo73
Terima kasih TS...masukan nya sangat tepat...
Ane punya anak cowok dan belum ane ijinkan menggunakan sepeda motor....
Lebih baik anak yg menangis....daripada orang tua yg menangis


Sama-sama gan..
1 0
1
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
Jangan Dulu Ajarkan Anak Naik Motor, Ajarkan Mereka Kemandirian
20-04-2019 15:36
ane se7 deh gan
0 0
0
Jangan Dulu Ajarkan Anak Naik Motor, Ajarkan Mereka Kemandirian
20-04-2019 15:37
Quote:Original Posted By warrysangru2
anak-anak dibawah umur bawa motor jadi kecelakaan jadi repot nantinya

emoticon-ceyem


Nyawa bisa melayang
1 0
1
Jangan Dulu Ajarkan Anak Naik Motor, Ajarkan Mereka Kemandirian
20-04-2019 15:38
Quote:Original Posted By pabloo
ane se7 deh gan


Makasih om emoticon-Big Grin
0 0
0
Jangan Dulu Ajarkan Anak Naik Motor, Ajarkan Mereka Kemandirian
20-04-2019 15:39
aman aman saja

Jangan Dulu Ajarkan Anak Naik Motor, Ajarkan Mereka Kemandirian
0 0
0
Jangan Dulu Ajarkan Anak Naik Motor, Ajarkan Mereka Kemandirian
20-04-2019 17:55
Sebelum diajarin kemandirian, ajarin dulu anak untuk open minded dan kritis.
Itu yang paling penting.
1 0
1
Jangan Dulu Ajarkan Anak Naik Motor, Ajarkan Mereka Kemandirian
21-04-2019 09:05
pejwan


gembocked
Diubah oleh harmagedon77
0 0
0
Jangan Dulu Ajarkan Anak Naik Motor, Ajarkan Mereka Kemandirian
21-04-2019 09:07
udah naik sepedah dulu aja gan,,ajarin kalo ngegowes itu lebih nikmat dan fresh
1 0
1
Jangan Dulu Ajarkan Anak Naik Motor, Ajarkan Mereka Kemandirian
21-04-2019 09:18
nunggu anak sudah cukup umur dan punya sim baru diajari dan diberi motor, menjadi salah satu pendidikan taat terhadap hukum yang berlaku
1 0
1
Halaman 1 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia