Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
43
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c9e0b8b10d295783b0aba8c/jangan-mencekik-yang-sedang-tercekik
Rentenir Pembunuh Berdarah Dingin Rentenir adalah orang yang mencari nafkah dengan membungakan uang, atau sering dikenal lintah darat (KBBI). Orang yang bibirnya manis, semanis madu dicampur gula. Mirip-miriplah sama janji-janji mantan. Menawarkan kebaikan di tengah kesulitan, dengan jaminan sertifikat tanah atau BPKB kendaraan. Dengan sistem pembayaran kredit bulanan atau jatuh tempo. Kok paham b
Lapor Hansip
29-03-2019 19:11

Jangan Mencekik Yang Sedang Tercekik

icon-verified-thread
Rentenir Pembunuh Berdarah Dingin

Jangan Mencekik Yang Sedang Tercekik

Rentenir adalah orang yang mencari nafkah dengan membungakan uang, atau sering dikenal lintah darat (KBBI).
Orang yang bibirnya manis, semanis madu dicampur gula. Mirip-miriplah sama janji-janji mantan. Menawarkan kebaikan di tengah kesulitan, dengan jaminan sertifikat tanah atau BPKB kendaraan.

Dengan sistem pembayaran kredit bulanan atau jatuh tempo. Kok paham banget ya? Jangan-jangan suka ngutang emoticon-Ngakak kagak, tetangga ane pernah ada yang jadi korban lintah darat! Melayang tanah 2 hektar karena jadi jaminan. Bunganya segede gunung kidul jadi gak kuat bayar.

Sebenernya rentenir itu ada baiknya, mereka memberikan pinjaman kepada orang yang membutuhkan. Yang menjadi masalah, mereka meminjamkan uang dengan bunga yang mencekik, jadi orang yang kesusahan semakin susah.
Jadi baik gak sebenernya lintah darat? Bingung ane!

Rentenir sama dengan Riba, Riba adalah hal yang dilarang dalam agama islam.
Penjelasan ada di surat Al-imran ayat 130. Selain itu dosa riba juga lebih berat dari zina 36 kali.

Satu dirham uang riba yang dimakan oleh seseorang dalam keadaan mengetahui bahwa itu adalah uang riba dosanya lebih besar dari pada berzina sebanyak 36 kali.” (HR. Ahmad dari Abdulloh bin Hanzholah dan dinilai shahih oleh Al Albani dalam Shahih al Jami’, no. 3375)” [Nida-atur Rahman li Ahli Iman hal 41
Baca selengkapnya https://muslim.or.id/574-riba-jahiliah.html

Namun, banyak sekali orang yang masih menerjang larangan satu ini. Dengan alasan ekonomi, darurat dll. Bukan maksut saya mau menyalahkan pekerjaan seseorang atau keadaan seseorang yang sedang mengalami kesusahan ekonomi dan mencari jalan keluar meminjam uang dari lintah darat.

Kenapa judulnya ekstrem? Karena secara tidak langsung memang membunuh orang yang memang sedang dalam kesusahan secara perlahan-lahan. Tanpa menggunakan perasaan tega menambah beban pikiran orang yang utang dengan mencabut paksa jaminan. Sampai ada orang yang gangguan jiwa karena habis semua harta bendanya karena berhutang ke rentenir (kisah nyata).

Alangkah baiknya jika kita memberi hutang tanpa beban bunga, agar tidak memberatkan. Lebih baik lagi kita bersedekah kepada orang yang sangat membutuhkan, membantu meringankan beban mereka.

Di sini bukan sok baik atau apa, niat saya membuat thread ini untuk mengajak sesama berbagi dengan orang yang membutuhkan.
Percayalah, kita hidup hanya sebentar, tidak akan hilang yang kita sedekahkan, karena Allah telah menjelaskan dalam Al Qur'an bahwa sedekah akan digantikan dengan yang lebih baik, di bumi dan akhirat.

Lantas kenapa kita mencari untung jika membuat orang lain buntung?
Utamakan hati dan perasaan. Karena otak hanya berpihak pada hal yang membuatnya laba.

Salam santun, jangan lupa sedekah karena sedekah sebagai tolak azab, malapetaka dan juga memperpanjang umur.
Kalau gak percaya, coba deh kita buktikan bareng-bareng. emoticon-2 Jempolemoticon-Jempolemoticon-2 Jempol
Diubah oleh masnukho
11
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Jangan Mencekik Yang Sedang Tercekik
29-03-2019 19:17
yups.. rentenir bukannya mmbantu malah mempersulit.

banyak ttga yg trjerat. kasian..
1 0
1
Jangan Mencekik Yang Sedang Tercekik
29-03-2019 19:22
hanya krn ingin cpt dpt uang dicari segala cara...sedih yaa
1 0
1
Jangan Mencekik Yang Sedang Tercekik
29-03-2019 19:23
Quote:Original Posted By RetnoQr3n
yups.. rentenir bukannya mmbantu malah mempersulit.

banyak ttga yg trjerat. kasian..


Iya kak, di sini juga banyak.
Sampai ada yang stres
0 0
0
Jangan Mencekik Yang Sedang Tercekik
29-03-2019 19:23
Rentenir tuh dosanya gedhe
1 0
1
Jangan Mencekik Yang Sedang Tercekik
29-03-2019 19:25
Quote:Original Posted By masnukho
Rentenir Pembunuh Berdarah Dingin

Jangan Mencekik Yang Sedang Tercekik

Rentenir adalah orang yang mencari nafkah dengan membungakan uang, atau sering dikenal lintah darat (KBBI).
Orang yang bibirnya manis, semanis madu dicampur gula. Mirip-miriplah sama janji-janji mantan. Menawarkan kebaikan di tengah kesulitan, dengan jaminan sertifikat tanah atau BPKB kendaraan.

Dengan sistem pembayaran kredit bulanan atau jatuh tempo. Kok paham banget ya? Jangan-jangan suka ngutang emoticon-Ngakak kagak, tetangga ane pernah ada yang jadi korban lintah darat! Melayang tanah 2 hektar karena jadi jaminan. Bunganya segede gunung kidul jadi gak kuat bayar.

Sebenernya rentenir itu ada baiknya, mereka memberikan pinjaman kepada orang yang membutuhkan. Yang menjadi masalah, mereka meminjamkan uang dengan bunga yang mencekik, jadi orang yang kesusahan semakin susah.
Jadi baik gak sebenernya lintah darat? Bingung ane!

Rentenir sama dengan Riba, Riba adalah hal yang dilarang dalam agama islam.
Penjelasan ada di surat Al-imran ayat 130. Selain itu dosa riba juga lebih berat dari zina 36 kali.

Satu dirham uang riba yang dimakan oleh seseorang dalam keadaan mengetahui bahwa itu adalah uang riba dosanya lebih besar dari pada berzina sebanyak 36 kali.” (HR. Ahmad dari Abdulloh bin Hanzholah dan dinilai shahih oleh Al Albani dalam Shahih al Jami’, no. 3375)” [Nida-atur Rahman li Ahli Iman hal 41
Baca selengkapnya https://muslim.or.id/574-riba-jahiliah.html

Namun, banyak sekali orang yang masih menerjang larangan satu ini. Dengan alasan ekonomi, darurat dll. Bukan maksut saya mau menyalahkan pekerjaan seseorang atau keadaan seseorang yang sedang mengalami kesusahan ekonomi dan mencari jalan keluar meminjam uang dari lintah darat.

Kenapa judulnya ekstrem? Karena secara tidak langsung memang membunuh orang yang memang sedang dalam kesusahan secara perlahan-lahan. Tanpa menggunakan perasaan tega menambah beban pikiran orang yang utang dengan mencabut paksa jaminan. Sampai ada orang yang gangguan jiwa karena habis semua harta bendanya karena berhutang ke rentenir (kisah nyata).

Alangkah baiknya jika kita memberi hutang tanpa beban bunga, agar tidak memberatkan. Lebih baik lagi kita bersedekah kepada orang yang sangat membutuhkan, membantu meringankan beban mereka.

Di sini bukan sok baik atau apa, niat saya membuat thread ini untuk mengajak sesama berbagi dengan orang yang membutuhkan.
Percayalah, kita hidup hanya sebentar, tidak akan hilang yang kita sedekahkan, karena Allah telah menjelaskan dalam Al Qur'an bahwa sedekah akan digantikan dengan yang lebih baik, di bumi dan akhirat.

Lantas kenapa kita mencari untung jika membuat orang lain buntung?
Utamakan hati dan perasaan. Karena otak hanya berpihak pada hal yang membuatnya laba.

Salam santun, jangan lupa sedekah karena sedekah sebagai tolak azab, malapetaka dan juga memperpanjang umur.
Kalau gak percaya, coba deh kita buktikan bareng-bareng. emoticon-2 Jempolemoticon-Jempolemoticon-2 Jempol





Ternyata ada yg baru

Mantabemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
1 0
1
Jangan Mencekik Yang Sedang Tercekik
29-03-2019 19:25
Quote:Original Posted By wulaniyati
hanya krn ingin cpt dpt uang dicari segala cara...sedih yaa


Sangat menyedihkan, menghalalkan segala cara tanpa memikirkan orang lai n.
0 0
0
Jangan Mencekik Yang Sedang Tercekik
29-03-2019 19:25
Quote:Original Posted By YenieSue0101
Rentenir tuh dosanya gedhe


Iya kak, 36kali dosa zina kak
1 0
1
Jangan Mencekik Yang Sedang Tercekik
29-03-2019 19:26
Quote:Original Posted By Surobledhek746
Ternyata ada yg baru

Mantabemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan


Iya bang, masih hangat.
Baru keluar dari oven emoticon-Wakaka
1 0
1
Jangan Mencekik Yang Sedang Tercekik
29-03-2019 19:29
Quote:Original Posted By masnukho
Iya bang, masih hangat.
Baru keluar dari oven emoticon-Wakaka


Ntar juga terbang melayangemoticon-Cendol Gan
1 0
1
Jangan Mencekik Yang Sedang Tercekik
29-03-2019 19:29
Quote:Original Posted By Surobledhek746
Ternyata ada yg baru

Mantabemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan


Tapi masih banyak aja di masyarakat.
2 0
2
Jangan Mencekik Yang Sedang Tercekik
29-03-2019 19:31
Quote:Original Posted By Surobledhek746
Ntar juga terbang melayangemoticon-Cendol Gan


Apanya bang yang terbang?
0 0
0
Jangan Mencekik Yang Sedang Tercekik
29-03-2019 19:31
Quote:Original Posted By YenieSue0101
Tapi masih banyak aja di masyarakat.


Iya kak. Karena merasa dibutuhkan
1 0
1
Jangan Mencekik Yang Sedang Tercekik
29-03-2019 19:31
Sip dah
1 0
1
Jangan Mencekik Yang Sedang Tercekik
29-03-2019 19:32
iya mbak endut 😁
0 0
0
Jangan Mencekik Yang Sedang Tercekik
29-03-2019 19:33
Quote:Original Posted By YenieSue0101
Tapi masih banyak aja di masyarakat.


Iya, selalu begitu
2 0
2
Jangan Mencekik Yang Sedang Tercekik
29-03-2019 19:33
Quote:Original Posted By masnukho
Iya kak. Karena merasa dibutuhkan


Sebisa mungkin jangan sampai deh pinjam di rentenir
1 0
1
Jangan Mencekik Yang Sedang Tercekik
29-03-2019 19:33
Udah ngerasain pernah ngutang sm rentenir, nyesek
1 0
1
Jangan Mencekik Yang Sedang Tercekik
29-03-2019 19:34
Quote:Original Posted By Surobledhek746
Iya, selalu begitu


Tenggelamkan aja semua
1 0
1
Jangan Mencekik Yang Sedang Tercekik
29-03-2019 19:45
Cendol-cendolemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
1 0
1
Jangan Mencekik Yang Sedang Tercekik
29-03-2019 19:48
OK sib, bro. Habis posting thread header, langsung komentari sendiri. Tujuanya untuk kumpulan link di situ nanti saat, tulisan kita udah banyak. Sib
1 0
1
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia