• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Utamakan Keamanan dan Keselamatan, Begini Standar Sirkuit MotoGP

GENKBOLAvatar border
TS
GENKBOL
Utamakan Keamanan dan Keselamatan, Begini Standar Sirkuit MotoGP

     Dorna dan ITDC akhirnya sepakat gelar MotoGP pada tahun 2021 di Lombok, Indonesia. Kesepakatan ini disambut baik oleh presiden RI Joko Widodo dan penggemar MotoGP tanah air. 

Rencananya sirkuit Mandalika akan dibangun ditengah resor pinggir pantai dan bernuansa hijau. Jadi selain menikmati aroma kompetisi antar pembalap, pengunjung atau penonton juga bisa bisa menikmati nuansa pantai disekitar sirkuit. Sirkuit Mandalika juga merupakan sirkuit jalan raya pertama.

Itu gambaran umum dari rencana pembangunan sirkuit Mandalika Lombok. Sedangkan untuk detilnya, Federasi Motor Internasional (FIM) telah menetapkan standar untuk setiap sirkuit yang digunakan untuk MotoGP. Standar yang ditetapkan FIM ini bertujuan untuk keamanan dan keselamatan pembalap.

Layout dan Tikungan Sirkuit


Standarny, sirkuit harus memiliki lebar minimal 12 meter dengan minimal lebar starting grid 14 meter. Sementara lintasan harus memiliki panjang antara 3,5 kilometer sampai 10 kilometer dan mempunyai tikungan minimal 10 tikungan dengan kemiringan tidak lebih besar dari 5%. Untuk di Mandalika sendiri, rencananya sirkuit yang dibangun memilki panjang 4,23 kilometer dengan 19 tikungan.

Trek Lurus


Trek lurus pada sirkuit Grade A harus memiliki panjang minimal 400 meter. Untuk garis start, minimal berjarak 250 meter sebelum tikungan pertama.

Kerb


Kerb merupakan bagian samping sirkuit yang berwarna – warni. Ternyata bagian ini juga ada ketentuannya dari FIM Gan. Jadi bukan hanya sekedar penghias sirkuit. Keberadaan kerb ini digunakan sebagai penanda batas racing line para pembalap. Jarak kerb minimal 12 meter dengan bagian awal dan akhirnya berbentuk segitiga warna putih.

Gravel


Gravel merupakan bagian yang adanya disamping kerb. Bagian ini berfungsi untuk memperlambat laju motor ketika keluar lintasan. Sesuai dengan standar FIM, permukaan gravel harus datar dan lebih rendah satu hingga dua sentimeter dari batas sirkuit. Gravel terdiri bebatuan yang memiliki diameter antara 8mm hingga 20mm. Sementara untuk kedalaman, gravel harus memiliki kedalaman 5 meter yang akan semakin dalam saat menjauh dari pinggir sirkuit.

Banking Transition dan Sistem Drainase

Kemiringan lintasan harus jadi perhatian juga Gan. Jangan sampai pada trek lurus yang tergenang air saat terjadi hujan. Selain itu, untuk menjamin air tidak tergenang di lintasan, sistem drainase juga menjadi fokus pengembang. Ini bertujuan untuk mencegah adanya genangan air di trek, pit lane, pinggir trek dan area run off. Seluruh sisi sirkuit harus dipasangin sistem drainase.

Verges dan Area Run Off

Verges merupakan bagian paling luar dari sirkuit. Verges memiliki profil yang sama dengan sirkuit dan biasanya memiliki warna berbeda dengan sirkuit. Sementara area run off adalah zona diantara verges dan protective line pertama yang sebagai batas dari struktur trek. Kedua area ini berfungsi untuk meningkatkan jarak penglihatan dan menstimulasi kemampuan pembalap menggunakan lebar sirkuit. Fungsi lainnya adalah untuk menghentikan motor tanpa harus terjatuh.

Fasilitas Medis


Fasilitas medis menjadi unsur paling mutlak ada pada sirkuit balap untuk kepentingan keselamatan seluruh orang – orang yang terlibat dibalapan. Layanan medis harus mencakup peralatan, kendaraan, dan personel dalam hal ini juga termasuk dokter. Seluruh unsur tersebut harus terorganisir dalam jumlah yang cukup demi memastikan keselamatan pembalap yang alami cedera atau sakit. Fasilitas medis disini juga berlaku untuk menangani kondisi darurat. Sehingga dibutuhkan fasilitas yang memadai dan SDM yang kompeten. Fasilitas medis juga standby di sekitar sirkuit saat adanya balapan.

Homologasi

Homologasi berarti sertifikasi. Semewah apapun sirkuit yang dibangun jika tidak mendapat sertifikasi dari FIM, maka sirkuit tersebut gak bisa menggelar balapan.

Dari beberapa standar diatas, sekilas memang terkesan ribet, tapi pada dasarnya semua itu adalah untuk kepentingan keamanan dan keselamatan pembalap.

O iyah Gan, selain yang Ane sebutin diatas masih banyak lagi aturan lain yang harus diterapin untuk menggelar ajang MotoGP.

 


 

0
5K
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread14.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.